10 Rekomendasi Aplikasi Kamera iPhone Terbaik

  • 4 min read
  • Sep 28, 2021
10 Rekomendasi Aplikasi Kamera iPhone Terbaik

Walau kameranya dikenal dengan kualitas yang bagus, namun tetap saja aplikasi-aplikasi kamera iPhone masih diminati. Terutama bagi para pengguna handphone keluaran Apple yang memang hobi dalam hal photography.

Biasanya mereka mencari pengaturan manual agar bisa menyesuaikan hasil jepretan sesuai kebutuhan dengan lebih leluasa. Tak sulit mencari aplikasi kamera iPhone yang memiliki fungsi manual, kamu bisa menemukannya dengan mudah di App Store.

Nah demi memudahkanmu mencari, kami telah merangkum 10 aplikasi kamera iPhone terbaik yang dapat kamu coba. Tentu saja, semuanya dapat kamu temukan dengan mudah di App Store. Silakan ini dia listnya!

1. Adobe Lightroom

aplikasi kamera iPhone

Adobe Lightroom adalah salah satu aplikasi dari Adobe yang dikenal untuk mengedit foto. Namun tak hanya editor, aplikasi ini juga memiliki fitur kameranya sendiri dan cocok digunakan sebagai aplikasi kamera di iPhone milikmu.

Bukan tanpa alasan, kamera lightroom sudah mendukung pengolahan file berformat RAW . menggunakannya, kamu hanya perlu klik ikon kamera yang ada di dalam aplikasi. Kamu ditawarkan 2 mode, yaitu auto dan pro.

Pada mode pro, kamu akan mendapat fungsi manual yang dapat kamu gunakan untuk mengatur exposure, ISO dan shutter speed. Tak hanya itu, kamera ini juga bisa memperingatkanmu jika ada overexposure, secara otomatis kamera akan menandainya sehingga kamu lebih mudah untuk menghasilkan foto yang ideal.

2. VSCO

aplikasi kamera iPhone

Aplikasi VSCO juga cukup populer dan dikenal sebagai aplikasi editor dengan fitur yang lengkap. Jika kamu juga mengetahuinya seperti itu, cukup disayangkan, karena aplikasi satu ini juga memiliki fitur kamera yang cukup powerful untuk digunakan di iPhone.

Kamera di aplikasi VSCO ini memiliki banyak fitur yang memungkinkanmu untuk memotret dengan treatment manual. Walau aplikasi ini punya pilihan versi berbayar, namun versi gratisnya saja sudah cukup powerful untuk sebagai aplikasi kamera iPhone-mu.

3. Camera+ 2

aplikasi kamera iPhone

Camera+ 2 ini mengedepankan 3 keunggulan utama, yaitu Long shutter speeds, macro shooting dan mode portrait. Fitur Shutter speed aplikasi ini hingga 30 detik, angka ini terbilang sangat panjang bahkan  dibanding para kompetitor aplikasi kamera iPhone lainnya.

Lalu ada mode portrait yang cocok digunakan untuk iPhone yang hanya memiliki dua atau satu kamera. Mode ini membuatmu dapat mengatur intensitas blur untuk background. Tak hanya itu, kamu juga dapat mengedit secara terpisah antara background dan objek utama.

Ada juga fitur macro yang akan sangat membantu ketika kamu hendak mengambil gambar close-up. Hasilnya akan lebih tajam dan fokus karena adanya focus tracking yang membuatmu tidak akan kehilangan fokus dari objek yang kamu foto meskipun objek tersebut bergerak.

4. MuseCam

aplikasi kamera iPhone

MuseCam adalah aplikasi kamera iPhone terbaik untuk kamu yang baru mendalami hobi photography. Alasannya adalah desain interface yang sederhana, sehingga cukup mudah untuk dipelajari.Fitur yang disematkan pun cukup mumpuni untuk kebutuhan berfoto.

Selain kamera, MuseCam juga memiliki fitur editor untuk memaksimalkan hasil foto yang kamu ambil. Ditambah lagi semua fitur di aplikasi ini dapat kamu gunakan secara Cuma-Cuma alias gratis.

5. Filmborn

aplikasi kamera iPhone

Nah kali ini aplikasi kamera iPhone yang didesain untuk kamu yang mempunyai minat memotret dengan menggunakan kamera lawas, yaitu Filmborn. Aplikasi ini akan membawamu bernostalgia dengan beberapa tone warna yang pernah sangat populer pada masanya.

Filmborn memiliki pengaturan yang berguna, mulai dari Grid, pemantau kemiringan, Flash, Manual Focus hingga deteksi Over Exposure. Fitur paling menarik adalah fitur Camera Kits yang memungkinkanmu menyimpan pengaturan manual dan memberi nama agar praktis. Jadi ketika kamu ingin mengambil foto dengan tone serupa kamu dapat mengakses pengaturan yang kamu telah simpan di camera kits.

6. 500px

aplikasi kamera iPhone

Jika kamu mencari aplikasi kamera iPhone gratis tanpa batasan fitur, kamu bisa menggunakan aplikasi 500px. Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah karena interface-nya yang user-friendly.  Walau sederhana namun fiturnya memadai, tersedia pengaturan manual exposure dan fokus.

Aplikasi ini juga sudah support memotret di format JPEG maupun RAW. Selain memotret, aplikasi ini juga menawarkan fitur editor yang mumpuni untuk kebutuhan standar. Beberapa fitur yang dapat kamu gunakan adalah shadows, exposure, saturation, cropping dan lainnya. Aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk sharing foto karyamu secara langsung layaknya sosmed.

7. ProCamera

aplikasi kamera iPhone

ProCamera adalah aplikasi kamera iPhone yang performanya sudah tak perlu diragukan. Fitur-fitur yang ditawarkan sangat membantu dalam proses pengambilan gambarmu. Aplikasi satu ini juga dikenal fungsinya yang baik untuk dipakai membuat video.

Tersedia 3 mode pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu mode otomatis, semi-manual dan manual. Pada mode semi manual dan manual kamu dapat melakukan pengaturan pada shutter speed, ISO, focus, dan lainnya. Selain itu ada fitur tambahan yang juga berguna, seperti anti-shake protection, grid lines dan exposure lock.

8. Halide

aplikasi kamera iPhone

Seperti aplikasi kamera iPhone lain di daftar ini, Halide memungkinkanmu untuk mengontrol exposure, focus, ISO dan juga shutter speed. Yang menarik adalah fitur depth peaking sehingga kamu dapat mendeteksi kedalaman objek, lalu mengatur prioritasnya.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengambil foto dengan format RAW. Selain itu, layaknya di kamera DSLR, kamu dapat melihat intensitas gelap dan terang secara real-time dari fitur Histogram. Jadi jika kamu mencari aplikasi kamera iPhone yang rasa DSLR, Halide jawabanmu.

9. Obscura 2

aplikasi kamera iPhone

Selanjutnya ada Obscura 2 yang merupakan aplikasi kamera iPhone terbaik yang cukup sederhana dan mudah digunakan. Fitur-fitur yang tersedia cukup lengkap, dari mulai ISO, exposure, shutter speed dan juga penyesuaian white balance.

Obscura 2 bisa dibilang aplikasi selfie iPhone, karena kamu bisa memanfaatkan mode wide-angle. Mode ini memungkinkanmu berfoto dengan lebih banyak teman. Meskipun tidak banyak fitur profesional, kemudahan dalam pengoperasian aplikasi ini menjadi suatu kelebihan utamanya.

10. Manual

aplikasi kamera iPhone

Masih mengusung desain interface sederhana, aplikasi kamera iPhone selanjutnya adalah Manual. Selain desain interface simpel kamu juga sudah dapat memotret dengan format RAW. Kamu juga disediakan fitur untuk mengontrol exposure, shutter speed, ISO, white balance dan juga fokus.

Kamu pun dimungkinkan untuk menyesuaikan aperture hanya dengan sekali klik. Seperti di kamera DLSR, kamu dapat mengecek histrogram ketika memotret secara real-time, sehingga kamu dapat menjaga kualitas hasil jepretan dengan lebih baik.

Demikianlah rekomendasi 10 aplikasi kamera iPhone terbaik yang dapat kamu gunakan. Dengan memanfaatkan salah satunya kamu bisa menikmati fungsi manual yang memberikan kebebasan dalam mengambil foto atau video.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *