Friday, December 3, 2021
HomePinterPiknik7 Tips Liburan di Era Pandemi, Traveling Aman dan Sehat

7 Tips Liburan di Era Pandemi, Traveling Aman dan Sehat

Pastikan Anda mengetahui tips liburan di era pandemi berikut ini sebelum berangkat ke lokasi wisata. Dengan mengetahui dan menerapkan tips ini, Anda dapat liburan atau traveling dengan aman dan sehat. Yuk simak tips selengkapnya di dalam artikel ini!

Seperti diketahui, sudah banyak wisata di berbagai di Indonesia yang sudah dibuka kembali, namun dengan menerapkan pembatasan jumlah pengunjung. Ini merupakan kabar gembira bagi pecinta traveling yang sebelumnya harus lebih banyak beraktivitas di rumah.

Kendati demikian, protokol kesehatan harus diterapkan secara disiplin mengingat pandemi hingga saat ini masih belum berakhir. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari tempat wisata yang ramai pengunjung karena hal itu berpotensi tinggi menularakan virus corona.

Tips Liburan di Era Pandemi

Di bawah ini, Pinter Internet akan bagikan 10 tips liburan di era pandemi yang harus Anda ketahui sebelum menuju ke tempat wisata. Simak dengan saksama ya!

1. Pastikan dalam Keadaan Sehat

Pastikan Anda dalam keadaan sehat sebelum liburan. Jika Anda liburan bersama keluarga, pastikan juga semua dalam keadaan sehat ya!

Jika (misalnya) Anda merasa flu atau demam, sebaiknya tunda terlebih dahulu rencana liburan Anda. Hal ini penting dilakukan guna meminimalisir penularan penyakit kepada orang lain. Selain itu, tempat wisata yang Anda kunjungi biasanya akan menolak orang yang bergejala suhu tinggi.

2. Pakai Mobil Pribadi

Jika liburan Anda dapat ditempuh dalam hitungan beberapa jam, sebaiknya gunakanlah mobil pribadi untuk menuju ke sana. Ya, Anda bersama keluarga sebaiknya mengendarai mobil pribadi untuk meminimalisir kontak dengan orang lain.

Akan tetapi, jika liburan Anda tidak memungkinkan ditempuh dengan mengendarai mobil, Anda boleh-boleh saja kok mengendarai transportasi umum, seperti pesawat atau kereta. Namun, pastikan Anda disiplin dalam menerapkan protokol keseahatan dan menghindari kerumunan selama perjalanan ya!

3. Patuhi Protokol Kesehatan

Telah disebutkan di atas, bahwa penting bagi semua pelaku perjalanan menerapkan protokol kesehatan selama liburan. Setidaknya ada tiga hal yang wajib Anda terapkan, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menjaga jarak.

Lebih lanjut, sejumlah tempat wisata saat ini memberlakukan peraturan pengunjung wajib sudah divaksinasi minimal dosis pertama. Oleh karenanya, sebelum berangkat ke tempat wisata, pastikan Anda sudah divaksinasi ya!

Selain itu, sejumlah tempat wisata saat ini juga menerapkan pembatasan jumlah pengunjung. Jadi, Anda harus mencari tahu terkait hal itu sebelum berangkat ke lokasi tujuan. Ini penting dilakukan agar liburan Anda tidak sia-sia hanya gara-gara tidak bisa masuk ke tempat wisata karena jumlah pengunjung sudah mencapai batas yang ditentukan.

4. Persiapkan Semua Dokumen yang Dibutuhkan Selama Liburan

Tips liburan di era pandemi berikutnya adalah menyiapkan dokumen-dokumen penting sesuai aturan yang berlaku. Dokumen yang dimaksud bisa berupa surat keterangan hasil PCR negatif atau antigen negatif.

Selain itu, Anda juga perlu men-download aplikasi PeduliLindungi. Sebab, sejumlah tempat wisata mensyaratkan scan bardcode PeduliLindungi agar bisa masuk dan menikmati wisata yang ada.

5. Beli Tiket Online

Telah kami sebutkan di atas, bahwa sejumlah tempat wisata membatasi jumlah pengunjung harian. Nah, menyikapi hal itu, Anda bisa membeli tiket secara online. Saat tiket sudah tangan, berarti Anda sudah pasti bisa masuk ke tempat wisata di waktu yang telah ditentukan.

Tidak saja itu, membeli tiket secara online juga dapat meminimalisir terjadinya kontak fisik dengan orang lain. Oh ya, Anda juga bisa lho membeli tiket secara online untuk tempat penginapan seperti hotel, villa atau lainnya jika memutuskan untuk menginap.

6. Hindari Tempat Wisata Ramai

Belakangan ini, kita dicengangkan dengan ramainya pengunjung di beberapa tempat wisata. Hal itu tentunya tidak dibenarkan karena berpeluang menyebarkan virus corona melalui kontak fisik.

Oleh karenanya, tips liburan di era pandemi berikutnya yang harus Anda terapkan adalah menghindari tempat wisata yang ramai pengunjung. Ya, tempat wisata yang diserbu banyak pengunjung memang sulit untuk menghindari kerumunan. Jadi, meski sudah bermasker namun tidak menerapkan jaga jarak aman, hal itu sama saja percuma karena dapat menularkan virus dan penyakit.

7. Liburan di Dalam Kota

Memang bepergian ke luar kota, provinsi bahkan pulau sudah dibolehkan saat ini dengan syarat tertentu. Namun, jika niatan Anda untuk liburan, kami menyarankan untuk memilih destinasi wisata di dalam kota saja. Apa alasannya?

Jika kota Anda sudah cukup aman dari ‘terpaan’ Covid-19, hal itu menguntungkan Anda untuk pergi liburan. Selain itu, berlibur di kota sendiri juga tidak membutuhkan banyak waktu, bahkan hingga menginap sehingga kondisi kesehatan lebih terjaga.

Lebih lanjut, liburan di kota sendiri juga bisa mempermudah Anda untuk memilih destinasi. Bahkan, Anda bisa berganti-ganti destinasi jika ingin berwisata di lebih dari satu lokasi atau lokasi wisata yang Anda kunjungi sedang tutup/jumlah pengunjung sudah mencapai batas.

8. Liburan di Tempat Wisata Alam Lebih Oke

Tips Liburan di Era Pandemi

Tips liburan di era pandemi berikutnya adalah memilih tempat wisata alam. Bukan tanpa alasan, memilih tempat wisata alam lebih kecil peluangnya untuk tertular virus corona karena Anda berada di ruang terbuka.

Lain halnya jikalau Anda berlibur di tempat tertutup, terlebih ventilasinya buruk. Hal itu dapat berpeluang tinggi menyebarkan virus dan penyakit.

Untuk diketahui, ada banyak ide wisata alam yang bisa Anda kunjungi, seperti pantai, gunung atau bukit, air terjun hingga taman kota. Bukankah wisata alam lebih menarik dibandingkan wisata buatan?

9. Jaga Kondisi Tubuh Selama Liburan

Tidak saja sebelum liburan, selama liburan pun Anda harus menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan fit. Bagaimana caranya?

Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang bergizi dan tidur yang cukup. Selain itu, Anda harus memastikan tubuh tidak dalam keadaan lelah selama liburan. Jika lelah menghampiri Anda, baiknya beristirahatlah terlebih dahulu.

Untuk diketahui, tubuh dalam kondisi kurang sehat dan fit dapat dengan mudah ‘didatangi’ virus dan penyakit. Oleh karenanya, amat penting bagi Anda untuk menjaga tubuh tetap sehat sebelum, selama dan setelah liburan.

10. Isolasi Mandiri Setelah Liburan

Tips liburan di era pandemi yang terakhir (jika memungkinkan) adalah melakukan isolasi mandiri setelah mengunjungi tempat wisata, terlebih di luar kota/provinsi/pulau. Isolasi mandiri penting dilakukan untuk memastikan bahwa Anda tidak terpapar virus selama liburan.

Lantas, berapa lama isolasi mandiri yang disarankan? Jika memungkinkan, Anda bisa isolasi mandiri selama dua minggu. Namun, jika hal itu tidak memungkinkan, Anda bisa mengikuti peraturan pemerintah yakni melakukan isolasi mandiri selama tiga hingga lima hari.

Itulah 10 tips liburan di era pandemi yang aman dan terhindar dari virus. Pada intinya, liburan di era pandemi tidaklah seperti di era normal sebelum Covid-19 menyebar. Anda harus tetap waspada dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan selama liburan atau melakukan perjalanan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments