15 Emulator Android Ringan untuk PC Terbaik

  • 4 min read
  • Okt 05, 2021

Game mobile kini semakin digandrungi, namun sayang tidak semua orang memiliki handphone dengan spesifikasi memadai untuk dipakai bermain game. Nah, mungkin emulator Android ringan untuk PC bisa jadi solusi.

Menggunakan emulator, kamu dapat bermaian di komputer atau laptop. Mungkin kamu dapat memanfaatkan komputer warnet untuk sekadar push rank Mobile Legend atau bermain game FPS seperti PUBG.

Kira-kira apa saja emulator yang ringan namun cepat dan dapat memainkan game di FPS yang tinggi? Silahkan Pinterinternet sudah merangkum 15 emulator game ringan untuk PC terbaik khusus untukmu.

1. Bluestacks 5

emulator terbaik - bluestack 5

Bluestacks 5 adalah versi terbaru dari Android emulator paling populer, Bluestacks. Pada seri teranyar ini, tools untuk menjalankan game-game android di PC ini mengalami banyak peningkatan, salah satunya menjadi emulator Android untuk PC yang lebih ringan dan cepat.

Bukan hanya itu, Bluestacks 5 juga dibekali dengan banyak fitur berguna yang dapat meningkatkan pengalamanmu bermain game. beberapa yang paling disenangi adalah Keymaping Tool untuk mengkustomisasi skema kontrol, eco mode dan kemampuan untuk menjalankan banyak game secara bersamaan.

2. PrimeOS

emulator android untuk PC terbaik - PrimeOS

Emulator android ringan untuk PC selanjutnya adalah PrimeOS. Tidak hanya untuk menjalankan games, tool ini juga dapat kamu manfaatkan untuk menjalankan aplikasi android pada umumnya di komputer atau laptop milikmu.

Selain itu, beberapa fitur yang ditawarkan adalah sudah support untuk mouse dan keyboard dan sudah memiliki gaming center di dalamnya sehingga memudahkanmu mencari berbagai game android untuk dimainkan.

3. Genymotion

emulator ringan untuk PC - genymotion

Jika kamu adalah developer aplikasi, Genymotion akan jadi emulator android ringan yang cocok untukmu. Pasalnya, tool ini cocok untuk kamu gunakan dalam menguji game android walaupun kamu tidak punya device-nya.

Laluu, sebagai developer kamu juga dapat menguji game buatanmu di berbagai versi Android. Tool ini tidak meminta spesifikasi terlalu besar, cukup dengan komputer atau laptop RAM 2GB kamu bisa menjalankan Genymotion.

4. MuMu

emulator android untuk pc - mumu

Perusahaan ternama asal China yang juga berada dibalik beberapa game populer, NetEase pun mengeluarkan gaming emulator dengan nama MuMu. Secara eksplisit mereka mengatakan bahwa emulator ini akan berjalan dengan smooth walaupun di PC yang spec-nya tidak terlalu bagus.

Emulator Android ringan untuk PC ini juga sudah support untuk bermain di 120FPS. Selain itu, jika kamu memainkan Free Fire atau PUBG, aim atau menargetkan musuh akan cukup akurat karena mereka mengklaim tool ini dibekali kontrol yang smooth dan presisi.

5. Nox

emulator android ringan untuk PC - NOX

Emulator Android ringan untuk PC selanjutnya adalah Nox, yang juga dikhususkan untuk para gamer. Terdapat fitur Key mapping pada keyboard, kontrol yang presisi dan bahkan dapat key-map dengan gestur. Aplikasi ini sangat bagus untukmu apalagi Nox merupakan emulator ringan gratis yang dapat kamu jalankan tanpa biaya apapun.

6. LDPlayer

emulator terbaik - LDplayer

Lagi-lagi difokuskan untuk para gamer, emulator Android ringan untuk PC berikutnya adalah LDPlayer. Tool satu ini memilii fitur cukup lengkap dan diketahui selalu aktif update untuk meningkatkan performa dan compatibility-nya.

Menggunakan LDPlayer membuatmu dapat bermain di FPS tinggi dan sudah medukung secara grafis. Selain game, kamu juga dapat menjalankan beberapa aplikasi Android standar seperti Instagram, TikTok dan lainnya.

7. KoPlayer

emulator android ringan - koplayer

KoPlayer adalah emulator Android Ringan untuk PC selanjutnya. Tool ini memberikan pilihan untuk memilih speed, sehingga kamu dapat menyesuaikan dengan spec komputer atau laptopmu. Selain itu, terdapat opsi untuk menjalankan dua emulator sekaligus namun konsekuensinya spesifikasi perangkatmu harus lebih tinggi.

8. Android Studio

android studio

Sebenarnya, Android Studio adalah default development console untuk Android atau disebut integrated development environment (IDE) yang biasa digunakan para developer untuk membuat aplikasi dan game Android. Tentu saja, tool ini memiliki built-in emulator di dalamnya, karena memang dibutuhkan untuk keperluan testing apps atau game yang dibuat.

9. Gameloop

emulator android ringan untuk PC - gameloop

Tencent menyebut Gamelopp sebagai official emulator untuk memainkan game mereka. Jadi, emulator android ringan untuk PC satu ini sangat cocok untuk kamu pakai main Call of Duty: Mobile dan PUBG Mobile yang merupakan game keluaran perusahaan asal China tersebut.

Namun tidak terbatas untuk game keluaran Tencent, Gameloop juga dapat kamu gunaan untuk bermain game-game lain. Terlebih jika kamu memainkan game mobile genre FPS, tool ini akan cukup membuatmu nyaman karena keyboard kontrol dan performanya cocok untuk keperluan tersebut.

10. MeMu

MeMu adalah emulator Android untuk PC yang support baik untuk prosessor AMD atau Intel. Namun tool ini dikatakan lebih mendukung untuk perangkat yang menggunakan chipset AMD. Ini menarik karena jarang software yang berorientasi seperti itu.

Kamu juga dapat memainkan beberapa game sekaligus jika dibutuhkan. Selain game, software satu ini juga dapat kamu manfaatkan untuk menjalankan beberapa aplikasi Android.

11. Phoenix OS

Emulator Android ringan untuk PC bernama Phoenix OS ini masih tergolong baru dibanding kompetitor mereka yang ada di list ini. Kamu dapat memainkan berbagai game yang tersedia di Play Store. Aplikasi ini juga cocok untuk digunakan dalam kegiatan produktif karena mendukung berbagai aplikasi berbasis Android untuk dijalankan di PC atau laptop.

12. ARChon

Sedikt berbeda, Archon merupakan emulator android ringan untuk PC yang dijalankan sebagai ekstensi di Google Chrome. Ketika ekstensi ini di install, maka lewat Google chrome kamu dapat memainkan game mobile dan aplikasi Android. Namun ada beberapa penyesuaian dulu yang harus kamu lakukan agar tool ini dapat menjalankan aplikasi-aplikasi Android tersebut.

13. Remix OS Player

Remix OS Player ini merupakan emulator ringan untuk PC yang paling muda umurnya di list ini. Cara menginstal emulator android satu ini sangat simple dan juga cukup mudah digunakan dengan tampilan interface yang user friendly. Tool ini juga difokuskan untuk bermain game mobile di PC.

14. Xamarin

Xamarin merupakan IDE sama seperti Android Studio. Namun dengan sedikit perbedaan, karena tool untuk para developer aplikasi dan game android ini dapat terhubung dengan Microsoft Visual Studio. Tentu saja, Xamarin juga memiliki emulator di dalamnya untuk kebutuhan testing. Software ini bersifat open source, sehingga dapat kamu gunakan secara gratis.

15. Leapdroid

Terakhir adalah Leapdroid, emulator android ringan untuk PC ini disajikan dengan desain antarmuka yang cukup simple. Emulator ringan RAM 2GB ini memungkinkanmu untuk memainkan dua game secara bersamaan, atau kamu dapat memanfaatkannya untuk memainkan satu game dengan dua akun berbeda.

Demikianlah rekomendasi kami untuk 15 emulator android ringan untuk PC. Sekarang kamu bisa mengakali handphone spec kentangmu untuk bermain game-game mobile favorit dengan bermain lewat PC.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *