5 Cara Investasi Cryptocurrency Pasti Untung

  • 4 min read
  • Jun 01, 2021

Salah satu aset investasi yang banyak diminati saat ini adalah cryptocurrency. Karena, menurut data dari berbagai platform jual beli crypto, ternyata harga mata uang digital tersebut terus meningkat tajam. Akibatnya, banyak orang ingin memiliki aset ini dan pada akhirnya cara investasi cryptocurrency yang pasti menguntungkanpun harus diketahui.

Walaupun demikian, Anda bisa saja rugi sewaktu-waktu karena bagaimanapun juga crypto merupakan aset dengan nilai yang sangat fluktuatif. Artinya, nilainya bisa naik atau turun secara drastis dalam waktu yang singkat.

Oleh karena itu, cryptocurrency dikenal dengan aset investasi yang “high risk, high return”. Walaupun resikonya tinggi namun keuntungan yang didapat juga sepadan. Tetapi, Anda bisa bermain lebih aman dan pastinya tetap mendapatkan untung dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini, yaitu:

1. Belajar dan Memilih Platform

cara investasi cryptocurrency

Cara investasi cryptocurrency yang paling mendasar adalah mempelajari aset dan platform terbaik untuk jual dan beli crypto tersebut. Mempelajari hal ini sangat penting agar Anda bisa mengenal berbagai hal penting terkait mata uang digital tersebut.

Selain itu, Anda juga harus mengenal apa saja jenis mata uang crypto yang sedang populer, nilai crypto apa saja yang terus meningkat dan lain sebagainya. Anda bisa mempelajari hal ini secara otodidak, bertanya kepada para ahli di forum-forum crypto dan ikut les baik yang gratisan ataupun berbayar.

Sembari mempelajari crypto tersebut, Anda harus mengumpulkan berbagai info tentang platform terbaik yang menyediakan layanan jual beli aset crypto tersebut.

Contoh beberapa platform tersebut adalah Indodax, Rekeningku, Binance, Tokocrypto dan lainnya. 4 platform tersebut memiliki pelayanan, biaya, ketentuan withdrawal, jual dan beli yang bersaing. Jadi, lebih baik Anda mempelajari 4 platform tersebut sebelum menentukan untuk memilih yang paling tepat.

2. Cara Investasi Cryptocurrency Pada Aset Tertentu

bitcoin

Cara lain yang wajib dilakukan adalah memilih aset crypto yang tepat. Perlu Anda ketahui, bahwa jenis mata uang crypto sekarang sangat banyak. Setidaknya terdapat 5000 lebih jenis crypto yang tersebar di dunia. Akan tetapi, tidak semua aset crypto tersebut memiliki nilai yang sama dengan lainnya.

Oleh karena itu, Anda harus mencari jenis crypto terbaik yang sesuai dengan rencana investasi masing-masing. Sebelum memilih jenis mata uang digital tersebut, Anda harus mengetahui informasi seperti nilai cryptonya, perkiraan pertumbuhan nilainya, kemudahan pemakaian, luas pemakaian dan lainnya.

Beberapa platform memberikan informasi bahwa Bitcoin memiliki nilai mencapai Rp 511 jutaan, Ethereum sekitar Rp 34 jutaan, Cardano Rp 23 jutaan, dan lainnya. Akan tetapi nilai ini bisa berubah dengan cepat sehingga Anda harus mempertimbangkannya dengan matang terlebih dahulu sebelum memilih jenis crypto yang tepat.

Anda bisa fokus pada beberapa jenis crypto. Namun, untuk pemula sebaiknya memakai maksimal di 3 jenis crypto atau bahkan 1. Tujuannya agar Anda bisa mempelajari mata uang digital tersebut terlebih dahulu sebaik mungkin. Jangan bermain pada semua jenis crypto karena Anda akan bingung sendiri sehingga tidak bisa melakukan analisis yang baik.

3. Peka dengan Berita

cara investasi cryptocurrency

Cara investasi cryptocurrency lainnya adalah dengan menyimak perkembangan crypto terbaru. Salah satu cara mengetahui hal ini adalah dengan menyimak berbagai berita internasional terutama dengan cryptocurrency.

Karena, setiap berita tersebut bisa berdampak pada nilai crypto itu sendiri. Contohnya saja muncul berita bahwa Elon Musk menerima bitcoin untuk pembelian produk Tesla. Hal ini tentu menjadi angin segar karena setiap orang yang memiliki bitcoin yang cukup bisa membeli mobil listrik Tesla dengan mudah, aman dan tentunya nyaman.

Di lain sisi, hal ini akan membuat permintaan bitcoin meningkat karena penggunaannya semakin meluas. Dampak akhirnya adalah nilai bitcoin ikut melonjak ke tingkat yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Peristiwa ini tentu tidak asing bagi mereka yang paham dengan prinsip ekonomi dimana jika permintaan semakin tinggi, maka harga atau nilai barang tersebut akan ikut meningkat.

Berita seperti ini mungkin terdengar receh bagi sebagian besar orang. Namun, bagi investor crypto berita ini sangat penting karena bisa mempengaruhi mereka dalam membuat keputusan yang tepat. Semisalnya saja menjual crypto ketika harganya tinggi dan membeli ketika nilainya turun.

4. Jual dan Beli

cara investasi cryptocurrency

Investasi bitcoin model ini merupakan yang paling sederhana. Anda hanya perlu membeli ketika harganya turun dan menjualnya kembali ketika harga melonjak tinggi.

Walaupun sederhana, ternyata banyak hal yang harus Anda perhatikan. Karena, tidak ada yang tahu kapan nilai crypto naik ataupun turun. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memiliki ilmu tentang crypto dan investasi yang mumpuni terlebih dahulu.

Kemudian, Anda harus rajin melihat pergerakan nilainya. Akan tetapi, cara ini hanya berlaku jika Anda ingin berinvestasi untuk jangka pendek. Jika ingin bermain untuk jangka panjang maka Anda tinggal menentukan bulan atau tahun kapan untuk menjual crypto tersebut.

Tetapi, pastikan bahwa mata uang digital yang Anda miliki punya peluang yang besar untuk bertahan dalam waktu yang lama. Cara paling aman adalah memilih crypto yang populer karena diperkirakan mata uang tersebut akan bertahan lama dan memiliki nilai yang lebih baik pada 5-10 tahun mendatang bahkan lebih.

5. Memperoleh Cryptocurrency dengan Cara Lain

cara membeli cryptocurrency

Cara investasi cryptocurrency tentu tidak akan bekerja jika Anda tidak memiliki mata uang cryptonya sendiri. Tentu saja cara paling mudah dan sederhana adalah dengan jual dan beli mata uang itu sendiri. Namun, masih banyak cara lain yang bisa Anda gunakan untuk memperoleh crypto tersebut, seperti:

Mining

Sesuai dengan namanya, cara lain yang bisa Anda coba adalah menambang crypto itu sendiri. Namun, jangan artikan menambang ini seperti pada kenyataan nyata dimana Anda harus menggali dan memakai alat berat.

Anda bisa menambang bitcoin dengan memakai pc. Namun, spesifikasinya cukup tinggi sehingga biaya instalasinya cukup mahal. Jadi, tidak semua orang memiliki modal yang dibutuhkan. Anda bisa bekerjasama dengan penambang lainnya dalam blockchain sehingga setiap transaksi crypto yang terjadi.

Bantuan dalam mengamankan transaksi pada blockchain tersebut akan memberikan Anda kepingan-kepingan crypto dengan jumlah tidak terbatas.

Anda juga bisa mendapatkan crypto melalui tulisan pada website-website tertentu. Salah satunya website tersebut adalah Steemit. Situs ini akan memberikan kredit yang bisa Anda tukarkan dengan cryptocurrency.

Cara lainnya adalah bekerjasama dengan perusahaan penyedia jasa jual beli crypto. Tugas Anda adalah membuat tulisan terkait crypto dan bayarannya tentu berupa cryptocurrency.

Cara ini tentu tidak bekerja pada semua orang karena orang-orang yang memiliki keahlian menulislah yang dapat melakukan hal tersebut. Selain itu, jumlah crypto yang diperoleh sangat kecil sehingga tidak praktis. Tetapi cara ini tetap layak untuk Anda coba.

Afiliasi

Cara investasi cryptocurrency bisa Anda lakukan dengan bekerjasama pada pihak-pihak tertentu. Cara ini berlaku melalui link afiliasi untuk promosi crypto yang disematkan pada tulisan website masing-masing.

Calon investor yang tertarik bisa memakai link afiliasi Anda untuk membeli crypto. Anda sendiri akan mendapatkan bagian crypto dengan jumlah tertentu dari hal tersebut. Akan tetapi, terdapat syarat dan ketetentuan khusus untuk program ini. Oleh karena itu, pastikan Anda memahaminya terlebih dahulu.

Cara investasi cryptocurrency di atas bisa Anda coba dengan mudah. Namun, diperkirakan akan muncul berbagai cara investasi lain yang lebih menguntungkan. Karena, crypto ini berkaitan dengan perkembangan teknologi. Jadi, jika teknologi di masa depan semakin canggih maka perkembangan crypto juga akan meningkat dengan pesat.

BACA JUGA:  12 Startup Blockchain di Indonesia Terbaik
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *