Friday, December 3, 2021
HomePinterPiknikInilah 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia, Wajib Dikunjungi

Inilah 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia, Wajib Dikunjungi

Ada lima destinasi super prioritas Indonesia yang terus digaungkan oleh pemerintah melalui Kmenterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Hal ini tidak terlepas dari tujuan pemerintah agar masyarakat Indonesia berwisata di dalam negeri saja.

Ya, Indonesia memang memiliki wisata yang sangat kaya dari Sabang hingga Merauke. Ragam wisata di dalam negeri ini memiliki pesona dan keunikan tersendiri yang dapat memikat wisatawan untuk mengunjungi. Hal ini tidak terkecuali untuk lima destinasi super prioritas Indonesia.

Pokoknya, dijamin deh, Anda akan terpukau saat mengunjungi destinasi super prioritas Indonesia yang gencar dipromosikan oleh Kemenparekraf ini. Oleh karenanya, jika Anda belum pernah berwisata di salah satu atau beberapa destinasi super prioritas ini, tidak ada salahnya menyiapkan rencana sejak hari ini.

5 Destinasi Super Prioritas Indonesia

Anda pasti bertanya-tanya, apa saja sih lima destinasi super prioritas Indonesia pilihan Kemenparekraf. Kelima destinasi itu di antaranya Danau Toba (Sumatera Utara), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Mandalika (Nusa Tenggara Barat) dan Likupang (Sulawesi Utara). Yuk kita intip keindahan satu per satu dari lima destinasi super prioritas Indonesia yang disajikan Pinter Internet di bawah ini!

1. Danau Toba (Sumatera Utara)

Siapa sih yang tidak mengenal Danau Toba? Ya, destinasi wisata satu ini memang sudah dikenal banyak orang di dalam maupun luar negeri.

Danau Toba diketahui terbentuk dari peristiwa letusan gunung purba berpuluh-puluh tahun yang lalu. Danau ini memiliki kedalaman tidak kurang dari 450 meter dengan luas sekitar 1.145 persegi. Hal ini menjadikan Danau Toba dinobatkan sebagai salah satu danau vulkanik terbesar di dunia.

Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas sembari menikmati pesona alam Danau Toba. Berbagai aktivitas yang dimaksud di antaranya berkayak mengitari rute yang telah ditentukan, yakni Tongging-Samosir atau Tongging-Silalahi.

Selain berkayak, wisatawan juga bisa mendirikan kemah, bersepeda, jogging dan melakukan aktivitas lainnya. Dijamin deh, sembari melakukan aktivitas yang Anda suka, menikmati indahnya Danau Toba akan makin terasa dan mengesankan.

Oh ya, Anda juga tidak boleh melupakan kuliner-kuliner khas Batak di sana. Seperti, mie gomak, arsik ikan mas dan kuliner lainnya yang mendapatkan sentuhan bumbu andaliman khas masyarakat di sana. Lebih lanjut, Anda juga bisa membawa kain Ulos sebagai oleh-oleh saat berwisata di Danau Toba.

2. Candi Borobudur (Jawa Tengah)

Sama seperti Danau Toba, Candi Borobudur juga terkenal tidak hanya masyarakat di dalam negeri melainkan juga luar negeri. Candi yang dinobatkan sebagai warisan budaya dunia pada 1991 oleh UNESCO ini memiliki struktur bangunan yang masih kokoh hingga detik ini.

Saat berkunjung ke Candi Borobudur, Anda bisa menggali pengetahuan-pengetahuan budaya Jawa langsung dari masyarakat setempat. Jadi, tidak saja menikmati keindahan dan kemegahan Candi Borobudur, Anda juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan di sana.

Adapun kuliner khas di sana antara lain Ndas Beong, Sego Godog dan Es Pleret. Anda harus mencicipi salah satu atau beberapa kuliner tersebut ya!

3. Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur)

Destinasi Super Prioritas Indonesia Labuan Bajo

Destinasi super prioritas Indonesia berikutnya adalah Labuan Bajo. Di sana Anda dapat melakukan trekking melihat komodo si kadar purba di habitat aslinya di Pulau Komodo.

Tidak saja itu, Labuan Bajo juga menyuguhkan pesona-pesona wisata di beberapa pulau yang masih berada di areanya. Di antaranya Pulau Kelor yang menjadi andalan wisatawan penyuka snorkeling atau diving. Kemudian, ada Pulau Padar yang menjadi primadona wisatawan penyuka keindahan pantai.

Sebelum meninggalkan Labuan Bajo, Anda juga tidak boleh lupa dengan oleh-oleh khas di sana. Di antaranya kopi manggarai, kain songke dan rebok. Pokoknya, tidak akan dibikin menyesal deh Anda saat menginjakkan kaki di salah satu destinasi super prioritas Indonesia yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini.

4. Mandalika (Nusa Tenggara Barat)

Popularitas Mandalika dari hari demi hari kian meningkat. Ya, masyarakat kita yang dulunya tidak mengenal atau bahkan belum pernah mendengar ‘Mandalika’, kini menanti-nanti daerah itu menjadi pengukir sejarah baru Indonesia. Mandalika, di tahun 2022, memang digadang-gadang akan menjadi tuan rumah MotoGP.

Hingga detik ini, sirkuit Mandalika yang akan diperuntukkan MotoGP terus dibangun. Di sana, akan tujuh hotel mewah dan convention center.

Di sisi lain, Mandalika juga menawarkan pesona alam berupa pantai yang sangat apik. Pantai-pantai yang ada di sana di antaranya Pantai Kuta Mandalika, Pantai Aan, Pantai Seger dan Pantai Gerupuk. Tidak heran, jika kawasan ini menjadi salah satu destinasi super prioritas Indonesia.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Mandalika atau nanti pada tahun 2022 ingin menonton balapan MotoGP, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas di sana. Anda bisa mencoba lezatnya sate rembiga, jaje tujak, bebalung dan ayam taliwang. Nah, ayam taliwang yang memiliki rasa pedas, manis dan gurih ini-lah yang menjadi andalan para wisatawan.

5. Likupang (Sulawesi Utara)

Destinasi super prioritas Indonesia yang terakhir adalah Likupang yang terletak di Sulawesi Utara, tepatnya di Minahasa Utara. Di sana, Anda dapat mnikmati keindahan beberapa pantai, antara lain Pantai Pulisan, Pantai Lihaga dan Pantai Paal.

Jika Anda menyukai diving, Anda bisa melakukannya di Desa Bahoi. Untuk diketahui, Desa Bahoi adalah desa yang terkenal dengan ekowisata mandiri yang dikembangkan oleh nelayan setempat. Hal ini dilakukan demi menjaga ekosistem laut di sana. Saat diving, Anda akan disuguhkan pesona indahnya terumbu karang.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Likupang, jangan lupa untuk menjajal lezatnya kuliner khas di salah satu destinasi super prioritas Indonesia yang terletak di Sulawesi Utara ini. Antara lain pisang goroho lalampa, panada, bubur tinutuan dan lainnya.

Tips Berwisata Aman di Masa Pandemi

Mengingat saat ini Indonesia masih ‘diterjang’ pandemi Covid-19, maka bijaklah dalam berwisata yakni dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ya, Anda harus mengindahkan peraturan berwisata yang diterapkan di berbagai tempat wisata di Indonesia saat ini, yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir dan menjaga jarak aman.

Hal tidak kalah penting yang harus Anda pastikan sebelum berwisata adalah kondisi kesehatan Anda sendiri. Ya, mengecek kondisi kesehatan sebelum berangkat menuju ke tempat wisata adalah hal mutlak yang harus dilakukan wisatawan. Pastikan kondisi tubuh siap melakukan perjalanan jauh dan dalam waktu yang lama.

Sementara itu, jika Anda memutuskan berwisata dengan menggunakan transportasi umum, upayakan untuk membeli tiket secara online. Tidak saja itu, jika Anda (juga) memutuskan menginap di tempat penginapan seperti hotel, lakukan pemesanan (juga) secara online. Hal ini demi menghindari kontak langsung dengan orang lain.

Itulah lima destinasi wisata super prioritas Indonesia, mulai dari Danau Toba hingga Likupang. Anda tertarik mengunjungi destinasi yang mana nih? Ingat! Pastikan Anda mematuhi protokol kesehatan secara ketat selama berwisata ya!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments