7 Aplikasi Desain Selain Canva untuk PC Terbaik 2021

  • 4 min read
  • Jun 19, 2021
7 Aplikasi Desain Selain Canva untuk PC Terbaik 2021

Kebutuhan akan desain grafis naik sangat tajam. Beragam hal akan terbantu dengan memiliki kemampuan ini, seperti promosi bisnis, branding atau bahkan menambah pendapatan dengan buka jasa desain di situs-situs freelance seperti Fiverr.

Salah satu aplikasi desain populer saat ini adalah Canva. Aplikasi atau website satu ini memang jadi salah satu tools desain andalan banyak orang, karena menawarkan kemudahan bahkan bagi yang tidak terlalu ahli dalam bidang desain grafis sekalipun.

Tetapi, apa kamu tahu ada aplikasi desain selain Canva yang cara pakainya sama mudah?

Banyak sekali aplikasi mirip Canva yang bisa jadi alternatif. Sama seperti Canva, aplikasi-aplikasi tersebut mempunyai dashboard editor yang simpel dan mudah dipahami bahkan oleh pemula dalam bidang desain.

Inilah aplikasi desain selain Canva yang bisa kamu coba untuk mengurus desainmu.

1. Wepik.com

halaman utama Wepik

Wepik ini adalah website atau aplikasi desain selain Canva yang merupakan bagian dari Freepik Universe. Tools ini menawarkan kemudahan dalam mendekorasi apa pun menjadi lebih baik secara visual.

Terdapat banyak sekali template siap pakai, dari mulai kartu nama, feeds Instagram, InstaStory, flyer, kartu ucapan, undangan, logo, CV, daftar menu, poster, wallpaper, dan banyak lagi. Pilihan templatenya pun mengikuti trend desain dan tidak pasaran sehingga tidak overused.

dashboard desain di Wepik.com

Dilihat dari fungsi tools yang disematkan dan elemen-elemen desain yang tersedia,Wepik ini mirip sekali dengan Canva. Namun ada sedikit perbedaan yang juga jadi kelebihannya, karena merupakan anak perusahaan dari Freepik maka platform ini menawarkan akses ke stock-stock yang ada di website penyedia jutaan elemen desain tersebut.

Selain itu, aplikasi alternatif Canva satu ini bisa diakses secara gratis dan kamu bisa menyimpan desain buat diedit lagi. File hasil desain dari sini juga terhitung HD untuk sekelas website desain instan.

2. Designbold.com

aplikasi desain selain Canva - designbold

Website satu ini mengklaim platform desain yang mereka punya itu asyik dan minim usaha. Ternyata memang benar, Designbold adalah sebuah aplikasi desain selain Canva yang menyediakan template beragam yang mirip seperti aplikasi instan design sejuta umat tersebut.

Alat dan elemen desain yang disediakan pun mirip seperti Canva. Bedanya, Designbold menawarkan pilihan untuk memasukkan pie chart, grafik, atau gambar peta yang akan sangat membantu ketika kamu mendesain infografik.

dashboard editor designbold

Pengunduhan hasil desain bisa dilakukan jika kita memiliki akun di sini dan sign-in. kamu dapat pilih antara langsung mengunduh ke perangkat atau mengunduh ke Google Drive. Kualitas file yang dihasilkan pun HD, namun tidak lebih unggul jika dibandingkan Wepik.

3. Snappa.com

Snappa - aplikasi mirip canva

Snappa jadi aplikasi mirip Canva yang juga menawarkan kemudahan dalam urusan desain. Agar dapat menggunakan tools desain di sini, kamu harus daftar akun terlebih dulu.

Secara sistem desain, Snappa agak berbeda karena bukan menampilkan deretan template siap pakai, website desain ini justru meminta kita memilih ukuran desain dulu.

Kemudian kamu harus memilih ukuran desain, mau dalam pixel atau memilih ukuran standar untuk unggahan media sosial tertentu. Setelah itu, barulah kita disuguhi template untuk dipilih.

ukuran di snappa

Snappa ini menjadi aplikasi desain yang fokus ke desain postingan media sosial. Template untuk CV, kartu nama, atau kartu ucapan dan sejenisnya tiddak tersedia di sini. Namun jika kamu cukup cerdas, kamu masih mendesain hal tersebut dengan memodifikasi dari template yang ada.

dashboard editor snappa

Jika membahas urusan tools, Snappa ini mirip dengan Canva. Namun ada kelebihan aplikasi desain ini dibanding Canva, yaitu “batas aman” yang ditampilkan ketika mendesain.

Misal ketika mendesain InstaStory, ada wilayah berwarna abu-abu sebagai patokan agar kita tidak menaruh elemen desain di area tersebut. Wilayah itu kemungkinan akan terpotong saat nanti hasil desain tersebut di post ke InstaStory.

Untuk hasil desainnya, Snappa ini bisa dibilang cukup bagus namun masih kurang HD dibanding website sebelum-sebelumnya. Mungkin bisa kita atur biar resolusinya beberapa kali lebih besar biar hasilnya lebih tajam.

4. Designer.io (Gravit designer)

alternatif software desain grafis

Aplikasi mirip Canva selanjutnya adalah designer.io atau juga dikenal dengan nama Gravit designer. Tidak hanya di kalangan pemakai Canva, aplikasi desain satu ini juga dikenal sebagai alternatif software desain grafis lain seperti Adobe Illustrator, Corel Draw dan lain-lain.

Gravit designer akan langsung memintamu mendaftar dan menyarankan pilihan langganan versi pro ketika pertama kali diakses. Designer.io juga merekomendasikan browser Chrome atau Firefox ketika menggunakan platform mereka, hal tersebut karena fitur-fitur mereka akan lebih lancar jika dijalankan di kedua browser tersebut.

Aplikasi desain ini lebih berfokus pada aktivitas desain format vector. Alhasil, template siap pakai seperti yang ada di Canva hanya tersedia sedikit. Namun, tools dan fitur desain jauh lebih banyak dan cocok untuk melakukan proses desain yang lebih profesional.

interface gravit designer

Bisa dibilang aplikasi desain satu ini lebih mendekati ke aplikasi desain yang memang dioperasikan oleh para desainer grafis. Jadi jika kamu memang belum terlalu paham urusan desain, website satu ini kurang cocok untukmu.

Kalau masalah hasil, kamu disediakan beberapa mode export yang dapat kamu tentukan kualitasnya. Semakin besar faktor kalinya (maksimal 3x) maka semakin bagus kualitasnya.

5. Visme.co

aplikasi pengganti Canva - Visme

Visme.co merupakan aplikasi desain selain Canva yang cukup ramah untuk pemula. Website desain satu ini mewajibkanmu untuk daftar terlebih dahulu sebelum menikmati fitur-fiturnya. Aplikasi ini juga menawarkan beberapa kursus untuk belajar desain.

visme interface

Sistemnya mirip seperti Snappa, kamu diminta untuk memilih ukuran desain dulu sebelum akhirnya ditawari banyak template. Sayangnya, pilihan template gratis yang tersedia terbatas dan perlu berlangganan agar dapat menggunakan template premium.

Namun yang menarik, Visme menyediakan template animasi yang justru mayoritas gratis. Sayangnya, ada watermark pada hasil export sebagai video, GIF, atau PNG. Jika kamu tidak ingin tersemat watermark di hasil desainmu maka kamu harus berlangganan premium.

6. Vectr

aplikasi sejenis Canva - vectr

Aplikasi desain selain Canva yang dapat diakses online secara gratis selanjutnya adalah Vectr. Seperti tersirat dari namanya, website satu ini merupakan aplikasi desain grafis berbasis vector.

Walau sama-sama fokus pada urusan vector, namun tools desain yang tersedia di aplikasi ini masih kalah jika dibandingkan dengan Gravit designer. Namun masih terbilang memadai. Kamu dapat membuat objek, mengatur font, memasukkan foto, menggunakan layer, dan masih banyak lagi.

vectr dashboard online

Selain secara online, Vectr juga menyediakan software untuk didownload dan install di perangkat milikmu. Tersedia versi Windows, Linux dan Chromebook. Namun sayang, jika kamu pengguna Mac, aplikasi satu ini tidak tersedia untukmu.

7. Stencil

aplikasi desain mirip Canva - Stencil

Stencil adalah aplikasi desain selain Canva yang memfokuskan layanannya untuk postingan social media. Aplikasi ini menawarkan berbagai tools yang memiliki fungsi yang cukup praktis dan juga berbagai maca koleksi template dan koleksi foto siap pakai.

Aplikasi ini bisa dipakai secara gratis dengan batasan hanya 10 gambar setiap bulan. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini tanpa batas pemakaian, maka kamu harus berlangganan premium terlebih dahulu.

stencil free

Cara kerja website desain ini sangat mirip seperti Canva. Mereka mendukung tujuanmu untuk mempercepat proses membuat konten media sosial, karena kamu hanya perlu memilih salah satu dari template tersedia lalu megkustomisasinya menggunakan ikon, kutipan, dan juga fitur-fitur menarik lainnya.

Itulah rangkuman Pinterinternet untuk aplikasi desain selain Canva yang dapat kamu gunakan. Jadi, jika kamu jenuh menggunakan Canva maka banyak alternatif yang dapat kamu coba.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *