7 Cara Membuat Website di Weebly Praktis dan Mudah!

  • 5 min read
  • Jun 18, 2021
7 Cara Membuat Website di Weebly Praktis dan Mudah!

Weebly adalah salah satu platform yang menyediakan layanan untuk membuat blog atau website secara gratis. Jika kamu suka sesuatu yang simpel dan praktis, platform ini cocok untukmu. Karena cara membuat website di Weebly ini tergolong sangat mudah.

Bahkan jika kamu tak punya background IT sekalipun, atau malas untuk mempelajari coding. Namun meski sederhana, Weebly website builder sudah mempunyai berbagai fungsi dan fitur yang mumpuni untuk keperluan pembuatan website milikmu.

Bahkan tidak hanya fungsi Weebly sebagai blog, kamu juga dapat menikmati fitur untuk toko online. Jadi, Weebly adalah platform yang cocok untuk para pemula yang menginginkan website atau blog profesional.

Agar lebih mudah dan jelas, pinterinternet akan membahas cara membuat website di Weebly melalui tulisan ini. Silahkan disimak inilah cara membuat website di Weebly dengan mudah dan praktis.

Cara Membuat Website di Weebly

1. Buat akun

Cara membuat website dengan Weebly yang pertama adalah membuat akun di platform tersebut. Kunjungi situs Weebly lalu click Create Your Website atau Sign Up.

cara membuat website di Weebly

Setelah itu, silahkan masukkan nama, email, password serta negara tempatmu berada. Setelah semua informasi diisi, click tombol Sign up for free.

cara mendaftar weebly

2. Pilih Jenis Website

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman pilihan jenis website yang akan dibuat. “I just need a website” di sebelah kiri adalah pilihan untuk membuat blog atau website saja. Sedangkan “I need a website with an online store“ di sebelah kiri dapat kamu pilih jika ingin menambahkan fitur toko online.

 

Pilih jenis website di weebly

Nah cara membuat website di Weebly selanjutnya adalah memilih jenis website yang akan kamu buat. Jika kamu memilih “I just need a website”, kamu akan langsung diarahkan untuk memilih tema. dan pilihan “I need a website with an online store” akan langsung membawamu ke dashboard kustomisasi toko online tanpa memilih tema.

Untuk contoh, kami memilih opsi sebelah kiri.

3. Memilih Tema

Setelah memilih jenis website, kamu akan diajak memilih tema. Weebly sendiri menyediakan banyak sekali opsi tema yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

pilih tema weebly

Weebly sudah mengelompokkan tema-tema yang mereka miliki menjadi beberapa kategori, jadi kamu dapat lebih mudah untuk mencari. Kategorinya ada Business, Portfolio, Personal, Event, Blog, Coming Soon, dan Other.

Jika Kamu melihat preview tema dengan lebih jelas, silahkan klik tema yang ingin kamu lihat. Kamu pun akan diberikan preview dalam bentuk fullscreen. Kamu juga dapat mencoba mengklik berbagai elemen dan halaman web, agar dapat gambaran yang jelas ketika tema tersebut diterapkan.

preview weebly

Selain itu, kamu dapat menguji apakah tema tersebut responsive atau tidak dengan meperbesar atau memperkecil jendela browser.

Ketika sudah menentukan tema yang ingin dipakai, silahkan langsung klik tombol Start Editing di pojok kanan atas untuk mulai mengedit website impianmu.

4. Kustomisasi Sederhana

Setelah menekan tombol Start Editing, kamu akan diarahkan ke halaman kustomisasi sederhana. Kamu di arahkan untuk memilih fitur, memasukan logo, dan menentukan style website.

custom weebly

  • Features ─ Di bagian ini kamu dapat memilih fitur-fitur penting yang ingin kamu tambahkan di website. Silahkan klik daftar di bagian kiri layar untuk memilih fitur yang akan ditambahkan, seperti toko online, kontak, foto Instagram, dan konten highlight .
  • Logo ─ Kamu dapat memasukan logo untuk website atau blog milikmu. Tinggal upload file-nya dalam format PNG. Pastikan ukuran file logomu tak lebih dari 5MB.
  • Style ─ Di sini, Kamu harus memilih karakter font dan skema warna yang akan dipakai di website atau blog milikmu.

Kamu tak perlu terlalu lama di bagian ini. Sebab, nanti di bagian desain website, pengaturan serupa masih bisa kamu lakukan.

5. Tentukan Nama Domain

Cara membuat webste di Weebly selanjutnya adalah mengatur domain. Kamu akan melihat 3 pilihan untuk set up domain.

setup domain weebly

Inilah penjelasan singkat dari masing-masing opsi tersebut:

  • Find a custom domain ─ Kamu bisa langsung memasukkan nama domain dari Weebly. Tetapi pilihan ini mengharuskanmu untuk melakukan upgrade ke paket premium. Jadi, ketika Kamu memilih opsi ini, kamu akan sekaligus berlangganan hosting di Weebly.
  • Use a domain I own ─ Kamu dapat menggunakan domain dan hosting yang sudah kamu beli sebelumnya. Opsi lebih fleksibel karena kamu dapat bebas memilih ekstensi domain serta paket hosting sesuai kebutuhan.
  • Use a Weebly subdomain ─ Kamu dapat terus menggunakan Weebly secara gratis ketika memilih opsi ini. Namun, alamat blog akan ditentukan oleh Weebly. Contohnya seperti, my-site-120921-135811.weeblysite.com. Alamat macam itu akan sulit bersaing di hasil pencarian Google.

Kamu tak perlu buru-buru memilih salah satu opsi di atas. Karena bagian ini dapat kamu lewati dulu, dan melanjutkan ke langkah desain website.

4. Desain website

Desain website adalah elemen unggulan dari cara membuat website Weebly. Karena platform satu ini menawarkan kemudahan dalam hal mengatur tampilan visual website-mu.

Tak peduli seberapa awam kamu dengan dunia desain web, Weebly bakal memanjakanmu dengan user interface yang mudah sekali dipahami. Kamu hanya perlu klik dan sedikit insting dalam mendesain.

Tetapi sebelum membicarakan cara mendesain website di Weebly, kamu harus kenalan dulu dengan tampilan dan tombol-tombol navigasinya.

desain website weebly

Gambar di atas adalah tampilan jendela ketika kamu ‘mendekor’ website. Pilihan menu dan tools ada di bagian kiri. Sedangkan di bagian kanan, terdapat preview tampilan website yang sedang kamu desain secara real-time.

Ada empat elemen desain yang ada di Weebly sebagi berikut:

  • Page ─ elemen ini adalah halaman blog.
  • Section ─ berisi berbagai elemen yang dipakai untuk mengisi halaman blog.
  • Item ─ Sebuah opsi untuk dipakai menambahkan sebuah item atau produk.
  • Category ─ elemen ini berfungsi untuk mengelompokkan beberapa item dalam satu topik yang sama.

Setelah berkenalan semua elemen desain, kami akan menjelaskan bagaimana cara mendesain halaman website. Yaitu bagaimana cara membuat halaman dan menambahkan section. Untuk elemen item dan category akan kamu butuhkan ketika menambahkan store alias toko online.

Cara Membuat Halaman

Untuk menambahkan halaman blog atau web di Weebly, klik tombol + Add di bagian atas, ketika opsinya muncul, silahkan pilih Page.

add elemen weebly

Setelah itu, Kamu perlu memilih jenis halaman yang akan diedit. Ada enam jenis halaman yang ditawarkan, yaitu [Blank Page], About, Contact us, Gallery, Instagram, dan Shop.

Kamu dapat langsung menjadikan Halaman yang dibuat sebagai menu navigasi (link). Caranya, silahkan centang opsi Add page to navigation. Jangan dicentang jika kamu hanya ingin membuat halaman biasa.

page weebly

Kamu bebas memilih jenis dan jumlah halaman yang ingin dibuat. Tak perlu khawatir kehilangan track halaman, karena Weebly memiliki daftar halaman sekaligus tombol untuk kustomisasi halaman yang dapat kamu lihat di bagian kiri dashboard editing.

Cara Menambah Section

Setelah menambahkan Page, secara otomatis kamu akan mendapatkan halaman dengan beberapa section. Jika ingin menambah section, klik saja section yang ingin ditambahkan di bagian kiri.

add section weebly

Section yang kamu klik akan langsung muncul di bagian preview. Klik lagi section tersebut jika kamu ingin melakukan kustomisasi tampilan dan menambahkan konten.

Untuk menambahkan konten, Kamu hanya perlu klik di bagian preview. Lalu langsung saja ketik konten yang ingin diperlihatkan. Lalu klik Done setiap selesai menambahkan atau mengatur section.

pengaturan section weebly

Jika Kamu ingin membuat keseluruhan desain tampak senada. Kamu dapat menuju bagian Site design yang letak tombolnya tepat di bawah bagian section. Ketika diklik, langsung muncul tiga opsi: Colors, Fonts, dan Buttons. Silahkan pilih mana yang akan kamu buat senada.

cara medesain website weebly

Kira-kira begitulah cara mendesain halaman website atau blog di Weebly. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah di atas tiap hendak membuat halaman baru.

5. Cara Menambahkan Apps

Langkah selanjutnya dalam cara membuat website di Weebly ini adalah cara menambahkan Apps.

Apa itu Apps?

Jika kamu pernah menggunakan WordPress, kamu pasti familiar dengan istilah plugin. Nah Weebly juga memiliki fitur yang bisa ditambahkan secara terpisah seperti plugin di Wrodpress, nama fitur tersebut adalah apps.

Kamu akan dimudahkan ketika mencari Apps Weebly untuk ditambahkan. Karena Weebly sudah mengelompokkan apps berdasarkan kategori tertentu. Ada lima kategori apps di Weebly, yaitu eCommerce, Communication, Marketing, Social, Site Tools & Feature.

app center weebly

Selain menampilkan apps sesuai kategori, Weebly juga memudahkanmu ketika memilih app dengan menyematkan informasi lengkap terkait app yang akan kamu pasang, seperti penjelasan fungsi apps, link ke support atau video tutorial, dan review user.

install apps weebly

Ketika sudah menemukan apps yang kamu butuhkan, silahkan klik tombol Add untuk menambahkannya di website atau blog milikmu.

6. Pilih Paket

Mungkin fitur gratisan di Weebly tidak cukup dalam memenuhi kebutuhanmu. Jika iya, kamu dapat mencoba fitur-fitur premium. Misal, kamu ingin menambahkan opsi pembayaran PayPal, mengirimkan email notifikasi dengan lebih leluasa, dan lain sebagainya.

Untuk melihat fitur berbayar Weebly, kamu dapat mengaksesnya dengan klik tombol Upgrade yang terletak di header sebelah kanan. Kamu akan diarahkan ke tab baru berisi daftar fitur premium.

upgrade premium weebly

Silahkan pilih opsi premium yang sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja budget-mu.

opsi premium weebly

7. Luncurkan blog Weebly

Akhirnya kamu samapai di penghujung langkah-langkah cara membuat blog di Weebly. Setelah konten dan desain visualnya siap, silahkan luncurkan website-mu agar bisa diakses online.

Ada dua cara yang dapat kamu lakukan.

  • Cara pertama, dari Dashboard > Publish your website
  • Cara kedua, dari Edit Website > Publish

Keduanya sama-sama membawamu ke pop-up ‘Set up your domain’.

set up domain weebly

Silahkan selesaikan pengaturan domain. Voila! Kamu telah berhasil membuat Website atau blog di Weebly.

Itulah cara membuat website di Weebly, sangat praktis bukan? Silahkan diikuti langkah-langkahnya dan selamat mencoba!

Selain artikel cara membuat website di weebly ini, Cek juga artikel kami tentang cara membuat website di Wix, di mana kedua platform tersebut sama-sama menawarkan kemudahan dalam membuat website atau blog. Kamu dapat membandingkan mana yang lebih cocok buatmu.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *