Friday, December 3, 2021
HomeSEO8 Manfaat SEO untuk Website, Wajib Tahu!

8 Manfaat SEO untuk Website, Wajib Tahu!

Ada banyak sekali manfaat SEO untuk website, terlebih jika Anda memanfaatkan website untuk menjalankan bisnis online. Nah, di dalam artikel ini, Anda dapat mengetahui berbagai manfaat SEO untuk website yang kami maksud. Simak dengan saksama ya!

SEO atau Search Engine Optimization merupakan kegiatan yang ‘wajib diterapkan’ guna meningkatkan kuantitas dan kualitas trafik website. Ya, dalam mengembangkan website, Anda sebaiknya tidak saja memerhatikan segi kuantitas trafik melainkankan juga kualitasnya.

Misalnya, Anda memiliki website untuk bisnis produk pakaian. Ternyata website Anda memiliki banyak pengunjung namun tidak banyak dari mereka yang melakukan pembelian. Nah, dari contoh kasus semacam itu, website Anda memang unggul dalam segi kuantitas namun kurang dalam segi kualitas.

Jika kualitas trafik website Anda apik, maka sangat mungkin nilai engangement akan meningkat. Hal ini akan berdampak pada angka pembelian yang (juga) mengalami peningkatan. Itu-lah pentingnya penerapan SEO pada website.

Manfaat SEO untuk Website

Selain yang PinterInternet jelaskan di atas, masih ada banyak manfaat SEO untuk website. Berikut PinterInternet sajikan selengkapnya:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Telah disebutkan di atas bahwa penerapan SEO pada website dapat meningkatkan trafik dari segi kuantitas. Peningkatan trafik ini, secara langsung, dapat berdampak pada peningkatan brand awareness lho. Kok bisa?

Apabila trafik atau pengunjung website Anda melimpah, maka ada banyak orang yang melihat dan mengetahui isi dari website Anda. Di samping itu, semakin banyak juga orang yang melihat dan mengetahu ‘image branding’ yang Anda pamerkan di website. Nah, dalam hal ini, brand awareness dapat mengalami peningkatan.

Seperti diketahui, cara terbaik untuk meningkatkan performa bisnis ialah dengan mencapai brand awareness. Nah, di era teknologi saat ini, mencapai brand awareness bisa dilakukan secara online, yakni melalui penerapan SEO untuk website.

2. Meningkatkan User Experience

Manfaat SEO untuk website berikutnya yakni meningkatkan user experience. Ya, sebagai pemilik website (terlebih website bisnis online), Anda harus mampu meningkatkan user experience.

Mengingat, user experience dapat meningkatkan nilai engagement yang berdampak langsung pada tingkat konversi yang makin tinggi. Tentunya, tingkat konversi yang tinggi berdampak langsung terhadap peningkatan pendapatan dari penjualan di website Anda.

Untuk diketahui, user experience dapat ditingkatkan dengan cara mendongkrak pengunjung organik. Dan, untuk mendongkrak pengunjung organik dibutuhkan penerapan SEO.

3. Hemat Biaya Bisnis

Tak dimungkiri, seiring berkembangnya zaman, teknologi menjadi sesuatu yang sangat berguna dan menguntungkan. Bagaimana tidak, bisnis yang dulunya hanya bisa dijalankan secara tradisional dan mengandalkan strategi marketing konvensional, kini bisa dilakukan secara online dengan strategi penerapan digital marketing.

Salah satu bisnis online yang bisa Anda jalankan ialah dengan membangun website. Anda tidak perlu khawatir keluar modal atau bujet yang banyak karena bisnis yang dijalankan melalui website bisa dijalankan dengan biaya tidak besar.

Ya, Anda tidak perlu keluar banyak uang untuk mendapatkan pelanggan baru maupun mempertahankan pelanggan lama agar setia kepada produk-produk Anda. Cukup terapkan SEO dengan baik, banyak pembeli akan menghampiri website Anda seiring bertambahnya trafik organik.

4. Eksistensi Website Bisa Bertahan Lama

Setiap pemilik website pasti ingin website besutannya selalu bertengger di halaman pertama Google, lebih-lebih di urutan paling atas. Nah, salah satu cara untuk mencapai hal itu adalah menerapkan SEO dengan baik.

Lebih lanjut, penerapan SEO yang baik juga dapat membuat eksistensi website Anda bertahan lama di mata mesin penelusur seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya. Dengan begitu, website Anda akan memperoleh trafik organik melimpah dalam jangka panjang.

Akan tetapi, Anda harus mengetahui jikalau Google akan mengubah algoritmanya secara berkala. Nah, tugas Anda sebagai pemilik sekaligus pengelola website harus mampu dengan cepat beradaptasi dengan perubahan algoritma itu. Ini penting dilakukan agar eksistensi website Anda di mata mesin pencari Google betul-betul bertahan lama.

5. Bersaing dengan Website Ternama

Telah kami jelaskan di atas bahwa penerapan SEO mampu mendongkrak website hingga bertengger di halaman pertama mesin pencari seperti Google dan kawan-kawannya. Ketahuilah, pada umumnya, website yang bertengger di halaman pertama adalah website ternama.

Nah, jika Anda menerapkan SEO dengan baik, sangat mungkin website Anda mampu bersaing dengan website-website ternama di halaman pertama. Bahkan, sangat mungkin (juga) website Anda mampu mengungguli website pesaing yang selama ini Anda favoritkan atau menjadi pedoman.

6. Mendapatkan Pengunjung Tertarget

8 Manfaat SEO untuk Website, Anda Wajib Tahu

Manfaat SEO untuk website keenam ialah mendapatkan pengunjung tertarget. Apa maksudnya? Simak penjelasan berikut ini!

Orang yang memanfaatkan mesin pencari seperti Google biasanya ingin mencari sesuatu atau mendapatkan solusi. Misalnya, Budi pengin membeli sepatu secara online dengan memasukkan keyword ‘sepatu bagus’ dalam mesin pencarian. Lalu, Budi mengunjungi salah satu website yang menyediakan produk relevan dengan keyword yang dimasukkannya itu.

Nah, Budi bisa disebut sebagai pengunjung tertarget. Karena, dia memiliki tujuan yang jelas yakni hendak membeli sepatu bagus.

Jika Anda menerapkan SEO dengan baik, sangat mungkin website Anda akan ‘dihujani’ pengunjung tertarget yang banyak. Lebih lanjut, jika website yang Anda bangun difungsikan untuk berbisnis, maka sangat mungkin Anda akan mendapatkan banyak pembeli seiring banyaknya pengunjung tertarget yang mengunjunginya. Bukankah itu menguntungkan?

7. Promosi Non-Stop dengan Harga Terjangkau

Memang, penerapan SEO membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Namun, SEO itu murah lho. Menariknya, SEO bisa mengiklankan atau mempromosikan bisnis Anda 24 jam non-stop. Jadi, Anda tidak perlu keluar bujet banyak untuk menjajakan produk/jasa Anda kepada calon konsumen/klien.

Lain halnya jika Anda menggunakan jasa iklan Google Ads, FB Ads dan Instagram Ads. Anda harus membayar jasa tersebut dalam jumlah (biasanya) tidak sedikit. Kemudian, iklan atau promosi bisnis Anda juga akan terbatas dalam waktu tertentu sesuai kontrak yang disepakati bersama.

Sementara itu, jika Anda menerapkan SEO dengan baik, promosi atau iklan bisnis Anda akan bertahan dalam jangka panjang, asalkan website tidak hilang, mematuhi peraturan yang ada dan selalu beradaptasi dengan algoritma Google yang berubah-ubah.

8. Meningkatkan Penjualan

Pada akhirnya, bisnis yang Anda jajakan di dalam website akan mengalami peningkatan penjualan. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh semakin meningkatnya pengunjung tertarget dan website bertengger di halaman pertama (lebih-lebih di urutan pertama).

Sebaliknya, peningkatan penjualan tidak akan bisa terjadi jika website tidak teroptimasi dengan penerapan SEO yang baik. Oleh karenanya, wajib bagi Anda untuk mengaplikasikan SEO pada website Anda agar tujuan-tujuan baik telah Anda tetapkan betul-betul tercapai dengan optimal.

Itulah delapan manfaat SEO untuk website yang perlu Anda ketahui. Satu hal yang harus Anda ingat yakni jangan pernah berbuat curang saat mengaplikasikan SEO pada website. Sebab, website Anda sangat mungkin terkena penalti atau bahkan hilang dari mesin pencari. Hal ini tentunya dapat memberikan kerugian.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments