Friday, December 3, 2021
HomeTechnology8 Tips Membeli HP Bekas Berkualitas, Awas Barang Curian!

8 Tips Membeli HP Bekas Berkualitas, Awas Barang Curian!

Ada sejumlah tips membeli HP bekas yang perlu Anda ketahui. Dengan mengikuti tips ini, dipastikan Anda akan mendapatkan HP bekas yang berkualitas, masih mulus dan ramah di kantong.

Membeli HP bekas memang tidak bisa disamakan dengan membeli HP baru. Mengingat, HP bekas sudah pernah digunakan oleh pengguna sebelumnya. Sehingga, bisa jadi ada minus pada salah satu atau beberapa bagian.

Di sisi lain, membeli HP bekas juga harus waspada dengan barang curian. Tentunya, Anda tidak ingin membeli HP bekas dari hasil curian, kan?

Oleh karenanya, Anda harus menyimak tips membeli HP bekas berkualitas akan kami bagikan berikut ini. Dijamin deh, dengan mengikuti tips ini, Anda tidak akan menyesal di akhir.

Tips Membeli HP Bekas Berkualitas

Sedikitnya ada delapan tips membeli HP berkas berkualitas yang perlu Anda ketahui. Berikut Pinter Internet bagikan tips selengkapnya untuk Anda:

1. Sesuaikan Kebutuhan

Sebelum beranjak jauh, Anda harus tahu terlebih dahulu kebutuhan Anda yang mengharuskan menggunakan HP. Misalnya, Anda membutuhkan HP untuk bekerja, browsing, main game atau sekadar have fun.

Setelah itu, Anda harus mencari HP dengan spesifikasi yang dapat mendukung kebutuhan Anda. pada tahap ini, Anda seharusnya sudah mulai mempersempit pilihan HP bekas sehingga pada saat melakukan pembelian, Anda tidak akan kebingungan.

Lebih lanjut, Anda juga bisa mematok harga maksimal HP. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari pengeluaran yang membengkak.

2. Survei Spesifikasi dan Harga

Sebelumnya Anda sudah menentukan spesifikasi HP bekas sesuai kebutuhan dan harga maksimal untuk membeli HP bekas itu. Sekarang saatnya Anda melakukan survei terkait dua hal itu secara spesifik. Bagaimana caranya>

Anda bisa melakukan survei spesifikasi HP dan harga bekasnya di situs-situs marketplace atau browsing di Google. Kemudian, bandingkan merek/tipe HP satu sama lain hingga mendapatkan satu atau beberapa HP sebagai incaran.

Nah, apabila Anda melakukan survei di situs-situs marketplace, Anda bisa membaca review dari pembeli-pembeli sebelumnya. Dengan begitu, Anda dapat lebih mantap HP bekas seperti apa yang paling pas dibeli.

3. Cari Penjual yang Reputasinya Bagus

Tips membeli HP bekas berikutnya adalah mencari penjual yang memiliki reputasi bagus. Ya, dengan menerapkan tips ketiga ini, Anda akan mendapatkan HP bekas tidak saja sesuai kebutuhan melainkan juga kualitasnya masih apik.

Apabila Anda ingin melakukan pembelian secara online, Anda bisa mengecek reputasi si penjual melalui kolom komentar yang ada. Jika rata-rata yang berkomentar bagus, bisa dipastikan si penjual memiliki reputasi yang baik.

Sementara itu, jika Anda ingin membeli HP bekas secara offline, carilah toko yang sudah ternama alias dikenal banyak orang di daerah Anda. Biasanya, toko yang sudah terkenal memiliki reputasi yang apik karena barang-barang yang dijualnya berkualitas.

4. Pastikan Bukan Barang Curian

Seperti yang kami jelaskan di atas, Anda harus waspada terhadap HP bekas yang dijual apakah berasal dari barang curian atau tidak. Terlebih jika Anda beli ke orangnya langsung, bukan dari toko resmi.

Nah, biasanya HP curian dibanderol dengan harga yang super murah. Namun, bukan berarti HP bekas yang murah semuanya berasal dari hasil curian.

Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk menanyakan mengapa HP yang hendak Anda beli dihargai murah langsung kepada penjualnya. Atau, Anda bisa meminta nomor IMEI HP untuk mengecek keabsahan dari HP itu. Agar lebih aman, Anda sebaiknya membeli HP yang disertai dosbox aslinya.

5. Cek Semua Bagian HP

Tiba saatnya Anda mengecek semua bagian HP bekas yang hendak Anda beli. Pertama, Anda bisa mengecek bagian seluruh bodinya. Lihat apakah ada lecet atau retakan. Jika ada, fatal atau tidak lecet dan retakan itu.

Kami menyarankan Anda membeli HP bekas yang masih memiliki bodi yang apik. Dalam artian, boleh-boleh saja ada lecet tetapi hanya sedikit dan bisa ditolerir.

Kemudian, cek bagian soket-soket yang ada. Anda bisa menjajal charger-nya apakah dapat digunakan dengan normal atau tidak, pun bagian headset-nya.

Sebagai tips lebih lanjut, usahakan Anda membeli HP bekas yang memiliki kelegkapan sebagaimana si pemilik pertama kali membelinya. Kelengkapan yang dimaksud di antaranya dosbox, charger, headset hingga buku manual.

Bagaimana dengan HP bekas yang masih bergaransi? Jika Anda tertarik untuk membelinya, hal itu boleh-boleh saja. Namun ketahuilah, pada umumnya, HP bekas yang masih bergaransi dibanderol dengan harga yang tinggi meski masih di bawah harga baru. Mengingat, dalam dunia elektronik layaknya HP, garansi memiliki peranan yang penting saat terdapat masalah atau kerusakan.

6. Cari HP Bekas Flagship

Tips Membeli HP Bekas Berkualitas, Awas Barang Curian!

Sebenarnya tips membeli HP bekas keenam ini bersifat opsional. Jadi, Anda boleh menerapkannya, boleh juga tidak menerapkannya. Namun, alangkah baiknya, kami sarankan Anda tetap memehartikan tips satu ini.

Ya, Anda akan mendapatkan keuntungan jika membeli HP bekas flagship. Memang harganya bisa dikatakan lebih tinggi, namun Anda tidak perlu ganti HP lagi dalam waktu dekat. Mengingat, pada umumnya, HP flagship memiliki spesifikasi yang mumpuni dan mampu bertahan serta digandrungi banyak orang hingga 2 – 3 tahun ke depan.

Jika Anda tertarik untuk membeli HP bekas flagship, Anda harus memastikan usia HP bekas itu tidak lebih dari dua tahun. Atau, baiknya masih berusia satu tahun atau kurang dari itu.

7. Beli HP Bekas di Orang Dekat

Seperti yang kami jelaskan di atas, Anda juga bisa membeli HP bekas langsung ke pemiliknya. Jika Anda beruntung, Anda bisa lho mendapatkan HP bekas dengan harga yang lebih murah. Bagaimana caranya?

Anda bisa menghubungi langsung keluarga atau teman yang mungkin berniat menjual HP-nya. Atau, Anda juga bisa mem-posting niatan Anda hendak beli HP bekas di berbagai media sosial.

Membeli HP bekas dari orang terdekat seperti keluarga dan teman biasanya lebih aman dibandingkan orang lain yang sebelumnya belum pernah Anda kenal, bahkan bertemu dengannya. Namun, Anda tetap harus waspada dengan menerapkan tips nomor empat di atas.

8. Lakukan Negosiasi

Anda mungkin akan kesulitan melakukan negosiasi atau menawar harga jika membeli HP bekas di toko resmi. Namun, jika Anda memutuskan membeli HP bekas di keluarga atau teman dekat, Anda bisa melakukan negosiasi.

Sebagai tips, sampaikan beberapa kekurangan dari HP bekas yang ditawarkan kepada Anda saat melakukan penawaran. Cara ini memang sederhana namun bisa memengaruhi si penjual untuk melepaskan HP-nya dengan harga yang lebih murah dari harga awal.

Tentunya, Anda harus menegosiasi dengan tetap memerhatikan batas wajar. Dengan kata lain, jangan sampai Anda kebablasan menegosiasi karena akan terlihat tidak serius membeli HP bekas si penjual. Pada ujungnya, Anda gagal mendapatkan HP bekas dengan harga miring.

Itulah delapan tips membeli HP bekas yang berkualitas. Hal terpenting adalah membeli HP sesuai dengan kebutuhan dan pas di kantong.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments