Friday, December 3, 2021
HomeTechnology8 Tips Membeli Laptop Bekas, Dijamin Dapat yang Berkualitas

8 Tips Membeli Laptop Bekas, Dijamin Dapat yang Berkualitas

Anda perlu mengetahui tips membeli laptop bekas agar mendapatkan yang berkualitas dan terhindar dari penipuan. Ya, membeli laptop bekas tidak bisa disamakan dengan membeli laptop baru, yang mana keadaan barang masih ‘fresh’. Anda harus betul-betul teliti dan mengecek seluruh bagian laptop bekas untuk memastikan masih dapat berjalan dengan normal.

Jika dilihat dari kelebihannya, membeli laptop bekas memang cukup menguntungkan dibandingkan laptop baru. Anda bisa lho mendapatkan laptop bekas dengan harga jauh lebih murah dari laptop baru dengan merek dan tipe yang sama.

Di bawah ini, Pinter Internet bagikan tips membeli laptop bekas agar mendapat yang berkualitas dan masih beroperasi dengan normal. Simak dengan saksama ya!

Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Sedikitnya ada delapan tips membeli laptop bekas agar mendapatkan yang berkualitas. Antara lain sebagai berikut.

1. Cek Bodi Laptop Secara Keseluruhan

Tips membeli laptop bekas yang pertama yakni mengecek bagian bodi secara keseluruhan. Ya, mengecek seluruh bagian luaran laptop memang sangat penting. Jadi, Anda harus memberikan perhatian utama terkait hal itu.

Cek apakah laptop bekas yang hendak Anda beli memiliki bodi mulus atau justru sebaliknya. Jika Anda menemukan banyak lecet atau bahkan retakan di beberapa bagian, berarti laptop tersebut pernah terjatuh. Ini sangat mungkin komponen lainnya mengalami kerusakan. Jadi, Anda harus mempertimbangkan kembali sebelum melakukan pembelian.

2. Amati Bagian Layar Laptop

Kami menyarankan Anda memilih laptop bekas yang masih memiliki layar dan LCD dalam keadaan normal, tidak ada retakan dan masalah lainnya. Mengingat, peranan layar ini sangat penting saat Anda mengoperasikan laptop. Terutama untuk kenyamanan Anda selama menatap laptop.

Pastikan layar laptop bekas yang hendak Anda beli tidak terdapat dot pixel atau bintik-bintik di semua bagiannya. Adapun cara mengeceknya, Anda bisa mengubah tampilan layar atau wallpaper laptop menjadi hitam seluruhnya. Kemudian amati apakah ada bintik-bintik pada layar tersebut atau tidak.

Lebih lanjut, Anda juga perlu memastikan laptop tidak terdapat warna selain hitam saat masih ber-wallpaper hitam. Anda juga bisa mencoba cara di atas dengan menggunakan wallpaper warna putih untuk meyakinkan bahwa laptop tersebut betul-betul masih memiliki layar berkualitas.

Selain itu, Pinter Internet juga menyarankan Anda mengecek keadaan layar saat dibuka-tutup. Pastikan keadaan layar terasa normal saat dibuka-tutup dan tidak memiliki masalah serius seperti ada goyangan, timbul suara seperti retakan dan terasa kendor.

3. Coba Bagian Soket Laptop

Keberadaan soket pada laptop sangatlah penting. Ya, soket pada laptop digunakan untuk mengoperasikan flashdisk, SD card, headset, kabel HDMI hingga DVD. Oleh karenanya, Anda harus memastikan semua soket masih berfungsi dengan normal.

Jika perlu, Anda bisa membawa semua peralatan seperti yang kami sebutkan di atas (flashdisk hingga DVD) saat hendak membeli laptop bekas. Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa meminjamnya kepada penjual.

Nah, satu hal yang sering terlupakan dalam pengecekan soket ini ialah bagian DVD. Oleh karenanya, kami ingatkan Anda untuk tidak lupa mengecek bagian itu. Anda bisa mengeceknya dengan cara memutar film.

4. Pastikan Baterai dan Charger Berfungsi Normal

Tips membeli laptop bekas berikutnya ialah memastikan baterai dan charger berfungsi dengan normal. Ketahuilah, tidak sedikit orang yang membeli laptop bekas menyesal di akhir karena mendapati fungsi baterai dan charger tidak berjalan normal alias sudah soak saat sudah dibeli. Ini dikarenakan pengecekan kondisi baterai dan charger diabaikan begitu saja saat hendak melakukan pembelian.

Nah, agar masalah itu tidak terjadi pada Anda, pastikan Anda tidak lupa mengecek kondisi baterai dan charger secara cermat ya! Bagaimana caranya?

Mudah kok, mengecek kondisi baterai laptop bekas bisa dilakukan dengan cara menghidupkan laptop tersebut. Kemudian, buka software yang paling berat yang ada di laptop tersebut selama 15 – 20 menit. Amati apakah daya baterai berkurang drastis atau tidak. Jika iya, berarti ada masalah pada baterai tersebut.

Sementara itu, pengecekan charger laptop bisa dilakukan dengan cara meghubungkannya ke sumber listrik. Amati, apakah daya baterai terisi dengan kecepatan normal atau malah sangat lambat. Selain itu, pastikan charger tidak hidup mati berkali-kali saat dihubungkan ke sumber listrik.

5. Cek Keyboard dan Trackpad

Tips Membeli Laptop Bekas, Dijamin Dapat yang Berkualitas

Ketahuilah, keyboard dan trackpad merupakan salah satu bagian terpenting dari laptop. Dan, bagian itu paling banyak digunakan oleh pengguna saat mengoperasikan laptop. Oleh karenanya, kami memasukkan pengecekan keyboard dan trackpad sebagai salah satu tips membeli laptop bekas.

Cara pengecekannya, Anda bisa menekan semua tombol keyboard yang ada. Pastikan semua masih bisa berfungsi dengan normal. Jika ada kerusakan (sekalipun) satu tombol, sebaiknya Anda tidak membeli laptop bekas terkait karena hal itu dapat menghambat aktivitas Anda selama mengoperasikan laptop.

Lantas, bagaimana cara mengecek bagian trackpad? Mudah sekali, Anda harus memastikan pointer masih berjalan dengan mulus.

6. Pastikan Laptop Tidak Terdapat Virus

Tips membeli laptop bekas yang keenam yakni memastikannya tidak terdapat virus. Ya, seperti yang kita ketahui, virus merupakan salah satu hal yang amat mengesalkan di dunia perkomputeran. Ini dikarenakan virus baik yang sederhana maupun kompleks dapat mengganggu kinerja laptop.

Lantas, bagaimana cara memastikan laptop bekas yang hendak dibeli tidak terdapat virus? Anda bisa mengecek hal ini dengan menggunakan software antivirus yang terdapat pada laptop tersebut.

Selain itu, Anda juga boleh membawa installer antivirus yang menurut Anda mampu mendeteksi virus dengan baik saat hendak melakukan pembelian. Namun, sebelum meng-install-nya, Anda harus meminta izin kepada penjualnya ya!

7. Pastikan Harga Laptop Bekas Tidak Mencurigakan

Maksud dari harga mencurigakan adalah laptop bekas terkait dijual jauh dari harga pasaran. Misalnya, laptop bekas A memiliki harga pasaran Rp 3 juta, namun Anda mendapati penjual yang hanya membanderolnya Rp 1 juta.

Ketahuilah, barang semacam itu biasanya memiliki cacat pada banyak bagian. Lebih dari itu, bisa juga barang tersebut merupakan hasil curian sehingga dijual dengan harga yang super murah.

Oleh karenanya, sebelum membeli laptop bekas, Anda sebaiknya melakukan survei harga laptop. Anda bisa mengandalkan sejumlah marketplace ternama untuk mengetahui harga pasaran laptop bekas yang Anda inginkan.

8. Beli Laptop Bekas Sesuai Kebutuhan

Hal terpenting saat membeli laptop bekas adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan. Ya, buat apa membeli laptop namun tidak bisa menjawab kebutuhan Anda saat menggunakannya?

Kebutuhan laptop ditentukan oleh diri sendiri. Misalnya, laptop yang hendak Anda beli akan digunakan untuk aktivitas desain-mendesain dan editing video. Maka, Anda harus mencari prosesor dan RAM yang tinggi. Sementara itu, jika kebutuhan Anda hanya untuk mengetik dan browsing, alangkah baiknya Anda membeli laptop bekas dengan prosesor RAM yang tidak terlalu tinggi.

Itulah delapan tips membeli laptop bekas. Terapkan semua tips di atas agar Anda mendapatkan laptop bekas yang berkualitas!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments