Saturday, December 4, 2021
HomeTechnology15 Alternatif Mesin Pencarian Selain Google Terbaik dan Aman

15 Alternatif Mesin Pencarian Selain Google Terbaik dan Aman

Google merupakan mesin pencari dengan pengguna paling banyak di dunia. Lebih dari 78% informasi internet dihasilkan lewat mencari di Google. Dominasinya ini membuat orang-orang menganggap Google sebagai satu-satunya mesin pencari di internet.

Padahal kenyataannya, banyak mesin pencarian selain google yang dapat digunakan. Bukan hanya sebagai alternatif pengganti, beberapa search engine tersebut mempunyai karakteristik yang tidak dimiliki oleh Google.

Apa saja situs pencarian selain Google? Simak tulisan Pinterinternet kali ini tentang 10 mesin pencarian selain google yang aman digunakan.

Alasan Menggunakan Mesin Pencari Selain Google

Sudah ada Google kok kenapa harus pakai yang lain?

Sebelum lanjut ke listnya, kami akan menjawab pertanyaan ini dan jawabannya cukup menarik. Bahkan bisa jadi ketika kamu tahu, kamu akan berpindah ke lain hati dan mulai menggunakan search engine selain Google. Silahkan ini dia alasan-alasannya:

1. Melindungi Privasi

Sepertinya sudah bukan rahasia lagi, Google mempunyai kepentingan untuk mengumpulkan data pengguna. Bahkan bisa dibilang, mayoritas operasi Google membutuhkan data-data tersebut.

Sebut saja layanan iklan, agar bisa ditampilkan ke target yang sesuai, Google menggunakan data pencarian dan meninjau ketertarikan pengguna. Dengan data tersebut, Google bisa tahu ke siapa iklan akan ditampilkan.

Jadi, mulai dari data pribadi, kata kunci pencarian, interest, device yang digunakan hingga lokasimu menjadi milik Google dan dimanfaatkan untuk kepentingan mereka.

Jika kamu termasuk orang yang sangat memperhatikan isu privasi dan keamanan data, mungkin ini akan mengganggu. Selain menggunakan aplikasi VPN, kamu juga dapat memilih mesin pencari alternatif yang memang menawarkan keamanan privasi yang lebih baik.

2. Pencarian Lebih Netral

Algoritma Google akan menampilkan informasi-informasi berdasarkan kebiasaanmu berselancar di platform mereka. Keyword yang sering kamu ketik, isu apa yang menarik perhatianmu, situs mana yang kamu kunjungi akan sangat mempengaruhi hasil pencarian di Google.

Hal ini semacam Bubble yang membatasimu untuk tahu informasi lain selain yang kamu sering akses di Google. Bisa dibilang, pencarianmu di Google tidak netral karena sangat subjektif berdasarkan history pencarianmu di Google.

Jika kamu ingin hasil yang lebih netral, kamu dapat menggunakan alternatif mesin pencarian selain google.

3. Kebutuhan Spesifik

Walaupun hasil yang ditampilkan Google begitu lengkap variannya, namun beberapa mesin pencarian selain google menawarkan hasil yang lebih spesifik. Jadi kamu lebih mudah menemukan hal yang kamu butuhkan sesuai konteks yang lebih mengerucut.

Misalkan kamu sedamg mencari gambar bebas copyright untuk pajangan di Gigs Fiverr, atau kamu adalah orang tua yang ingin konten ramah keluarga, atau kamu hanya tertarik untuk mencari konten podcast, beberapa mesin pencari mempunyai karakteristik khusus yang cocok dengan kebutuhan tersebut.

Daftar Mesin pencarian selain google

1. DuckDuckGo

Mesin pencari selain Google - DuckDuckGo

Sesuai taglinenya, “Privacy, Simplified,”DuckDuckGo merupakan mesin pencarian selain google yang memiliki interface sederhana dan sangat menghargai privasi penggunanya. Mereka mengklaim tidak mengumpulkan data apapun yang diberikan ke mesin pencari, baik data terkait kata kunci maupun informasi pribadi.

Search engine alternatif Google ini juga tidak menyimpan jejak pencarian yang kamu lakukan. Mereka dapat dipastikan tidak menjual data ke pengiklan. Tidak hanya itu, DuckDuckGo menonaktifkan bot pelacak iklan, sehingga data pribadi milikmu tetap aman.

Walaupun tidak mengacu pada data personal dan jejak kata kunci, DuckDuckGo tetap memberikan hasil pencarian yang akurat, mereka mengumpulkan hasil pencarian dari 100 sumber berbeda. Mulai dari crawler-nya sendiri, situs-situs crowd-source, Yandex, Bing dan lainnya.

2. Microsoft Bing

alternatif search engine selain Google - Bing

Ciri khas dari mesin pencari yang punya market share terbesar setelah Google dan baidu ini adalah tampilan halaman depan yang berubah-ubah. Ketika kamu masuk ke halaman depan Bing, kamu akan disuguhi foto beresolusi tinggi dari berbagai tempat di dunia. Tampilan itu juga dapat kamu ubah dengan mengklik tanda panah di bagian kanan bawah.

Search engine keluaran Microsoft ini terhubung dengan layanan Microsoft Office Online. Lewat halaman depan kamu dapat langsung mengakses berbagai program Microsoft seperti Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Sway, hingga OneDrive secara online.

3. Yandex

mesin pencarian selain Google - Yandex

Yandex merupakan mesin pencarian buatan Rusia. Sejak berdiri tahun 1997, Yandex memfokuskan layanannya untuk membantu para pengguna menjalankan bisnis baik online maupun offline. Visi ini dibuktikam dengan berbagai fitur dan layanan yang dihadirkan oleh mereka.

Jika melihat dari privasi pengguna, Yandex masih mengumpulkan data personal, kata kunci dan riwayat pencarian. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan relevansi hasil pencarian. Namun pengumpulan data yang dilakukan Yandex dilakukan setelah dapat persetujuan dari user.

Mesin pencari ini mempunyai fitur yang tidak kalah dengan Google, seperti pencarian gambar, video, peta, translasi dan AppMetrica yang setara dengan Google Analytics. Diliha

4. Swisscows

alternatif Google - Swiscows

Swisscows.com merupakan mesin pencari selain Google yang juga berkomitmen menjaga keamanan data dan privasi penggunanya. Search engine ini juga menerapkan sistem penyensoran konten yang ketat, sehingga aman untuk keluarga.

Sama seperti Google, Swisscows juga mengategorikan hasil pencarian berdasarkan jenisnya, yaitu gambar, video, musik, dan penerjemahan.

Fitur menarik dari mesin pencari yang menyimpan data di Swiss ini adalah Swisscows Digest, yaitu tools untuk menemukan informasi penting dari sebuah artikel atau tulisan. Alat bantu ini bekerja dengan menampilkan keyword dan highlight kalimat-kalimat penting dari tulisan yang kamu masukkan.

 5. DogPile

Mesin pencari selain Google - Dogpile

Mesin pencari satu ini mengklaim dapat menampilkan hasil pencarian 50% lebih banyak dari search engine lainnya. Hal ini mungkin terjadi karena Dogpile menampilkan kompilasi hasil pencariannya dari berbagai mesin pencari, seperti Google, Yahoo!, Yandex, dan MSN.

Walaupun desain tampilannya terlihat lawas, Dogpile sangant layak disebut mesin pencarian selain Google yang dapat diandalkan apalagi dengan adanya fitur suggestion yang cukup lengkap dan bervariasi.

6. Gibiru

mesin pencarian selain Google - Gibiru

Gibiru merupakan opsi mesin pencari selain Google yang menjaga keamanan data penggunanya. Mereka tidak menyimpan data pencarian, kata kunci dan IP penggunanya.

Hal tersebut diperkuat dengan klaim mereka yang hanya mendapat komisi ketika pengguna melakukan pembelian pada suatu website yang dicari melalui Gibiru. Sehingga tidak ada kepentingan Gibiru untuk menjual data ke pengiklan.

Selain privasi, Gibiru juga sangat concern pada keleluasaan pengguna dalam mengakses konten yang disensor. Hal tersebut demi memberikan peluang pada website-website baru yang kesulitan mendapat pengunjung karena ditutupi akibat dianggap tidak memiliki konten yang memenuhi standar.

7. StartPage

situs mirip google - startpage

StartPage mempunyai keyakinan bahwa data pribadi tidak pantas disimpan di Big Data. Oleh karena itu, mesin pencari alternatif Google ini menjamin tidak adanya data pengguna yang disimpan dan digunakan untuk keperluan mereka.

Namun bukan berarti hasil pencarian di StartPage tidak relevan. Mereka secara legal membayar Google untuk menggunakan sistem pencarian yang dimiliki oleh raksasa search engine tersebut.

Bisa dibilang dengan menggunakan StartPage kamu seperti menggunakan Google dengan privasi lebih terjamin.   Seperti yang mereka katakan, “We want you to dance like nobody’s watching and search like nobody’s watching.”

8. Wolfram Alpha

mesin pencari bukan google - WolfarmAlpha

Visinya untuk membuat berbagai ilmu pengetahuan dapat diakses oleh publik,  Wolfram Alpha menjadi mesin pencari yang fokus terhadap konten-konten data dan fakta dari berbagai disiplin ilmu, seperti matematika, science, ilmu sosial dan lainnya.

Mereka tidak sembarangan menampilkan informasi, melainkan melakukan kurasi lalu mengelompokkan data-data tertentu sesuai dengan kategori khusus .

Sekilas, mesin pencari ini mungkin membuatmu bingung. Sebab, ketika kamu mencari mesin ini mencoba merangkum semua informasi dari berbagai web terpercaya, lalu ditampilkan dalam bentuk rangkuman.

Jika kamu mempunyai pertanyaan spesifik atau mencari dari background ilmu tertentu, Wolfram Alpha mungkin akan sangat membantumu.

9. Ecosia

search engine - ecosia

Ecosia ini cukup unik, selain menawarkan keamanan privasi dan data personal, alternatif mesin pencarian selain Google ini juga menyematkan misi penyelamatan lingkungan pada layanan mereka. Ecosia berkomitmen untuk menanam satu pohon setiap (kira-kira) 45 pencarian terjadi di mesin pencarian mereka.

Tak hanya itu, Ecosia juga cukup memperhatikan isu polusi yang disebabkan jejak karbon. Untuk itu, mereka menggunakan panel surya sebagai sumber energi dalam menjalankan server milik mereka.

Ecosia juga transparan dengan merilis laporan keuangan dan laporan penanaman pohon di beberapa negara secara rutin tiap bulan. Laporan tersebut dapat diakses oleh publik sehingga kamu dapat mengawasi Ecosia dalam menjalankan komitmennya.

10. GiveWater

givewater

Sama dengan Ecosia, GiveWater merupakan sebuah mesin pencari yang memiliki misi sosial. Mereka mengalokasikan penghasilan mereka dari iklan untuk menyediakan air bersih di wilayah-wilayah yang membutuhkan.

Jika ingin ikut berpartisipasi dalam campaign penyediaan air bersih yang dilakukan search engine ini, kamu hanya tinggal menggunakan GiveWater untuk mencari informasi yang kamu butuhkan dan meng-klik iklan yang ada di sana.

11. Ekoru

ekoru

Sama dengan 2 mesin pencarian selain Google sebelumnya, Ekoru juga mempunyai misi sosial. Concern utama mereka adalah masalah sampah di lautan. Mesin pencari ini berkontribusi pada pembersihan sampah-sampah yang mengganggu ekosistem perairan.

Setiap pencarian menggunakan Ekoru merupakan bentuk kontribusi terhadap penggalangan dana untuk Operation Posidiona dan Big Blue Ocean Cleanup. Selain itu, Ekoru juga mengklaim bahwa energi untuk menjalankan server mereka berasal dari pembangkit listrik tenaga air.

12. Boardreader

mencari forum - Boardreader

Boardreader memiliki perbedaan dari mesin pencari pada umumnya. Layanan mereka lebih terfokus pada pencariani grup atau forum di internet. Jadi, jika kamu sedang butuh tempat berdiskusi dan mendapatkan informasi dari komunitas, Boardreader akan sangat membantu.

Cara memakainya tinggal memasukkan kata kunci lalu Broadreader akan memunculkanrekomendasi forum terkait di platform seperti Yahoo! Answers dan Reddit. Kamu juga menyaring hasil pencarian, berdasarkan jenis post, rentang waktu forum diterbitkan, bahasa dalam forum, domain dan relevansi.

Tak hanya itu, Boardreader juga menawarkan fitur analytics yang dapat kamu pakai untuk menganalisis tren dan volume pencarian untuk kata kunci tertentu.

13. Slideshare

alternatif Google - slideshares

Slideshare merupakan mesin pencari keluaran Linkedin yang spesifik dipakai untuk mencari file dengan format presentasi atau slide. Slideshare mengemban visi untuk membantu siapa saja untuk belajar dengan cepat melalui materi visual. Tercatat Slideshare memiliki sekitar 18 juta konten dari 40 kategori bidang berbeda.

Melalui Slideshare, kamu juga dapat menyimpan konten-konten yang kamu butuhkan. Bahkan, kamu diperbolehkan untuk mengunduh konten yang diinginkan dan menyimpannya di perangkat seperti komputer, tablet, atau ponsel pribadi.

14. Creative Common Search (CC Search)

mesin pencarian mirip Google - cc search

Creative Commons Search adalah alternatif Google yang secara spesifik menyediakan layanan untuk mencari gambar bebas guna alias no copyright atau tidak ada hak cipta.

Ini adalah kelebihan yang tidak dimiliki Google, karena Google image menampilkan semua gambar baik yang mengandung copyright atau yang bebas hak cipta. Hal ini akan menimbulkan risiko yang lumayan serius ketika kamu menggunakan gambar dari pencarian Google dengan tujuan komersial.

15. Listen Notes

cari podcast - listen notes

Saat ini, konten audio berupa podcast atau siniar mulai mendapat banyak penggemar. Sayangnya, raksasa mesin pencari, Google tidak memiliki fitur untuk menyaring hasil pencarian agar menampilkan format podcast secara spesifik.

Listen Notes adalah alternatif yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pencarian pada konten dengan format podcast atau siniar. Jika kamu memerlukan rekomendasi podcast, kamu dapat mencarinya dengan mudah dan nyaman melalui Listen Notes.

Epilog

Sekarang kamu sudah tahu banyak alternatif mesin pencarian selain Google yang dapat digunakan. Bahkan beberapa mempunyai karakteristik unik dan kelebihan yang tidak dimiliki Google.

Entah itu karena kamu hanya bosan dengan dominasi Google atau memang sedang mencari keamanan privasi atau mencari mesin pencari yang dapat meng-akomodir kebutuhan spesifikmu, kamu dapat menggunakan salah satu dari rekomendasi di atas. Selamat mencoba!

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments