Friday, December 3, 2021
HomeBlogging10 Aplikasi Chat Selain Whatsapp Paling Aman 2021

10 Aplikasi Chat Selain Whatsapp Paling Aman 2021

Setelah sempat ramai Whatsapp dibicarakan terkait isu keamanan privasi penggunanya, orang-orang mulai mencari aplikasi selain Whatsapp untuk dijadikan alternatif.

Mungkin kamu salah satu orang yang melakukan hal tersebut, pertimbangannya tentu saja tingkat keamanan aplikasi harus lebih aman karena dibekali sistem enkripsi yang kuat dan juga fitur-fitur yang ditawarkan dalam membantu aktivitas berkomunikasi juga harus tetap maksimal. Banyak sekali aplikasi chat aman pengganti whatsapp yang dapat jadi pilihan.

Setelah kemarin kami membahas Search Engine alternatif yang lebih aman dari Google, pada tulisan kali ini Pinterinternet akan membahas aplikasi chat yang mirip WA untuk kamu gunakan saat ini.

Silahkan, ini dia rekomendasi 10 aplikasi chat selain Whatsapp yang aman digunakan 2021.

1. Signal Private Messenger

aplikasi pengganti Whatsapp - signal

Signal Private Messenger atau sering hanya disebut signal adalah aplikasi chat aman yang bahkan diakui oleh Edward Snowden. Aplikasi ini menggunakan sistem enkripsi end-to-end  untuk mengamankan semua pesanmu dari pengguna aplikasi Signal yang lain.

Aplikasi yang bisa digunakan secara gratis baik di android maupun iOS ini bersifat open source. Artinya, siapa saja dapat ikut berpartisipasi dalam memeriksa kode aplikasi untuk memperbaiki kelemahan dalam hal keamanan.

Aplikasi chatting selain Whatsapp ini menawarkan fitur-fitur seperti panggilan suara, group chat, pengiriman file  media serta arsip yang semuanya terenkripsi dengan sistem keamanan tinggi. Uniknya, Semua fitur tersebut dapat kamu akses tanpa adanya PIN atau password untuk log in.

Satu lagi, untuk jaga-jaga, Open Whispter System-pengembang di balik Signal juga menerapkan sistem penghapusan pesan otomatis pada aplikasi ini. Sistem ini dapat kamu atur rentang waktunya, baik itu hitungan detik, menit, jam atau minggu.

2. Telegram

alternatif WA - telegram

Telegram adalah aplikasi chat selain Whatsapp yang menghubungkan para penggunanya di seluruh dunia dengan jaringan server yang unik. Aplikasi ini tidak mebiarkan pihak ketiga untuk mengakses datamu.

Saat kamu mengaktifkan fitur ‘secret chats’ maka pesan yang dikirimkan dapat terhapus secara otomatis dari semua perangkat yang terlibat, baik di pengirim, penerima atau server. Dan kamu dapat mengatur waktu terhapusnya pesan sesuai keinginanmu.

Telegram juga membuatmu lebih mudah untuk mengsinkronisasi pesan dari berbagai device. Seperti mengirim file media, video, dokumen jenis apa pun (.DOC, .MP3, .ZIP, dll.) atau menggunakan bot untuk tugas tertentu.

3. iMessage

aplikasi chat teraman - imessage

Jika kamu pengguna iPhone, kamu tidak perlu mencari aplikasi chatting lain, karena aplikasi chatting milik Apple, iMessage adalah salah satu aplikasi chat yang sangat direkomendasikan dari segi keamanan. iMessage sudah dilengkapi dengan enkripsi end-to-end.

Aplikasi chatting ini juga tersedia untuk iPads dan perangkat yang dijalankan dengan macOS. iMessage juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti AR-powered Animoji dan Memoji sticker, tampilannya yang user-friendly, mengimkan video YouTube, link Spotify dan banyak lagi.

Mungkin kekurangan terbesar dari iMessage adalah aplikasi ini tidak tersedia untuk perangkat android.

4. Threema

aplikasi chat selain whatsapp aman - threema

Threema adalah aplikasi chat open-source untuk perangkat Android, iOS dan Windows phone ini tercatat sudah didownload oleh jutaan pengguna. Namun aplikasi ini tidak gratis, kamu harus membayar Rp 44ribu untuk menggunakannya.

Aplikasi alternatif selain whatsapp ini menawarkan keamanan tingkat tinggi yang mencegah datamu diinterferensi oleh hacker, korporasi bahkan pemerintah. Semua pesanmu di Threema dienkripsi dengan sistem end-to-end dan akan terhapus dari server setelah pesan tersebut dikirim.

Selain itu, Threema menggunkan jaringan open-source terpercaya dan and Cryptography library (NaCl) untuk melindungi segala aktivitas komunikasimu di dalam aplikasi. Terdapat juga Threema Web untuk menggunakan aplikasi ini di desktop.

Tidak hanya pesan teks, Threema juga menyediakan fitur voice call, group chats, pengiriman file dan bahkan bisa update status layaknya WA. Aplikasi ini juga tidak meminta alamat email atau nomor telepon untuk mendaftar. Sebagai gantinya, kamu akan dapat ID unik khusus Threema.

5. Wickr Me

aplikasi alternatif whatsapp - wickr

 

Wickr Me adalah aplikasi chat selain Whatsapp yang juga menawarkan layanan pesan terenkripsi untuk Android dan iOS. Aplikasi ini menggnakan sistem enkripsi end-to-end tingkat tinggi.

Kamu dapat dengan aman mengirim pesan, poto, videos dan voice note yang akan otomatis terhapus dari server dan semua perangkat. Fitur bernama ‘Shredder’ memungkinkanmu untuk menghapus semua chat dan file yang kamu transfer dari perangkatmu, bahkan kamu dapat mengatur ‘Expiration Timer’.

Wickr Me juga tidak meminta nomor HP atau email untuk registrasi dan juga tidak menyimpan metadata apapun dari semua aktivitas komunikasi yang kamu lakukan di dalam aplikasi. Satu lagi yang paling penting, aplikasi ini dapat kamu gunakan tanpa biaya apapun alias gratis.

6. Silence

aplikasi chat aman - silence

Aplikasi chat selain Whatsapp ini lebih dikenal sebagai SMS Secure, Silence adalah pilihan yang bisa kamu ambil jika kamu memang sangat concern pada privasi saat berkirim pesan. Aplikasi satu ini sepenuhnya gratis dan open source.

Silence ini bekerja seperti SMS, jadi temanmu tidak perlu menginstal aplikasi yang sama. Selain itu, dengan sistem kerja yang mirip SMS maka aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet. Tentu saja kamu tak perlu membuat akun dan menyerahkan data-data pribadi ke aplikasi.

7. Viber Messenger

 

aplikasi penggant whatsapp - viber

Vicer adalah aplikasi chat seperti Whatsapp yang menerapkan enkripsi end-to-end pada pengiriman pesannya. Selain whatsapp, aplikasi ini juga sering dikatakan mirip Skype. Kamu sudah dapat menggunakannya di berbagai platform, yaitu Mac, PC, iOS dan Android.

Menariknya, Viber menerapkan sistem kode warna untuk memperlihatkan tingkat proteksi sebuah konversasi yang kamu lakukan. Abu-abu  untuk komunikasi yang terenkripsi, hijau menunjukan komunikasimu sangat terenkripsi dan merah berarti ada isu di authentication key.

Selain sangat aman, aplikasi ini juga menawarkan fitur menarik lainnya, seperti main games, follow akun publik, share kontak, media file, menyalakan location, dan banyak lagi.

8. Dust

aplikasi chat aman - Dust logo

Cyber-Dust atau Dust adalah aplikasi chatting selain WA yang aman digunakan karena menawarkan enkripsi end-to-end. Aplikasi ini tidak menyimpan pesan di server mereka secara permanen, bahkan kamu dapat mengaktifkan fitur untuk menghapus pesan langsung setelah pesan tersebut dibaca oleh penerima.

Aplikasi chat aman pengganti Whatsapp ini juga tidak memperbolehkan screenshots pesan, bahkan jika pesanmu discreenshoot orang lain maka akan ada notifikasi yang meberitahumu tentang hal tersebut.

Namun, Dust adalah platform social media, seperti aplikasi sosmed lainnya kamu  bisa follow akun lain, chatting, memakai stickers, mengirim links, video dan lainnya. Aplikasi ini juga gratis.

9. Line

aplikasi chatting selain Whatsapp - Line

Aplikasi chat selain Whatsapp yang juga menawarkan keamanan dengan sistem enkripsi end-to-end adalah Line. Aplikasi ini juga cukup populer setelah Whatsapp dan memiliki pengguna yang banyak di tanah air.

Line pertama ditemukan oleh para engineer asal Jepang ketika Tohoku dilanda gempa bumi besar tahun 2011. Gempa tersebut menghancurkan infrastruktur telekomunikasi di sana dan memicu para engineer tersebut mencari alternatif cara berkomunikasi yang kemudian melahirkan aplikasi Line ini.

Selain fitur enkripsi end-to-end yang diberi nama ‘Letter Sealing’, Line juga menawarkan berbagai fitur menarik, seperti follow akun publik, update status, menambahkan teman dengan ‘Shake It’, live video dan lain sebagainya.

10. Status

aplikasi selain Whatsapp - status app logo

Status adalah pemain baru di industri aplikasi chatting. Aplikasi terbaru selain Whatsapp ini merupakan open source dan juga bukan sebatas tools berkirim pesan yang aman, namun juga mempunyai fitur decentralized crypto-wallet dan Web3 browser untuk mengakses aplikasi berbasis Ethereum.

Bukan enkripsi end-to-end, aplikasi ini menggunakan sistem peer-to-peer khas cryptocurency untuk protokol berkirim pesan. Alhasil, aktivitas komunikasimu di aplikasi ini lebih aman dan private.

Kamu juga tidak diminta data seperti nomor HP atau email, melainkan menggunakan private cryptographic keys yang disimpan di device milikmu. Kamu juga harus membuat chat key dan nama yang unik. Kamu juga dapat bergabung di public chats.

Bagian terbaik dari aplikasi ini adalah kamu dapat mengirim SNT yang merupakan mata uang crypto milik Status. SNT ini mirip seperti mata uang BAT milik Brave browser di mana kamu mendapatkan reward berupa SNT karena pemakaian aplikasi. Namun karena aplikasi ini masih baru, belum banyak orang yang menggunakannya.

Itulah rekomendasi aplikasi chat selain Whatsapp terbaik untuk kamu gunakan. Semoga tulisan ini dapat membantumu untuk lebih menjaga privasi saat berkirim pesan.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments