7 Aplikasi Penguat Wifi Android Terbaik 2021

  • 4 min read
  • Jul 05, 2021
7 Aplikasi Penguat Wifi Android Terbaik 2021

Jika kamu terkoneksi dengan Wifi, mungkin kamu sering mengalami koneksi yang lambat. Apalagi jika kamu berada jauh dari router. Adakah aplikasi penguat WiFi yang dapat mengatasi hal ini?

Ada dan sangat banyak. Coba saja kamu ketik ‘aplikasi penguat WiFi android’ di play store maka banyak sekali rekomendasi apk penguat WiFi yang muncul. Memang banyak pilihan membuatmu memiliki banyak alternatif namun di sisi lain juga membuatmu bingung.

Kamu akan kesulitan untuk mengira-ngira aplikasi penguat WiFi paling ampuh di antara banyak pilihan tersebut. Tenang saja, Pinterinternet sudah memilihkan beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengoptimalkan kecepatan jaringan saat kamu terkoneksi dengan WiFi.

Namun perlu diketahui, aplikasi-aplikasi ini tidak bekerja instan di mana kamu hanya tinggal menekan satu tombol dan masalah koneksi lambanmu terpecahkan.

Walau mungkin ada yang mempunyai fitur otomastis seperti itu, namun umumnya aplikasi pengut WiFi bekerja dengan menampilkan kualitas sinyal WiFi yang berada di jangkauan perangkat dan beberapa disertai dengan detail lain. Informasi yang ditampilkan tersebut dapat kamu pakai untuk menganalisa masalah yang menyebabkan WiFi lemot.

Silahkan, ini dia rekomendasi aplikasi penguat WiFi android terbaik 2021 versi Pinterinternet.

Aplikasi Penguat WiFi Android Terbaik

1. NetSpot – WiFi Analyzer

Aplikasi penguat WiFi - Netspot

Aplikasi penguat Wifi di android yang pertama adalah  NetSpot. Seperti yang kami jelaskan di atas, kita dapat mengoptimalkan sinyal WiFi dengan menganalisa performanya. Aplikasi ini dapat melakukan hal tersebut dengan sangat baik.

Netspot dapat kamu gunakan untuk mendeteksi semua WiFi yang menjangkau HP-mu dan menampilkan data performa sinyal mereka secara real-time. Tampilannya berupa diagram garis atau diagram batang, sehingga kamu dapat melihat perbandingan kualitas antar jaringan.

Selain itu, terdapat fitur yang dapat mem-filter pencarian Wifi berdasarkan kategori tertentu, seperti nama, protokol keamanan, kekuatan sinyal dan band. Kamu juga dapat melakukan speed test menggunakan aplikasi ini.

Tidak hanya itu, aplikasi ini dapat dipakai untuk mendeteksi dan memperbaiki sinyal yang tumpang tindih dan isu-isu lain terkait masalah koneksi. Apalagi kamu dapat menggunakannya secara gratis.

2. WiFi Analyzer

Aplikasi penguat Wifi android - wifi analyzer

Aplikasi ini cukup efektif untuk mendeteksi kekuatan sinyal WiFi yang ada di sekitarmu. WiFi Analyzer dapat menampilkan kualitas sinyal WiFi terbaik dengan tampilan indikator yang mudah dimengerti.

Aplikasi penguat wifi android gratisan ini bahkan sering digunakan oleh para pekerja jaringan dalam mencari posisi terbaik untuk menyimpan router WiFi.

Penggunaannya sangat mudah, ketika kamu membuka aplikasi ini akan tampil grafik yang menunjukkan performa dari sinyal-sinyal wifi yang menjangkau HP-mu secara real-time. Kamu dapat bergerak sambil melihat grafik tersebut hingga menemukan spot yang menangkap kualitas sinyal terbaik.

Selain itu, karena menampilkan performa semua WiFi yang menjangkau HP sekaligus, maka kamu dapat mengamati sinyal WiFi yang saling tumpang tindih. Jika ada sinyal yang tumpang tindih, kemungkinan besar satu sinyal dengan yang lainnya akan saling mengganggu dan menyebabkan koneksimu lambat.

3. WiFiman

aplikasi penguat wifi di android - wifiman

Selanjutnya adalah aplikasi bernama WiFiman. Ya, aplikasi analyzer ini akan jadi pahlawan untuk koneksimu. Kamu dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan untuk melakukan optimasi pada kualitas sinyal Wifi.

WiFiman dapat melakukan relokasi otomatis ke Access Point terdekat untuk mendapatkan kekuatan sinyal lebih baik. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menampilkan data jaringan secara lebih detail seperti informasi  IP address, netmask, gateway, DNS server, SSID, BSSID, signal strength, wireless channel, ping latency, dan packet loss.

Kabar baiknya, aplikasi yang juga bisa dipakai untuk melakukan speed test ini dapat kamu gunakan secara gratis tinggal download, install dan jalankan.

4. Google Home

aplikasi penguat wifi di android - Google Home

Santai jangan protes dulu, aplikasi milik Google ini memang tidak secara spesifik difungsikan sebagai aplikasi penguat WiFi, namun salah satu fitur yang ada di dalamnya ternyata dapat dipakai untuk mengoptimasi kualitas koneksi WiFi-mu.

Jika kamu ingat, ada layanan milik Google dengan nama ‘Google Wifi’, di mana kamu dapat menggunakan access point tambahan sebagai alat penguat WiFi yang dapat dikontrol melalui aplikasi smartphone. Namun sayang, layanan ini dihentikan pada bulan Juni 2021. Sebenarnya tidak dihentikan, melainkan dipindahkan menjadi salah satu fitur di aplikasi Google Home.

Google Home sendiri adalah layanan multi guna dari Google yang memungkinkanmu untuk mengontrol berbagai macam aktivitas di rumah melalui satu aplikasi, seperti menyalakan lampu, menyalakan TV, memutar musik dan tentu saja mengontrol Nest WiFi.

Fitur pengendali Nest WiFi ini memungkinkanmu untuk mengatur jaringan dari handphone. Salah satunya kamu dapat memilih device yang jadi prioritas, sehingga jika kamu memilih handphone-mu maka alokasi kecepatan internet akan difokuskan kepada handphone tersebut dan membuat koneksi WiFi jadi jauh lebih baik.

5. Open Signal

aplikasi penguat wifi di android - open signal

Open Signal awalnya dikenal sebagai aplikasi speed test, namun seiring pengembangannya, lebih banyak fitur yang dihadirkan di aplikasi android gratis ini. Tidak hanya untuk sinyal WiFi, penggunaannya juga bisa untuk sinyal provider seperti telkomsel, XL dan lainnya.

Fitur menarik pertama dalam upaya penguat WiFi android adalah fitur kompas sinyal yang dapat mengarahkanmu ke titik yang memiliki kualitas koneksi terbaik.

Selain itu, kamu dapat melihat letak tower seluler yang ada di daerah sekitar dan juga mengetahui tower yang mana yang meng-cover perangkatmu. Open Signal juga menawarkan fitur untuk membandingkan sambunganmu dengan pengguna lain.

Seperti sudah disinggung di atas open signal tidak hanya untuk sinyal WiFi, melainkan juga sinyal 3G, 4G, bahkan 5G.

6. GlassWire

aplikasi penguat wifi android - glasswire

Glassware adalah alat yang akan sangat bermanfaat untuk mengatur koneksimu. Aplikasi ini dapat memperlihatkan data yang terpakai baik keluar ataupun masuk.

Kamu juga akan terbantu ketika menemukan kasus di mana bar sinyal WiFi atau selular-mu penuh namun kecepatan koneksi lambat. Aplikasi ini akan mendeteksi aplikasi-aplikasi yang memakai data secara berlebihan lalu membatasinya. Alhasil, kecepatan internetmu akan bertambah karena tidak banyak bandwidth yang terpakai.

Selain itu, kamu bisa setting rencana pemakaian datamu, aplikasi ini akan memperingatkanmu ketika data yang terpakai sudah mendekati rencana pemakaian tersebut.

7. WiFi Router Master – WiFi Analyzer & Speed Test

aplikasi penguat wifi di android - wifi router master

Selanjutnya adlah WiFi Router Master, aplikasi ini memungkinkanmu untuk mendeteksi siapa saja yang terkoneksi ke WiFi-mu, Speed test hingga menampilkan WiFi sekitar untuk benchmark kualitas.

Menariknya, dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat melakukan setting router-mu melalui handphone. Nah beberapa pengaturan pada router tentu saja dapat menjadi penguat WiFi HP.

Demikianlah rekomendasi kami soal aplikasi penguat WiFi android terbaik. Semoga aplikasi-aplikasi di atas bisa jadi solusi masalah koneksi lemot yang kamu alami. Selamat mencoba!

 

 

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *