Friday, December 3, 2021
HomeTechnologyAplikasi Turbo VPN: Kegunaan dan Cara Pakainya

Aplikasi Turbo VPN: Kegunaan dan Cara Pakainya

Pemerintah mulai serius dalam melakukan kurasi situs-situs yang dapat tayang. Kampanye bertajuk ‘Internet Positif’ pun semakin gencar dilakukan. Namun sayangnya, beberapa situs bermanfaat entah kenapa justru ikut terkena blokir, seperti Reddit ataupun Netflix.

Latar belakang ini memicu para developer untuk membuat aplikasi yang dapat membantu masyarakat mengakses situs-situs yang terblokir tersebut. Maka muncullah berbagai aplikasi VPN, salah satu yang paling populer bahkan dianggap sebagai aplikasi vpn gratis terbaik untuk android adalah aplikasi turbo VPN.

Aplikasi turbo VPN ini termasuk di jajaran aplikasi VPN pertama untuk perangkat android. Kini, tidak hanya di android, tersedia juga turbo VPN for PC yang merupakan layanan VPN untuk komputer atau laptop.

Sebenarnya apa itu aplikasi turbo VPN? Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Pinterinternet kali ini akan menjelaskan seluruh hal yang perlu kamu tahu tentang aplikasi VPN gratis ini, maka silahkan disimak ini dia sebuah review lengkap tentang aplikasi turbo VPN.

Atau Coba Rekomendasi Aplikasi VPN Premium Gratis

Apa itu Turbo VPN?

logo turbo internet

Turbo VPN adalah salah satu aplikasi VPN populer dengan jumlah pengguna hingga lebih dari 50 juta orang. Selain gratis, mungkin aplikasi ini begitu diminati karena ukurannya yang cukup ramping, hanya 9,3 MB dan menawarkan kecepatan koneksi tinggi.

Sesuai dengan logonya yang bergambar kelinci berlari, aplikasi VPN yang konon merupakan pelopor dari aplikasi pembuka situs terlarang di android ini mendukung koneksi Wifi, 4G, LTE, 3G, beserta jaringan-jaringan data lainnya dengan kecepatan tinggi dan stabil.

Aplikasi VPN Turbo ini juga disebut-sebut sebagai aplikasi VPN gratis terbaik untuk mengakses Netflix. Pilihan servernya pun terbilang banyak, seperti India, Singapura, Kanada, Amerika Serikat dan UK.

Soal keamanan, turbo VPN menerapkan protokol keamanan dengan enkripsi AES-256, yang diklaim paling mutakhir di kelasnya dan terbukti belum pernah diretas sampai saat ini.

Kabar baiknya, walau menggunakan versi gratis, tidak ada batasan bandwidth yang diterapkan dan dapat digunakan untuk segala provider.

Kegunaan VPN Turbo

Umumnya, fungsi dari aplikasi VPN adalah untuk mengakses situs-situs yang diblokir. Namun jangan salah, ternyata kegunaan VPN Turbo lebih dari itu, karena semua layanan VPN pada dasarnya dapat digunakan untuk lebih banyak kebutuhan.

Seperti yang dapat kamu lihat di Wikipedia, selain membantu dalam mengakses situs terblokir, beberapa kegunaan lain dari VPN adalah:

  • Menyembunyikan atau mengubah alamat IP
  • Menyembunyikan jejak browsing dari orang yang berusaha memantau
  • Menyamarkan lokasi agar dapat mengakses konten yang dibatasi di beberapa negara
  • Melindungi data pribadi saat menggunakan Wifi publik
  • Melindungi dari hotspot Wifi yang mencurigakan
  • Mencegah upaya log in dari pengguna lain saat melakukan torrent
  • Menyembunyikan identitas (anonim)

Jadi bisa dibilang penggunaan VPN dapat membuat koneksimu lebih aman. Karena data-data pribadi serta jejak browsing-mu dapat disamarkan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Saran kami, jika kamu berselancar menggunakan wifi publik seperti di kafe, kampus atau tempat-tempat umum lainnya, gunakanlah aplikasi VPN untuk meminimalisir kemungkinan data-data milikmu ‘diintip’ atau disalahgunakan oleh pihak pengelola WiFi.

Cara Menggunakan Turbo VPN Di Android

Sebelum ke cara menggunakan, pastikan dulu kamu sudah mendownload aplikasinya di Play Store. Jika sudah, mari lihat langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara terhubung ke VPN

1. Kalau sudah kamu download, silahkan buka aplikasinya. Klik saja tombol I AGREE.

cara menggunakan aplikasi turbo VPN

2. Setelah itu, kamu akan melihat tombol bergambar wortel, klik tombol tersebut untuk mengaktifkan layanan VPN.

aplikasi VPN Turbo

3. Kemudian aplikasi Turbo VPN akan meminta permintaan sambungan, silahkan izinkan dengan klik OKE.

aplikasi VPN gratis - Turbo VPN

4. Silahkan tunggu beberapa saat, biasanya hanya 1-2 detik maka VPN sudah langsung aktif. Tandanya dapat kamu lihat dari munculnya tulisan TERHUBUNG yang dibawahnya juga tertera timer yang menunjukan durasimu terhubung ke VPN.

aplikasi turbo vpn

Nah jika 5 tahap tersebut sudah kamu lalui, maka layanan VPN dari aplikasi Turbo VPN pun sudah berhasil diaktifkan. HP android milikmu kini sudah dapat membuka situs-situs yang diblokir. Seperti Tumblr, Reddit, situs-situs cryptocurrency dan situs lainnya yang dianggap ilegal oleh pemerintah.

Cara Mengganti Server Di Turbo VPN

Terkadang ketika sedang asyik mengakses situs-situs tertentu atau baru akan masuk ke situs yang kamu ingin kunjungi menggunakan VPN, koneksimu tiba-tiba melambat atau bahkan tidak terhubung. Nah, bisa jadi itu disebabkan oleh server VPN yang salah atau posisinya terlalu jauh.

Kabar baiknya, aplikasi Turbo VPN ini memungkinkanmu untuk memilih server. Caranya bisa kamu ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Klik gambar bendera negara di pojok kanan atas. Biasanya server default atau bendera yang ada di sana adalah Singapura.
  2. Setelah itu, akan muncul halaman dengan dua pilihan tab. Tab “Server lebih cepat”diperuntukkan untuk pengguna aplikasi vpn turbo pro (versi berbayar). Jika kamu mau yang gratisan, silahkan pilih tab “Gratis”.
  3. Setelah itu, silahkan pilih saja server dari negara mana yang ingin kamu gunakan.
  4. Voila! Kamu sudah berhasil mengganti server di aplikasi Turbo VPN.

Jika koneksimu terasa masih lambat, kamu dapat coba-coba server dari negara lain hingga kamu menemukan yang paling cepat.

Cara Menggunakan Turbo VPN di PC atau Laptop

Seperti yang sudah kami singgung di atas, layanan VPN ini tidak hanya untuk perangkat mobile, layanan VPN ini juga dapat diakses di PC atau laptop. Cara menggunakannya mirip dengan langkah-langkah di Android.

Sebelumnya, tentu saja kamu harus download Turbo VPN PC kemudian install di komputer atau laptop milikmu. Jika sudah, silahkan ikuti langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka software turbo VPN yang sudah terinstal dan klik tombol ‘I Agree’ untuk melanjutkan koneksi ke VPN.
  2. Akan muncul tombol dengan ikon bergambar wortel, silahkan klik dan tunggu hingga popup pemberitahuan muncul, klik OKE.
  3. Tunggu beberapa detik, jika sudah terhubung maka akan tampil pesan dengan tulisan Tersambung. Layanan VPN pun sudah aktif dan kamu dapat menjelajah berbagai situs web dengan koneksi VPN.

Kekurangan Turbo VPN

Tidak ada yang sempurna, begitu juga untuk sebuah perangkat lunak. Aplikasi Turbo VPN juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  1. karena ukurannya yang terbilang kecil, kamu tidak akan menemukan pengaturan apa pun yang dapat disesuaikan ketika kamu menemukan masalah konektivitas.
  2. Aplikasi VPN Turbo ini tidak mendukung jaringan peer-to-peer ( P2P), di mana jaringan jenis ini dinilai dapat membuat proses transfer file menjadi lebih efisien karena pengunduh juga dapat berperan sebagai pengunggah.
  3. Untuk versi gratisan, terdapat iklan yang mungkin sedikit mengurangi kenyamanan.

Epilog

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui terkait aplikasi Turbo VPN. Secara keseluruhan, perangkat lunak ini cukup bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhanmu untuk dapat berselancar di internet tanpa ada batasan. Ditambah kamu akan mudah menggunakannya, karena interface-nya yang dibuat begitu sederhana sehingga bagi pemula pun tidak akan kesulitan memahami.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments