Friday, December 3, 2021
Home Blog

8 Tips Membeli Laptop Bekas, Dijamin Dapat yang Berkualitas

0
8 Tips Membeli Laptop Bekas, Dijamin Dapat yang Berkualitas
8 Tips Membeli Laptop Bekas, Dijamin Dapat yang Berkualitas

Anda perlu mengetahui tips membeli laptop bekas agar mendapatkan yang berkualitas dan terhindar dari penipuan. Ya, membeli laptop bekas tidak bisa disamakan dengan membeli laptop baru, yang mana keadaan barang masih ‘fresh’. Anda harus betul-betul teliti dan mengecek seluruh bagian laptop bekas untuk memastikan masih dapat berjalan dengan normal.

Jika dilihat dari kelebihannya, membeli laptop bekas memang cukup menguntungkan dibandingkan laptop baru. Anda bisa lho mendapatkan laptop bekas dengan harga jauh lebih murah dari laptop baru dengan merek dan tipe yang sama.

Di bawah ini, Pinter Internet bagikan tips membeli laptop bekas agar mendapat yang berkualitas dan masih beroperasi dengan normal. Simak dengan saksama ya!

Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Sedikitnya ada delapan tips membeli laptop bekas agar mendapatkan yang berkualitas. Antara lain sebagai berikut.

1. Cek Bodi Laptop Secara Keseluruhan

Tips membeli laptop bekas yang pertama yakni mengecek bagian bodi secara keseluruhan. Ya, mengecek seluruh bagian luaran laptop memang sangat penting. Jadi, Anda harus memberikan perhatian utama terkait hal itu.

Cek apakah laptop bekas yang hendak Anda beli memiliki bodi mulus atau justru sebaliknya. Jika Anda menemukan banyak lecet atau bahkan retakan di beberapa bagian, berarti laptop tersebut pernah terjatuh. Ini sangat mungkin komponen lainnya mengalami kerusakan. Jadi, Anda harus mempertimbangkan kembali sebelum melakukan pembelian.

2. Amati Bagian Layar Laptop

Kami menyarankan Anda memilih laptop bekas yang masih memiliki layar dan LCD dalam keadaan normal, tidak ada retakan dan masalah lainnya. Mengingat, peranan layar ini sangat penting saat Anda mengoperasikan laptop. Terutama untuk kenyamanan Anda selama menatap laptop.

Pastikan layar laptop bekas yang hendak Anda beli tidak terdapat dot pixel atau bintik-bintik di semua bagiannya. Adapun cara mengeceknya, Anda bisa mengubah tampilan layar atau wallpaper laptop menjadi hitam seluruhnya. Kemudian amati apakah ada bintik-bintik pada layar tersebut atau tidak.

Lebih lanjut, Anda juga perlu memastikan laptop tidak terdapat warna selain hitam saat masih ber-wallpaper hitam. Anda juga bisa mencoba cara di atas dengan menggunakan wallpaper warna putih untuk meyakinkan bahwa laptop tersebut betul-betul masih memiliki layar berkualitas.

Selain itu, Pinter Internet juga menyarankan Anda mengecek keadaan layar saat dibuka-tutup. Pastikan keadaan layar terasa normal saat dibuka-tutup dan tidak memiliki masalah serius seperti ada goyangan, timbul suara seperti retakan dan terasa kendor.

3. Coba Bagian Soket Laptop

Keberadaan soket pada laptop sangatlah penting. Ya, soket pada laptop digunakan untuk mengoperasikan flashdisk, SD card, headset, kabel HDMI hingga DVD. Oleh karenanya, Anda harus memastikan semua soket masih berfungsi dengan normal.

Jika perlu, Anda bisa membawa semua peralatan seperti yang kami sebutkan di atas (flashdisk hingga DVD) saat hendak membeli laptop bekas. Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa meminjamnya kepada penjual.

Nah, satu hal yang sering terlupakan dalam pengecekan soket ini ialah bagian DVD. Oleh karenanya, kami ingatkan Anda untuk tidak lupa mengecek bagian itu. Anda bisa mengeceknya dengan cara memutar film.

4. Pastikan Baterai dan Charger Berfungsi Normal

Tips membeli laptop bekas berikutnya ialah memastikan baterai dan charger berfungsi dengan normal. Ketahuilah, tidak sedikit orang yang membeli laptop bekas menyesal di akhir karena mendapati fungsi baterai dan charger tidak berjalan normal alias sudah soak saat sudah dibeli. Ini dikarenakan pengecekan kondisi baterai dan charger diabaikan begitu saja saat hendak melakukan pembelian.

Nah, agar masalah itu tidak terjadi pada Anda, pastikan Anda tidak lupa mengecek kondisi baterai dan charger secara cermat ya! Bagaimana caranya?

Mudah kok, mengecek kondisi baterai laptop bekas bisa dilakukan dengan cara menghidupkan laptop tersebut. Kemudian, buka software yang paling berat yang ada di laptop tersebut selama 15 – 20 menit. Amati apakah daya baterai berkurang drastis atau tidak. Jika iya, berarti ada masalah pada baterai tersebut.

Sementara itu, pengecekan charger laptop bisa dilakukan dengan cara meghubungkannya ke sumber listrik. Amati, apakah daya baterai terisi dengan kecepatan normal atau malah sangat lambat. Selain itu, pastikan charger tidak hidup mati berkali-kali saat dihubungkan ke sumber listrik.

5. Cek Keyboard dan Trackpad

Tips Membeli Laptop Bekas, Dijamin Dapat yang Berkualitas

Ketahuilah, keyboard dan trackpad merupakan salah satu bagian terpenting dari laptop. Dan, bagian itu paling banyak digunakan oleh pengguna saat mengoperasikan laptop. Oleh karenanya, kami memasukkan pengecekan keyboard dan trackpad sebagai salah satu tips membeli laptop bekas.

Cara pengecekannya, Anda bisa menekan semua tombol keyboard yang ada. Pastikan semua masih bisa berfungsi dengan normal. Jika ada kerusakan (sekalipun) satu tombol, sebaiknya Anda tidak membeli laptop bekas terkait karena hal itu dapat menghambat aktivitas Anda selama mengoperasikan laptop.

Lantas, bagaimana cara mengecek bagian trackpad? Mudah sekali, Anda harus memastikan pointer masih berjalan dengan mulus.

6. Pastikan Laptop Tidak Terdapat Virus

Tips membeli laptop bekas yang keenam yakni memastikannya tidak terdapat virus. Ya, seperti yang kita ketahui, virus merupakan salah satu hal yang amat mengesalkan di dunia perkomputeran. Ini dikarenakan virus baik yang sederhana maupun kompleks dapat mengganggu kinerja laptop.

Lantas, bagaimana cara memastikan laptop bekas yang hendak dibeli tidak terdapat virus? Anda bisa mengecek hal ini dengan menggunakan software antivirus yang terdapat pada laptop tersebut.

Selain itu, Anda juga boleh membawa installer antivirus yang menurut Anda mampu mendeteksi virus dengan baik saat hendak melakukan pembelian. Namun, sebelum meng-install-nya, Anda harus meminta izin kepada penjualnya ya!

7. Pastikan Harga Laptop Bekas Tidak Mencurigakan

Maksud dari harga mencurigakan adalah laptop bekas terkait dijual jauh dari harga pasaran. Misalnya, laptop bekas A memiliki harga pasaran Rp 3 juta, namun Anda mendapati penjual yang hanya membanderolnya Rp 1 juta.

Ketahuilah, barang semacam itu biasanya memiliki cacat pada banyak bagian. Lebih dari itu, bisa juga barang tersebut merupakan hasil curian sehingga dijual dengan harga yang super murah.

Oleh karenanya, sebelum membeli laptop bekas, Anda sebaiknya melakukan survei harga laptop. Anda bisa mengandalkan sejumlah marketplace ternama untuk mengetahui harga pasaran laptop bekas yang Anda inginkan.

8. Beli Laptop Bekas Sesuai Kebutuhan

Hal terpenting saat membeli laptop bekas adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan. Ya, buat apa membeli laptop namun tidak bisa menjawab kebutuhan Anda saat menggunakannya?

Kebutuhan laptop ditentukan oleh diri sendiri. Misalnya, laptop yang hendak Anda beli akan digunakan untuk aktivitas desain-mendesain dan editing video. Maka, Anda harus mencari prosesor dan RAM yang tinggi. Sementara itu, jika kebutuhan Anda hanya untuk mengetik dan browsing, alangkah baiknya Anda membeli laptop bekas dengan prosesor RAM yang tidak terlalu tinggi.

Itulah delapan tips membeli laptop bekas. Terapkan semua tips di atas agar Anda mendapatkan laptop bekas yang berkualitas!

11 Rekomendasi Monitor Gaming Murah Terbaik

0

Bermain game adalah aktivitas yang identik dengan peralatan berspesifikasi tinggi. Alhasil, harga yang mahal menjadi momok bari para gamer, termasuk ketika mereka mencari monitor. Namun tenang saja, tak semua dibandrol tinggi, ada beberapa monitor gaming murah yang bisa jadi pilihan para gamer.

Jika kamu termasuk gamer yang ingin upgrade pengalaman bermain namun tak ingin merogoh kocek terlalu banyak, ini dia rekomendasi monitor gaming murah dengan kualitas terbaik yang bisa jadi pilihan.

Monitor Gaming 24-inch Murah Terbaik

Para gamer cenderung memilih layar berukuran 24″ agar dapat melihat visual gameplay secara keseluruhan tanpa harus banyak menggerakkan mata dan kepala.  Monitor gaming berukuran 24 inci memiliki fitur gaming dasar dan relatif lebih murah dibandingkan monitor yang ukurannya lebih besar.

Berikut rekomendasi terbaik untuk monitor gaming murah ukuran 24-inch:

1. LG UltraGear 24GL600F

monitor gaming murah

Harga: Rp2,2 juta – Rp2,5 juta

Di posisi pertama untuk monitor gaming murah ukuran 24” adalah LG UltraGear 24GL600F. Monitor ini sudah cukup mumpuni  untuk mendukung kualitas display game dengan kualitas baik walaupun harganya relatif terjangkau.

Hadir dengan desain minimalis, monitor ukuran 24-inch ini memiliki resolusi 1920×1080 pixel (Full HD). Waktu respon yang diusung pun terbilang super cepat, yaitu 1ms dengan kemampuan refresh rate hingga 144Hz.

Lag kala memainkan game pun diminimalisir oleh hadirnya teknologi variable refresh rate yang akan menyesuaikan refresh rate dengan output frame dari GPU dan game. Selain itu, LG UltraGear 24GL600F juga telah mendukung fitur FreeSync dari AMD Radeon.

2. Acer Nitro KG241QS

monitor gaming murah

Harga: Rp 2,4juta – Rp 2,7juta

Acer Nitro KG241QS juga masuk rekomendasi jika kamu mencari monitor gaming murah ukuran 24-inci. Monitor besutan Acer ini memiliki refresh rate 144Hz hingga 165Hz setelah overclock. Kecepatan responnya pun sangat cepat, yaitu di angka 0.5ms.

Monitor ini memiliki resolusi 1920x1080p dengan teknologi gaming FreeSync dari AMD, sehingga mampu menyajikan gambar yang jelas dan minim lag ketika bermain game yang mempunyai gameplay intense dengan scene-scene cepat.

3. ASUS TUF Gaming VG249Q

monitor gaming murah

Harga: Rp 2,9juta – Rp 3juta

ASUS memang tak jarang memiliki aksesoris gaming yang bersaing dengan para kompetitor. Termasuk di bagian monitor gaming murah, mereka punya ASUS TUF Gaming VG249Q yang muncul dengan refresh rate 144Hz.

Monitor yang didesain  frameless  ini berteknologi IPS dengan response time 1ms dan dukungan teknologi FreeSync dari AMD, cukup untuk digunakan bermain game-game favoritmu. Risiko tampilan berbayang dan pecah pada tampilan dengan frame rate yang tinggi juga dapat diminimalisir karena dukungan Asus Extreme Low Motion Blur.

Monitor Gaming 27-inch Murah Terbaik

Walau beberapa orang nyaman bermain game di layar 24″ namun banyak juga yang butuh layar lebih besar dan memilih monitor 27 inci untuk kebutuhan gaming-nya. Karena tulisan ini mengulas monitor gamin murah, maka rekomendasinya adalah layar 27 inci dengan resolusi Full HD (1920x1080p). Untuk pilihan resolusi QHD (2560x1440p) masuk ke golongan yang lebih mahal.

Berikut rekomendasi monitor gaming murah 27-inci yang terbaik untuk jadi pilihanmu saat ini:

1. ViewSonic XG2705

monitor gaming murah

Harga: Rp 3,8juta – Rp 4juta

ViewSonic XG2705 menjadi rekomendasi pertama kami untuk monitor gaming murah di ukuran 27 inci. Di harga 4 jutaan kamu bisa mendapatkan resolusi Full HD berteknologi SuperClear IPS, refresh rate tinggi hingga 144Hz, dan dukungan fitur FreeSync dari AMD.

Desainnya pun dibuat minimalis dengan bezel yang cukup tipis yang fleksibel dan ergonomis.  ViewSonic XG2705 menjadi monitor yang mudah diatur ke  posisi yang lebih nyaman untuk penggunanya.

2. ASUS TUF Gaming VG279QM

monitor gaming murah

Harga: Rp 5,8juta – Rp 6,2juta

Kata ‘TUF Gaming’ pada namanya bukanlah sesuatu yang berlebihan. Kamu bisa mengandalkan fitur-fitur gaming yang dihadirkan oleh monitor ini. Dimulai dari kecepatan refresh rate-nya yang 240Hz, dan dapat mencapai 280Hz saat dioverclock dengan waktu respon layarnya 1ms (GTG).

Dukungan fitur game dari ASUS lainnya adalah ELMB Sync, Low Motion Blur, HDR Display yang menghadirkan akurasi warna terbaik dan juga didukung teknologi G-Sync dari Nvidia. Monitor ini menghadirkan fitur yang cocok digunakan gamer profesional walaupun harganya yang relatif lebih murah di kelasnya.

3. MSI Optix G271

monitor gaming murah

Harga: Rp 5juta

Brand MSI juga lekat dengan segmen gaming, untuk urusan monitor gaming murah 27 inci, MSI punya monitor gaming MSI Optix G271. Monitor ini menawarkan refresh rate 144Hz dengan response time 1ms.

Monitor yang mengusung desain frameless ini menggunakan teknologi layar IPS yang memiliki akurasi warna dan rasio kontras yang cukup baik untuk keperluan gaming, apalagi jika mengingat harganya yang berada di angka 5 juta.

Monitor Gaming 1440p Murah Terbaik

Jika mencari resolusi yang lebih tinggi lagi dan Full-HD, kami juga punya beberapa rekomendasi  monitor gaming murah beresolusi 2560×1440 pixel, alias Quad-HD. Silakan ini beberapa monitor gaming murah 1440p yang bisa jadi pilihanmu saat ini:

1. MSI Optix MAG274QRF

monitor gaming murah

Harga: Rp 8juta

Pembuka untuk rekomendasi monitor gaming 1440p murah berkualitas adalah MSI Optix MAG274QRF. Monitor dari MSI yang satu ini memiliki ukuran layar 27 inci berteknologi Rapid IPS dengan response time kilat 1ms dengan pengoptimalan tingkat warna dan kecerahan layar yang baik.

Jika kamu belum pernah bermain game di layar berresolusi WQHD atau 2560×1440 pixel, mungkin ada momen tercengang ketika mencicipi MSI Optix MAG274QRF. Karena monitor ini menawarkan tingkat detail dan ketajaman display yang sangat kontras dibanding dengan Full HD.

Selain itu, Refresh rate-nya yang mencapai 165Hz dan dukungan Quantum Dot memberikan akurasi warna tinggi, tak hanya untuk bermain game digunakan menonton film pun akan memberikan pengalaman berkualitas tinggi. Belum lagi ada dukungan teknologi G-Sync dari Nvidia yang menghadirkan gambar anti pecah dan patah-patah.

2. ASUS TUF Gaming VG27AQL1A

monitor gaming murah

Harga: Rp 6,7juta – Rp 6,8juta

Rekomendasi monitor gaming QHD yang relatif murah selanjutnya adalah TUF Gaming VG27AQL1A keluaran ASUS. Monitor ini memiliki bentang layar 27 inci dan refresh rate mencapai 170Hz dengan response time cepat hingga 1ms.

Keunggulan lainnya berupa teknologi motion blur reduction dan fitur Adaptive-sync akan membuatmu betah berlama-lama bermain game PC favorit. Walau relatif murah, ASUS TUF Gaming VG27AQL1A memberikan tampilan gambar yang imersif dan super smooth.

Monitor Gaming Layar Lengkung (Curved) Murah Terbaik

Monitor dengan layar lengkung memang digemari para gamer untuk menemani mereka bermain game. Tapi biasanya monitor lengkung dengan fitur gaming biasanya dibandrol dengan harga yang relatif tinggi. Namun tenang saja, kami punya rekomendasi monitor gaming layar lengkung  yang masih terjangkau dan memiliki kualitas yang baik.

1. MSI Optix MAG241C

monitor gaming murah

Harga: Rp 3,5juta

Lagi-lagi dari brand MSI, ada monitor Optix MAG241C  dengan layar melengkung yang dilengkapi spesifikasi gaming yang cukup lengkap. Ukurannya 24 inci dengan resolusi Full HD 1920×1080 pixel, lalu refresh rate-nya di angka 144Hz dan response time 1ms.

Selain itu monitor ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur berguna lain seperti AMD FreeSync, aplikasi gaming MSI (Gaming OSD), Anti-flicker dan True Color. Optix MAG241C dari MSI ini cocok jika kamu ingin bermain game di layar lengkung namun ingin mengeluarkan budget lebih hemat.

2. Acer AOPEN 27HC5R_P

monitor gaming murah

Harga: Rp 4,5juta

Acer juga memiliki monitor lengkung yang dibandrol cukup murah, yaitu AOPEN 27HC5R_P. Ukuran layarnya 27 inci dengan resolusi Full HD dan desain ZeroFrame.

Monitor satu ini cukup mampu memberikan pengalaman bermain game yang imersif karena memiliki refresh rate 165Hz dan kecepatan respon  dibawah 5ms (GTG). Selain itu, fitur AMD FreeSync , Flicker-less dan juga teknologi BluelightShield juga turut melengkapi monitor gaming murah keluaran Acer ini.

3. MSI Optix MAG272CQR

monitor gaming murah

Harga: Rp 6,5 juta

Jika kamu siap membayar sedikit lebih mahal kamu bisa mencoba monitor lengkung MSI Optix MAG272CQR. Monitor ini menawarkan resolusi QHD 2560×1440 pixel dengan ukuran layar 27 inci dan tingkat kelengkungan 1500R.

Selain resolusinya, kelebihan monitor ini juga berasal dari dukungan fitur premium seperti RGB Mystic Light, Night Vision, HDR Ready (multi-mode) dan fitur gaming standar lain yang biasa disematkan oleh MSI.

Nah itulah rekomendasi Pinterinternet untuk monitor gamin murah terbaik untuk saat ini. Jadi tidak perlu berkecil hati, walaupun budgetmu masih terbatas kamu masih bisa meningkatkan pengalaman bermain game dengan membeli salah satu monitor dari daftar di atas.

7 Tips Liburan di Era Pandemi, Traveling Aman dan Sehat

0

Pastikan Anda mengetahui tips liburan di era pandemi berikut ini sebelum berangkat ke lokasi wisata. Dengan mengetahui dan menerapkan tips ini, Anda dapat liburan atau traveling dengan aman dan sehat. Yuk simak tips selengkapnya di dalam artikel ini!

Seperti diketahui, sudah banyak wisata di berbagai di Indonesia yang sudah dibuka kembali, namun dengan menerapkan pembatasan jumlah pengunjung. Ini merupakan kabar gembira bagi pecinta traveling yang sebelumnya harus lebih banyak beraktivitas di rumah.

Kendati demikian, protokol kesehatan harus diterapkan secara disiplin mengingat pandemi hingga saat ini masih belum berakhir. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari tempat wisata yang ramai pengunjung karena hal itu berpotensi tinggi menularakan virus corona.

Tips Liburan di Era Pandemi

Di bawah ini, Pinter Internet akan bagikan 10 tips liburan di era pandemi yang harus Anda ketahui sebelum menuju ke tempat wisata. Simak dengan saksama ya!

1. Pastikan dalam Keadaan Sehat

Pastikan Anda dalam keadaan sehat sebelum liburan. Jika Anda liburan bersama keluarga, pastikan juga semua dalam keadaan sehat ya!

Jika (misalnya) Anda merasa flu atau demam, sebaiknya tunda terlebih dahulu rencana liburan Anda. Hal ini penting dilakukan guna meminimalisir penularan penyakit kepada orang lain. Selain itu, tempat wisata yang Anda kunjungi biasanya akan menolak orang yang bergejala suhu tinggi.

2. Pakai Mobil Pribadi

Jika liburan Anda dapat ditempuh dalam hitungan beberapa jam, sebaiknya gunakanlah mobil pribadi untuk menuju ke sana. Ya, Anda bersama keluarga sebaiknya mengendarai mobil pribadi untuk meminimalisir kontak dengan orang lain.

Akan tetapi, jika liburan Anda tidak memungkinkan ditempuh dengan mengendarai mobil, Anda boleh-boleh saja kok mengendarai transportasi umum, seperti pesawat atau kereta. Namun, pastikan Anda disiplin dalam menerapkan protokol keseahatan dan menghindari kerumunan selama perjalanan ya!

3. Patuhi Protokol Kesehatan

Telah disebutkan di atas, bahwa penting bagi semua pelaku perjalanan menerapkan protokol kesehatan selama liburan. Setidaknya ada tiga hal yang wajib Anda terapkan, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menjaga jarak.

Lebih lanjut, sejumlah tempat wisata saat ini memberlakukan peraturan pengunjung wajib sudah divaksinasi minimal dosis pertama. Oleh karenanya, sebelum berangkat ke tempat wisata, pastikan Anda sudah divaksinasi ya!

Selain itu, sejumlah tempat wisata saat ini juga menerapkan pembatasan jumlah pengunjung. Jadi, Anda harus mencari tahu terkait hal itu sebelum berangkat ke lokasi tujuan. Ini penting dilakukan agar liburan Anda tidak sia-sia hanya gara-gara tidak bisa masuk ke tempat wisata karena jumlah pengunjung sudah mencapai batas yang ditentukan.

4. Persiapkan Semua Dokumen yang Dibutuhkan Selama Liburan

Tips liburan di era pandemi berikutnya adalah menyiapkan dokumen-dokumen penting sesuai aturan yang berlaku. Dokumen yang dimaksud bisa berupa surat keterangan hasil PCR negatif atau antigen negatif.

Selain itu, Anda juga perlu men-download aplikasi PeduliLindungi. Sebab, sejumlah tempat wisata mensyaratkan scan bardcode PeduliLindungi agar bisa masuk dan menikmati wisata yang ada.

5. Beli Tiket Online

Telah kami sebutkan di atas, bahwa sejumlah tempat wisata membatasi jumlah pengunjung harian. Nah, menyikapi hal itu, Anda bisa membeli tiket secara online. Saat tiket sudah tangan, berarti Anda sudah pasti bisa masuk ke tempat wisata di waktu yang telah ditentukan.

Tidak saja itu, membeli tiket secara online juga dapat meminimalisir terjadinya kontak fisik dengan orang lain. Oh ya, Anda juga bisa lho membeli tiket secara online untuk tempat penginapan seperti hotel, villa atau lainnya jika memutuskan untuk menginap.

6. Hindari Tempat Wisata Ramai

Belakangan ini, kita dicengangkan dengan ramainya pengunjung di beberapa tempat wisata. Hal itu tentunya tidak dibenarkan karena berpeluang menyebarkan virus corona melalui kontak fisik.

Oleh karenanya, tips liburan di era pandemi berikutnya yang harus Anda terapkan adalah menghindari tempat wisata yang ramai pengunjung. Ya, tempat wisata yang diserbu banyak pengunjung memang sulit untuk menghindari kerumunan. Jadi, meski sudah bermasker namun tidak menerapkan jaga jarak aman, hal itu sama saja percuma karena dapat menularkan virus dan penyakit.

7. Liburan di Dalam Kota

Memang bepergian ke luar kota, provinsi bahkan pulau sudah dibolehkan saat ini dengan syarat tertentu. Namun, jika niatan Anda untuk liburan, kami menyarankan untuk memilih destinasi wisata di dalam kota saja. Apa alasannya?

Jika kota Anda sudah cukup aman dari ‘terpaan’ Covid-19, hal itu menguntungkan Anda untuk pergi liburan. Selain itu, berlibur di kota sendiri juga tidak membutuhkan banyak waktu, bahkan hingga menginap sehingga kondisi kesehatan lebih terjaga.

Lebih lanjut, liburan di kota sendiri juga bisa mempermudah Anda untuk memilih destinasi. Bahkan, Anda bisa berganti-ganti destinasi jika ingin berwisata di lebih dari satu lokasi atau lokasi wisata yang Anda kunjungi sedang tutup/jumlah pengunjung sudah mencapai batas.

8. Liburan di Tempat Wisata Alam Lebih Oke

Tips Liburan di Era Pandemi

Tips liburan di era pandemi berikutnya adalah memilih tempat wisata alam. Bukan tanpa alasan, memilih tempat wisata alam lebih kecil peluangnya untuk tertular virus corona karena Anda berada di ruang terbuka.

Lain halnya jikalau Anda berlibur di tempat tertutup, terlebih ventilasinya buruk. Hal itu dapat berpeluang tinggi menyebarkan virus dan penyakit.

Untuk diketahui, ada banyak ide wisata alam yang bisa Anda kunjungi, seperti pantai, gunung atau bukit, air terjun hingga taman kota. Bukankah wisata alam lebih menarik dibandingkan wisata buatan?

9. Jaga Kondisi Tubuh Selama Liburan

Tidak saja sebelum liburan, selama liburan pun Anda harus menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan fit. Bagaimana caranya?

Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang bergizi dan tidur yang cukup. Selain itu, Anda harus memastikan tubuh tidak dalam keadaan lelah selama liburan. Jika lelah menghampiri Anda, baiknya beristirahatlah terlebih dahulu.

Untuk diketahui, tubuh dalam kondisi kurang sehat dan fit dapat dengan mudah ‘didatangi’ virus dan penyakit. Oleh karenanya, amat penting bagi Anda untuk menjaga tubuh tetap sehat sebelum, selama dan setelah liburan.

10. Isolasi Mandiri Setelah Liburan

Tips liburan di era pandemi yang terakhir (jika memungkinkan) adalah melakukan isolasi mandiri setelah mengunjungi tempat wisata, terlebih di luar kota/provinsi/pulau. Isolasi mandiri penting dilakukan untuk memastikan bahwa Anda tidak terpapar virus selama liburan.

Lantas, berapa lama isolasi mandiri yang disarankan? Jika memungkinkan, Anda bisa isolasi mandiri selama dua minggu. Namun, jika hal itu tidak memungkinkan, Anda bisa mengikuti peraturan pemerintah yakni melakukan isolasi mandiri selama tiga hingga lima hari.

Itulah 10 tips liburan di era pandemi yang aman dan terhindar dari virus. Pada intinya, liburan di era pandemi tidaklah seperti di era normal sebelum Covid-19 menyebar. Anda harus tetap waspada dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan selama liburan atau melakukan perjalanan.

8 Tips Membeli HP Bekas Berkualitas, Awas Barang Curian!

0

Ada sejumlah tips membeli HP bekas yang perlu Anda ketahui. Dengan mengikuti tips ini, dipastikan Anda akan mendapatkan HP bekas yang berkualitas, masih mulus dan ramah di kantong.

Membeli HP bekas memang tidak bisa disamakan dengan membeli HP baru. Mengingat, HP bekas sudah pernah digunakan oleh pengguna sebelumnya. Sehingga, bisa jadi ada minus pada salah satu atau beberapa bagian.

Di sisi lain, membeli HP bekas juga harus waspada dengan barang curian. Tentunya, Anda tidak ingin membeli HP bekas dari hasil curian, kan?

Oleh karenanya, Anda harus menyimak tips membeli HP bekas berkualitas akan kami bagikan berikut ini. Dijamin deh, dengan mengikuti tips ini, Anda tidak akan menyesal di akhir.

Tips Membeli HP Bekas Berkualitas

Sedikitnya ada delapan tips membeli HP berkas berkualitas yang perlu Anda ketahui. Berikut Pinter Internet bagikan tips selengkapnya untuk Anda:

1. Sesuaikan Kebutuhan

Sebelum beranjak jauh, Anda harus tahu terlebih dahulu kebutuhan Anda yang mengharuskan menggunakan HP. Misalnya, Anda membutuhkan HP untuk bekerja, browsing, main game atau sekadar have fun.

Setelah itu, Anda harus mencari HP dengan spesifikasi yang dapat mendukung kebutuhan Anda. pada tahap ini, Anda seharusnya sudah mulai mempersempit pilihan HP bekas sehingga pada saat melakukan pembelian, Anda tidak akan kebingungan.

Lebih lanjut, Anda juga bisa mematok harga maksimal HP. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari pengeluaran yang membengkak.

2. Survei Spesifikasi dan Harga

Sebelumnya Anda sudah menentukan spesifikasi HP bekas sesuai kebutuhan dan harga maksimal untuk membeli HP bekas itu. Sekarang saatnya Anda melakukan survei terkait dua hal itu secara spesifik. Bagaimana caranya>

Anda bisa melakukan survei spesifikasi HP dan harga bekasnya di situs-situs marketplace atau browsing di Google. Kemudian, bandingkan merek/tipe HP satu sama lain hingga mendapatkan satu atau beberapa HP sebagai incaran.

Nah, apabila Anda melakukan survei di situs-situs marketplace, Anda bisa membaca review dari pembeli-pembeli sebelumnya. Dengan begitu, Anda dapat lebih mantap HP bekas seperti apa yang paling pas dibeli.

3. Cari Penjual yang Reputasinya Bagus

Tips membeli HP bekas berikutnya adalah mencari penjual yang memiliki reputasi bagus. Ya, dengan menerapkan tips ketiga ini, Anda akan mendapatkan HP bekas tidak saja sesuai kebutuhan melainkan juga kualitasnya masih apik.

Apabila Anda ingin melakukan pembelian secara online, Anda bisa mengecek reputasi si penjual melalui kolom komentar yang ada. Jika rata-rata yang berkomentar bagus, bisa dipastikan si penjual memiliki reputasi yang baik.

Sementara itu, jika Anda ingin membeli HP bekas secara offline, carilah toko yang sudah ternama alias dikenal banyak orang di daerah Anda. Biasanya, toko yang sudah terkenal memiliki reputasi yang apik karena barang-barang yang dijualnya berkualitas.

4. Pastikan Bukan Barang Curian

Seperti yang kami jelaskan di atas, Anda harus waspada terhadap HP bekas yang dijual apakah berasal dari barang curian atau tidak. Terlebih jika Anda beli ke orangnya langsung, bukan dari toko resmi.

Nah, biasanya HP curian dibanderol dengan harga yang super murah. Namun, bukan berarti HP bekas yang murah semuanya berasal dari hasil curian.

Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk menanyakan mengapa HP yang hendak Anda beli dihargai murah langsung kepada penjualnya. Atau, Anda bisa meminta nomor IMEI HP untuk mengecek keabsahan dari HP itu. Agar lebih aman, Anda sebaiknya membeli HP yang disertai dosbox aslinya.

5. Cek Semua Bagian HP

Tiba saatnya Anda mengecek semua bagian HP bekas yang hendak Anda beli. Pertama, Anda bisa mengecek bagian seluruh bodinya. Lihat apakah ada lecet atau retakan. Jika ada, fatal atau tidak lecet dan retakan itu.

Kami menyarankan Anda membeli HP bekas yang masih memiliki bodi yang apik. Dalam artian, boleh-boleh saja ada lecet tetapi hanya sedikit dan bisa ditolerir.

Kemudian, cek bagian soket-soket yang ada. Anda bisa menjajal charger-nya apakah dapat digunakan dengan normal atau tidak, pun bagian headset-nya.

Sebagai tips lebih lanjut, usahakan Anda membeli HP bekas yang memiliki kelegkapan sebagaimana si pemilik pertama kali membelinya. Kelengkapan yang dimaksud di antaranya dosbox, charger, headset hingga buku manual.

Bagaimana dengan HP bekas yang masih bergaransi? Jika Anda tertarik untuk membelinya, hal itu boleh-boleh saja. Namun ketahuilah, pada umumnya, HP bekas yang masih bergaransi dibanderol dengan harga yang tinggi meski masih di bawah harga baru. Mengingat, dalam dunia elektronik layaknya HP, garansi memiliki peranan yang penting saat terdapat masalah atau kerusakan.

6. Cari HP Bekas Flagship

Tips Membeli HP Bekas Berkualitas, Awas Barang Curian!

Sebenarnya tips membeli HP bekas keenam ini bersifat opsional. Jadi, Anda boleh menerapkannya, boleh juga tidak menerapkannya. Namun, alangkah baiknya, kami sarankan Anda tetap memehartikan tips satu ini.

Ya, Anda akan mendapatkan keuntungan jika membeli HP bekas flagship. Memang harganya bisa dikatakan lebih tinggi, namun Anda tidak perlu ganti HP lagi dalam waktu dekat. Mengingat, pada umumnya, HP flagship memiliki spesifikasi yang mumpuni dan mampu bertahan serta digandrungi banyak orang hingga 2 – 3 tahun ke depan.

Jika Anda tertarik untuk membeli HP bekas flagship, Anda harus memastikan usia HP bekas itu tidak lebih dari dua tahun. Atau, baiknya masih berusia satu tahun atau kurang dari itu.

7. Beli HP Bekas di Orang Dekat

Seperti yang kami jelaskan di atas, Anda juga bisa membeli HP bekas langsung ke pemiliknya. Jika Anda beruntung, Anda bisa lho mendapatkan HP bekas dengan harga yang lebih murah. Bagaimana caranya?

Anda bisa menghubungi langsung keluarga atau teman yang mungkin berniat menjual HP-nya. Atau, Anda juga bisa mem-posting niatan Anda hendak beli HP bekas di berbagai media sosial.

Membeli HP bekas dari orang terdekat seperti keluarga dan teman biasanya lebih aman dibandingkan orang lain yang sebelumnya belum pernah Anda kenal, bahkan bertemu dengannya. Namun, Anda tetap harus waspada dengan menerapkan tips nomor empat di atas.

8. Lakukan Negosiasi

Anda mungkin akan kesulitan melakukan negosiasi atau menawar harga jika membeli HP bekas di toko resmi. Namun, jika Anda memutuskan membeli HP bekas di keluarga atau teman dekat, Anda bisa melakukan negosiasi.

Sebagai tips, sampaikan beberapa kekurangan dari HP bekas yang ditawarkan kepada Anda saat melakukan penawaran. Cara ini memang sederhana namun bisa memengaruhi si penjual untuk melepaskan HP-nya dengan harga yang lebih murah dari harga awal.

Tentunya, Anda harus menegosiasi dengan tetap memerhatikan batas wajar. Dengan kata lain, jangan sampai Anda kebablasan menegosiasi karena akan terlihat tidak serius membeli HP bekas si penjual. Pada ujungnya, Anda gagal mendapatkan HP bekas dengan harga miring.

Itulah delapan tips membeli HP bekas yang berkualitas. Hal terpenting adalah membeli HP sesuai dengan kebutuhan dan pas di kantong.

8 Manfaat SEO untuk Website, Wajib Tahu!

0
5 Cara Cek Mutasi BNI Offline dan Online (1)

Ada banyak sekali manfaat SEO untuk website, terlebih jika Anda memanfaatkan website untuk menjalankan bisnis online. Nah, di dalam artikel ini, Anda dapat mengetahui berbagai manfaat SEO untuk website yang kami maksud. Simak dengan saksama ya!

SEO atau Search Engine Optimization merupakan kegiatan yang ‘wajib diterapkan’ guna meningkatkan kuantitas dan kualitas trafik website. Ya, dalam mengembangkan website, Anda sebaiknya tidak saja memerhatikan segi kuantitas trafik melainkankan juga kualitasnya.

Misalnya, Anda memiliki website untuk bisnis produk pakaian. Ternyata website Anda memiliki banyak pengunjung namun tidak banyak dari mereka yang melakukan pembelian. Nah, dari contoh kasus semacam itu, website Anda memang unggul dalam segi kuantitas namun kurang dalam segi kualitas.

Jika kualitas trafik website Anda apik, maka sangat mungkin nilai engangement akan meningkat. Hal ini akan berdampak pada angka pembelian yang (juga) mengalami peningkatan. Itu-lah pentingnya penerapan SEO pada website.

Manfaat SEO untuk Website

Selain yang PinterInternet jelaskan di atas, masih ada banyak manfaat SEO untuk website. Berikut PinterInternet sajikan selengkapnya:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Telah disebutkan di atas bahwa penerapan SEO pada website dapat meningkatkan trafik dari segi kuantitas. Peningkatan trafik ini, secara langsung, dapat berdampak pada peningkatan brand awareness lho. Kok bisa?

Apabila trafik atau pengunjung website Anda melimpah, maka ada banyak orang yang melihat dan mengetahui isi dari website Anda. Di samping itu, semakin banyak juga orang yang melihat dan mengetahu ‘image branding’ yang Anda pamerkan di website. Nah, dalam hal ini, brand awareness dapat mengalami peningkatan.

Seperti diketahui, cara terbaik untuk meningkatkan performa bisnis ialah dengan mencapai brand awareness. Nah, di era teknologi saat ini, mencapai brand awareness bisa dilakukan secara online, yakni melalui penerapan SEO untuk website.

2. Meningkatkan User Experience

Manfaat SEO untuk website berikutnya yakni meningkatkan user experience. Ya, sebagai pemilik website (terlebih website bisnis online), Anda harus mampu meningkatkan user experience.

Mengingat, user experience dapat meningkatkan nilai engagement yang berdampak langsung pada tingkat konversi yang makin tinggi. Tentunya, tingkat konversi yang tinggi berdampak langsung terhadap peningkatan pendapatan dari penjualan di website Anda.

Untuk diketahui, user experience dapat ditingkatkan dengan cara mendongkrak pengunjung organik. Dan, untuk mendongkrak pengunjung organik dibutuhkan penerapan SEO.

3. Hemat Biaya Bisnis

Tak dimungkiri, seiring berkembangnya zaman, teknologi menjadi sesuatu yang sangat berguna dan menguntungkan. Bagaimana tidak, bisnis yang dulunya hanya bisa dijalankan secara tradisional dan mengandalkan strategi marketing konvensional, kini bisa dilakukan secara online dengan strategi penerapan digital marketing.

Salah satu bisnis online yang bisa Anda jalankan ialah dengan membangun website. Anda tidak perlu khawatir keluar modal atau bujet yang banyak karena bisnis yang dijalankan melalui website bisa dijalankan dengan biaya tidak besar.

Ya, Anda tidak perlu keluar banyak uang untuk mendapatkan pelanggan baru maupun mempertahankan pelanggan lama agar setia kepada produk-produk Anda. Cukup terapkan SEO dengan baik, banyak pembeli akan menghampiri website Anda seiring bertambahnya trafik organik.

4. Eksistensi Website Bisa Bertahan Lama

Setiap pemilik website pasti ingin website besutannya selalu bertengger di halaman pertama Google, lebih-lebih di urutan paling atas. Nah, salah satu cara untuk mencapai hal itu adalah menerapkan SEO dengan baik.

Lebih lanjut, penerapan SEO yang baik juga dapat membuat eksistensi website Anda bertahan lama di mata mesin penelusur seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya. Dengan begitu, website Anda akan memperoleh trafik organik melimpah dalam jangka panjang.

Akan tetapi, Anda harus mengetahui jikalau Google akan mengubah algoritmanya secara berkala. Nah, tugas Anda sebagai pemilik sekaligus pengelola website harus mampu dengan cepat beradaptasi dengan perubahan algoritma itu. Ini penting dilakukan agar eksistensi website Anda di mata mesin pencari Google betul-betul bertahan lama.

5. Bersaing dengan Website Ternama

Telah kami jelaskan di atas bahwa penerapan SEO mampu mendongkrak website hingga bertengger di halaman pertama mesin pencari seperti Google dan kawan-kawannya. Ketahuilah, pada umumnya, website yang bertengger di halaman pertama adalah website ternama.

Nah, jika Anda menerapkan SEO dengan baik, sangat mungkin website Anda mampu bersaing dengan website-website ternama di halaman pertama. Bahkan, sangat mungkin (juga) website Anda mampu mengungguli website pesaing yang selama ini Anda favoritkan atau menjadi pedoman.

6. Mendapatkan Pengunjung Tertarget

8 Manfaat SEO untuk Website, Anda Wajib Tahu

Manfaat SEO untuk website keenam ialah mendapatkan pengunjung tertarget. Apa maksudnya? Simak penjelasan berikut ini!

Orang yang memanfaatkan mesin pencari seperti Google biasanya ingin mencari sesuatu atau mendapatkan solusi. Misalnya, Budi pengin membeli sepatu secara online dengan memasukkan keyword ‘sepatu bagus’ dalam mesin pencarian. Lalu, Budi mengunjungi salah satu website yang menyediakan produk relevan dengan keyword yang dimasukkannya itu.

Nah, Budi bisa disebut sebagai pengunjung tertarget. Karena, dia memiliki tujuan yang jelas yakni hendak membeli sepatu bagus.

Jika Anda menerapkan SEO dengan baik, sangat mungkin website Anda akan ‘dihujani’ pengunjung tertarget yang banyak. Lebih lanjut, jika website yang Anda bangun difungsikan untuk berbisnis, maka sangat mungkin Anda akan mendapatkan banyak pembeli seiring banyaknya pengunjung tertarget yang mengunjunginya. Bukankah itu menguntungkan?

7. Promosi Non-Stop dengan Harga Terjangkau

Memang, penerapan SEO membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Namun, SEO itu murah lho. Menariknya, SEO bisa mengiklankan atau mempromosikan bisnis Anda 24 jam non-stop. Jadi, Anda tidak perlu keluar bujet banyak untuk menjajakan produk/jasa Anda kepada calon konsumen/klien.

Lain halnya jika Anda menggunakan jasa iklan Google Ads, FB Ads dan Instagram Ads. Anda harus membayar jasa tersebut dalam jumlah (biasanya) tidak sedikit. Kemudian, iklan atau promosi bisnis Anda juga akan terbatas dalam waktu tertentu sesuai kontrak yang disepakati bersama.

Sementara itu, jika Anda menerapkan SEO dengan baik, promosi atau iklan bisnis Anda akan bertahan dalam jangka panjang, asalkan website tidak hilang, mematuhi peraturan yang ada dan selalu beradaptasi dengan algoritma Google yang berubah-ubah.

8. Meningkatkan Penjualan

Pada akhirnya, bisnis yang Anda jajakan di dalam website akan mengalami peningkatan penjualan. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh semakin meningkatnya pengunjung tertarget dan website bertengger di halaman pertama (lebih-lebih di urutan pertama).

Sebaliknya, peningkatan penjualan tidak akan bisa terjadi jika website tidak teroptimasi dengan penerapan SEO yang baik. Oleh karenanya, wajib bagi Anda untuk mengaplikasikan SEO pada website Anda agar tujuan-tujuan baik telah Anda tetapkan betul-betul tercapai dengan optimal.

Itulah delapan manfaat SEO untuk website yang perlu Anda ketahui. Satu hal yang harus Anda ingat yakni jangan pernah berbuat curang saat mengaplikasikan SEO pada website. Sebab, website Anda sangat mungkin terkena penalti atau bahkan hilang dari mesin pencari. Hal ini tentunya dapat memberikan kerugian.

5 Cara Cek Mutasi BNI Offline dan Online

0

Memantau riwayat transaksi keuangan dibutuhkan untuk dapat kontrol terhadap pengeluaran dan pemasukanmu. Jika kamu pengguna layanan BNI, salah satu yang bisa kamu lakukan untuk memonitor riwayat keuanganmu adalah dengan cara cek mutasi BNI secara teratur.

Bank BNI menawarkan berbagai alternatif cara cek mutasi, dari mulai datang langsung ke kantor cabang terdekat, mesin ATM hingga cara lebih praktis yang dilakukan secara online. Pada tulisan ini Pinterinternet akan menjelaskan satu per satu caranya.

Cara Cek Mutasi Transaksi BNI

Cara Cek Mutasi BNI

Seperti yang disinggung di atas, ada beberapa cara cek mutasi BNI yang bisa kamu lakukan. Berikut penjelasannya:

1.Cara Cek Mutasi BNI via Teller Bank

Jika waktu luangmu cukup banyak, kamu bisa mengecek mutasi BNI dengan langsung datang ke kantor cabang terdekat dan melakukan pengecekan lewat teller-nya langsung. Kamu bisa mencetak bukti mutasi pada buku rekening tabungan sekaligus cek saldo rekening.

Sebelumnya siapkan dulu persyaratan yang diperlukan, seperti buku tabungan dan kartu identitas diri. Jika dokumen sudah siap, kamu bisa langsung mengecek histori transaksi di Bank BNI dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Datang ke kantor cabang BNI terdekat dan ambil nomor antrean, kamu bisa bertanya ke satpam jika tidak tahu di mana tempat mengambil antrean.
  2. Ketika nomor antreanmu dipanggil, silakan sampaikan ke CS maksudmu untuk mengecek mutasi rekening
  3. Biarkan CS mencetak bukti mutasi ke dalam buku tabungan untukmu.

Cek mutasi via teller bank ini biasanya dapat mencetak bukti transaksi hingga tiga bulan terakhir. Jadi bisa dibilang cara ini dapat memberikan informasi mutasi lebih detail daripada cara cek mutasi BNI via SMS banking.

2. Cara Cek Mutasi BNI via Mesin ATM

Jika kamu tidak ada waktu untuk mengantri, kamu bisa mencoba cara cek mutasi BNI via mesin ATM. Mengingat walaupun tak jarang ada antrean di ATM, namun di satu daerah biasanya tidak hanya adan satu ATM. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, seperti biasa masukkan kartu ke ATM dan masukan 6 digit PIN ATM BNI
  2. Kemudian masuk ke menu “Informasi dan Mutasi”
  3. Pilih opsi Cek Mutasi Rekening, kemudian pilih bagian Rekening Tabungan
  4. Selanjutnya kamu tinggal menunggu proses selesai dan mesin ATM akan mencetak resi yang berisi transaksi BNI untuk 5 transaksi terakhir.

3. Cara Cek Mutasi BNI via SMS Banking

Jika sudah terdaftar di SMS Banking BNI, kamu bisa menggunakan fitur tersebut untuk mengecek mutasi transaksi rekening bank. Caranya cukup mudah, kamu kamu hanya perlu kirim SMS dengan format HST ke 3346. Gunakanlah nomor telepon yang terdaftar SMS banking untuk mengirim SMS tersebut.

Jika nomor yang kamu gunakan berbeda dari yang tedaftar, permintaan cek mutasi BNI akan ditolak oleh pihak bank dan gagal. Ada biaya sebesar Rp 1.000 Untuk cara cek mutasi BNI via SMS Banking, biaya administrasi tersebut akan dipotong dari pulsa.

Cara cek mutasi BNI melalui SMS banking ini cukup simpel dan mudah. Cocok jika kamu kebetulan tidak terhubung jaringan internet, misalnya ketika kamu berada di daerah yang tidak terjangkau jaringan 3G atau 4G. Atau mungkin kamu belum punya perangkat smartphone, di mana pada smartphone cara cek mutasi bank BNI bisa lebih praktis dengan menggunakan fitur mobile atau internet banking.

4. Cara Cek Mutasi BNI via BNI Mobile

Ini cara yang paling praktis untuk kamu coba. Pertama sebelum kamu mencoba cara cek mutasi BNI via aplikasi BNI Mobile, kamu harus mendaftarkan nomor telepon milikmu untuk diaktifkan fitur mobile-banking. Jika mobile banking sudah aktif, kamu tinggal melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Download dan intall aplikasi BNI mobile di Play Store dan App Store
  2. Buka dan Login ke akun milikmu dengan memasukkan username dan m-PIN BNI
  3. Masuk menu Informasi
  4. Pilih opsi Mutasi
  5. Kemudian, pilih nomor rekening
  6. Silakan tentukan periode mutasi yang ingin kamu cek, kemudian klik lanjut
  7. Tunggu prosesnya selesai, informasi mutasi pun akan ditampilkan sesuai dengan periode yang kamu pilih

Cara cek mutasi via BNI mobile ini membutuhkan jaringan internet. Cara ini memberikan informasi yang ditampilkan lebih lengkap daripada cara cek mutasi BNI lewat SMS. Jadi selain memang praktis, cara ini lebih diminati karena kelengkapan informasinya.

Selain bisa digunakan untuk cek mutasi, aplikasi BNI Mobile juga bisa menawarkan berbagai fitur bermanfaat lainnya, seperti pembayaran tagihan, transfer sesama atau antar bank, hingga pembelian berbagai produk dari merchant rekanan bank BNI.

5. Cara Cek Mutasi BNI via Internet Banking

Selain mobile banking yang digunakan di smartphone, kamu juga bisa cek mutasi BNI online dengan menggunakan internet banking. Sama seperti mobile banking, kamu bisa datang langsung ke kantor cabang dan mengaktifkan internet banking.

Sementara cara mengecek mutasi BNI via internet banking dengan cara sebagai berikut:

  1. Kunjungi alamat internet banking BNI di laman: https://ibank.bni.co.id/
  2. Silakan login
  3. Masuk menu Rekening
  4. Kemudian pilih opsi Mutasi Tabungan & Giro
  5. Selanjutnya pilih nomor rekening BNI yang ingin kamu cek transaksi keluar masuknya
  6. Tunggu proses hingga selesai, aplikasi pun akan menampilkan riwayat transaksi rekening milikmu

Selain cek mutasi, melalui internet banking kamu bisa memanfaatkan fitur yang disediakan untuk melakukan berbagai transaksi lainnya. Cara ini juga memberikan informasi mutasi secara lebih detail, kamu bisa memilih antara cek mutasi 6 bulan terakhir, cek mutasi 10 transaksi terakhir atau periode mutasi lainnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Nah itulah lima cara cek mutasi BNI dari yang offline hingga online. Kelimanya cukup mudah dan praktis dilakukan, silakan dipilih yang paling membuatmu nyaman.

7 Pilihan HP 1 Jutaan Terbaru dengan Spek Gahar

0

Belakangan ini, banyak orang yang memburu HP 1 jutaan karena harganya murah namun bukan murahan. Ya, tidak sedikit merek-merek terkenal seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme hingga Samsung yang berlomba-lomba merilis produk HP dengan harga yang minimalis dengan spesifikasi yang bisa diandalkan.

Ketahuilah, kalau dulu HP 1 jutaan hanya bisa mendapatkan RAM 2 GB, sekarang RAM yang didapatkan bisa mencapai 4 GB. Tidak saja itu, HP murah saat ini juga dibekali tampilan grafis yang apik, baterai super kuat dan fitur fast charging. Pokoknya, Anda tidak akan menyesal deh beli HP harga 1 jutaan.

Pilihan HP 1 Jutaan Terbaru dengan Spek Gahar

Di bawah ini, kami bagikan 7 pilihan HP 1 jutaan terbaru yang memiliki spesifikasi gahar. Mari kita intip satu per satu!

1. Samsung Galaxy A03s

Rekomendasi HP 1 jutaan yang pertama jatuh ke produk besutan Samsung, yakni Galaxy A03s. HP yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,7 juta ini memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni.

Samsung Galaxy A03s telah menjalankan OS Android 11. RAM yang didukung mencapai 4 GB serta memori internal 64 GB.

Beralih ke bagian layarnya. Samsung Galaxy A03s mengadopsi layar Infinity-V beresolusi HD+ dengan ukuran 6,5 inci. Refresh rate layar tipe PLS ini mencapai 90 Hz.

Adapun perihal kamera, HP kelas menengah besutan Samsung ini didukung empat kamera. Dua kamera berada di belakang, dengan kemampuan 13 MP + 2 MP + 2 MP. Sementara kamera depannya beresolusi 5 MP. Bagaimana, tertarik untuk membelinya?

2. Realme C11 2021

Seperti diketahui banyak orang, Realme adalah salah satu brand HP terkemuka yang terkenal dengan harga produk super murah. Menariknya, harga yang dibanderol minimalis itu dibarengi dengan kualitas produk yang dapat diandalkan. Contohnya, Realme C11 2021.

Realme C11 2021 yang dirilis beberapa waktu lalu hanya dibanderol dengan harga Rp 1,2 jutaan. HP murah ini telah menjalankan OS Andorid 10 lho. Kapasitas RAM yang disematkan mencapai 2 GB. Adapun memori internalnya berkapasitas 32 GB, namun pengguna dapat menambahkanya dengan memori eksternal hingga 256 GB.

Realme C11 2021 mengadopsi layar tipe IPS LCD beresolusi HD+ dan ukurannya 6,5 inci. Baterai yang diusung sudah berkekuatan 5.000 mAh lho. Baterai dengan kekuatan sebesar itu tidak akan cepat habis sekaligus Anda gunakan untuk main game atau aktivitas berat lainnya.

Untuk kamera, Realme C11 2021 hanya dibekali dua kamera, yakni kamera utama beresolusi 8 MP dan kamera selfie 5 MP. HP satu ini bisa Anda jadikan pilihan terbaik jika Anda sedang mencari HP di bawah Rp 1,5 jutaan.

3. Oppo A16

hp 1 jutaan Oppo A16

Berikutnya, giliran produk besutan Oppo yang masuk dalam daftar HP 1 jutaan terbaru dengan spesifikasi gahar, yakni Oppo A16. HP satu ini didesain secara stylish yang amat cocok berada di genggaman anak muda.

Oppo A16 diketahui telah menjalankan OS Android 11. Prosesor yang digunakan adalah MediaTek Helio G35. RAM-nya mencapai 3 GB sedangkan memori penyimpanannya 32 GB yang bisa ditambahkan memori eksternal sebesar 256 GB.

Oppo A16 bisa dikatakan sangat cocok buat Anda yang suka main game. Pasalnya, perangkat satu ini dibekali baterai 5.000 mAh yang sangat awet meski digunakan untuk aktivitas berat.

Lebih lanjut, Oppo A16 dibekali kamera utama beresolusi 13 MP, kamera makro 2 MP dan kamera bokeh 2 MP. Adapun kamera selfie-nya 8 MP. Lantas, berapa harga Oppo A16? HP ‘cuma’ dihargai Rp 1,7 jutaan lho.

4. Xiaomi Redmi 9A

Pilihan HP 1 jutaan berikutnya yang tidak kalah recommended adalah Xiaomi Redmi 9A. HP ini dibanderol dengan harga Rp 1,3 jutaan namun memiliki spefisikasi yang sangat apik.

Xiaomi Redmi 9A telah didukung prosesor Chipset Hello G25. HP yang menjalankan OS Android 10 ini memiliki RAM 3 GB dan memori internal 4 GB.

Beralih ke bagian layar. Xiaomi Redmi 9A mengadopsi layar beresolusi HD+ berukuran 6,53 inci. Adapun kamera utamanya beresolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP.

5. Vivo Y12s

Jika Anda ingin mencari HP merek Vivo harga 1 jutaan, Vivo Y12s bisa Anda jadikan referensi terbaik. Ketahuilah, Vivo Y12s tidak hanya mengadopsi baterai berkekuatan besar (5.000 mAh), melainkan juga fitur reverse charging. Fitur apa itu? Sederhananya, fitur tersebut dapat digunakan untuk mengisi baterai perangkat lain. Canggih sekali!

Perihal layar, sama seperti HP dari merek lainnya, Vivo Y12s juga mengadopsi layar berukuran 6.51 inci. Prosesor yang digunakan tipe Octa-core dengan RAM 4 GB dan memori internal 32 GB.

Ada dua kamera yang disematkan di belakang, resolusinya 13 MP + 2 MP. Adapun kamera depannya 8 MP. Harga HP besutan Vivo ini hanya Rp 1,7 jutaan. Murah bukan?

6. Infinix Hot 10

Infinix juga menjadi salah satu merek yang meramaikan produk HP 1 jutaan. Adalah Infinix Hot 10 yang menjadi produk besutannya berharga ‘hanya’ Rp 1,7 jutaan.

Infinix Hot 10 telah menjalankan OS Android 10. Prosesor yang digunakan tipe Octa-core dualcore Cortex-A75.

Infinix Hot 10, jika dilihat luarannya, sangatlah kekinian sehingga cocok untuk anak muda. Lebih dari itu, HP ini juga mendapatkan sentuhan fitur-fitur canggih, seperti Smart Scanner, Ear-sensor Receiver, Ulife dan lainnya.

Infinix Hot 10 mengusung layar tipe IPS dengan ukuran yang cukup besar dibandingkan HP kompetitor lainnya, yakni 6,78 inci. RAM yang disematkan berkapasitas 4 GB sedangkan memori internalnya 64 GB. Adapun detail resolusi kamera belakangnya yakni 16 MP + 2 MP + 2 MP. Sementara kamera depannya 8 MP. Oh ya, baterai Infinix Hot 10 berkapasitas sangat besar lho, yakni 5.200 mAh.

7. Poco M3

Masih kurang cocok dengan pilihan HP 1 jutaan di atas? Mungkin Anda tertarik dengan Poco M3. HP satu ini tidak kalah gahar dengan para kompetitornya lho.

Poco M3 diketahui mengadopsi baterai berkekuatan 6.000 mAh. Selain itu, HP ini juga dibekali fast charging 18 W.

Poco M3 yang menjalankan OS Android 10 ini mengusung prosesor tipe Octa-core dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Untuk layarnya menggunakan tipe IPS berukuran 6,53 inci.

Perihal kamera, Poco M3 betul-betul memberikan gebrakan yang nyata. HP ini diketahui dibekali kamera utama beresolusi 48 MP, kamera makro 2 MP dan kamera depth 2 MP. Adapun kamera depannya beresolusi 8 MP.

Lalu, berapa uang yang harus disiapkan untuk memiliki Poco M3? Anda hanya perlu menyiapkan bujet Rp 1,8 jutaan.

Itulah tujuh pilihan HP 1 jutaan terbaru dengan spesifikasi gahar. Di antaranya semua pilihan di atas, mana yang paling menarik menurut Anda?

Cara Memotong Video Secara Online Praktis dan Gratis

0

Kamu bisa menggunakan berbagai cara untuk memotong video. Pertama kamu bisa memakai aplikasi edit video yang tersedia. Kedua menggunakan cara memotong video secara online melalui situs-situs yang dapat kamu akses dari browser.

Walau jarang digunakan banyak orang, cara kedua terbilang cukup simpel dibandingkan harus menginstal aplikasi hanya untuk keperluan memotong video. Nah jika kamu ingin mencoba cara memotong video secara online, silakan disimak tulisan kami berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Ini

Kita akan coba memotong video melalui situs yang menawarkan fitur untuk memotong video secara online. Tentu saja ini adalah sebuah kelebihan, karena yang perlu dilakukan hanya mengunjungi situs tersebut tanpa repot menginstal aplikasi yang juga mengharuskanmu untuk menyediakan ruang penyimpanan.

Kamu bisa langsung memotong video hanya bermodalkan browser dan koneksi internet. Kamu pun bisa melakukannya dimana pun dengan device apa pun, baik laptop, handphone android atau iPhone sekalipun.

Nah ada juga kekurangannya, cara memotong video secara online ini kurang efektif jika digunakan untuk memotong video berukuran besar. Karena kamu perlu mengunggah dulu video yang ingin di edit ke situs. Jadi ketika videomu berukuran besar, kamu akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk menunggu unggahan selesai.

Cara Memotong Video Via Online Video Cutter

Tentu saja siapkan dulu video yang akan dipotong, sekali lagi kami ingatkan, lebih baik menggunakan cara memotong video secara online ini untuk video-video berukuran kecil. Hal tersebut untuk menghindari waktu unggah yang terlalu lama.

Oke kalau sudah siap dengan video yang akan diptotng, silahkan buka browser di perangkat yang akan kamu gunakan, kemudian kunjungi situs online-video-cutter.com

  1. Pada halaman depan, langsung saja klik tombol Open File dan cari videonya atau kamu bisa langsung drop down video yang akan dipotong. Situs ini mendukung file video hingga ukuran 4GB dan format apa pun, jika kamu gagal membuka file untuk diupload, kemungkinan file yang kamu pilih rusak atau ukurannya lebih dari 4GB.
  2. cara memotong video secara onlineSelanjutnya, kamu tunggu hingga proses upload video selesai. Jika sudah berhasil terupload, maka kamu tampilan video yang kamu upload tadi akan seperti dibawah ini. Cara memotongnya, tinggal geser bagian video yang ada di kanan atau ke kiri ke bagian yang diinginkan.cara memotong video secara online
  3. Jika dirasa bagian yang dipotong sudah benar, lanjutkan dengan klik di tombol Save di bagian kanan bawah situs. Video akan terpotong sesuai dengan bagian yang kamu tentukan.cara memotong video secara online
  4. Setelah proses potong selesai, kamu bisa mengunduh hasilnya ke memori perangkatmu dengan klik tombol Save.

Situs ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif cara memotong video secara online dengan ukuran file hingga 4GB. Selain itu, kamu juga diberi pilihan untuk menentukan kualitas dan format video yang dihasilkan dan juga melakukan rotasi pada video.

Cara Memotong Video Secara Online Via Video Toolbox

Cara lainnya untuk memotong video secara online adalah melalui Video Toolbox. Tools ini menawarkan fitur lebih banyak untuk menjalankan fungsi edit video dibanding Online Video Cutter.

Mulai dari memotong video, menggabungkan, menambahkan watermark, menyematkan subtitle, hingga mengkonversi format video. Format video yang didukung juga cukup banyak.

Oleh sebab itu, penggunaan dari Video Toolbox ini mungkin akan sedikit lebih rumit daripada Online Video Cutter di atas. Namun, hal ini diimbangi dengan pilihan fitur yang lebih lengkap. Silakan sesuaikan sendiri dengan kebutuhanmu cara memeotong video secara online mana yang akan kamu gunakan.

Nah di bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan Video Toolbox untuk memotong video milikmu.

  1. Langkah pertama adalah membuat akun terlebih dahulu. Kamu memang dapat menggunakan fitur-fitur Video Toolbox secara gratis, namun sebelumnya kamu diwajibkan untuk mendaftar dan membuat akun. Silakan mendaftar dengan email, lalu aktivasi akunmu lewat email yang kamu daftarkan tersebut. Setelah itu, kamu bisa login dan menggunakan layanan editing video website mereka.cara memotong video secara online
  2. Selanjutnya barulah kamu mulai tujuanmu, yaitu memotong video. Silakan upload video yang akan kamu potong, lama waktu upload bergantung pada besar ukuran file yang kamu pilih. Video Toolbox sendiri mendukung file hingga 1,5 GB.
  3. Setelah filemu berhasil diupload, silakan centang file yang akan kamu proses, kemudian dari menu drop down pilih “Select Action”. Di sana ada pilihan Cut/Split File, jika kamu ingin memotong video silakan pilih opsi tersebut.
  4. Pilih titik awal dan titik akhir dari bagian video yang akan kamu potong. Kemudian, klik Cut the slice (same format, video-mu pun akan terseleksi sesuai daerah yang kamu pilih. Kamu juga bisa memilih opsi Convert the slice untuk mengkonversi bagian video yang kamu pilih tadi ke format file yang berbeda.cara memotong video secara online
  5. Setelah proses memotong selesai, kamu bisa mendownload hasilnya ke memori perangkat yang kamu gunakan dengan mengklik tulisan judul videomu yang berwarna kuning.

Proses Potong Video di Video Toolbox ini memang memiliki kekurangan yang cukup merepotkan, yaitu tidak disediakan tinjauan visual atau preview, sehingga kamu harus mengingat-ngingat atau mencatat dulu durasi mana video akan dipotong.

Jika kamu tidak dapat bekerja dengan kekurangan tersebut, kamu bisa memakai cara memotong video secara online yang pertama saja atau memakai aplikasi lain. Karena tinjauan visual ini akan membantu dalam melakukan proses pemotongan video.

 

Nah itulah dua cara memotong video secara online yang bisa kamu coba. Keduanya cukup praktis untuk membantumu dalam proses editing, silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu saja.

5 Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Laptop

0

Seringkali para pengguna laptop yang ingin mengirim file menggunakan bluetooth ke handphone disulitkan karena Bluetooth tidak terdetesksi. Nah ternyata cukup banyak cara mengatasi Bluetooth tidak terdeteksi ini.

Jika kamu kebetulan mengalami hal ini, kami akan membantumu lewat tulisan ini. Kami akan menjelaskan beberapa cara mengatasi Bluetooth tidak terdeteksi di laptop yang bisa kamu coba.

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Laptop

Ada enam cara yang dapat kamu coba untuk mengatasi Bluetooth tidak terdeteksi di laptopmu. Mulai dari memeriksa adapter Bluetooth-mu hingga cara terakhir yaitu menggunakan adapter tambahan. Silakan ini dia cara mengatasi Bluetooth tidak terdeteksi di laptop.

1. Enable Pengaturan Adapter Bluetooth

Nah bisa jadi ketika Bluetooth smartphone tidak muncul di laptopmu disebabkan oleh pengaturan adapter bluetooth di laptop dalam posisi disable. Pada posisi disable, bluetooth  tidak akan terdeteksi, dan kamu pun jadi tidak bisa mengirimkan file-file.

Karena itu cara mengatasi Bluetooth tidak terdeteksi yang pertama adalah mengubah pengaturan adapter Bluetooth laptop menjadi enable. Kamu dapat melakukannya lewat menu Device Manager, berikut tahapannya:

  1. Ketik Device Manager di kolom search Windows
  1. Saat Device Manager keluar, klik untuk lanjut membukanya

cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi

  1. Kamu akan diarahkan ke jendela yang menampilkan adapter-adapter yang terdeteksi.
  1. Cari bagian Bluetooth, kemudian klik kanan pada adapternya kemudian pilih Enable.
  1. Bluetooth pun akan aktif

Seharusnya jika penyebabnya adalah bluetooth yang dalam posisi disable, maka cara ini bisa mengatasi hal tersebut. Nah jika kamu masih mengalami masalah yang sama, maka bisa mencoba cara selanjutnya.

2. Atur Pengaturan Discoverable Bluetooth

Walau sudah dalam posisi enable, kamu juga harus mengatur Bluetooth agar terdeteksi oleh perangkat lain. Kamu dapat melakukannya dengan mengatur bagian discoverable bluetooth.

Terkadang  masalah bluetooth yang tidak terdeteksi disebabkan oleh discoverable-nya yang tidak kamu aktifkan, bisa dibilang ketika nonaktifkan kamu belum memberikan izin pada perangkat lain untuk bisa mendeteksi Bluetooth yang ada di laptopmu.

Nah Berikut langkah-langkah untuk mengatasi hal tersebut:

  1. Pertama masuk ke Control Panel
  2. Lalu masuk ke menu Device and Printers

cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi

  1. Pilih menu View Device Printers
  1. Klik kanan pada icon bergambar laptop lalu pilih Bluetooth Setting.

cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi

  1. Kemudian coba cari pengaturan Discovery atau Visibility, masuk ke pengaturan tersebut dan lhat apakah tombolnya sudah dalam posisi On. Jika belum silakan di ON-kan terlebih dahulu.

Itulah cara mengatifkan visibility atau discoverable Bluetooth sebagai cara mengatasi Bluetooth yang tidak terdeteksi. Selain cara di atas sebenarnya kamu juga bisa membuka menu bluetooth melalui icon Bluetooth yang ada di taskbar sebelah kana, tinggal klik kanan ikon tersebut dan pilih Setting.

3. Atur Ulang Service Bluetooth

Jika dua cara mengatasi Bluetooth tidak terdeteksi sebelumnya masih belum menyelesaikan masalahmu, maka kamu bisa mencoba atur ulang service Bluetooth.

Service sendiri merupakan pengaturan yang befungsi agar program bisa mengaktifkan adapter bluetooth saat hendak dipakai. Nah ketika servicenya tidak running, secara otomatis Bluetooth pun akan tampak tidak terdeteksi.

Untuk memperbaiki masalah service ini kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik bersamaan tombol Windows + R, kemudian pada kolom yang muncul ketik services.msc dan tekan OK

cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi

  1. Kamu akan melihat cukup banyak service di sana, Silakan cari bagian Bluetooth support service

cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi

  1. Kemudian klik kanan dan pilih properties
  2. Di bagian general, klik tombol Start

cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi

Kamu juga dapat mengatur Bluetooth ini selalu aktif ketika laptop baru dinyalakan. Caranya pada menu properties tadi kamu bisa melihat ada pengaturan Startup Type,  pilihlah yang opsi Automatic. Nah jika masalahnya masih juga belum teratasi, silakan lanjut ke cara berikutnya.

4. Cek Driver Bluetooth

Seperti perangkat keras lainnya, adapter Bluetooth pun membutuhkan driver agar dapat berfungsi dengan baik di laptopmu. Services dan pengaturan discoverable tadi pun sebenarnya adalah bagian dari driver.

Nah terkadang masalah tidak terdeteksinya Bluetooth diakibatkan oleh driver yang terdeteksi corrupt (rusak), sehingga membuat Bluetooth tidak dapat berfungsi.

Hal ini bisa jadi karena saat kamu update driver lalu terputus saat proses updatenya belum sesuai, atau disebabkan oleh Virus, storage yang tidak stabil, sistem yang tidak kompatibel dan lain-lain.

Kamu juga dapat menemukan driver Bluetooth di Device Manager. Nah cara mengatas Bluetooth tidak terdeteksi selanjutnya adalah install ulang drivernya. Untuk itu kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Windows Explorer, kemudian klik kanan pada bagian Computer (This PC) dan pilih Properties
  2. Kemudian akan muncul beberapa menu, silakan pilih Device Manager
  3. Cari driver Bluetooth, kemudian klik kanan dan pilih Uninstall This Device
  4. Tunggu hingga proses uninstall selesai

Kalau sudah restart laptop, jika penyebabnya driver yang bermasalah, biasanya adapter bluetooth yang tadinya tidak terdeteksi bisa normal kembali setelah laptop menyala.

5. Cara Mengatasi Bluetooth Terdeteksi dengan Adapter Tambahan

bluetooth usb

Nah jika kamu masih mengalami masalah setelah melakukan 4 cara sebelumnya, kamu bisa mencoba cara terakhir yaitu mencoba adapter bluetooth tambahan yang bisa kamu gunakan dengan mudah dengan menyolokkannya melalui USB.

Ya mungkin kamu harus mengeluarkan uang untuk ini, tapi harganya bisa jadi lebih murah daripada kamu membawa laptop ke tukang service. Harga Bluetooth USB                bisa kisaran 15ribu hingga 100 ribu tergantung tipe dan merknya.

Adapter bluetooth USB sendiri adalah perangkat tambahan yang membuat laptop yang tanpa fitur bluetooth sekalipun bisa memiliki fungsi bluetooth. Tidak sulit untuk mencari adapter ini, kamu bisa dengan mudah menemukannya di toko-toko online.

Nah itulah lima cara mengatasi Bluetooth tidak terdeteksi yang dapat kamu coba di laptopmu. Semoga salah satunya bisa menjadi solusi dari masalah yang kamu alami.