Mudah, 5 Cara Backup Data Android ke PC

  • 3 min read
  • Okt 11, 2021
Mudah, 5 Cara Backup Data Android ke PC

Jika smartphone Android-mu lemot karena kepenuhan data, apa yang kamu lakukan? Atau kamu membutuhkan factory reset sementara banyak sekali data penting yang ada di handphone-mu. Kamu pasti mencari cara backup data Android untuk mengamankan data-data tersebut.

Masalahnya adalah ketika sangat banyak data dari mulai foto, video, audio yang ingin kamu backup. Maka kamu perlu cara backup data Android yang mudah dan aman agar datamu tidak rusak karena sulitnya cara yang kamu pilih. Nah berikut beberapa pilihan termudah yang dapat kamu lakukan:

1. Cara Backup Data Android via USB

cara backup data android

Ketika banyak yang lebih memilih opsi koneksi wireless dan cloud storage, namun cara klasik dengan menggunakan USB masih efektif untuk dicoba ketika kamu perlu memindahkan banyak data. Cara backup Android ke PC dengan kabel USB lebih aman dan stabil karena risiko terputus lebih kecil dibanding wireless yang koneksinya tidak dapat kamu awasi seperti USB.

Cara backup data Android ke PC dengan USB sangat mudah, kamu tinggal sambungkan HP dengan kabel USB ke PC. Kemudian atur di HP ke mode transfer file, kemudian tinggal buka file explorer di PC atau laptopmu. Kemudian cari lokasi data di smartphone-mu yang ingin di backup, terkahir tinggal copy dan paste ke laptop atau PC.

2. Cara Backup Data Android via Google Account

cara backup data android

Salah satu keuntungan memiliki smartphone Android adalah ketika kamu terintegrasi dengan akun Google, sebagian besar pencadangan data akan dilakukan secara otomatis dalam interval tertentu. Nah jika smartphone Android-mu belum melakukannya, kamu bisa mengaktifkan fitur backup data Android dengan cara sebagai berikut:

  1. Masuk ke pengaturan, lalu pilih menu Backup & Restore atau Backup & reset
  2. Jika handphone-mu memiliki pilihan “Back up my data” dan “Automatic restore,” altifkan keduanya dengan menguba posisi toggle ke ON.
  3. Tap dan pilih semua list untuk memastikan data tersinkornisasi dengan Google Account.

Prosedur ini mungkin berbeda tergantung dengan jenis smartphone yang kamu gunakan.

3. Cara Backup Data Android via Dropbox

cara transfer data android

Sebenarnya tak hanya Dropbox, cara backup data Android ini juga kurang lebih sama untuk layanan cloud storage yang lain. Karena Dropbox yang paling populer dan mainstream digunakan, kami akan menjelaskan prosedur untuk platform ini.

  1. Download aplikasi Dropbox di handphone dan komputer-mu atau kamu juga bisa pergi ke Dropbox.com.
  2. Buat akun Dropbox atau login jika kamu sudah punya akun.
  3. Jika sudah di download, aplikasi Dropbox akan membut folder tersendiri di hard drive.
  4. Drag and drop data-data yang ingin kamu backup dari handphone Android milikmu. File-file tersebut akan tersimpan di cloud.
  5. Dropbox secara otomatis akan mensinkronisasi datamu secara online dan dapat kamu akses baik di handphone atau komputer yang tersambung dengan akun Dropbox milikmu.

4. Cara Backup Data Android via WiFi

cara backup data android ke pc

 

Menggunakan koneksi WiFi merupakan cara backup data Android ke PC yang tercepat dan juga mudah. Kamu dapat mentransfer banyak foto, video, audio atau file lainnya dari Android ke PC, Mac atau laptop sekaligus. Kamu bisa melakukannya melalui aplikasi AirDroid, berikut caranya:

  1. Download dan install aplikasi AirDroid di Google Play store.
  2. Buat akun AirDroid, jika sudah punya akun silakan lakukan log in dengan akun tersebut.
  3. Setelah berhasil login, hubungkan HP Android ke perangkat PC. kamu dapat menghubungkan smartphone Android ke PC dengan menggunakan alamat IP. Caranya adalah mengoneksikan kedua perangkat tersebut di jaringan WiFi yang sama.
  4. Jika kedua perangkat sudah terhubung ke jaringan WiFi yang sama, buka kembali aplikasi AirDroid di HP dan lihat IP Address yang muncul.
  5. Kemudian buka browser dari PC atau laptop-mu. Kemudian di paste alamat IP tadi di bagian URL.
  6. Pilih Accept pada pop up yang muncul
  7. Jika berhasil maka di browser pc akan muncul tampilan dari folder-folder yang ada di Handphone Android
  8. Cara backup data dari Android ke PC adalah dengan mentransfer file tersebut ke PC. Caranya dengan klik folder tempat file yang kamu ingin kirimkan berada.
  9. Kemudian silahkan pilih file-file yang akan kamu transfer kemudian tap tombol Download.

5. Cara Backup Data Android via Bluetooth

cara backup data Android

Jika kamu tidak dapat menemukan jaringan wifi untuk digunakan, masih ada cara backup data Android menggunakan Bluetooth. Namun tentu saja, mentransfer data via Bluetooth ini tidak akan secepat menggunakan WiFi ditambah butuh waktu untuk melakukan pairing. Belum lagi, tidak semua laptop punya fitur Bluetooth.

Namun jika hanya ini pilihanmu, maka silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Nyalakan Bluetooth yang ada di Handphone Android milikmu
  2. Selanjutnya aktifkan juga Bluetooth yang ada di PC, caranya dari Start button akses menu Settings Lalu rubah bagian Bluetooth ke enable
  3. Setelah itu, komputer akan otomatis mendeteksi perangkat Bluetooth yang ada di dekatnya. Cari nama Bluetooth dari perangkat Android yang kamu gunakan, kemudian kilk tombol Pair untuk melngkoneksikan kedua perangkat melalui Bluetooth.
  4. Kemudian kamu sudah dapat melakukan backup dengan cara memilih file yang ingin dikirim lalau copy ke PC-mu.

Nah itulah 5 Opsi Cara backup data Android ke PC yang bisa kamu lakukan. Tergantung padamu untuk memilih cara yang paling nyama digunakan. Semuanya tidak sulit, cukup ikuti langkah-langkahnya sesuai yang kami jelaskan, semoga membantu!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *