Cara Beli Crypto di Binance P2P Melalui Smartphone

  • 4 min read
  • Jun 02, 2021

Banyak cara beli Crypto di Binance, platform trading cryptocurrency ini menawarkan berbagai metode dalam bertransaksi fiat. Berbagai pilihan tersebut pun sudah tersedia di aplikasi mobile yang mereka keluarkan, yang dapat dengan mudah kamu jalankan di smartphone milikmu.

Tentu saja, aplikasi trading crypto satu ini menawarkan banyak pilihan dengan tujuan membuat para penggunanya nyaman dalam melakukan pembelian atau penjualan cryptocurrency di aplikasi mereka tersebut. Salah satu cara beli crypto fiat yang tersedia di Binance adalah bursa Peer-to-Peer (P2P).

Apa itu bursa Peer-to-Peer (P2P)? Secara sederhana, transaksi di bursa P2P ini merupakan transaksi yang dilakukan langsung antara pembeli dan penjual. Cara kerjanya mirip seperti marketplace, pihak penjual akan memasang iklan untuk ditampilkan ke para pembeli dan si pembeli tinggal memilih salah satu dari penawaran tersebut.

Cara beli crypto di Binance dengan menggunakan fitur bursa P2P ini, akan memungkinkanmu untuk tidak melakukan top up terlebih dahulu seperti pada umumnya. Karena banyak metode pembayaran yang bisa dilakukan tergantung dari yang ditawarkan oleh si penjual.

Sayangnya, bursa P2P di Binace baru mendukung transaksi pembelian atau penjualan BTC, ETH, BNB, USDT, EOS dan BUSD. Jika kamu ingin memperdagangkan kripto lain, kamu harus melakukannya di pasar spot.

Namun tetap saja, cara membeli cryptocurrency dengan metode P2P ini memiliki beberapa keunggulan baik dari segi biaya, cara bayar, harga sampai keamanan privasi.

Keunggulan Transaksi P2P

Biaya transaksi rendah

Bursa P2P merupakan cara membeli cryptocurrency yang sederhana, metode yang disematkan memungkinkan untuk tidak adanya biaya overhead di setiap transaksi yang dilakukan. Oleh sebab itu, Binance tidak membebankan biaya apapun untuk setiap transaksi dan pemasangan iklan penawaran pada pilihan P2P di aplikasi mereka.

Metode pembayaran fleksibel

Seperti yang sudah disinggung di atas. Bursa P2P ini membebaskan penjual untuk menentukan cara mereka ingin dibayar. Di P2P Binance, kamu dapat membeli dan menjual kripto dengan lebih dari 150 metode pembayaran, termasuk diantaranya transfer bank, uang tunai, PayPal dan beberapa dompet elektronik.

Bebas Mentukan Harga Jual

Selain cara pembayaran, para penjual juga mendapat kebebasan untuk menentukan harga kripto yang mereka jual sesuai keinginan. Jadi, untuk P2P Binance, kamu bukan hanya sekadar bisa membeli atau menjual kripto dari penawaran yang sudah ada, namun juga dapat membuat iklan perdaganganmu sendiri dengan penentuan harga jual sesukamu.

Keamanan Privasi Lebih Terjaga

Bursa peer-to-peer tidak punya kepentingan untuk mengumpulkan informasi tentang pembeli ataupun penjual  layaknya kartu kredit atau transfer bank. Kamu bahkan bisa membeli cryptocurrency dengan tunai di P2P Binance.

Cara Membuat dan Verifikasi Akun Binance

Sebelum membahas cara beli crypto di Binance dengan metode P2P, pastikan dulu kamu sudah mempunyai akun di sana. Karena seperti kebanyakan aplikasi mobile, untuk menikmati fitur di dalamnya diperlukan sebuah akun, terutama jika itu untuk melakukan transaksi.

Jadi, kamu juga wajib membuat akun Binance terlebih dahulu. Jika kamu sudah memilikinya, silahkan langsung log in dan skip bagian ini. Namun jika belum, simak caranya sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Binance yang bisa dengan mudah kamu unduh di Google Playstore. Setelah itu, klik tombol “Log In/Register”

daftar akun binance

2. Setelah itu, halaman pendaftaran akan muncul. Silahkan masukkan email dan tentukan kata sandi. Ceklis “I Understand Binance’s Term Use” sebagai tanda kamu telah membaca kebijakan yang berlaku di Binance dan telah menyetujuinya, lalu klik tanda panah.

registrasi di aplikasi Binance

3. Selanjutnya, kamu akan diarahkan pada halaman log ini. Silahkan masukkan email dan kata sandi yang tadi kamu daftarkan, lalu klik tanda panah untuk Masuk.

login aplikasi Binance

4. Setelah kamu berhasil masuk ke aplikasi Binance, klik ikon pengguna di sudut kiri atas untuk melakukan verifikasi akunmu

Verifikasi akun Binance

5. Kemudian klik “verify” untuk melakukan verifikasi akun.

verifikasi akun binance

 

Cara Beli Crypto di Binance

Sekarang kamu sudah memiliki akun dan bisa mulai melakukan pembelian aset cryptocurrency di aplikasi mobile milik Binance ini. Kamu akan dapat mengerti urutan langkahnya secara cepat karena cara beli crypto di Binance memang cukup mudah dan praktis.

Namun ada yang perlu dicatat, mirip dengan marketplace untuk berbelanja online, seperti shopee, tokopedia dan lain-lain, pembayaran ketika membeli salah satu penawaran cryptocurrency dalam bursa P2P ini, dilakukan di luar aplikasi.

Misal, jika seller menggunakan metode pembayaran transfer bank, kamu harus mentransfer seharga aset yang dibeli melalui bank ke no rekening yang disediakan seller, baru melakukan konfirmasi pembayaran.

Oke langsung saja, simak inilah urutan cara beli crypto di Binance dengan menggunakan metode P2P

1.Buka halaman awal, lalu klik “P2P Trading”.

Pilihan P2P Trading di aplikasi Binance

2. Pada halaman P2P, klik tab (1) “Buy” dan tentukan jenis kripto yang ingin kamu beli (2) (Disini kami memilih USDT), lalu pilih penawaran yang tersedia dan klik (3) “Beli”.

interface p2p trading binance

3. Tentukan jumlah yang ingin dibeli, pilih metode pembayaran yang disediakan penjual, dan klik “Buy USDT”, di contoh ini kami memilih bank transfer sebagai metode pembayaran.

cara beli crypto di binance

4. Transfer uang langsung ke penjual (dilakukan di luar aplikasi), bayar sesuai informasi yang ditentukan penjual sebelum batas waktu pembayaran berakhir, lalu klik “Transfer the fund”.

5. Selanjutnya, silahkan klik metode pembayaran yang kamu pilih.

pilih metode pembayaran di bursa p2p Binance

5. Selanjutnya adalah mengonfirmasi pembayaran, Klik “Transferred, next”. Namun, pastikan kamu telah menyelesaikan pembayaran sebelum mengklik.

pembayaran di Binance p2p

6. Transaksi akan berstatus “Releasing”, artinya kamu sedang menunggu si penjual untuk merilis cryptocurrency yang kamu beli.

releasing saat beli crypto di Binance p2p

7. Setelah penjual merilis cryptocurrency yang kamu pesan, transaksi akan dinyatakan selesai.

order complete binance p2p

8. Setelah transaksi selesai, kamu dapat mentransfer cryptocurrency tesebut ke dompet spot. Caranya, klik “Wallets” di bagian kanan bawah (1), kemudian pilih “P2P” di dompet fiat (2). Klik “Transfer” (3) dan aset di P2P akan dipindahkan ke dompet spot untuk perdagangan.

transfer ke dompet spot dari fiat di aplikasi binance

Cara Mengatasi Seller ‘Nakal’

Seperti yang kita tahu, dalam transaksi jual beli apapun selalu ada kemungkinan terjadinya penipuan. Termasuk dalam cara membeli cryptocurrency dengan metode P2P di aplikasi Binance ini.

Namun tenang saja, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh jika selama 15 menit setelah mengklik “Transferred, next” kamu tidak menerima cryptocurrency yang sudah dibeli.

Pertama, kamu dapat menghubungi penjual dengan fitur yang tersedia. Kedua, kamu juga bisa mengajukan banding.

Cara Menghubungi Penjual

Caranya dengan mengklik ikon “Telepon” atau “Obrolan” di bagian atas.

cara mengontak penjual di aplikasi binance

Cara Mengajukan Banding

1.Cara mengajukan banding dapat dilakukan dengan mengklik “Appeal”

cara mengajukan banding di binance p2p

2. Isi form yang muncul. Tulisan alasanmu mengajukan banding di kolom pertama, kemudian beri penjelasan terkait apa yang menimpamu, dan upload foto yang bisa dijadikan bukti. Setelah banding diajukan, pihak Binance akan membantumu dalam memproses pesanan.

form banding di binance p2p

Itulah penjelasan terkait cara beli crypto di Binance dengan menggunakan metode Peer-to-Peer. Jika dilakukan dengan benar, cara beli crypto di Binance menggunakan metode ini menawarkan kemudahan dalam transaksi. Sehingga sebagai seorang trader cryptocurrency, mungkin kamu harus mencobanya.

BACA JUGA:  5 Tips Cara Investasi Cryptocurrency untuk Pemula
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *