Friday, December 3, 2021
HomeDigital Marketing5 Cara Cek Mutasi BNI Offline dan Online

5 Cara Cek Mutasi BNI Offline dan Online

Memantau riwayat transaksi keuangan dibutuhkan untuk dapat kontrol terhadap pengeluaran dan pemasukanmu. Jika kamu pengguna layanan BNI, salah satu yang bisa kamu lakukan untuk memonitor riwayat keuanganmu adalah dengan cara cek mutasi BNI secara teratur.

Bank BNI menawarkan berbagai alternatif cara cek mutasi, dari mulai datang langsung ke kantor cabang terdekat, mesin ATM hingga cara lebih praktis yang dilakukan secara online. Pada tulisan ini Pinterinternet akan menjelaskan satu per satu caranya.

Cara Cek Mutasi Transaksi BNI

Cara Cek Mutasi BNI

Seperti yang disinggung di atas, ada beberapa cara cek mutasi BNI yang bisa kamu lakukan. Berikut penjelasannya:

1.Cara Cek Mutasi BNI via Teller Bank

Jika waktu luangmu cukup banyak, kamu bisa mengecek mutasi BNI dengan langsung datang ke kantor cabang terdekat dan melakukan pengecekan lewat teller-nya langsung. Kamu bisa mencetak bukti mutasi pada buku rekening tabungan sekaligus cek saldo rekening.

Sebelumnya siapkan dulu persyaratan yang diperlukan, seperti buku tabungan dan kartu identitas diri. Jika dokumen sudah siap, kamu bisa langsung mengecek histori transaksi di Bank BNI dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Datang ke kantor cabang BNI terdekat dan ambil nomor antrean, kamu bisa bertanya ke satpam jika tidak tahu di mana tempat mengambil antrean.
  2. Ketika nomor antreanmu dipanggil, silakan sampaikan ke CS maksudmu untuk mengecek mutasi rekening
  3. Biarkan CS mencetak bukti mutasi ke dalam buku tabungan untukmu.

Cek mutasi via teller bank ini biasanya dapat mencetak bukti transaksi hingga tiga bulan terakhir. Jadi bisa dibilang cara ini dapat memberikan informasi mutasi lebih detail daripada cara cek mutasi BNI via SMS banking.

2. Cara Cek Mutasi BNI via Mesin ATM

Jika kamu tidak ada waktu untuk mengantri, kamu bisa mencoba cara cek mutasi BNI via mesin ATM. Mengingat walaupun tak jarang ada antrean di ATM, namun di satu daerah biasanya tidak hanya adan satu ATM. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, seperti biasa masukkan kartu ke ATM dan masukan 6 digit PIN ATM BNI
  2. Kemudian masuk ke menu “Informasi dan Mutasi”
  3. Pilih opsi Cek Mutasi Rekening, kemudian pilih bagian Rekening Tabungan
  4. Selanjutnya kamu tinggal menunggu proses selesai dan mesin ATM akan mencetak resi yang berisi transaksi BNI untuk 5 transaksi terakhir.

3. Cara Cek Mutasi BNI via SMS Banking

Jika sudah terdaftar di SMS Banking BNI, kamu bisa menggunakan fitur tersebut untuk mengecek mutasi transaksi rekening bank. Caranya cukup mudah, kamu kamu hanya perlu kirim SMS dengan format HST ke 3346. Gunakanlah nomor telepon yang terdaftar SMS banking untuk mengirim SMS tersebut.

Jika nomor yang kamu gunakan berbeda dari yang tedaftar, permintaan cek mutasi BNI akan ditolak oleh pihak bank dan gagal. Ada biaya sebesar Rp 1.000 Untuk cara cek mutasi BNI via SMS Banking, biaya administrasi tersebut akan dipotong dari pulsa.

Cara cek mutasi BNI melalui SMS banking ini cukup simpel dan mudah. Cocok jika kamu kebetulan tidak terhubung jaringan internet, misalnya ketika kamu berada di daerah yang tidak terjangkau jaringan 3G atau 4G. Atau mungkin kamu belum punya perangkat smartphone, di mana pada smartphone cara cek mutasi bank BNI bisa lebih praktis dengan menggunakan fitur mobile atau internet banking.

4. Cara Cek Mutasi BNI via BNI Mobile

Ini cara yang paling praktis untuk kamu coba. Pertama sebelum kamu mencoba cara cek mutasi BNI via aplikasi BNI Mobile, kamu harus mendaftarkan nomor telepon milikmu untuk diaktifkan fitur mobile-banking. Jika mobile banking sudah aktif, kamu tinggal melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Download dan intall aplikasi BNI mobile di Play Store dan App Store
  2. Buka dan Login ke akun milikmu dengan memasukkan username dan m-PIN BNI
  3. Masuk menu Informasi
  4. Pilih opsi Mutasi
  5. Kemudian, pilih nomor rekening
  6. Silakan tentukan periode mutasi yang ingin kamu cek, kemudian klik lanjut
  7. Tunggu prosesnya selesai, informasi mutasi pun akan ditampilkan sesuai dengan periode yang kamu pilih

Cara cek mutasi via BNI mobile ini membutuhkan jaringan internet. Cara ini memberikan informasi yang ditampilkan lebih lengkap daripada cara cek mutasi BNI lewat SMS. Jadi selain memang praktis, cara ini lebih diminati karena kelengkapan informasinya.

Selain bisa digunakan untuk cek mutasi, aplikasi BNI Mobile juga bisa menawarkan berbagai fitur bermanfaat lainnya, seperti pembayaran tagihan, transfer sesama atau antar bank, hingga pembelian berbagai produk dari merchant rekanan bank BNI.

5. Cara Cek Mutasi BNI via Internet Banking

Selain mobile banking yang digunakan di smartphone, kamu juga bisa cek mutasi BNI online dengan menggunakan internet banking. Sama seperti mobile banking, kamu bisa datang langsung ke kantor cabang dan mengaktifkan internet banking.

Sementara cara mengecek mutasi BNI via internet banking dengan cara sebagai berikut:

  1. Kunjungi alamat internet banking BNI di laman: https://ibank.bni.co.id/
  2. Silakan login
  3. Masuk menu Rekening
  4. Kemudian pilih opsi Mutasi Tabungan & Giro
  5. Selanjutnya pilih nomor rekening BNI yang ingin kamu cek transaksi keluar masuknya
  6. Tunggu proses hingga selesai, aplikasi pun akan menampilkan riwayat transaksi rekening milikmu

Selain cek mutasi, melalui internet banking kamu bisa memanfaatkan fitur yang disediakan untuk melakukan berbagai transaksi lainnya. Cara ini juga memberikan informasi mutasi secara lebih detail, kamu bisa memilih antara cek mutasi 6 bulan terakhir, cek mutasi 10 transaksi terakhir atau periode mutasi lainnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Nah itulah lima cara cek mutasi BNI dari yang offline hingga online. Kelimanya cukup mudah dan praktis dilakukan, silakan dipilih yang paling membuatmu nyaman.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments