Cara Edit Video di Aplikasi Canva

  • 4 min read
  • Okt 08, 2021
Cara Edit Video di Aplikasi Canva

Sama seperti editor desain grafis, cara edit video di aplikasi Canva ini dilakukan dengan drag-and-drop sederhana. Bahkan kamu disediakan berbagai template yang dapat digunakan untuk mempercepat proses editing-mu tanpa mengurangi kualitasnya.

Nah jika kamu berminat menggunakan aplikasi Canva untuk mengedit video, silakan simak penjelasan Pinterinternet kali ini tentang cara edit video di aplikasi Canva.

Kelebihan Edit Video di Aplikasi Canva

cara edit video di canva

Walau tadi kamu sudah sedikit menyinggung kelebihannya dari segi praktis dan mudah digunakan, namun masih banyak keunggulan lainnya dari fitur edit video Canva, berikut diantaranya:

1. Menyediakan Banyak Stok Video dan Musik Gratis

Jika kamu sebelumnya sudah pernah mencoba mengedit video, kamu pasti sangat paham bagaimana pentingnya bahan-bahan seperti footage video dan backsound musik sangat berguna dalam menunjang proses editing. Nah Canva tahu masalah itu dan menyediakan banyak video dan musik gratis untuk kamu gunakan.

Jadi kamu tinggal meracik semua bahan yang sudah disediakan menjadi video-mu sendiri. Stok-nya pun tersedia dari berbagai kebutuhan, untuk musik misalnya, ada ragam jenis musik dari mulai yang ceria, mellow atau yang edgy sekalipun.

Tentu saja, kamu  juga masih bisa menggunakan video, foto atau musik milik sendiri. Tinggal unggah saja bahan yang kamu punya tersebut dan ketika kamu kekurangan, maka fitur ini bisa sangat membantu.

Jika video dan musik gratis yang tersedia belum memenuhi kebutuhanmu, kamu bisa mencoba video dan audio premium yang dapat digunakan dengan harga yang relatif murah. Tapi stok video dan audio gratis pun sudah cukup kaya untuk membantumu membuat video berkualitas.

2. Tanpa Watermark

Memang banyak aplikasi editor video selain Canva yang tersedia secara gratis. Namun beberapa diantaranya menyematkan watermark yang lumayan mengganggu hasil editanmu. Nah kelebihan selanjutnya dari mengedit video di Canva adalah kamu tidak perlu khawatir masalah watermark.

Selain akses ke konten premium, aplikasi Canva sepenuhnya gratis! Jadi, hasil video yang kamu edit tidak akan ada watermark-nya. Kamu pun menjadi lebih leluasa untuk membagikan video buatanmu di berbegai platform seperti media sosial, email, atau lainnya. Selain itu, tidak ada batasan jumlah video yang bisa kamu edit dengan Canva, kamu bebas mengedit kapanpun dan sesering apapun.

3. Mudah Digunakan

Canva memberikan fasilitas untuk membuat video profesional tanpa harus memahami hal-hal rumit yang biasa kamu lihat di aplikasi atau software video editing profesional. Cara edit video di aplikasi Canva terbilang sangat praktis, cukup pilih template, lalu sesuaikan dengan kebutuhan. Saat selesai, kamu pun bisa mengunduh atau membagikannya secara lansung  tanpa watermark!

Keunggulan lainnya adalah tersedia juga video maker Canva berbasis web. Sehingga kamu dapat  mengedit video kapan pun dan menggunakan device mana pun, tanpa harus menginstall dulu software tambahan.

4. Mudah Berkolaborasi

Salah satu yang paling menari dari cara edit video di aplikasi Canva adalah kamu bisa melakukannya bersama teman. Tinggal bagikan link ke teman-temanmu, mereka pun sudah dapat mengakses project video yang sedang kamu kerjakan.

Lalu kalian bisa saling berkolaborasi memadukan ide dan inovasi bersama di dalam Canva. Cara yang sama juga mugkin dapat kamu terapkan dengan client-mu, sehingga tidak perlu banyak revisi nantinya, karena sejak awal kamu mengerjakan proyek video tersebut bersama bersama-sama.

Cara Edit Video di Aplikasi Canva

cara edit video di aplikasi canva

 

Seperti sudah disinggung beberapa kali di atas, cara edit video di aplikasi Canva ini sangat mudah sama seperti fitur desain grafisnya. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

 1. Mulai Project Baru

Kamu perlu mendaftar terlebih dahulu sebelum dapat memakai aplikasi Canva untuk mengedit video. Cara daftarnya pun mudah, kamu bisa memiliki akun dengan mendaftar menggunakan akun Facebook atau Google, kira-kira sama dengan mendaftar di sosmed.

Setelah memiliki akun, silakan login dan mulai cari tipe video. Banyak format yang disediakan sesuai kebutuhan spesifik, seperti Facebook video, slide show video, kolase video, YouTube video, Instagram stories, atau intro atau bumper YouTube. Setelah itu, kamu pun dapat mulai mengedit video dengan memilih template yang cocok dengan konsep yang kamu inginkan.

2. Pilih Template

Terdapat beragam template video di library Canva yang dapat kamu gunakan untuk proyek video yang kamu kerjakan. Template-template tersebut dikelompokan ke beberapa kategori, seperti video edukasi, video review, video penjelasan, video promosi, video travel, video kecantikan dan lainnya sehingga memudahkanmu untuk mencari. Silakan pilih template yang menurutmu cocok dan mulai lanjutkan untuk mengedit.

3. Edit Sesuai dengan Kreativitas

Setelah memilih template, cara edit video di aplikasi Canva selanjutnya adalah memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia untuk membuat videomu semakin menarik. Terdapat banyak pilihan fitur dari mulai yang gratis hingga berbayar.

Ada jutaan aset yang beragam, mulai dari foto, gambar, ikon, ilustrasi, dan grafis lainnya yang dapat kamu bubuhkan untuk menghias video. Kamu juga bisa menambahkan tulisan, menduplikasi halaman, hingga mengajak teman berkolaborasi.

Silakan sesuaikan elemen di dalam video, entah itu menambahkan ikon, menyesuaikan audio, menambahkan footage, mengatur skema warna atau menambah background. Tak lupa, kamu juga dapat memotong, memangkas atau menambahkan filter ke dalam footage yang sedang kamu edit.

Agar videomu tidak sepi, kamu bisa menambahkan musik sebagai backsound atau efek suara sesuai kebutuhan. Canva menyediakan banyak musik pilihan untuk digunakan, baik itu gratis atau premium, kamu tinggal memilihnya sesuai kebutuhan dari library Canva.

Tentu saja kamu juga bisa untuk mengupload audio dari harddisk-mu sendiri, jika memang tak ada musik dari library yang sesuai dengan keinginanmu.

Bahkan tak hanya audio, jika kamu butuh lebih banyak footage untuk dimasukkan ke dalam video, kamu bisa intip di library Canva kemudian menggunakan footage di sana. Selain footage video, kamu juga bisa menggunakan beragam animasi dan stiker yang tersedia.

4. Simpan dan Bagikan

Jika dirasa videomu sudah sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa langsung mengunduh untuk menyimpan hasilnya di perangkat Android atau PC milikmu. Kamu bisa memilih format antara MP4 atau GIF. Jika kemudian kamu masih merasa harus ada yang diubah, kamu masih bisa kembali ke halaman editing kapan pun dan melakukan perubahan yang dibutuhkan.

Nah itu dia cara edit video di aplikasi Canva yang bisa kamu coba dengan mudah dan sederhana.Hasilnya tidak akan kalah dengan software profesional, semuanya kembali lagi tergantung kreativitasmu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *