Friday, December 3, 2021
HomeBloggingCara Membersihkan Cache di Laptop Windows dan MacOs

Cara Membersihkan Cache di Laptop Windows dan MacOs

Performa laptop atau komputer yang kamu gunakan kian hari akan terasa kian melambat . Penyebabnya ada banyak, salah satunya adalah penumpukan cache. Oleh sebab itu kamu harus tahu cara membersihkan cache di laptop atau komputermu untuk menjaga performa agar tidak terus lemot.

Aktivitas menjalankan program pada laptop dan PC akan disimpan oleh sistem pada file sementara yang disebut dengan cache. Sebenarnya keberadaan cache ini bisa meningkatkan kecepatan operasi dari suatu aplikasi. Kamu bisa pelajari lebih banyak soal cache di sini.

Namun ketika file sementara tersebut sudah terlalu banyak, cache akan membebani komputer sehingga dapat menjadikannya lemot. Maka pembersihan cache secara berkala sangat dibutuhkan agar laptop atau komputermu tetap ngebut.

Pada tulisan kali ini Pinterinternet akan membahas tentang bagaimana cara membersihkan cache di laptop baik itu yang menggunakan OS Windows atau MacOS. Silakan disimak ini dia penjelasannya.

Cara Membersihkan Cache Di Laptop dan Komputer Windows

 

 

cara membersihkan cache di laptop windows

Bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, ada beberapa cara membersihkan cache di laptop Windows yang bisa kamu coba. Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi tambahan atau langsung dari fitur yang tersedia dari Windows. Kami akan menjelaskan semuanya satu per satu.

1. Cara Membersihkan Cache Di Windows dengan Fitur Run

Pada sistem operasi Windows, biasanya memiliki folder temporary berisi file-file yang sifatnya sementara, seperti cache, cookies, history dan lainnya. Nah kamu bisa mengakses folder ini dan menghapus cache didalamnya melalui fitur Run.

Kamu bisa mengikuti urutan cara menghapus cache menggunakan run dengan langkah-langkah mudah di bawah ini:

  1. Tekan bersamaan tombol Windows + R, untuk mengakses fitur Run.
  2. Kemudian pada jendela RUN Ketik perintah %temp% lalu tekan enter.
  3. Folder temporary Windows pun akan terbuka.
  4. Setelah itu, kamu dapat dengan mudah menghapus semua file dan folder cache di sana.

2. Cara Membersihkan Cache dengan Windows Disk Cleanup

Cara menghapus cache di laptop yang kedua juga tak kalah mudah. Kamu bisa memanfaatkan fitur bawaan Windows yang memang dirancang untuk membersihkan cache, yaitu Disk Cleanup.  Silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Akses Disk Cleanup melalui menu Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup.
  2. Kamu akan disajikan beberapa partisi harddisk di laptop milikmu. Silakan pilih partisi mana yang akan kamu bersihkan.
  3. Setelah memilih partisinya, kamu akan melihat beberapa pilihan. Silakan centang semua pilihan kemudian klik “OK” dan tunggu hingga proses penghapusan selesai. Semakin banyak jumlah cache yang harus dibersihkan, maka waktu pembersihannya pun akan semakin lama.

3. Cara Membersihkan Cache di Laptop Menggunakan CCleaner

Cara ketiga adalah cara membersihkan cache di laptop Windows menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi atau software yang digunakan adalah CCleaner. Aplikasi ini cukup populer di antara para pengguna Windows untuk digunakan membersihkan harddisk.

CCleaner bisa membersihkan berbagai file sementara yang bisa membebani laptop atau komputer, seperti cache, cookies, history browsing, dan file-file sampah lainnya. Sebagai pembersih, aplikasi ini sangat ringan digunakan dan tidak membebani performa laptop.

Cara membersihkan cache di laptop menggunakan CCleaner bisa kamu lakukan dengani langkah-langkah mudah di bawah ini:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja, download dan install aplikasi CCleaner
  2. Buka aplikasi CCleaner yang sudah kamu instal, perangkat lunak ini akan memindai cache secara otomatis, silakan tunggu hingga proses pemindaian selesai.
  3. Setelah selesai, file-file sampah termasuk cache akan tampil, silakan centang file-file yang ingin kamu bersihkan, kemudian klik tombol “Jalankan CCleaner” untuk memulai proses pembersihan
  4. Terakhir, kamu tinggal tunggu proses pembersihan selesai.

Cara Membersihkan Cache Di Laptop dan Komputer MacOs

cara membersihkan cache di laptop mac

 

Ada dua jenis Cache di MacOs yang bisa kamu bersihkan untuk meningkatkan performa laptop, yaitu cache data pengguna dan cache sistem. Kami akan menjelaskan satu per satu dari keduanya, silakan disimak berikut cara membersihkan cache di laptop MacOs :

1. Cara menghapus cache data pengguna

Cara menghapus cache data pengguna di laptop MacOs cukup sederhana, kamu hanya tinggal mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

  1. Pada jendela Finder tekan Shift + command + G
  2. Ketika muncul “Go to Folder”, masukkan perintah berikut: ~/ Library / Caches di kotak pencarian, kemudian tekan tombol Go

Cara menghapus cache di Mac

  1. Kamu pun akan diarahkan ke folder berisi cache
  2. Kamu dapat memeriksa setiap folder dan menghapus folder cache tertentu secara manual dengan menyeretnya ke tong sampah.

2. Cara menghapus cache sistem

Cache sistem biasanya lebih kecil daripada cache data pengguna atau aplikasi. File cache ini dihasilkan oleh sistem operasi, sehingga kamu harus sedikit lebih hati-hati ketika memilih file yang akan dihapus. Karena beberapa folder cache mungkin masih dibutuhkan untuk operasi sistem.

Berikut cara membersihkan cache sistem di laptop MacOS:

  1. Sama seperti tadi, tekan Shift + command + G pada jendela Finder
  2. Kemudian akan muncul “Go to Folder”
  3. Pada kotak pencarian silakan ketikkan perintah / Library / Caches
  4. Lalu silakan pilih file atau folder cache yang ingin kamu hapus dan silakan hapus dengan menyeretnya ke tong sampah

Cara menghapus cache di laptop

Nah itulah beberapa cara membersihkan cache di laptop Windows dan Mac yang bisa kamu lakukan. Usahakan lakukan penghapusan cache rutin secara berkala, hal tersebut akan membantumu dalam mempertahanlan performa laptop atau komputer tetap dalam kondisi cepat alias tidak lemot.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments