Friday, December 3, 2021
HomeBloggingCara Membuat Auto Reply WhatsApp, Agar Bisnis Fast Respon!

Cara Membuat Auto Reply WhatsApp, Agar Bisnis Fast Respon!

WhatsApp auto reply adalah sistem otomatis yang akan menjawab pesan masuk di aplikasi WhatsApp. Jika kamu pernah chat nomor online shop, kemudian dengan sangat cepat seakan tanpa jeda nomor tersebut mengirimkan balasa, nah itulah contoh auto reply WhatsApp.

Fitur ini memang sering digunakan oleh suatu bisnis untuk dapat merespon pesan calon customer dengan lebih cepat, sehingga memberi kesan positif pada bisnis tersebut.

Banyak jenis pesan yang bisa dihandle oleh sistem auto reply WhatsApp, seperti  greeting message, harga produk, bantuan transaksi, mengirimkan gambar produk dan lainnya. Isi balasan, bahkan alur percakapan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara buat whatsapp auto reply ini bisa dengan menggunakan aplikasi resmi, yaitu WhatsApp Business atau menggunakan aplikasi lain tanpa harus mendaftar akun WhatsApp Business.

Di tulisan kali ini kami telah merangkumkannya untukmu bagaimana cara membuat WhatsApp auto reply, silakan disimak!

Cara Kerja Whatsapp Auto Reply

Sebelum kamu tahu bagaimana cara mengaktifkan WhatsApp auto reply di akun milikmu, ada baiknya kamu paham mengenai bagaimana cara sistem ini bekerja.

Seperti sudah kami singgung di atas, sederhananya, cara WhatsApp auto reply bekerja dengan mengirimkan balasan dari chat yang masuk ke nomor WhatsApp milikmu secara otomatis dan cepat. Kecepatannya inilah yang dikejar para pebisnis karena fast respon adalah salah satu faktor penting dari segala rangkaian digital marketing yang kamu lakukan.

Jawaban yang terkirim tersebut tidak dibuat secara otomatis oleh sistem, namun auto reply WhatsApp hanya memilihkannya dari template yang sudah kamu siapkan terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana cara sistem tersebut memilih? Kok dia bisa tahu konteks percakapan yang ada?

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada 3 macam metode yang digunakan oleh WhatsApp auto reply dalam memahami konteks pertanyaan dan memilihkan template yang cocok untuk dikirim sebagai balasan.

1.  Mendeteksi Kata Kunci

auto reply whatsapp

Sebelumnya kamu harus mengatur kalimat apa yang harus dikirimkan jika terdapat kata kunci tertentu. Misal, untuk kata kunci “menu” kamu sudah menyiapkan template daftar menu yang akan terkirim jika ada kata “menu” di dalam chat WA yang kamu terima.

Intinya, fitur ini akan memindai chat yang kamu terima, jika terdapat kata kunci pada chat tersebut, maa sistem auto reply WhatsApp akan mengirimkan template yang paling sesuai atau mendekati. Jika tidak ada, sistem akan kebingungan dan mengirimkan jawaban yang tidak sesuai.

2. Pemberian Opsi Jawaban

contoh auto reply whatsapp business

Kamu juga dapat melakukan pengaturan agar Autoresponder WhatsApp mengirimkan opsi pertanyaan di awal percakapan. Nantinya si calon customer harus memilih salah satu dari pilihan yang disediakan.

Sistem akan mengirimkan balasan yang sesuai dengan pilihan si calon customer. Apabila balasan dari customer tidak mengandung salah satu dari pilihan yang disediakan, maka kamu dapat mengatur sistem agar mengarahkan customer untuk menghubungi call center.

3. Kontekstual

cara membuat auto reply whatsapp

Metode terakhir ini membutuhkan perencanaan strategis dan tepat. Kontekstual disini berarti whatsapp auto reply bot akan terasa seperti bahasa manusia, karena setiap balasan yang dia kirimkan sesuai dengan konteks percakapan yang sedang terjadi.

Untuk mempraktikkan metode ini, kamu membutuhkan database yang besar. Kamu bisa mengumpulkan data pelanggan dan rekaman percakapan WhatsApp agar terbentuk database yang lengkap. Jika data yang kamu punya lengkap, di mana setiap pertanyaan kamu rekam dan buatkan jawabannya yang sesuai, maka auto reply WhatsApp pun akan semakin mirip manusia.

Cara Membuat WhatsApp Auto Reply pada WhatsApp Business

Sekaran kita masuk ke bagaimana cara buat auto reply whatsapp business. Tentu saja, hal paling pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload dan install aplikasi WhatsApp Business di play store atau app store.

Setelah terinstall, selanjutnya silakan ikuti langkah-langkah sebagai berikut untuk mulai membuat WhatsApp auto reply.

1. Login ke akun WhatsApp Business, cara loginnya sama saja dengan WhatsApp biasa. Setelah berhasil, silakan klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih menu Setelan atau Setting.

2. Setelah masuk ke menu setelan, pilih Fitur Bisnis, di sana ada beberapa opsi fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk menunjang bisnis yang dijalankan, seperti profil bisnis, katalog, fitur perpesanan, dan lainnya.

3. Silakan pilih Fitur Perpesanan untuk mulai mengatur balasan pesan untuk whatsapp auto reply. Ada 3 pilihan fitur pesan yang bisa digunakan:

  • Pesan di luar jam kerja, Kamu bisa mengatur pesan otomatis yang akan dikirm ketika customer menghubungimu di luar jam kerja atau ketika hari libur.
  • Salam, Ucapkan salam ketika calon customer baru mengirim pesan pertamanya. Mungkin contoh auto  reply WhatsApp Business untuk jenis pesan ini seperti “Hai, terimakasih untuk menghubungi kami, silakan tulis pesananmu.” Atau kalimat lainnya untuk menyapa.
  • Balas cepat, Kamu dapat menyimpan jawaban untuk pertanyaan yang sering ditanyakan. Ini akan menghemat waktumu karena tidak harus mengetik saat pertanyaan yang sama kembali diajukan padamu oleh calon customer.

Cara Membuat Whatsapp Auto Reply Tanpa Whatsapp bussiness

Jika kamu tidak ingin menggunakan WhasApp Business untuk membuat auto reply WhatsApp, maka kamu bisa menggunakan aplikasi lain.

Bagi pengguna Android, banyak sekali aplikasi auto reply WhatsApp yang tersedia di Play Store. Namun jika kamu menggunakan perangkat iPhone, cara membuat auto reply WhatsApp di iPhone yang paling mudah adalah menggunakan WhasApp Business.

Nah, berikut aplikasi yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif cara membuat auto reply WhatsApp di Android:

1. AutoResponder for WA

AutoResponder for WA adalah salah satu aplikasi auto reply WhatsApp terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membuat sistem balasan otomatis . Kamu bisa menentukan sendiri isi balasan dan chat seperti apa yang harus dibalas oleh bot.  Selain itu, kamu juga bisa menentukan jadwal, menunda balasan otomatis dan membuat pengecualian untuk kontak atau Grup tertentu.

2. GBWhatsApp

GBWhatsApp juga aplikasi auto reply Android yang populer digunakan. Tentu saja, balasan otomatis di aplikasi ini bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Seperti aplikasi sebelumnya, kamu juga bisa menentukan pesan dari mana yang ingin kamu balas dengan fitur auto reply WhatsApp.

3. Auto-Reply for Whats

Auto-Reply for Whats juga tidak kalah populer sebagai aplikasi balas pesan otomatis WhatsApp. Sama sepeti kedua aplikasi sebelumnya, perangkat lunak satu ini juga memungkinkanmu untuk memilih reply otomatis ke Kontak atau Grup tertentu. Bahkan, dengan beberapa klik saja kamu dapat mengecualikan semua Grup dan nomor yang tidak dikenal dari daftar auto reply-mu.

Itulah informasi tentang apa itu auto reply WhatsApp hingga cara membuatnya. Jika kamu memaksimalkan pemanfaatan fitur ini, maka bisnis yang kamu jalankan mungkin akan mempunyai kecepatan respon yang jauh lebih baik. Selamat mencoba!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments