Sangat Mudah! Cara Membuat Website di Wix

  • 4 min read
  • Jun 14, 2021
Sangat Mudah! Cara Membuat Website di Wix

Wix adalah salah satu platform yang menyediakan layanan membuat website. Wix ini berbasis cloud penyedia layanan website builder yang memungkinkan para pengguna untuk membuat website cantik dan mobile friendly tanpa harus menguasai coding.

Cara membuat website di Wix terbilang cukup mudah, bahkan bagi pemula. Biasanya orang yang tidak memiliki pengalaman membuat blog/website, akan sedikit bingung ketika melakukan penyesuaian terhadap tampilan antarmukanya.

Namun Wix, menawarkan solusi untuk itu, jadi kamu tak perlu khawatir. Artikel Pinterinternet kali ini akan memberikan tutorial lengkap bagaimana cara membuat website di Wix.

Cara Membuat Website di Wix

1. Buat Akun

Hal pertama dari cara membuat website di Wix adalah mempunyai akun di sana. Untuk itu, silahkan buka halaman Wix di browser. Kemudian klik registrer, lalu mendaftar dengan memasukan alamat email dan password. Atau mendaftar dengan akun Facebook dan Google.

cara membuat website di wix

cara membuat akun di wix

2. Pilih Jenis Website untuk Memulai

Setelah mempunyai akun, kamu dapat mulai membuat website dengan memilih jenis website kamu inginkan. Beberapa pilihan tersedia seperti blog, portfolio, toko online, dan lain-lain.

Kami contohkan di sini untuk membuat blog pribadi. Silahkan Klik ‘blog’ pada kolom yang tersedia.

Memilih jenis website di Wix

3. Klik Opsi ‘Edit a template’

Setelah memilih jenis website selesai, maka akan ada dua pilihan muncul. Seilahkan kamu pilih antara mengatur template website-mu sendiri atau biarkan Wix membuatnya untukmu. Agar lebih bebas mengelolanya, kami sarankan untuk memilih opsi membuat website dengan editor, klik ‘Edit a template’.

pilihan Wix

4. Pilih Template

Cara membuat website dengan Wix selanjutnya adalah memilih template yang tersedia di Wix. Silahkan cari dan pilih yang cocok dengan selera dan kebutuhanmu. Patikan template yang kamu pilih cocok denga niche Website yang kamu usung, jika kamu bingung menentukan niche silahkan baca caranya disini.

Jika sudah menentukan silahkan klik ‘Edit’ di bagian template tersebut.

pilih template Wix yang tersedia

5. Atur Tampilan Website

Selnjutnya, kamu akan masuk ke dashboard editing tampilan website. Tampilan dashboard editing tersebut seperti berikut:

edit tampilan website di Wix

Di sini kamu tinggal drag & drop, disnilah kelebihan Wix. Kamu sebagai pengguna sangat dimudahkan dalam editing tampilan website tanpa membutuhkan skill pemrograman.

Semua yang harus dilakukan untuk mengatur, memindahkan, menambahkan elemen-elemen pada website dilakukan hanya dengan drag dan kemudian drop ke tempat yang diinginkan.

Nah sebelum memulai proses kreasi tampilan website-mu, silahkan pilih page yang ingin diedit. Caranya, klik menu dropdown ‘Page’ yang ada di pojok kiri atas. Kamu akan disajikan struktur halaman website, silahkan pilih salah satu page yang akan kamu edit duluan.

pilih page yang akan diedit

Mengatur tampilan dan menambah elemen pada website tersedia di menu bar yang ada di sisi kiri dashboard. Di sana terdapat beberapa section yang bisa kamu sesuaikan untuk mengubah tampilan website.

cara membuat website dengan Wix

Menu editing website di Wix:

  • Menus & Pages

Mengatur site menu, lightboxes, blog pages, dan page transition pada website.

  • Background

Mengatur page background, kamu dapat menambahkann gambar atau video sebagai background atau hanya menggunakan warna solid agar tampak lebih simple.

  • Add

Fitur ini berfungsi untuk menambahkan elemen-elemen pada website.

  • Theme Manager

Fitur untuk mengatur kombinasi warna pada website (site colors) dan juga tipografinya.

  • Add Apps

Mengelola integrasi aplikasi pada website di mana kamu bisa menambahkan fitur/aplikasi, seperti search box, chat column, forum, maps, fitur-fitur marketing, fitur online store dan lainnya.

  • Media

Untuk memasukkan gambar atau video ke dalam website.

Atur layout/tata letak website dengan klik ikon zoom out yang berada di kanan atas. Di sini pengaturan komposisi dengan drag & drop layout ke tempat yang kamu inginkan dapat dilakukan.

Pengaturan Wix

Atur Layout di Wix

Cara Memposting Konten di Wix

Bagian terpenting dari sebuah website adalah konten. Cara membuat website di Wix selanjutnya adalah bagaimana menulis dan memposting konten.

Caranya mudah, klik menu ‘My blog’ > ‘Create a post’. Selanjutnya halaman dashboard untuk membuat postingan konten akan terbuka. Tampilan dashboardnya hampir sama seperti website builder lainnya.

menulis konten di Wix

Bagian atas area terdapat pilihan pengaturan untuk menata struktur tulisan, font, spacing, alignment, dan lainnya yang bisa kamu pakai untuk mengolah tulisanmu. Silahkan mulai menulis postingan di kolom yang tersedia.

Setelah selesai, kamu dapat melakukan pengaturan pada postingan tersebut. Terdapat menu bar di sisi kiri halaman untuk mengaturnya.

Menu bar postingan Wix

Add; dipakai untuk menginput file, gambar, video, GIF, HTML code pada postingan.

Settings; berfungsi untuk mengatur cover image, publish date, dan author.

SEO; Kamu dapat mengatur SEO title, description dan URL Slug untuk postinganmu agar website dapat muncul di search engine.

Categories; Berfungsi untuk pengelompokkan postingan ke dalam kategori tertentu.

Tags; Kamu juga dapat menambahkan tags pada postingan dengan fitur ini. Tags tersebut akan berguna agar pembaca dapat menemukan postinganmu yang lain dengan tema serupa. Maksimal tags yang bisa ditambahkan adalah 30 tags pada setiap postingan.

Setelah selesai membuat dan mengatur postingan, silahkan publish post tersebut dengan klik tombol ‘Publish’ di kanan atas. Atau jika kamu belum mau publish postingan tersebut, klik panah dropdown menu lalu pilih ‘Save as draft’ atau ‘Schedule post’.

pic

Publish Website

Kamu dapat melihat preview website terlebih dahulu sebelum publish postingan untuk memastikan tampilannya sudah sesuai, caranya tinggal klik tombol ‘Preview’ di kanan atas.

Keunggulan lain dari Wix adalah pengguna bisa membuat tampilan website menjadi mobile friendly. Kamu dapat melihat tampilan website secara mobile dengan klik ikon berbentuk handphone di kiri atas. Kamu juga bisa menyesuaikan versi mobile tersebut sama seperti saat mengedit pada versi desktop dengan pilihan menu sebelah kiri.

preview mobile friendly Wix

Jika kamu rasa tampilan website-mu sudah oke, silahkan publish dengan klik ‘Publish’ di pojok kanan atas. Voila! Kamu pun sudah berhasil membuat Website/blog.

Wix memang menyediakan layanan membuat website secara gratis. Namun, ada beberapa fitur di dalamnya yang hanya bisa kamu gunakan jika melakukan upgrade ke akun berbayar. Diantaranya mengganti domain Wix atau menambah beberapa aplikasi berbayar.

Itulah cara membuat blog di Wix yang dapat kamu coba. Bagaimana, mudah bukan? Selain karena fitur drag & drop yang praktis, pembuatan blog yang mobile friendly dapat dilakukan tanpa harus menguasai skill pemrograman.

Sungguh cara membuat website di Wix ini ramah bagi para pemula. Selamat mencoba!

 

BACA JUGA:  12 Startup Blockchain di Indonesia Terbaik
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *