Cara Membuka File HEIC di HP Android dan PC OS Windows

  • 4 min read
  • Agu 23, 2021
Cara Membuka File HEIC di HP Android dan PC OS Windows

Tulisan kali ini akan membahas mengenai cara membuka file HEIC di HP Android atau OS Windows. HEIC sendiri adalah format file gambar yang dikenal cukup baru. Alhasil, Android dan Windows belum sepenuhnya mendukung file dengan ekstensi .HEIC.

Seperti yang kita tahu, JPEG telah menjadi format gambar paling mainstream selama beberapa dekade ini. Walau begitu, bersama dengan rilisnya iOS 11, Apple mengeluarkan format baru untuk menggeser JPEG, yaitu HEIC atau disebut juga HEIF.

Format baru ini memiliki efisiensi lebih tinggi untuk menyimpan foto dari kamera dengan tingkat kompresi yang lebih baik daripada JPEG. Namun cara membuka file HEIC di HP Android dan PC Windows membutuhkan sedikit lebih banyak effort, karena format baru ini belum sepenuhnya didukung oleh berbagai aplikasi, perangkat ataupun operating sistem.

Jika kamu ingin membuka file HEIC di HP Android ataupun PC Windows, ada beberapa opsi yang menurut kami paling sederhana untuk dicoba. Berikut Pinterinternet telah rangkum untukmu.

Cara Membuka File HEIC di HP Android

cara membuka file HEIC di HP Android

Seperti yang sudah dibahas di atas, format file yang pertama digagas oleh Apple ini tidak dapat dibuka secara langsung di perangkat Android. Kecuali di beberapa HP merk Samsung yang memang sudah mendukung format file HEIC. Namun tenang saja, jika HP Android milikmu salah satu yang belum support, maka kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini:

1. Konversi File HEIC ke JPG

Cara membuka file HEIC di HP Anroid yang pertama adalah dengan mengubahnya dulu ke fotmat JPG. Cara ini yang paling umum dilakukan, kamu dapat menggunakan berbagai aplikasi converter HEIC to JPG yang tersedia di Play Store. Atau melakukannya secara online via website seperti https://convertio.co/id/heic-jpg/

2. Gunakan Dropbox/OneDrive

Jika kebutuhanmu hanya ingin melihat foto dengan format HEIC, kamu bisa melakukannya tanpa harus mengkonversinya ke JPG dan membukanya melalui Dropbox atau OneDrive. Layanan cloud yang didesain untuk menyimpan dokumen, foto, video ini dapat kamu gunakan untuk melihat file HEIC.

Cara membuka file HEIC di HP Android menggunakan Dropbox atau OneDrive ini cukup sederhana, cukup ikuti langkah berikut:

  1. Download dan install aplikasi Dropbox atau OneDrive di perangkat Android milikmu
  2. Login dan upload gambar dengan format HEIC ke folder Photos. Selanjutnya tinggal tap file HEIC yang telah kamu upload tersebut, maka file pun akan terbuka dan kamu dapat melihatnya.

3. Gunakan Gmail

Jika kamu tidak suka mengintall aplikasi tambahan, misalnya karena memori HP-mu penuh, maka kamu dapat memanfaatkan Gmail sebagai alternatif cara membuka file HEIC di HP Android. Ya, layanan milik Google yang berfungsi untuk mengirim dan menerima surat elektronik alias email ini dapat menampilkan gambar dengan format HEIC.

Lalu, bagaimana cara membuka file HEIC menggunakan Gmail? Mudah, pertama pastikan file HEIC tersebut ada di kotak masukmu. Kemudian kamu dapat membukanya secara langsung, jika photo diambil secara vertikal, foto tersebut akan otomatis diputar 90°. Kamu bisa mendownloadnya ke HP Android dan memutarnya menggunakan aplikasi foto, namun jika dari awal foto sudah horizontal maka file tersebut akan ditampilkan secara normal.

Cara Membuka file HEIC di Windows

cara membuka file HEIC di Windows

Seperti yang sudah kamu ketahui, Operating System Windows tidak didukung untuk melihat dan membuka file berformat HEIC secara default. Namun tenang saja, ada cara membuka file HEIC di PC Windows yang bisa kamu gunakan. Silakan disimak berikut caranya:

1. Cara Membuka File HEIC di Windows 10

Jika PC milikmu sudah menggunakan OS Windows 10, maka perangkat tersebut sebenarnya sudah dapat digunakan untuk membuka dan melihat file HEIC atau HEIF melalui photos Windows. Namun, kamu harus menginstal codec terlebih dahulu karena fitur ini tidak diaktifkan secara default. Caranya sebagai berikut:

Klik dua kali pada file berekstensi .HEIC. Aplikasi foto Windows pun akan terbuka dan menampilkan tautan bertuliksan “Download codecs at Microsoft Store,” klik tautan tersebut.

cara membuka file HEIC Windows

Kamu akan diarahkan ke Microsoft Store langsung ke bagian HEIF Image Extensions, klik tombol Get untuk mendownload dan install codec di PC secara gratis.

cara membuka file HEIC di WINDOWS 10

2. Gunakan CopyTrans HEIC

CopyTrans HEIC adalah tool untuk dukungan file HEIC di windows. Software ini bisa kamu gunakan tanpa biaya alias gratis. Kamu tinggal download dan install softwarenya di sini.

Kelebihannya apa? Kamu memang dapat menggunakan tools untuk mengkonversi file HEIC ke JPG agar bisa dibuka di PC Windows. Namun CopyTrans HEIC ini menawarkan cara membuka file HEIC di Windows dengan lebih praktis.

Tools ini akan menambahkan dukungan penuh untuk gambar HEIC ke Windows. Jika terinstal, maka PC-mu seakan suport file ini secara default. Kamu akan melihat thumbnail untuk file HEIC di File Explorer dan juga bisa membukanya di Windows Photo Viewer layaknya file JPG, cukup klik dua kali file dengan ekstensi .HEIC pun terbuka.

CopyTrans HEIC  juga memungkinkanmu untuk mengklik kanan file HEIC dan pilih “Convert to JPEG” untuk mengubah formatnya ke JPEG. Hasil konversi akan disimpan secara otomatis di folder yang sama. Ya, semudah itu!

Selain itu, tool ini juga support dengan Microsoft Office, sehingga kamu dapat menambahkan gambar berformat HEIC ke dalam dokumen dengan aplikasi Microsoft Office.

3. Gunakan GIMP

Satu lagi cara membuka file HEIC di PC / Laptop, yaitu dengan menggunakan software image editor, GIMP. Software ini dikenal sebagai alternatif dari Photoshop karena kemampuannya untuk memanipulasi foto. Nah, jika Adobe Photoshop tidak dapat membaca file HEIC, maka GIMP yang bersifat open source ini sudah mendukung file berformat HEIC.

Jadi kamu bisa mendownload dan instal Software GIMP di sini.  Setelah terinstal, cara membuka file HEIC bisa kamu lakukan dengan klik kanan pada file-nya kemudian pilih open with > GIMP, maka file gambar tersebut akan terbuka di software GIMP, di mana kamu bisa edit atau export menjadi format JPG.

Epilog

Demikianlah beberapa cara membuka file HEIC yang kami nilai cukup simple untuk dilakukan. Setelah tahu cara-caranya, sekarang kamu dapat mencoba mulai lebih sering menggunakan file-file berformat HEIC karena format ini sebenarnya memiliki beberapa keunggulan dibanding JPEG yang sangat populer.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *