5 Cara Mempercepat Booting Windows 10 Mudah dan Efektif

  • 3 min read
  • Jul 28, 2021
5 Cara Mempercepat Booting Windows 10 Mudah dan Efektif

Booting adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan proses loading di awal saat komputer dihidupkan. Namun, tidak jarang pengguna komputer atau laptop dengan OS Windows 10 mengeluhkan proses booting-nya yang lama.

Jika ternyata kamu adalah salah satu yang mengalami masalah tersebut, tenang saja! kamu bisa mencoba salah satu atau mungkin semuanya dari 5 cara mempercepat booting Windows 10 mudah dan efektif yang akan kami sampaikan lewat tulisan ini. Selamat mencoba!

Cara Mempercepat Booting Windows 10 dengan Fast Startup

Cara pertama untuk mempercepat booting Windows 10 adalah dengan mengkatifkan fitur Fast Startup. Fitur satu ini memang disediakan khusus oleh Microsoft untuk keperluan mempercepat proses booting. Cara menghidupkannya pun tidak sulit, berikut langkahnya:

  1. Klik kanan di ikon baterai yang ada di taskbar, lalu pilih power option

cara mempercepat booting Windows 10

  1. Setelah masuk ke jendela power option, lihat di sebelah kiri ada pilihan “choose what the power buttons does,” klik pilihan tersebut

cara mempercepat booting Windows 10 dengan fast startup

  1. Kemudian klik opsi change settings that are currently unavailable.

cara mempercepat booting Windows 10

  1. Setelah mengklik opsi tadi, maka bagian shutdown setting aktif dan kamu dapat melakukan kustomisasi pada pilihan-pilihan yang ada di sana. Nah pada bagian Turn on fast startup, pastikan tercentang. Jika belum, silahkan centang untuk mulai mengaktifkan fitur fast startup.

cara mempercepat booting Windows 10 dengan fast startup

Cara Mempercepat Booting Windows 10 dengan Task Manager

Melalui Task manager kamu dapat memperingan beban Windows 10-mu untuk melakukan booting agar kecepetan booting-nya bisa meningkat. Pertama adalah tertib mematikan program yang sedang berjalan sebelum mematikan PC atau laptop dan kedua mematikan Startup entry yang berat. Mari kita bahas keduanya:

Cara mematikan program yang masih berjalan:

  1. Akses task manager dengan menekan CTRL+ALT+Del pada keyboard atau klik kanan di menu start lalu pilih task manager.
  1. Di tab Processes silahkan matikan program-program yang sedang berjalan dengan klik kanan lalu pilih end task

cara mempercepat booting Windows 10

  1. Nah, ada beberapa program yang dijalankan secara otomatis ketika perangkat dihidupkan, inilah yang disebut startup entry. Salah satu cara mempercepat booting Windows 10 adalah dengan menonaktifkan Startup entry yang tidak terlalu dibutuhkan namun cukup berat. Caranya, pada tab startup, klik kanan pada program yang tidak terlalu kamu butuhkan untuk langsung dimulai saat perangkat menyala, lalu pilih disable.

cara mempercepat booting Windows 10 dengan task mnanger

 

Cara Mempercepat Booting Windows 10 dengan Regedit

Kamu juga dapat memanfaatkan Regedit sebagai salah satu cara mempercepat booting Windows 10. Secara default, Windows 10 memang menerapkan ‘startup delay,’ yaitu prosedur yang dibuat untuk memberi waktu loading bagi komponen-komponen desktop dan services Windows.

Kamu dapat mempercepat proses booting Windows 10 dengan cara mengurangi atau mematikan Startup delay tersebut melalui registry edit atau lebih dikenal dengan singkatannya regedit.

Namun perlu diingat kamu perlu melakukan perubahan pada registry editor dengan hati-hati, karena memang cukup riskan. Bisa saja Windows 10 milikmu jadi bermasalah atau tidak stabil jika kamu melakukan kesalahan saat mengedit.

Sebelum mempraktikkan cara ini, ada baiknya kamu melakukan backup registry.

Jika kamu sudah siap, tinggal ikuti langkah sebagai berikut:

  1. Akses register edit dengan menekan tombol windows + R di keybord, tulis “regedit,” kemudian tekan enter.

cara mempercepat booting Windows 10 dengan regedit

  1. Cari serialize di lokasi: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Serialize
  2. Klik kanan pada Serialize lalu pilih New > DWORD (32-bit) Value untuk membuat value baru.
  3. Beri nama value baru tersebut dengan StartupDelayInMSec
  4. Selanjutnya ubah nilai dari value tersebut menjadi 0. Caranya double click pada StartupDelayInMSec dalam kotak Value Data lihat nilainya, jika belum 0 silahkan ubah.
  5. Klik OK

Jika kamu tidak menemukan Serialize, berarti kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Caranya, klik kanan pada explorer, lalu pilih New > Key dan beri nama key barumu dengan Serialize.

Cara Mempercepat Booting Windows 10 dengan MsConfig

MsConfig adalah tools bawaan windows untuk melakukan troubleshooting. Dalam tulisan ini kami akan memberitahu pemakaian tools ini sebagai salah satu cara mempercepat booting Windows 10, lebih tepatnya untuk memaksimalkan fungsi processor multicore yang tertanam di perangkatmu.

Kamu dapat memanfaatkan semu core tersebut dengan cara sebagai berikut:

  1. Pada menu start ketik msconfig
  2. Buka tab Boot, pilih entry windows 10, lalu klik tombol advanced options

cara mempercepat booting Windows 10 dengan msconfig

  1. Pada number of processor, pilih angka terbesar yang artinya jumlah core maksimal dari processor multicore yang ada di perangkatmu

cara mempercepat booting Windows 10 dengan msconfig

  1. Terahir, klik ok

Cara Mempercepat Booting Windows 10 dengan SSD

Jika benar-benar ingin meningkatkan kecepatan, maka install-lah Windows 10 di SDD. Hal ini karena hardware SSD memuat file Windows 10 jauh lebih cepat dibanding hard disk (HDD).

Selain itu, penggunaan SSD tidak hanya merupakan cara mempercepat booting Windows 10, namun juga akan membuat loading aplikasi lebih singkat, bisa dibilang performa perangkat secara keseluruhan meningkat. Jadi, jika memang kamu pengguna software berat seperti untuk desain grafis, editing video atau lainnya.

Jika kamu punya budget lebih, kami sangat menyarankan untuk membeli SSD untuk mempercepat proses booting Windows 10 seperti yang kamu inginkan.

Cara Lainnya

Selain 5 cara diatas ada beberapa cara mempercepat windows 10 yang lain yang mungkin sudah kamu praktikkan, berikut di antaranya:

  1. Meniadakan semua efek visual
  2. Non-aktifkan lock screen
  3. Hilangkan elemen transparan pada background
  4. Pastikan perangkat tempat OS Windows 10 terinstall berada di ururtan pertama boot
  5. Menonaktifkan Suara
  6. Nonaktifkan fitur tips tricks suggestion
  7. Mematikan Search Index
  8. Mempersingkat Durasi Time Out Boot
  9. Menambahkan RAM atau Virtual Memory
  10. Membersihkan Storage dari file berat yang tidak dibutuhkan

Epilog

Itulah cara mempercepat booting Windows 10 yang dapat kamu praktikkan. Memang sedikit menguji kesabaran jika komputer atau laptop milikmu booting dengan sangat lemot, jadi cara yang mana yang bekerja di laptopmu? Semoga informasi di tulisan ini dapat membantu.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *