Friday, December 3, 2021
HomeTechnology5 Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Laptop

5 Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Laptop

Seringkali para pengguna laptop yang ingin mengirim file menggunakan bluetooth ke handphone disulitkan karena Bluetooth tidak terdetesksi. Nah ternyata cukup banyak cara mengatasi Bluetooth tidak terdeteksi ini.

Jika kamu kebetulan mengalami hal ini, kami akan membantumu lewat tulisan ini. Kami akan menjelaskan beberapa cara mengatasi Bluetooth tidak terdeteksi di laptop yang bisa kamu coba.

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Terdeteksi di Laptop

Ada enam cara yang dapat kamu coba untuk mengatasi Bluetooth tidak terdeteksi di laptopmu. Mulai dari memeriksa adapter Bluetooth-mu hingga cara terakhir yaitu menggunakan adapter tambahan. Silakan ini dia cara mengatasi Bluetooth tidak terdeteksi di laptop.

1. Enable Pengaturan Adapter Bluetooth

Nah bisa jadi ketika Bluetooth smartphone tidak muncul di laptopmu disebabkan oleh pengaturan adapter bluetooth di laptop dalam posisi disable. Pada posisi disable, bluetooth  tidak akan terdeteksi, dan kamu pun jadi tidak bisa mengirimkan file-file.

Karena itu cara mengatasi Bluetooth tidak terdeteksi yang pertama adalah mengubah pengaturan adapter Bluetooth laptop menjadi enable. Kamu dapat melakukannya lewat menu Device Manager, berikut tahapannya:

  1. Ketik Device Manager di kolom search Windows
  1. Saat Device Manager keluar, klik untuk lanjut membukanya

cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi

  1. Kamu akan diarahkan ke jendela yang menampilkan adapter-adapter yang terdeteksi.
  1. Cari bagian Bluetooth, kemudian klik kanan pada adapternya kemudian pilih Enable.
  1. Bluetooth pun akan aktif

Seharusnya jika penyebabnya adalah bluetooth yang dalam posisi disable, maka cara ini bisa mengatasi hal tersebut. Nah jika kamu masih mengalami masalah yang sama, maka bisa mencoba cara selanjutnya.

2. Atur Pengaturan Discoverable Bluetooth

Walau sudah dalam posisi enable, kamu juga harus mengatur Bluetooth agar terdeteksi oleh perangkat lain. Kamu dapat melakukannya dengan mengatur bagian discoverable bluetooth.

Terkadang  masalah bluetooth yang tidak terdeteksi disebabkan oleh discoverable-nya yang tidak kamu aktifkan, bisa dibilang ketika nonaktifkan kamu belum memberikan izin pada perangkat lain untuk bisa mendeteksi Bluetooth yang ada di laptopmu.

Nah Berikut langkah-langkah untuk mengatasi hal tersebut:

  1. Pertama masuk ke Control Panel
  2. Lalu masuk ke menu Device and Printers

cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi

  1. Pilih menu View Device Printers
  1. Klik kanan pada icon bergambar laptop lalu pilih Bluetooth Setting.

cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi

  1. Kemudian coba cari pengaturan Discovery atau Visibility, masuk ke pengaturan tersebut dan lhat apakah tombolnya sudah dalam posisi On. Jika belum silakan di ON-kan terlebih dahulu.

Itulah cara mengatifkan visibility atau discoverable Bluetooth sebagai cara mengatasi Bluetooth yang tidak terdeteksi. Selain cara di atas sebenarnya kamu juga bisa membuka menu bluetooth melalui icon Bluetooth yang ada di taskbar sebelah kana, tinggal klik kanan ikon tersebut dan pilih Setting.

3. Atur Ulang Service Bluetooth

Jika dua cara mengatasi Bluetooth tidak terdeteksi sebelumnya masih belum menyelesaikan masalahmu, maka kamu bisa mencoba atur ulang service Bluetooth.

Service sendiri merupakan pengaturan yang befungsi agar program bisa mengaktifkan adapter bluetooth saat hendak dipakai. Nah ketika servicenya tidak running, secara otomatis Bluetooth pun akan tampak tidak terdeteksi.

Untuk memperbaiki masalah service ini kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik bersamaan tombol Windows + R, kemudian pada kolom yang muncul ketik services.msc dan tekan OK

cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi

  1. Kamu akan melihat cukup banyak service di sana, Silakan cari bagian Bluetooth support service

cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi

  1. Kemudian klik kanan dan pilih properties
  2. Di bagian general, klik tombol Start

cara mengatasi bluetooth tidak terdeteksi

Kamu juga dapat mengatur Bluetooth ini selalu aktif ketika laptop baru dinyalakan. Caranya pada menu properties tadi kamu bisa melihat ada pengaturan Startup Type,  pilihlah yang opsi Automatic. Nah jika masalahnya masih juga belum teratasi, silakan lanjut ke cara berikutnya.

4. Cek Driver Bluetooth

Seperti perangkat keras lainnya, adapter Bluetooth pun membutuhkan driver agar dapat berfungsi dengan baik di laptopmu. Services dan pengaturan discoverable tadi pun sebenarnya adalah bagian dari driver.

Nah terkadang masalah tidak terdeteksinya Bluetooth diakibatkan oleh driver yang terdeteksi corrupt (rusak), sehingga membuat Bluetooth tidak dapat berfungsi.

Hal ini bisa jadi karena saat kamu update driver lalu terputus saat proses updatenya belum sesuai, atau disebabkan oleh Virus, storage yang tidak stabil, sistem yang tidak kompatibel dan lain-lain.

Kamu juga dapat menemukan driver Bluetooth di Device Manager. Nah cara mengatas Bluetooth tidak terdeteksi selanjutnya adalah install ulang drivernya. Untuk itu kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Windows Explorer, kemudian klik kanan pada bagian Computer (This PC) dan pilih Properties
  2. Kemudian akan muncul beberapa menu, silakan pilih Device Manager
  3. Cari driver Bluetooth, kemudian klik kanan dan pilih Uninstall This Device
  4. Tunggu hingga proses uninstall selesai

Kalau sudah restart laptop, jika penyebabnya driver yang bermasalah, biasanya adapter bluetooth yang tadinya tidak terdeteksi bisa normal kembali setelah laptop menyala.

5. Cara Mengatasi Bluetooth Terdeteksi dengan Adapter Tambahan

bluetooth usb

Nah jika kamu masih mengalami masalah setelah melakukan 4 cara sebelumnya, kamu bisa mencoba cara terakhir yaitu mencoba adapter bluetooth tambahan yang bisa kamu gunakan dengan mudah dengan menyolokkannya melalui USB.

Ya mungkin kamu harus mengeluarkan uang untuk ini, tapi harganya bisa jadi lebih murah daripada kamu membawa laptop ke tukang service. Harga Bluetooth USB                bisa kisaran 15ribu hingga 100 ribu tergantung tipe dan merknya.

Adapter bluetooth USB sendiri adalah perangkat tambahan yang membuat laptop yang tanpa fitur bluetooth sekalipun bisa memiliki fungsi bluetooth. Tidak sulit untuk mencari adapter ini, kamu bisa dengan mudah menemukannya di toko-toko online.

Nah itulah lima cara mengatasi Bluetooth tidak terdeteksi yang dapat kamu coba di laptopmu. Semoga salah satunya bisa menjadi solusi dari masalah yang kamu alami.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments