5 Cara Mengirim File Besar Lewat Email Mudah dan Gratis

  • 3 min read
  • Okt 13, 2021

Kerap kali beberapa orang bingung bagaimana cara mengirim file besar lewat email, karena saat mengirim data atau file di atas 25 MB layanan email seperti Gmail, yahoo dan outlook menolaknya. Hal ini tentu saja menghambat kinerja di kantor, terlebih saat kamu ingin mengirim banyak file kerjaan dalam satu email.

Namun tidak perlu khawatir, ada kok cara mengirim file besar lewat email. Kami punya 5 cara yang dapat kamu coba. Kelima cara ini dapat kamu lakukan dengan mudah dan tanpa harus membayar biaya alias gratis.

Nah langsung saja, silakan ini dia 5 cara mengirim file besar lewat email mudah dan gratis.

1. Kompres File

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah mengompres file yang ingin kamu kirim. Jika kamu ingin mengirimkan lebih dari satu file besar, cara ini juga dapat membantumu mengirimkannya dalam satu arsip file dengan ukuran yang diperkecil.

Apabila kamu hanya ingin mengirim satu file besar, kamu bisa klik kanan langsung di file-nya kemudian pilih compress. Langkah ini akang menghasilkan satu file baru dengan format .zip dengan nama yang sama.

Sedangkan untuk mengirimkan banyak file sekaligus, kamu tinggal kumpulkan semua file yang ingin kamu kirim dalam satu folder kemudian klik kanan di folder tersebut dan pilih compress. Sama dengan tadi akan ada satu file baru dengan format .zip dengan nama yang sama dengan folder tadi.

cara mengirim file besar lewat email

2. Mengirim File Besar dengan Google Drive

Cara selanjutnya adalah menggunakan Google Drive. Layanan penyimpanan cloud dari Google ini memberikan pengguna ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB. ada dua cara mengirim file besara lewat email dengan Google drive, berikut caranya:

Cara mengirim file besar lewat Gmail

Alternatif cara mengirim file besar lewat email yang satu ini sangat mudah dilakukan. Sebenarnya ketika kamu melampirkan file besar di gmail dan mengirimkannya, secara otomatis gmail akan mengarahkan file tersebut ke Google Drive.

Jika email tersebut terkirim, si penerima tetap dapat mengaksesnya. Dia akan diarahkan ke drive tempat file besar tersebut berada. Namun kamu perlu mengatur share setting-nya untuk memberikan izin akses pada penerima.

Nah saat ini caranya lebih mudah lagi. Pihak Google sudah menyematkan tombol khusus dengan gambar logo Google Drive yang berfungsi untuk mengirimkan file besar yang sebelumnya sudah kamu simpan di drive. Pastikan kamu mengatur share setting-nya agar file tersebut dapat diakses oleh orang lain sebelum mengirimkannya via gmail.

cara mengirim file besar lewat email

Cara mengirim file besar lewat email lain

Jika kamu menggunakan layanan email selain Gmail, seperti Yahoo atau outlook kamu masih bisa memanfaatkan Gdrive untuk mengirimkan file besar. Caranya tinggal simpan file tersebut di drive, lalu bagikan link tempat file tersebut berada melalui email.

Pastikan kamu mengubah sharing setting menjadi Anyone with the link can view jika si penerima hanya boleh melihat tanpa mengedit atau Anyone with the link can edit jika si penerima boleh mengeditnya.

3. Mengirim File Besar dengan Dropbox

Selain google drive, kamu juga dapat memanfaatkan layanan penyimpanan cloud lain seperti Dropbox. Berbeda dengan Googl drive yang akunnya memang sudah terintegrasi dengan akun gmail-mu, Dropbox mengharuskanmu membuat dulu akun di platform mereka.

Jadi, jika kamu belum punya akun Dropbox, silakan daftar dulu. Setelah punya akun, cara mengirim file besar lewat email pun bisa dilakukan dengan mudah.

 

Pertama upload file yang ingin kamu kirimkan ke Dropbox, jika file-nya lebih dari satu kamu dapat membuat folder di Dropbox. Setelah selesai mengupload kamu bisa mengirimkan link dari file tersebut via email.

cara mengirim file besar lewat email

4. Mengirim File Besar dengan SendThisFile

Cara mengirim file besar lewat email bisa dilakukan dengan bantuan dari layanan SendThisFile. Berbeda dengan penyimpanan cloud, layanan ini memang di desain untuk mengirimkan file besar yang akan diterima di email si penerima yang kamu tentukan.

Kamu bisa mengirimkan file dengan aman karena sudah dilengkapi enkripsi AES-256, walaupun memang tidak ada pemindaian virus.  Caranya cukup upload file besar yang ingin kamu kirim ke situs web SendThisFile dan masukkan alamat email penerima. SendThisFile pun akan mengirimkan email ke penerima disertai instruksi untuk mengakses.

cara mengirim file besar lewat email

Nantinya hanya penerima yang kamu tentukanlah yang dapat mengunduh file besar yang kamu kirimkan. Versi gratis dari layanan ini menawarkan pengiriman file hingga 2GB.

5. Mengirim File Besar dengan Jumpshare

Banyak aplikasi mengirim file besar yang dapat digunakan secara gratis, salah satunya adalah Jumpshare. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk mengirim file hingga 250MB hanya menggunakan akun gratis. Caranya hanya upload file atau folder dan Jumpshare akan menyediakan link yang kemudian dapat kamu kirim via email.

Kamu juga dapat mendownload ikon Jumpshare ke desktop. Jadi cara mengirimkan file besar lewat email lebih mudah lagi, karena tinggal drag and drop file atau folder ke ikon tersebut link akan otomatis tersalin dan kamu bisa langsung mengirimkannya.

 

cara mengirim file besar lewat email

Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan mengirim file via link dengan mudah dan cepat dengan catatan rekan kerja atau atasanmu tidak telalu mempermasalahkan soal privacy, karena link yang dihasilkan dapat di share ke siapa pun.

Nah itu dia 5 cara mengirim file besar lewat email yang dapat kamu lakukan. Cara-cara di atas cukup mudah dan gratis. Jika kamu ingin fitur-fitur yang lebih banyak dan lengkap lagi, beberapa cara seperti dengan dropbox, SendThisFile dan JumpShare bisa kamu tingkatkan dengan berlangganan atau membeli versi berbayarnya.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *