8 Cara untuk Mengoptimasi SEO Fiverr Gigs Milikmu

  • 4 min read
  • Jul 30, 2021
8 Cara untuk Mengoptimasi SEO Fiverr Gigs Milikmu

Pertanyaan soal bagaimana mengoptimasi Gig Fiverr agar lebih banyak mendapatkan order selalu saja menjadi kegelisahan para freelancer yang berkarir di Fiverr.

Perlu kamu tahu, Fiverr seperti Google yaitu sama-sama memiliki search engine dan mengunakan prosedur yang hampir serupa, yaitu rangking. Maka ada metode SEO Fiverr yang dapat kamu ulik untuk menambah potensi dari Gigs-mu.

Pinterinternet akan membagikan 8 cara untuk mengoptimasi SEO Fiverr agar lebih banyak order datang ke Gigs milikmu. Silahkan disimak.

8 Cara Mengoptimasi SEO Fiverr

Cara mengoptimasi SEO Fiverr

Banyak sebenarnya hal yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan performa Gig Fiverr dan mendatangkan lebih banyak order. Salah satuny adalah 8 cara optimasi SEO Fiverr di bawah ini.

1. Lakukan Riset

“Bila kamu gagal dalam perencanaan, maka kamu sedang merencanakan untuk gagal.” Mungkin quote ini cocok mewakili poin ini. Riset adalah bagian penting dalam membangun rencana sukses di Fiverr. Sebelum membahas hal teknis soal SEO Fiverr, kamu harus paham bagaimana pentingnya riset.

Agar dapat menerapkan SEO Fiverr dengan baik, ada baiknya kamu benar-benar tahu apa tujuanmu membuat Gigs, bagaimana cara buyer mencari dan melihat sebuah gigs dan bagaimana kondisi persaingan dari gigs yang kamu buat.

Cari tahu semua itu, lalu coba lebih jeli melihat ruang persaingan yang lebih longgar. Cobalah membuat gigs yang sifatnya low competition agar potensi gigs milikmu dilirik oleh buyer jadi jauh lebih besar

2. Think Out of the Box

Mengambil gigs orang lain sebagai referensi mungkin saja hal yang penting, namun jangan selalu bermain dengan pola yang sama dengan orang-orang kebanyakan.  Cobalah berpikir sedikit berbeda, ini akan membuat gigs milikmu mencolok sehingga lebih banyak menarik perhatian.

Tidak perlu perbedaan yang signifikan, contohnya saat semua gigs di niche yang kamu targetkan memakai latar berwarna terang maka cobalah membuat mendesain gigs dengan warna gelap. Saat freelancer lain memakai gambar gig yang banyak ornamen dan ramai maka kamu perlu mepertimbangkan untuk membuat yang jauh lebih simple.

Warna gelap diantara lautan warna terang akan sangat menonjol, begitu juga dengan desain simple di antara desain-desain cover gigs yang ramai. Ini hanya contoh kecil, intinya berani mengambil langkah sedikit berbeda itu tidak selamanya buruk, jadilah unik!

3. Maksimalkan Profile

Profil yang menarik akan secara signifikan membuat buyer percaya padamu. Buyer selalu menganalisa profilmu sebelum memutuskan untuk memilihmu untuk project mereka. Dilansir dari fiverrtutorials.com, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan profil adalah

  1. Memilih username yang mewakili brand atau service yang kamu tawarkan. Contohnya “LogoDesigner,” “PinterDesign,” “PinterWriter” dan lain sebagainya. Jika membicarakan SEO Fiverr, menyematkan service seperti ini bisa dibilang sama dengan menyisipkan keyword di username.
  2. Gunakan tagline menarik yang merangkum service dan diferensiasimu dengan freelancer Fiverr lain.
  3. Pilih profile picture yang mewakili personality-mu. Jika cocok dengan personality para freelance, tidak jarang akan terjalin hubungan jangka panjang dengan private project yang berkelanjutan.
  4. Link ke akun sosmed-mu seperti facebook, Instagram, Linkedin dan lainnya. Namun pastikan sosial media yang kamu koneksikan merepresentasikan profesionalitasmu dari service yang kamu tawarkan.
  5. Pamerkan juga profesionalitasmu lewat skills.

4. Riset Keyword

The keyword is like the core heart of your Gig. By keywords, you give your buyers a proper address to reach your gig. That is why keyword research is the real area to work hard. You can use several tools like LSI graph, KWfinder, etc. to make proper keyword research related to services on Fiverr. This research plays a vital role in knowing how to promote Fiverr gigs.

Keyword adalah nyawa dari SEO Fiverr, dengan keyword yang tepat akan membuat gigs Fiverr yang kamu buat lebih mudah ditemukan. Karena itu kamu harus benar-benar mengeluarkan effort yang lumayan serius untuk meriset keyword.

Kamu dapat menggunakan tools riset keyword google keyword planner, KWfinder, ubersuggest dan lainnya. Cari kata kunci yang potensial untuk kamu sisipkan di gig Fiverr milikmu.

Setelah kamu dapat keyword yang bagus, kamu dapat memakai keyword tersebut di judul Gig milikmu. Struktur yang dapat kamu gunakan adalah primary keyword > secondary keyword diikuti dengan nama brand.

5. Gunakan Video yang Berkolerasi dengan Keyword

Kamu dapat melihat banyak gigs yang populer menggunakan video. Artinya, Fiverr lebih suka dengan gigs seperti itu, optimasi juga dengan memilih video yang ada relate dengan keyword target. Ini adalah salah satu SEO Fiverr yang dapat kamu praktikan. Secara visual, kehadiran video juga lebih membuat Gigs jadi lebih menarik.

6. Gunakan High-Quality Images

Another thing you can add to the Fiverr Gig ideas is using high-quality images having the keyword included. Please make sure the images are well optimized (have keywords, reasonable file size, etc.) and are of good quality to make it a feature of best-optimized Gig.

Gunakan high-quality images, hal ini jelas akan membuat Gigs-mu terlihat lebih profesional. Silahkan kamu pelajari lebih banyak tentang bagaimana gambar Gigs Fiverr yang baik.

7. Gunakan Tags yang Akurat

Fiverr memberikanmu kesempatan untuk memakai 5 tags di dalam Gig. Tags ini jadi pengantar para buyer untuk menemukan Gigs milikmu. Menggunakan tags yang memiliki relevansi dan dapat mengarahkan ke service milikmu akan meningkatkan SEO Fiverr di Gigs-mu.

8. Promosi Gigs Fiverr ke Platform Sosial

Sharing the Gig on social platforms like Facebook, Dribble, StackOverflow, Twitter, and Linkedin increases the ranking by 300%. As most of the public is active on social media, there are higher chances of getting impressions, clicks, and even orders. This practice tells the Fiverr search engine that more people are interested in visiting your Gig, which is considered to improve rankings.

Membagikan Gig ke platform sosial seperti Facebook, Dribble, StackOverflow, Twitter dan Linkedin akan menaikan ranking Fiverr. Hal ini adalah upaya untuk menaikkan engagement sehingga search engine Fiverr akan membaca bahwa banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi Gig-mu, inilah yang akan meningkatkan rangking.

Epilog

Demikianlah 8 cara untuk mengoptimasi SEO Fiverr yang dapat kamu coba praktikkan. Semoga poin-poin ini dapat meningkatkan kuantitas order yang kamu dapatkan secara signifikan. Jika butuh lebih banyak informasi tentang Fiverr silahkan lihat tulisan kami lebih banyak di sini.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *