Cara Menonaktifkan WA Sementara di Android dan iPhone

  • 3 min read
  • Sep 24, 2021

Mengambil cuti dan berlibur adalah alasan terbaik untuk mulai mencari cara menonaktifkan WA sementara, agar notifikasi pekerjaan tidak mengganggu aktivitas liburanmu. Bukan berarti lari dari tanggungjawan namun istirahat juga bagian dari kehidupan yang perlu dilakukan dengan penuh konsentrasi dan keseriusan.

Atau kamu merasa hanya ingin rehat dari notifikasi yang banyak datang padamu melalui sosial media WA. Atau memang ada gangguan yang tak kamu harapkan datang melalui aplikasi chating tersebut. Atau alasan-alasan lainnya dan merasa menonaktifkan aplikasi Whatsapp sementara waktu adalah satu solusi.

Nah jika kamu memang mencari cara menonaktifkan WA sementara  agar pesan tidak masuk, maka kami sedang mencoba membantumu melalui tulisan ini. Kami akan menjelaskan cara menonaktifkan WA di iPhone dengan OS-nya iOS atau di HP Android.

Nah langsung saja, silakan disimak penjelasan kami tentang cara menonaktifkan WA sementara untuk perangkat Android dan iPhone berikut ini.

Cara Menonaktifkan WA Sementara di Android

cara menonaktifkan WA sementara

Jika HP kamu menggunakan OS Android, kamu dapat mencoba beberapa cara menonaktifkan WhatsApp sementara. Tidak hanya satu, ini dia cara menonaktifkan WA sementara di Android.

1. Paksa Berhenti Aplikasi WhatsApp (Force Stop)

Berbeda dengan Instagram, Facebook atau Twitter yang dapat dengan mudah kamu log out kemudian log in kembali, prosedur keluar akun di WhatsApp memang sedikit lebih ribet. Padahal dengan log out kamu dapat terhindar dari menerima notifikasi dari akun media sosial.

Nah daripada me-logout WhatsApp kamu dapat melakukan cara alternatif untuk menghentikan masuknya notifikasi tersebut, yaitu dengan melakukan force stop.  Fitur ini akan menghentikan secara paksa WhatsApp dan ibarat membekukannya kamu bisa mengaksesnya kembali nanti jika dibutuhkan.

Jika kamu ingin mencoba cara ini silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Masuk ke Pengaturan atau Setting handphone, lalu pilih menu Aplikasi atau Manage Apps.
  2. Pilih WhatsApp pada menu tersebut.
  3. Terakhir tinggal klik tombol Paksa berhenti atau force stop WhatsApp.

2. Batasi Penggunaan Data Aplikasi WhatsApp

Cara menonaktifkan WA sementara juga dapat kamu lakukan dengan membatasi penggunaan data pada aplikasi WA tersebut. Setelah dibatasi kamu tidak akan terganggu oleh notifikasi pesan serta panggilan. Berikuy langkah-langkahnya untuk membatasi penggunaan data WA

  1. Pada pengaturan pilih menu Manage Apps.
  2. Masuk ke menu Mobile data lalu nonaktifkan opsi Allow background data usage.

3. Nonaktifkan Notifikasi Melalui Pengaturan

Mendapatkan notifikasi chat secara bertubi-tubi saat kamu tidak menginginkannya memang mengganggu.  Cara menonaktifkan WA sementara selanjutnya masih simpel dan mudah dilakukan. Tinggal nonaktifkan notifikasinya saja, berikut langkah-langkahnya

  1. Masih melalui Pengaturan, masuk ke aplikasi atau System Apps
  2. kemudian cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  3. Selanjutnya klik menu Notification dan control center.
  4. Nonaktifkan di bagian notifikasi WhatsApp.

4. Hapus data

Sebelumnya perlu diingat, cara menonaktifkan Whatsapp dengan metode hapus data ini akan membuat semua data-data yang kamu miliki secara otomatis hilang. Oleh sebab itu, silakan lakukan backup data-data yang kamu anggap penting terlebih dahulu.

Mencadangkan atau backup data akan memungkinkanmu untuk mengakses kembali chat personal maupun dari grup saat kamu hendak menggunakan WhatsApp kembali. Pastikan nomor telepon yang terdaftar di WA adalah nomor yang aktif agar proses pencadangan data tidak ada gangguan.

Lalu bagaimana caranya melakukan hapus data? Mudah, silakan ikuti langkah-langahnya sebagai berikut.

  1. Pada Pengaturan klik menu Apps lalu cari dan pilih aplikasi WhatsApp.
  2. Pada App Info tekan tombol storage kemudia akan muncul pilihan yang bertuliskan hapus atau clear data.
  3. Jika kamu sudah yakin ingin menghapus data, maka silakan tekan tombol Clear data dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Nah setalah datamu terhapus maka bisa dibilang akun WhatsApp-mu sudah berhasil dinonaktifkan. Kamu pun tidak akan menerima lagi notifikasi pesan atau panggilan telepon dari aplikasi tersebut.

Jika nanti kamu ingin membuka WA-mu kembali kamu tinggal membuka kembali aplikasi WhatsApp, kemudian login menggunakan nomor telepon yang sama. Cara ini bisa kamu jadikan cara terkahir karena memang cukup ribet karena kamu harus mencadangkan dulu data.

5. Menonaktifkan WhatsApp Menggunakan Aplikasi

Keempat cara sebelumnya adalah cara menonaktifkan WhatsApp sementara tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Namun ada juga cara yang mengandalkan bantuan aplikasi. Di antara aplikasi yang dapat kamu gunakan adalah Datally, Hibernator, Pause It, game mode, Nights Keeper, do not disturb – call blocker, dan lain sebagainya.

Namun di sini kami mencontohkan menggunakan aplikasi Datally. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sebagai cara menonaktifkan WA sementara dengan bantuan aplikasi Datally.

  1. Langkah pertama tentu saja kamu harus download dan instal aplikasi Dattaly melalui APKPure.
  2. Beri akses atau izin pada aplikasi tersebut melalui menu Pengaturan.
  3. Lalu pilih opsi Manage data, lalu scroll dan pilih menu Apps with low usage.
  4. Kemudian silakan cari aplikasi WhatsApp.
  5. Ubah posisi tombol slider di sebelah kanan menjadi on.
  6. Voila! aplikasi WhatsApp pun sudah berhasil kamu nonaktifkan.

Jika kamu ingin kembali mengaktifkan WA, cari fitur data server pada aplikasi Datally, lalu geser tombol slidenya ke kondisi ON. WhatsApp-mu pun akan kembali seperti sedia kala.

Menonaktifkan WA Sementara di iPhone

cara menonaktifkan WA di iphone

Tidak terlalu berbeda, untuk menghentikan WA sementara di perangkat iPhone, kamu dapat menggunakan cara menonaktifkan notifikasi seperti yang tadi kami jelaskan di bagian Android.  Langkah-langahnya pun tak jauh berbeda.

  1. Pertama masuklah ke menu pengaturan atau setting.
  2. Cari dan pilih aplikasi WhatsApp, cari bagian “Show notification”.
  3. Ubah posisi togle menjadi Nonaktif alias OFF.
  4. Voila! Kamu pun tidak akan menerima notifikasi pesan atau panggilan dari aplikasi WhatsApp di iphone-mu

Nah itulah beberapa cara menonaktifkan WA sementara di Android dan iPhone. Pada dasarnya cara yang bisa kamu pilih sama saja baik itu di perangkat Android maupun iPhone. Semuanya dapat kamu lakukan dari menu pengaturan. Dari beberapa cara yang kami paparkan di atas, menurutmu cara mana yang paling efektif untuk digunakan?

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *