Friday, December 3, 2021
HomePinter OtomotifCara Merawat Mobil Tua Biar Lebih Awet dan Terlihat Baru

Cara Merawat Mobil Tua Biar Lebih Awet dan Terlihat Baru

Cara Merawat Mobil Tua Biar Lebih Awet dan Terlihat Baru

Memiliki kendaraan beroda empat saat ini memang sudah menjadi prioritas bagi setiap kalangan masyarakat di Indonesia. Baik muda maupun tua. Dari dulu sampai sekarang, perkembangan dunia otomotif tidak pernah berhenti seiring dengan berkembangnya zaman. Di setiap waktu, kendaraan beroda empat atau mobil juga mengalami perkembangan jenis dan model mobil. Hal inilah yang membuat mobil mobil lama semakin jarang dipakai, karena banyaknya para pengendara yang beralih ke kendaraan baru.

Untuk melakukan perawatan dan penanganan pada mobil tua atau jadul memang dikatakan cukup sulit. Perlu perawatan secara rutin dan sabar dalam menghadapi mobil mobil tua yang biasanya lebih banyak berkendala ketimbang mobil mobil baru. Tentunya, biaya yang diperlukan dalam penanganan mobil tua juga cukup lumayan menguras isi dompet.

Pada dasaranya tidak begitu sulit untuk melakukan perawatan pada mobil tua. Hanya memerlukan cara perawatan yang baik dan benar. Memperhatikan perawatan pada mobil tua perlu dilakukan agar tetap aman dikendarai. Nah, buat kamu yang memiliki kendaraan tua dan ingin merawatnya agar lebih awet serta terlihat baru lagi. Silahkan simak ulasan lengkap cara merawat mobil tua.

  1. Mengganti oli secara rutin
    Cara Merawat Mobil Tua Biar Lebih Awet dan Terlihat Baru

    Secara keseluruhan dalam perawatan mobil, oli memang menjadi bagian yang sangat penting untuk dilakukan ketika akan merawat mobil. Baik lama maupun mobil baru. Jika oli yang digunakan sudah tidak bagus, maka bisa merusak komponen mesin lainnya. Dan ini akan berakibat fatal apabila tidak diperhatikan.

    Untuk jenis mobil tua memang pengantian oli secara rutin memiliki dampak besar bagi kesehatan mesin mobil. Semakin sering diganti secara rutin, maka mesin mobil akan semakin awet dan nyaman untuk dikendarai. Memilih oli yang tepat untuk mobil tua juga menjadi salah satu cara merawat mobil tua agar tetap awet. Selalu memperhatikan oli sebelum digunakan, terlebih lagi jika akan melakukan perjalanan jauh.

  2. Pengecekan pada air radiator sebelum di panaskan
    Cara Merawat Mobil Tua Biar Lebih Awet dan Terlihat Baru

    Salah satu part atau bagian yang cukup penting yang tak bisa dilepaskan dari perawatn mobil tua adalah air radiator yang harus selalu terisi. Karena kondisi mesin mobil tau sudah cukup rentan untuk mudah panas, maka diperlukan air radiator yang cukup untuk mendinginkan mesin yang sedang panas.

    Selain itu, selalu memperharhatikan volume air pada radiator untuk tetap berada pada ukuran minimalnya. Dan gunakan juga air yang bersih untuk menghindari karatan pada mesin mobil. Menutup air radiator dengan rapat agar tidak terjadi penguapan yang berlebih. Jangan membiarkan air radiator kosong, hal ini akan memberi dampak bagi usia mesin pada mobil tua.

  3. Pengecekan pada minyak rem secara berkala

    Keberaadaan minyak rem pada mobil sangatlah penting untuk tetap dicek secara rutin. Sebuah mobil pasti memiliki kinerja rem yang tergantung pada minyaik rem ini. Terlebih lagi pada mobil tua yang rentan karatan. Tidak hanya dicek saja, tetapi perlu diganti secara rutin yang sama halnya dengan oli mesin.

    Membiarkan minyak rem kosong atau tidak diganti akan membuat komponen rem dan cakram tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Minyak rem berfungsi sangat baik pada pergesekan cakram dan rem. Maka selalu mengganti dan mengecek secara rutin minyak rem pada mobil tua perlu diperhatikan.

  4. Mengganti komponen mesin yang tidak berfungsi lagi
    Cara Merawat Mobil Tua Biar Lebih Awet dan Terlihat Baru

    Mobil mobil tua biasanya komponen dalaman atau isi mesin sudah sangat rapuh dan mudah berkarat. Maka perlu sekali untuk diperhatikan pada bagian yang satu ini. Sebab jantung utama pada mobil tua terdapat pada bagian ini juga. Selain menjaga mesin tetap aman dan berfungsi, karatan pada mesin juga sangat penting untuk selalu dibersihkan.

    Pada mobil mobil tua terdapat beberapa bagian atau komponen mesin yang biasanya sudah tidak berfungsi dengan baik lagi. Alangkah baiknya diganti dengan komponen yang baru dan lebih bagus lagi. Tujuannya adalah untuk menjaga performa mesin agar mobil tua tak lapuk dimakan usia. Terlebih lagi bagi mobil tua yang sering dipakai untuk perjalanan jauh.

  5. Merawat roda dan ban mobil
    Cara Merawat Mobil Tua Biar Lebih Awet dan Terlihat Baru

    Selain memperhatikan mesin atau jantung mobil tersebut diatas. Perlu juga memperhatikan kaki kaki mobil. Karena tanpa kaki, mobil tidak akan bisa berfungsi dengan utuh, alias lumpuh. Memperhatikan hal ini saat akan berkendara jauh memiliki dampak yang sangat penting bagi kenyamanan berkendara. Terlebih lagi bagi mobil mobil yang sudah tua.

    Seringlah mengecek keadaan roda dan membersihkan karatan disekitar roda. Kondisi ban diperhatikan dengan baik ketika sesudah dan sebelum berkendara, selalu mengecek kestabilan angin atau tekanan yang ada dalam ban mobil tua. Alangkah lebih baik untuk rutin menukar posisi ban pada mobil untuk menjaga kestabilannya.

  6. Membersihkan bagian karatan di mobil.
    Cara Merawat Mobil Tua Biar Lebih Awet dan Terlihat Baru

    Memiliki mobil tua memang tak luput dari karatan pada mobil. Baik itu dalam interior ataupun eksterior mobil. Membersihkan karatan pada mobil ini juga bisa memperpanjang usia pada mobil, khususnya pada mobil tua yang notabenenya pasti memiliki karatan pada bagian bagian tertentu.

    Terlebih lagi jika ada karatan pada mesin, hal ini bisa mengganggu fungsi pada mesin tersebut. Jangan sampai membiarkan karatan ini pada mobil. Sebab bisa merusak seluruh komponen yang ada dan berujung mati total. Cobalah untuk rutin membersihkan seluruh karatan yang ada pada mobil tua kamu.

  7. Merawat kelistrikan pada mobil
    Cara Merawat Mobil Tua Biar Lebih Awet dan Terlihat Baru

    Hal lain yang menjadi masalah utama selain mesin pada mobil tua adalah masalah kelistrikan yang terkadang susah untuk dinyalakan. Ketika kelistrikan jarang dirawat dan diperhatikan akan menjadi masalah dikemudian hari. Seperti susah untuk dinyalakan dan beberapa komponen kelistrikan lainnya tidak akan berfungsi dengan baik.

    Maka, sangat perlu diperhatikan masalah kelistrikan pada mobil. Selalulah mengecek dengan rutin untuk masalah ini. Jangan pernah meremehkan masalah kelistrikan pada mobil tua.

  8. Membersihkan sarung kursi dan karpet mobil

    Untuk menjaga kemanan dan kenyaman selama berkendara pada mobil tua. Maka perlu juga diperharhatikan pada komponen interiornya seperti pada karpet dan sarung kursi mobil tua.

    Selalu rutin membersihkan karpet dan sarung kursi akan membut sebuah mobil tua lebih nyaman untuk digunakan bersama pasangan ataupun keluarga. Jika perlu, gantilah sarung kursi pada mobil tuamu yang baru.

  9. Mencat ulang bodi mobil jika sudah pudar
    Cara Merawat Mobil Tua Biar Lebih Awet dan Terlihat Baru

    Penampilan pada mobil tua juga perlu diperhatikan untuk tetap membuatnya lebih awet muda. Buat kamu yang memiliki mobil tua atau mobil bekas yang baru dibeli dan warna cat pada mobil sudah pudar alangkah bagusnya untuk di cat ulang.

    Tetapi, jika ingin mempertahankan warna aslinya. Kamu perlu membersihkan saja bagian bagian yang perlu dibersihkan.

  10. Mencuci mobil secara rutin
    Cara Merawat Mobil Tua Biar Lebih Awet dan Terlihat Baru

    Sama halnya dengan manusia yang butuh untuk mandi agar terlihat lebih segar dan bersih. Maka mobil tuamu juga perlu dimandikan secara rutin untuk menjaganya agar tetap terlihat awet muda dan baru.

Hal ini dapat dilakukan secara rutin setiap minggu. Namun, apabila mobil tersebut setelah dipakai jauh dan banyak kotoran yang melengket, maka lebih baik segera untuk dimandikan. Hal ini dilakukan untuk menjaganya agar tetap terlihat baru.
Nah, itulah beberapa cara merawat mobil tua agar terlihat lebih awet dan baru. Merawat mobil tua memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi jika dilakukan dengan cara yang benar, maka mobil tuamu akan tetap terlihat awet muda.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments