4 Cara Posting IG di PC dan Laptop Terbaru 2021

  • 4 min read
  • Sep 11, 2021
4 Cara Posting IG di PC dan Laptop Terbaru 2021

Instagram adalah platform sosial media yang sangat banyak penggunanya. Bukan hanya di smartphone, mengakses platform berbagi foto dan video tersebut bisa dilakukan via PC atau laptop. Namun berbeda dari HP, banyak cara posting IG di PC.

Kamu dapat mengupload langsung dari web browser atau mungkin menggunakan aplikasi tambahan. Pinterinternet kali ini akan menjelaskan tentang cara posting IG di PC, silakan disimak:

1. Posting IG di PC Menggunakan Web Browser

Cara posting IG di PC lewat browser saat ini berbeda dengan cara upload instagram di pc 2020. Dulu kamu harus mengubah browser ke mode developer untuk bisa posting instagram. Kini, secara official Instagram menambahkan fitur posting untuk versi web.

Fitur ini membuat cara posting di instagram lewat laptop atau komputer menjadi sangat mudah. Kamu cukup melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Pada web browser-mu akses https://www.instagram.com/

Lalu silakan log in seperti biasa

Kamu akan melihat ada kotak dengan ikon tanda plus di deretan ikon yang ada di sudut kanan atas, ikon itu adalah fitur upload yang dihadirkan Instagram untuk versi web

cara posting ig di pc

Setelah kamu klik ikon tersebut kamu akan diarahkan untuk memilih file foto atau video yang akan diposting. Kamu juga bisa upload multiple image instagram PC tanpa aplikasi tambahan dengan memilih langsung beberapa file gambar

cara upload ig di pc

Jika kamu telah memilih, selanjutnya adalah memilih ukuran atau orientasi gambar. Silakan pilih antara opsi persegi (1:1), potret (4:5) atau landscape (16:9) yang disediakan. Gambar-mu menyesuaikan dengan pilihanmu

upload instagram pc

Kamu juga dapat memilih filter seperti di versi mobile, tapi jika kamu lebih suka mengedit sendiri, tersedia juga cara edit postingan ig di pc. Tinggal beralih ke tab Edit yang ada disebelah filter, di sana kamu dapat mengatur kecerahan, kontras, saturasi dan lain-lain sesuai seleramu

filter instagram pc

 

cara posting instagram di pc

Selanjutnya adalah memberikan caption. Silakan ketika captionmu, kamu juga dapat menambahkan lokasi, mengatur aksesibilitas dan hal lainnya

cara posting ig di laptop

Langkah terakhir adalah tinggal klik bagikan dan gambar atau video-mu akan terupload dan muncul di feed

Cara upload gambar di instagram melalui PC atau laptop memang sudah semudah itu, namun apabila kamu masih ingin mencoba cara lain kamu bisa mencoba cara-cara yang kami jelaskan berikutnya.

2. Menggunakan BlueStacks App Player

cara upload ig di pc

Instagram web dan versi mobile memang memiliki interface yang berbeda. Jika kamu ingin “rasa” yang sama ketika mengakses Instagram di web seperti saat di handphone maka kamu dapat menggunakan alternatif berupa emulator. Salah satu yang paling populer adalah BlueStacks.

Tentu saja lewat BlueStacks kamu juga dapat memosting gambar dan video lewat PC. Tidak sulit, berikut caranya:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstall aplikasi BlueStacks di PC atau laptop milikmu
  2. Kemudian log in di aplikasi Bluestacks, kamu dapat menggunakan akun Google untuk log in.
  3. Setelah berhasil masuk, cari dan buka aplikasi Google Playstore di dalam BlueStack.  Di playstore, cari dan Install aplikasi Instagram ke dalam Bluestacks.
  4. Setelah terinstall, lanjutkan log in ke akun Instagram milikmu seperti biasa saat kamu melakukannya di handphone, karena tampilannya pun tidak berbeda dari versi mobile
  5. Cara postingnya pun tidak berbeda seperti di handphone, kamu tinggal melakukan hal yang sama sebagai cara posting ig di PC jika menggunakan BlueStacks

3. Upload Instagram Menggunakan Situs Hootsuite

cara posting instagram laptop

Nah ada juga Hootsuite, sebuah situs yang menawarkan layanan manajemen konten untuk beberapa media sosial, termasuk Instagram. Kamu bisa mengakses situsnya di alamat  www.hootsuite.com. Layanan di situs ini cukup dibutuhkan untuk memaksimalkan platform Instagram untuk kebutuhan digital marketing.

Sebelum masuk ke cara posting ig di pc atau laptop lewat situs ini, ada dua hal yang harus kamu perhatikan:

  1. Kamu harus punya minimal 3 akun dari 6 jejaring sosial ada di layanan situs Hootsuite, yaitu Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, LinkedIn, dan Pinterest.
  2. Pastikan foto yang akan kamu upload tidak lebih dari 5 MB

Jika kamu sudah lolos di dua poin tersebut, maka kamu dapat mulai mengikuti cara posting ig di PC via situs Hootsuite berikut ini:

  1. Masuk dan log in di website hootsuite. Jika kamu belum mendaftar akun, silakan buat dulu akun dengan registrasi menggunakan akun email
  2. Langkah selanjutnya adalah menambahkan akun jejaring sosial, nah kamu harus memasukkan minimal 3 akun jejaring sosial, jika kurang kamu tidak akan bisa menggunakan fitur-fitur yang disediakan situs Hootsuite ini
  3. Selanjutnya, kamu bisa memilih widget pena dan kertas yang ada di sebelah kiri, setelah itu klik opsi Post kemudian pilih Instagram. Selanjutnya kamu tinggal memilih gambar atau video yang akan kamu unggah.
  4. Lalu pilih ukuran di antara custom, square (1:1), portrait (5:4), landscape (16:9) dan lainnya. Kamu pun dapat menyisipkan teks pada foto. Jika sudah, tinggal klik Save.
  5. Kamu pun akan diarahkan untuk memasukkan caption untuk foto yang diupload. Silakan tulis caption yang kamu inginkan
  6. Seperti disinggung tadi, Hootsuite adalah situs yang menjual layanan manajemen konten, maka langkah selanjutnya kamu akan ditawari penjadwalan postingan. Kamu dapat memilih opsi schedule for later jika ingin mengunggah di lain waktu, jika ingin memposting saat itu juga pilih post now.
  7. Voila! Gambar dan video pun telah berhasil diunggah.

4. Cara Posting IG di PC Menggunakan Creator Studio

creator studio logo

Bisa dibilang, Instagram Creator Studio merupakan versi resminya Hootsuite. Tools ini masih ada dalam semesta Facebook. Kamu dapat memanfaatkan fitur-fitur di tools ini untuk mengelola akun Instagram milikmu, seperti mebuat jadwal, analisis, dan lainnya.

Sedangkan cara posting ig di PC menggunakan tools creatore studio bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Masuk ke laman Facebook Creator Studio melalui browser-mu dan silakan login menggunakan akun milikmu.
  2. Di bagian profil, klik opsi “Create Post” yang ada di sudut kiri atas layar.
  3. Selanjutnya pilih jenis unggahan Instagram yang kamu inginkan, pilih “Instagram Feed” untuk memposting konten di feed
  4. Silakan pilih foto atau video, lalu isi caption dan hashtagnya
  5. Jika sudah selesai, silakan klik tanda panah untuk mulai mengupload.
  6. Kamu akan diarahkan dulu ke jendela pengaturan kalender dan waktu, di sana kamu dapat mengatur waktu untuk menggunggah foto tersebut.
  7. Jika ingin mengecek jadwal unggahan, kamu dapat membuka “Content Library” yang berada di menu “Post Status”

Nah demikianlah informasi tentagn cara upload IG di PC atau laptop yang dapat kamu coba di tahun 2021 ini. Silakan sesuaikan mana kira-kira cara yang paling cocok untukmu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *