3 Cara Share Screen di Google Meet via PC, Android dan iOS

  • 3 min read
  • Okt 01, 2021

Pandemi membuat meeting online kian mainstream. Aplikasi google meet pun mendapat lebih banyak peminat, namun karena trend-nya belum lama, beberapa orang masih kurang bisa menggunakan semua fitur dari aplikasi ini. Misalnya saja cara share screen di Google Meet, banyak yang tidak tahu bagaimana melakukannya.

Padahal share screen sendiri sangat dibutuhkan, baik untuk presentasi, memperlihatkan data dan lain sebagainya. Nah namun tenang saja, jika kamu termasuk yang belum tahu cara share screen di Google Meet, kami akan menjelaskannya untukmu lewat tulisan ini.

Tak hanya lewat komputer atau laptop, kamu akan menjelaskannya secara lengkap termasuk bagaimanan cara share screen di Google Meet menggunakan HP Android dan juga iPhone. Langsung saja, ini dia caranya.

1. Cara Share Screen di Google Meet via PC atau Laptop

Meeting online atau presentasi daring memang cukup nyaman dilakukan menggunakan laptop atau PC. Cara ini lebih fleksibel untuk kebutuhan presentasi karena kamu disediakan opsi untuk menampilkan seluruh layar atau beberapa jendela yang sudah kamu tentukan saja atau hanya satu tab spesifik.

Nah jika kamu ingin menggunakan PC atau laptop saat presentasi di Google Meet, silakan berikut cara Share Screen di Google Meet dengan menggunakan PC atau laptop.

1. Buka web browser di PC atau laptop-mu.

2. kemudian kunjungi situs Google Meet dan lanjutkan dengan login menggunakan akun Gmail.

3. Silakan join ke meeting Google Meet atau start new meeting seperti biasa

4. Sebelum melakukan share screen, siapkan dulu materi presentasi yang ingin ditampilkan .

5. Jika sudah, lanjutkan dengan klik tombol present now yang terletak di sebelah kanan bawah layar.

cara share screen di Google meet

6. Akan muncul 3 opsi untukmu, silakan Pilih salah satu opsi dari ketiga opsi mode screen share tersebut.

cara share screen di Google meet

  • Your entire screen adalah pilihan untuk membagikan layar PC secara penuh.
  • A windows pilihan untuk membagikan beberapa jendela secara bersamaan.
  • A Chrome tab merupakan pilihan untuk menampilkan tab lain yang ada di web browser yang kamu pakai.

7. Setelah selesai memilih, kamu juga dapat menentukan bagaimana tampilan screen share yang diinginkan. Jika pengaturan tampilan sudah pas, tinggal tekan tombol share di bagian bawah untuk mulai screen share.

cara share screen google meet

8. Voila! Layar PC milikmu akan secara otomatis akan tampil di Google Meet dan semua peserta meeting sudah dapat melihatnya. Dari sini kamu pun bisa mulai presentasi dan menunjukkan materi meeting sesuai dengan yang kamu siapkan.

Jika presentasi sudah selesai, cara stop share screen di Google Meet adalah dengan mengklik tombol stop presenting di bagian kanan bawah layar.

cara stop screen share di google meet

2. Cara Presentasi Google Meet di HP Android

Memang menggunakan laptop lebih nyaman untuk presentasi, namun jika kondisi tidak memungkinkan sehingga terpaksa kamu menggunakan HP Android untuk join Google Meet, maka kamu bisa melakukan presentasi tersebut lewat HP. Berikut Cara Presentasi Google Meet di HP Android:

  1. Install dan jalankan aplikasi Google Meet di HP Android milikmu
  2. Selanjutnya tekan tombol signup untuk mendaftar atau login jika kamu sudah punya akun google meet anda.
  3. Jika kamu sudah berada di laman depan aplikasi Google Meet, silakan tekan join meeting yang ingin di share screen.
  4. Seperti biasa, persiapkan dulu materi presentasi, lalu klik ikon titik tiga di bagian atas
  5. Pilihlah opsi present screen lalu tekan start presenting dan Voila! layar HP-mu pun akan tampil di layar semua peserta meeting.

Setelah presentasi selesai, kamu bisa menghentikan share screen di Google Meet dengan cara menekan ikon titik tiga yang ada di bagian kanan atas layar HP, lalu tekan tombol stop sharing. Setelah itu fitur berbagi layar pun akan mati.

3. Cara Share Screen di Google Meet di Perangkat iOS

Sama dengan perangkat Android, iPhone pun punya cara Share Screen di Google Meet untuk membantumu presentasi. Langkah-langkahnya hampir sama dengan menggunakan Android, berikut cara Share Screen di Google Meet di iPhone dan perangkay iOS lainnya:

  1. Buka aplikasi Google Meet yang sudah terinstal di perangkat iOS milikmu, lalu join atau start a meeting seperti biasa.
  2. kemudian pilih icon 3 titik di bagian bawah layar untuk memunculkan beberapa opsi.
  3. Pilih opsi ‘Share Screen‘.
  4. Kamu akan diarahkan ke kotak dialog broadcast. Silakan plih Meet sebagai sumber broadcast kemudian klik ‘Start Broadcast‘ untuk mulai membagikan layar.
  5. Tunggu sekitar 3 detikdan Voila! Layar dari perangkatmu akan tampil di Google Meet dan semua peserta meeting sudah bisa melihatnya.

Setelah selesai meeting kamu dapat berhenti membagikan layar dengan cara ketuk ‘Stop Sharing‘ yang ada di tengah layar. Jika kamu telah menonaktifkan feed video, maka kamu bisa mengaktifkannya kembali dari bagian bawah layar.

Namun perlu diingat, cara share screen di Google Meet untuk perangkat mobile seperti Android dan iOS berbeda dengan PC atau laptop. Tidak ada opsi untuk membagikan aplikasi atau jendela tertentu. Sehingga seluruh layar HP bisa dilihat oleh peserta rapat.

Nah itulah 3 cara share screen di Google Meet yang bisa kamu lakukan untuk membantu dalam presentasi. Tentu saja dengan mengetahui cara ini kamu bisa meningkatkan performa dalam hal menjelaskan materi saat meeting online. Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat penjelasanmu lebih mudah dimengerti dapat dibagikan pada audiens. Semoga membantu!