11 Cara Transfer File dari PC ke Android Via Wifi Mudah dan Cepat

  • 4 min read
  • Agu 11, 2021
11 Cara Transfer File dari PC ke Android Via Wifi Mudah dan Cepat

Sering sekali file pekerjaanmu yang ada di PC ingin kamu akses juga dengan lebih praktis di smartphone. Tidak punya kabel data atau device milikmu tidak mendukung Bluetooth, terkadang jadi penghambat untuk memindahkan file dari komputer ke smartphone.

Nah, hal tersebut dapat kamu atasi dengan menggunakan cara transfer file dari PC ke android via Wifi. Cara ini juga menjadikan keperluan memindahkan file-mu tersebut jadi lebih mudah dan praktis, kamu tidak perlu lagi mencari-cari kabel lalu menghubungkannya ke kedua perangkat hanya untuk mengirimkan file yang bahkan ukurannya tidak seberapa.

Selain itu, kecepatan transfer menggunakan jaringan Wifi dikenal lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth dan kabel USB. Maka, bukan hanya sebagai alternatif, cara ini bisa kamu gunakan sebagai pilihan utama agar produktifitasmu tidak terhambat hanya karena menunggu durasi transfer file yang lama.

Lalu bagaimanakah cara transfer file dari PC ke Android via wifi? Gampang kok, kamu bisa manfaatkan bantuan 11 aplikasi yang kami beritahukan di tulisan ini. Silakan langsung saja, ini dia rangkuman Pinterinternet tentang cara mengirim file antar device melalui jaringan wifi mudah dan cepat.

AirDroid

cara transfer file dari PC ke android via wifi - airdroid

Banyak yang sepakat bahwa memakai aplikasi Airdroid adalah salah satu cara transfer file dari PC ke Android via Wifi. Namun selain untuk transfer file, kamu juga bisa menggunakan software ini untuk mengirim atau menerima SMS/MMS dari PC, melihat notifikasi yang datang ke HP-mu melalui PC dan lainnya.

Akses ke fitur-fitur basic bisa digunakan secara gratis, namun jika menginginkan fitur yang lebih lengkap, kamu harus berlangganan yang premium. Untuk dapat menggunakan AirDroid, kamu perlu download dan install aplikasinya di HP, sementara di laptop kamu bisa install aplikasi atau bisa juga mengakses melalui web. Namun kamu harus memastikan HP dan PC berada di satu jaringan yang sama.

Portal

cara transfer file dari PC ke android via wifi - portal

Portal jadi cara transfer file dari PC ke Android via Wifi selanjutnya. Cara penggunaannya tidak sulit, cukup membuka alamat portal.pushbullet.com di komputer dan kamu pun sudah siap untuk mengirim file dari komputer ke smartphone yang terkoneksi dengan jaringan wifi yang sama.

Namun jangan lupa, agar dapat menggunakan Portal untuk keperluan transfer file dari komputer ke android, kamu juga perlu menginstal aplikasinya di perangkat android-mu. Tidak sulit kan? Kabar baiknya lagi, ukuran file yang bisa kamu transfer juga tergolong cukup besar, yaitu hingga 1 GB.

Cloud Storage

cara transfer file dari PC ke android via wifi - cloud storage

Cloud storage seperti Dropbox, Google Drive, OneDrive dan Box.com juga merupakan salah satu cara transfer file dari PC ke Android via Wifi. Kamu juga mungkin sudah tahu cara melakukannya, yaitu upload file ke layanan cloud storage melalui PC, kemudian akses dan download kembali file-nya melalui handphone. Semudah itu!

Feem v4

cara transfer file dari PC ke android via wifi - feem

Feem adalah aplikasi yang mendukung transfer file dari PC ke android melalui satu jaringan wifi yang sama. Tidak hanya ke smarphone perangkat apa pun yang terkoneksi dengan satu jaringan wifi dapat saling berbagi file, baik itu tablet, komputer, laptop atau lainnya.

Caranya juga mudah, kamu hanya tinggal menginstal aplikasi Feem di tiap device yang ingin kamu pakai untuk saling berbagi. Bahkan sebenarnya kamu tidak perlu tersambung ke internet, local network saja sudah cukup.

 

Resilio Sync

cara transfer file dari PC ke android via wifi - resilio

Resilio Sync akan menjadikan PC milikmu sebagai server yang nantinya dari handphone kamu dapat mengakses semua file. Cara kerjanya mirip-mirip layanan cloud storage, namun PC-mu yang jadi servernya.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan di Mac, Windows atau Linux. Untuk fitur-fitur basic bisa kamu gunakan gratis, namun jika perlu mengakses lebih banya fitur kamu perlu berlangganan.

 

Xender

cara transfer file dari PC ke android via wifi - xender

Satu lagi aplikasi yang cukup populer, Xender. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk mengkoneksikan HP dengan device lain dan melakukan transfer via Wifi. Cara transfer file dari PC ke Android via Wifi menggunakan Xender pun sangat mudah kamu hanya tinggal menginstal Xender di kedua device yang ingin kamu gunakan untuk saling mengirim file.

Xender juga memilii fitur-fitur lain yang berguna, seperti mengkonversi video ke audio dan menggunakannya untuk mengunduh video dari Facebook, Whatsapp dan Instagram.

Share It

cara transfer file dari PC ke android via wifi - share it

Nah kalau yang satu ini sepertinya tidak perlu banyak penjelasan. Aplikasi berbagi file antar device ini begitu populer dan tentu saja bisa jadi alternatif cara transfer file dari PC ke Android via Wifi. Selain PC ke Android, kamu juga bisa melakukan transfer dari Android ke PC atau dari smartphone ke smartphone maupun PC ke PC.

Send Anywhere

cara transfer file dari PC ke android via wifi - sendanywhere

Send Anywhere juga bisa jadi cara transfer file dari PC ke android via Wifi. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk mengirim file ke beberapa orang atau device sekaligus cukup dengan satu link saja. File yang dikirim melalui Send Anywhere juga tidak melalui proses kompresi, sehingga semua file tersebut terkirim tanpa mengubah kondisi file original-nya.

SuperBeam

cara transfer file dari PC ke android via wifi - superbeam

Aplikasi SuperBeam menawarkan cara mudah dan cepata untuk transfer file dari PC ke android atau sebaliknya. Pengiriman bisa dilakukan melalui jaringan WiFi, ukuran file yang besar pun bisa dikirim menggunakan aplikasi ini. Kamu pun bisa mengitim berbagai jenis file, seperti foto, video, zip file, APK’s, kontak, dan lain sebagainya.

cara transfer file dari PC ke android via wifi - share link

Cara transfer file dari PC ke Android via wifi selanjutnya adalah menggunakan Share Link, yaitu aplikasi berbagi file melalui wifi keluaran ASUS. Penggunaannya pun terbilang sangat mudah, kamu hanya tinggal menginstal aplikasi ini di PC dan perangkat android-mu, kemudian koneksikan kedua device tersebut di jaringan wifi yang sama dan voila! kamu pun sudah bisa mengirim file antar device.

Aplikasi Chat

cara transfer file dari PC ke android via wifi - aplikasi chat

Jika kamu tidak mau ribet menginstal software baru lagi di smartphone milikmu, mungkin cara transfer file dari PC ke Android yang cocok untukmu adalah menggunakan aplikasi chat seperti Whatsapp dan Telegram. Kedua aplikasi tersebut juga memiliki versi web yang dapat kamu akses melalui PC sehingga sangat memungkinkan untuk dipakai mengirim file dari PC ke Android.

Demikianlah 11 cara transfer file dari PC ke Android via Wifi yang dapat kamu coba. Silahkan dipilih saja mana yang menurutmu paling cocok untuk digunakan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *