Manfaat dan Cara Menggunakan Chatbot Telegram untuk Bisnis

  • 4 min read
  • Sep 14, 2021
Manfaat dan Cara Menggunakan Chatbot Telegram untuk Bisnis

Kamu pasti sudah familiar dengan istilah chatbot, khususnya chatbot telegram. Terlebih saat trend anonymous chat telegram semakin digandrungi para anak muda saat ini. Namun apakah fungsi dan tujuan chatbot telegram hanya sebatas itu?

Jika dilihat cara kerjanya, chatbot telegram bisa sangat berguna untuk kepentingan bisnis dalam meningkatkan user experience. Hal tersebut karena dengan menggunakan bot respon sebuah bisnis pada pertanyaan customer menjadi lebih cepat.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang dapat dipengaruhi oleh penerapan chatbot telegram untuk bisnis. Silakan disimak penjelasannya di tulisan kami kali ini.

Apa itu chatbot?

apa itu chatbot telegram

Chatbot secara keseluruhan merupakan program komputer yang dirancang untuk menirukan manusia dalam percakapan lewat chat. Jadi mungkin saja kamu bisa merasakan chattingan seperti layaknya dengan temanmu sendiri, walaupun sebenarnya itu chatbot.

Saat Kamu mengatakan sesuatu pada chatbot, dia dapat mendeteksi arti serta maksud dari perkataan tersebut kemudian memberikan respon yang sesuai.

Chatbot yang basic bisa memberi respon otomatis dengan kata-kata yang umum digunakan dengan mendeteksi keyword . Respon tersebut muncul dari hasil mencocokkan keywod dengan daftar jawaban yang sudah disiapkan di library atau database.

Namun chatbot yang lebih canggih bisa memahami maksud seta konteks pembicaraan yang berlangsung karena penerapan teknologi artificial intelligence (AI) dan learning mechine. Banyak situs atau perusahaan yang memberikan layanan Chatbot telegram seperti ini.

Penerapan AI pada chatbot telegram membuat program tersebut dapat memproses data yang besar dan menangani ratusan hinga ribuan chat dalam satu waktu. Lalu, bot ini dapay memahami isi chat dari customer da mengirim balasan layaknya manusia dengan adanya teknologi Natural Language Precessing (NLP).

Otamasi tingkat lanjut juga akan membuat chatbot telegram belajar dan akhirnya dapat melakukan percakapan tanpa campur tangan manusia. Semakin lama pengalamannya dalam melakukan percakapan, Machine Learning (ML) yang tersemat akan membuatnya belajar untuk merespon dengan lebih pintar dan juga lebih cepat.

Manfaat Chatbot untuk Bisnis

chatbot telegram untuk bisnis

Kemampuan chatbot telegram dalam menghadirkan otomasi chat dengan customer, membuat bisnis dapat lebih baik dan cepat dalam segi interaksi bersama pelanggan. Bisnis tersebut pun akan dinilai fast respon dan membuat customer merasa terlayani dengan baik.

Nah untuk penggunaan di sisi bisnis, inilah beberapa keuntungan chatbot telegram:

1. Memberikan respon cepat pada FAQ

FAQ aatau Frequently asked questions merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan secara berulang oleh para pelanggan. Kamu bisa melemparkan tugas menjawab FAQ pada chatbot telegram untuk ditangani oleh sang robot.

Program komputer tersebut dapat menjawab FAQ dengan lebih cepat dan pastinya tahan pada repetisi. Selain itu, chatbot Telegram tidak ada rasa lelah, alhasil bisnis akan memiliki customer service 24/7 bahkan tanpa libur.

2. Menghemat biaya

Otomasi dalam melayani pertanyaan-pertanyaan pelanggan akan mengurangi pengeluaran yang harus kamu bayarkan untuk biaya agen customer service atau karyawan khusus untuk mengurus hal tersebut. Perusahaan mungkin akan hemat biaya untuk customer service hingga 30%.

3. Berinteraksi secara langsung dengan customer

Penggunaan chatbot telegram meningkatkan kesempatan bisnis untuk dapat berinteraksi dengan setiap pelanggan secara langsung. Kamu dapat mengatur si robot untuk secara berkala mengirimkan informasi produk dan layanan terbaru, serta memberitahukan promosi yang sedang atau akan dilakukan oleh perusahaanmu dan juga meminta feedback dari mereka.

4. Mendapat informasi penting tentang pelanggan

Kamu dapat mengumpulkan data melalui percakapan chatbot Telegram dengan pelanggan, sehingga bisnis dapat mendapatkan insight tambahan tentang mereka.  Beberapa di antaranya adalah bagaimana kebiasaan belanja dan selera produk mereka yang tentu saja akan sangat membantu dalam menentukan strategi pemasaran atau dalam membuat produk baru.

Cara Membuat Chatbot Telegram

cara membuat chatbot telegram

Kamu bisa menggunakan fitur official chatbot Telegram yang diberi nama BotFather. Melalui BotFather ini, kamu juga dapat memberi perintah pada bot dan mengaturnya sesuai kebutuhan bisnismu. Jadi fitur ini menjadi pusat pengaturan semua bot yang ada di telegram.

Kamu dapat membuat chatbot telegram baru menggunakan BotFather mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini:

Cara Membuat Bot Baru

  1. Ketik botfather pada kotak pencarian Telegram
  2. pilih akun BotFather yang ditandai dengan centang biru
  3. Klik start untuk mulai berinteraksi dengan si BotFather
  4. Ketik perintah “ /newbot” untuk mulai membuat chatbot Telegram
  5. masukkan nama bot sesuai keinginanmu
  6. Lalu tentukkan username untuk bot, username bot ini harus terdiri dari 5-32 karakter dan diakhiri dengan ahkhiran –bot, contoh : pinterinternetBot atau pinterinternet_bot

Setelah kamu berhasil membuat bot baru, Kamu akan menerima API token yang menjadi semacam sandi untuk dapat mengakses Chatbot Telegram API. API adalah interface untuk developer yang disediakan oleh suatu aplikasi agar dapat berinteraksi dengan aplikasi tersebut. Melalui API kamu dapat mengajari bot milikmu tentang apa yang harus dia lakukan.

Cara Mengatur Bot dengan BotFather

Karena API hanya mengerti kode-kode tertentu, maka kamu harus tahu kode-kode tersebut untuk melakukan pengaturan bot, berikut beberapa di antaranya:

/newbot  (membuat bot baru)

 /mybots  (mengedit bot [beta])

Edit Bots

 /setname (mengubah nama bot)

 /setdescription (mengubah deskripsi bot)

 /setabouttext  (mengubah informasi bot about)

 /setuserpic (mengubah foto bot)

 /setcommands (membuat daftar command)

 /deletebot  (menghapus bot)

Bot Settings

 /token  (membuat token baru)

 /revoke (menghapus access token)

 /setinline (mengaktifkan atau menonaktifkan inline mode (https://core.telegram.org/bots/inline))

 /setinlinegeo  (mengaktifkan atau menonaktifkan  inline location requests (https://core.telegram.org/bots/inline#location-based-results))

 /setinlinefeedback  (mengubah pengaturan inline feedback (https://core.telegram.org/bots/inline#collecting-feedback))

 /setjoingroups (mengatur izin bot Kamu untuk masuk ke grup)

 /setprivacy (mengaktifkan atau menonaktifkan  privacy mode di dalam grup (https://core.telegram.org/bots#privacy-mode))

Games

 /mygames (mengatur games mu (https://core.telegram.org/bots/games) [beta])

 /newgame (membuat game baru(https://core.telegram.org/bots/games))

 /listgames (menampilkan daftar game yang kamu buat)

 /editgame (mengedit  game)

 /deletegame (menghapus game)

Kamu dapat menyesuaikan chatbot Telegram dengan kebutuhan bisnis menggunakan kode-kode di atas. Namun jika Kamu malas atau waktumu terbatas dalam mempelajari pengaturan chatbot telegram free ini, maka kamu bisa menggunakan layanan pembuatan chatbot telegram.

Chatbot Telegram Indonesia

Pengaturan chatbot Telegram dengan kode memang  membutuhkan ketelitian dan waktu yang lumayan. Karena itu mungkin kamu bisa memakai jasa pembuatan chatbot yang banyak ditawarkan di internet, di antaranya ada 3 perusahaan pembuatan chat bot Indonesia ini:

Lenna.ai

Lenna merupakan startup yang menawarkan jasa pembuatan dan pengaturan Bot sesuai dengan permintaan pelanggan mereka. Silakan katakan apa kebutuhan bisnismu yang ingin kamu selesaikan dengan implementasi chatbot Telegram, mereka akan melakukan pengaturan tersebut.

Aichat.id

AiChat juga merupakan layanan chatbot asal Indonesia berbasis AI yang dapat membantu otomasi pada pemasaran, penjualan atau pelayanan bisnis di berbagai saluran obrolan. Kamu ditawari pilihan modul, yaitu modul customer service, modul marketing dan modul sales.

Kata.ai

Terakhir ada Kata.ai yang dari namanya saja sudah bisa ditebak ini adalah stratup asal Indonesia yang menyediakan jasa pembuatan bot berbasis artificial intelligent untuk membantu bisnismu dalam percakapan dengan pelanggan agar bisa selalu fast respon. Mereka juga menyediakan layanan bot untuk aplikasi chat lain.

Epilog

Demikanlah penjelasan mengenai manfaat dan cara menggunakan chatbot Telegram untuk keperluan bisnis. Jadi jangan salah lagi mengatakan chatbot Telegram hanya berhuna untuk membuat telegram anonymous chat bot yang populer di kalangan anak muda untuk dipakai iseng-isengan mereka.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *