Friday, December 3, 2021
HomeBloggingEmail Marketing: Pengertian, Keunggulan dan Kelemahannya - Email Marketing adalah

Email Marketing: Pengertian, Keunggulan dan Kelemahannya – Email Marketing adalah

Strategi email marketing adalah alternatif yang bisa kamu pilih untuk menjangkau pelanggan dari bisnismu dengan luwes. Berbeda dengan sosial media marketing yang mengharuskanmu untuk terus-menerus membuat konten untuk menjaga statistik engagement. Lewat email marketing, frekuensimu dalam menyampaikan info atau promosi soal bisnis tidak terlalu banyak.

Metode terasa sangat personal karena langsung disampaikan ke alamat sepesifik perseorangan. Alhasil, kesan yang ditinggalkan ke pelanggan pun jadi lebih berbekas. Ditambah lagi, selama kamu punya alamat emailnya, kamu masih tetap bisa berhubungan dengan pelanggan kapan pun, meski sudah lama sekalipun.

Bisa dibilang, promosi via surat elektronik ini bisa dijadikan investasi marketing jangka panjang. Makanya email marketing dinilai sangat cocok untuk business to business (B2B) model. Karerna arus transaksi dari model ini cukup lambat dengan jumlah transaksi besar, dan sangat membutuhkan relasi dengan customer.

Nah, jika kamu belum terlalu paham tentang email marketing, maka silahkan simak penjelasan Pinterinternet secara lengkap berikut ini.

Pengertian Email Marketing

email marketing adalah

Pertama kali muncul di 1978 silam, email marketing adalah bentuk marketing secara langsung seperti digital marketing yang menggunakan email untuk mempromosikan produk atau jasa suatu bisnis. Strategi ini dinilai cukup ampuh, pada awal kemunculannya, email marketing berhasil mendatangkan total pendapatan sebesar 13 juta dolar.

Menurut MailChimp, email marketing dapat dipakai untuk menggiring pelanggan, meningkatkan brand awareness, membangun hubungan atau menjaga customer agar tetap engaged dengan bisnismu.

Email marketing ini dapat membantu membangun relasi dengan customer sekaligus menyediakan informasi mengenai produkmu. Ibaratnya kamu seperti memadukan unsur personal layanya pesan dari kawan lama plus promosi.

Walau strategi ini memang sedikit lebih tradisional. Berbeda dengan social media marketing, email marketing tidak membuatmu dapat langsung menerima feedback lewat komentar netizen di postingan promosimu.

Namun,  jika membicarakan tentang membangun hubungan jangka panjang dengan customer, email marketing adalah cara yang lebih efektif tergantung seberapa kreatif kamu mengemas promosi di surat elektronik yang dikirimkan ke mereka.

Jika caramu tepat, maka urusan merebut hati pelanggan dan membuat mereka setia bukan sesuatu yang mustahil.  Bahkan setelah para pelanggan setia, mereka tidak hanya akan membaca email yang dikirimkan, mereka akan menunggu-nunggu kapan email mengenai produk terbaru datang.

Email marketing juga dinilai memiliki potensi akuisisi konsumen baru yang jauh lebih besar. Dilansir dari WBR Digital, angka keberhasilan akuisisi konsumen baru mencapai 81%, jauh lebih besar jika dibandingkan dengan social media marketing yang hanya 51%.

Hal terakhir yang membuat strategi ini patut dicoba adalah biayanya. Menurut studi Direct Marketing Association, jika sebuah email seharga 1$ dikirimkan, berpotensi untuk mendatangkan keuntungan hingga 40$.

Keunggulan Email Marketing

Selain beberapa kelebihan yang disebut di atas, email marketing juga mempunyai beberapa keunggulan lainnya, yaitu sebagai berikut:

1. Bersifat Personal

Apa kamu pernah menerima email promosi? Walau dikirim secara broadcast, namun penerima pasti disapa menggunakan nama mereka. Hal tersebut merupakan salah satu yang membuat email marketing bersifat lebih personal.

Sifat personal ini, membuat email marketing adalah strategi yang memiliki potensi lebih besar menarik atensi pelanggan atau calon pelanggan. Saat mereka sudah merasa nyaman menerima email darimu, maka menawarkan apa pun akan terasa jadi jauh lebih mudah.

2. Variabel Terukur

Kamu dapat melakukan evaluasi lebih efektif terhadap kampanye yang kamu lakukan lewat surat elektronik ini. Kamu dapat melihat respon yang muncul terhadap email yang kamu kirimkan.Kamu dapat melakukan analisis data tersebut. Selain itu, kamu juga dapat melacak pelanggan yang kembali atau tidak, hasil monitoring ini dapat kamu pakai untuk mencari solusi terbaik untuk pemasaranmu.

3. Interaksi Lebih Dalam dengan Pelanggan

Email marketing adalah strategi pemasaran yang membuatmu dapat berinteraksi lebih dalam dengan pelanggan. Kamu dapat menjalin hubungan yang baik bahkan meminta saran pelanggan untuk pengembangan bisnis onlinemu.

Email yang kamu kirimkan tidak harus selalu berbentuk penawaran atau promosi saja, kamu dapat mencoba memberikan beberapa tips atau informasi bermanfaat atau survey singkat terkait produk dan jasamu untuk meningkatan engagement dengan pelanggan.

4. Dapat Dikustomisasi

Isi serta desain dari email dapat kamu atur sesuai keinginanmu. Silahkan maksimalkan tampilan dan copywriting yang kamu gunakan agar strategi ini dapat memberi hasil yang juga maksimal. Kamu dapat melihat beberapa contoh yang akan kami sampaikan di bawah nanti.

5. Praktis dan Mudah Dibagikan

Selain kamu jadi lebih mudah memberitahukan tentang produk atau jasa baru dari bisnismu, Lewat email marketing juga membuat pelanggan jadi lebih mudah berbagi penawaran produk dan mem-forward-nya ke teman-teman mereka. Pelanggan yang berbagi email ini menjadi semacam agen gratis yang menaikan brand awareness atau sales dari produkmu.

Kelemahan Email Marketing

Tentu saja, email marketing adalah satu strategi pemasaran yang tidak hanya punya kelebihan, namun juga kekurangan. Berikut beberapa kelemahan dari email marketing:

1. Email Bisa Dideteksi Sebagai spam

Mengirim email dengan frekuensi yang terlalu sering akan memberi indikasi ke Google bahwa kamu menimbulkan ketidaknyamanan pada pengguna. Alhasil, Google akan menganaggap email promosimu sebagai spam.

2. Email tidak bisa diterima secara langsung

Seringkali email promosi yang dikirimkan oleh pelaku bisnis tidak dapat masuk secara langsung kepada para pelanggan. Bahkan membutuhkan waktu cukup lama sampai surat elektronik tersebut bisa sampai ke kotak masuk cutomer yang ditargetkan.

3. Tidak Semua Pelanggan Aktif Memeriksa Email

Salah satu kekurangan email marketing adalah kenyataan bahwa tidak semua orang sering mengecik kotak masuknya. Bahkan seringkali ada yang membuat email hanya untuk keperluan mendaftar ke sosial media, selebihnya mereka tidak pernah menggunakan email itu sama sekali.

Tips dan Trik

pengertian email marketing

Berikut ini adalah tips dan trik yang bisa kamu praktikan sebelum melakukkan strategi pemasaran email marketing:

1. Lakukan Riset

Karena email marketing adalah sebuah strategi pemasaran, maka kegiatan mengirim email yang kamu lakukan harus jelas maksud dan tujuannya. Lakukan riset agar kamu mengenal siapa calon pelanggan yang kamu targetkan. Ketahui dan pahami selera mereka. Lalu berdasarkan informasi tersebut, kamu akan tahu konten email seperti apa yang cocok dengan mereka.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan riset untuk menentukan target penjualan, pahami dulu dalam industrimu berapa rata-rata penjualan yang dihasilkan melalui email. Gunakan rata-rata tersebut sebagai patokan untuk menetapkan target realistis, sehingga kamu tahu harus ke berapa orang email dikirimkan.

2. Kelompokkan Pelanggan

Kalau kamu sudah tahu karakter pelangganmu. Cobalah kelompokkan mereka ke dalam golongan-golongan tertentu, berdasarkan minat, usia, lokasi, dan lain-lain. Nantinya kamu dapat mengatur email yang dikirmkan agar sesuai dengan profil masing-masing kelompok.

Setiap kelompok juga bisa kamu amati kapan waktu yang biasa mereka gunakan untuk membuka email. Misal, untuk pekerja kantoran yang biasa berinteraksi menggunakan email,  mereka cenderung mengakses kotak masuk di jam kerja maka kirimlah email ke kelompok tersebut sekitar jam 08.00-16.00.

3. Evaluasi dan Ukur Hasilnya

Mengukur dan evaluasi hasil dari email marketing adalah perkara yang wajib kamu lakukan. Pastikan dulu kamu sudah punya ukuran keberhasilan agar kamu dapat melakukan evaluasi lebih maksimal.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengukur keberhasilan dari praktik email marketing-mu. Salah satunya dengan menetapkan KPI yang jelas atau memanfaatkan metode A/B testing.

4. Yakinkan Pelanggan Email-mu Bukan Spam

Jangan sampai pelanggan menandai emailmu sebagai spam. Pastikan juga mereka bersedia memasukkan alamat email perusahaanmu ke dalam daftar kontak. Kamu dapat memberikan petunjuk terkait ini di awal, ketika mereka mendaftarkan email dan data diri di website perusahaanmu.

5. Gunakan Email Service Provider yang Terpercaya

Hati-hati dalam memilih email service provider. Cek reputasi mereka sebelum kamu memutuskan untuk bekerjasama. Selain untuk keamananmu, hal ini juga dapat memengaruhi kepercayaan pelanggan terhadap perusahaanmu.

Contoh Email Marketing yang Baik

Melihat baik dan tidaknya sebuah email marketing adalah sesuatu yang cukup mengandalkan preferensi. Namun beberapa email dari perusahaan besar ini dapat sedikit memberikan gambaran mengenai seperti apa email marketing seharusnya dibuat olehmu.

1. Starbuck

contoh email marketing - Starbuck

Perpaduan foto high resolution yang nyaman dipandang dengan kata-kata manis yang begitu personal seolah-olah hanya ditujukkan padamu, membuat email marketing dari Starbuck ini akan cukup mudah untuk memicu reaksi selanjutnya dari pelanggan.

2. Uber

contoh email marketing - uber

Simple dan to the point, Uber berusaha tidak bertele-tela namun tetap efektif. Apalagi tombol CTA (call to action) begitu jelas dengan penempatan yang sangat baik di sana.

3. Canva

contoh email marketing - Canva

Canva mengirimkan ini untuk memberitahu keberadaan fitur baru mereka. Bukannya menjelaskan dengan detail dan panjang yang mungkin akan membuat pelanggan malas melihatnya, Canva mengandalkan gambar sederhana namun sangat efektif.

4. Buzzfeedcontoh email marketing - buzzfeed

Tidak harus selalu promosi produk atau jasa, kamu juga bisa berbagi informasi menarik dalam email marketing-mu seperti yang dilakukan Buzzfeed ini. Apalagi jika kamu bisa meniru headline dan gambar yang ditampilkan oleh mereka yang sangat menarik perhatian.

5. Headspaceemail marketing adalah - contoh

Bukan hanya foto HD yang bokeh, illustrasi lucu seperti kumpulan susi yang sedang cemburu pada kawannya ini pun akan cukup efektif untuk mengundang pelanggan engage dengan email-mu.

Itulah hal-hal yang perlu kamu tahu terkait salah satu startegi pemasaran yang cukup efektif, yaitu email marketing. Intinya email marketing adalah sebuah pilihan yang bisa kamu gunakan jika kamu mengharapkan pembangunan relasi jangka panjang yang baik dengan pelangganmu.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments