Hanya Modal 10ribu! Ini Dia Investasi Reksadana Tokopedia

  • 4 min read
  • Jun 08, 2021
Cara Investasi Reksadana di Bibit Praktis (1)

Reksadana adalah cara berinvestasi yang dikenal mudah untuk pemula. Karena pengelolaan investasi  akan didelegasikan atau dipandu oleh manajer investasi. Namun sekarang bahkan jauh lebih mudah lagi, karena prosesnya bisa dilakukan secara digital, seperti pada investasi reksadana Tokopedia.

Kehadiran investasi reksadana Tokopedia adalah kabar gembira untuk generasi milenial dan gen z, yang melek teknologi sekaligus melek keuangan dan tentu saja melek investasi.

Berbeda dari investasi di aplikasi Bibit yang memang platform khusus untuk investasi reksadana. Layanan investasi reksadana Tokopedia merupakan salah satu fitur layanan dari Tokopedia yang merupakan sebuah e-commerce dan bukan produk utama di sana.

Namun tetap saja, hadirnya layanan tersebut membuat kegiatan investasi jauh lebih mudah dan murah. Bayangkan, hanya bermodal Rp10.000 saja, kamu sudah bisa berinvestasi.

Tawaran modal murah dan risiko yang rendah dibanding jenis investasi lain, tentu saja menambah alasan para anak muda untuk mencoba berinvestasi reksadana di Tokopedia.

Lalu apa sebenarnya reksadana Tokopedia? Dan bagaimana caranya berinvestasi di sana?

Apa itu investasi reksadana Tokopedia?

Reksadana Tokopedia adalah instrumen investasi berupa reksadana yang dikelola oleh raksasa e-commerce, Tokopedia.

Mereka bekerjasama dengan Bareksa yang bertindak sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Saat ini, ada dua produk investasi reksadana pasar uang yang disediakan oleh Tokopedia,  yaitu Syailendra Dana Kas dan Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra.

Memulai atau medaftar investasi reksadana di Tokopedia juga cukup mudah, singkatnya kamu hanya perlu mengisi formulir secara online, setelah itu menunggu verifikasi data kurang lebih selama 1 x 24 jam. Jika sudah terverifikasi, kamu bisa langsung menginvestasikan dana.

Reksadana Tokopedia juga memudahkanmu dalam membayar investasi, karena pembelian unit reksadana dapat  dilakukan dengan beberapa pilihan metode pambayaran.

Untuk anak muda sepertimu, yang belum berani berinvestasi terlalu besar. Tenang saja! Minimal nilai investasi reksadana Tokopedia ini bahkan lebih kecil daripada uang jajanmu, yaitu hanya Rp10.000.

Selain itu, pada dasarnya reksadana memang termasuk jenis investasi yang risikonya paling minimal namun tetap menguntungkan karena dana investasi dikelola dalam berbagai macam portofolio seperti obligasi, deposito, dan saham.

Unit yang kamu beli juga akan dibantu pengelolaannya oleh Manajer Investasi dan kamu tinggal memantau pergerakan keuntungan investasi.

Apa aman berinvestasi di Tokopedia? Sudah dibahas di atas, Tokopedia ini sudah diawasi OJK. Jadi investasi reksadana Tokopedia tentu saja aman dan legal.

Produk investasi reksadana Tokopedia

Tokopedia baru menyediakan dua produk reksadana yang bersifat konvensional dan syariah. Keduanya merupakan jenis reksadana pasar uang. Dua produk investasi reksadana Tokopedia tersebut adalah:

1. Reksa dana Syailendra Dana Kas

Produk Reksadana Tokopedia yang ini cocok bagi investor yang memang menginginkan likuiditas dalam waktu singkat, namun imbal hasilnya tetap tinggi. Investasi di reksadana Syailendra Dana Kas ini 100% ditempatkan pada pasar uang dalam negeri atau efek bersifat hutang.

2. Reksa dana Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra

Nah ini produk reksadana syariahnya dari Tokopedia. Produk reksadana ini mengikuti prinsip syariah Islam dalam pengelolaannya. Investasi hanya dialokasikan untuk portofolio yang sudah ada dalam Daftar Efek Syariah (DES), misalnya seperti sukuk, saham, dan obligasi yang industrinya halal.

Kelebihan dan Kekurangan Reksadana Tokopedia

Tentu saja suatu hal selalu ada kelebihan dan kekurangannya, begitu juga investasi reksadana di Tokopedia. Berikut kelebihan dan kekurangan reksadana Tokopedia yang dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan:

Kelebihan

  1. Keuntungan hingga 6,5% per tahun dan tanpa dikenakan pajak
  2. Minimal investasi sangat kecil hanya Rp10.000.
  3. Pencairan dana investasi instant dan cepat, bahkan dalam hitungan menit.
  4. Aktivitas jual beli reksadana dapat dilakukan kapanpun dan 24 jam.
  5. Terdapat fitur langganan reksadana, untuk otomatisasi investasi
  6. Desain UI/UX ReksaDana Tokopedia rapi dan sederhana, sehingga mudah dioperasikan dan ramah untuk pemula.

Kekurangan

  1. Fitur dan jenis reksadana yang tersedia masih terbatas
  2. Waktu Cut off time hanya sampai pukul 23.00
  3. Tidak fokus, karena pada dasarnya adalah platform e-commerce, sehingga memungkinkan distraksi pada berbelanja online daripada investasi reksadana

Cara Investasi Reksadana di Tokopedia

Sekarang bagaimana cara investasi reksadana Tokopedia? Berikut kami jelaskan cara melakukan pembelian, penjualan serta cara memanfaatkan fitur langganan reksadana Tokopedia.

Cara Membeli

  1. Buka halaman Tokopedia Reksa Dana, namun pastikan dulu kamu telah memiliki akun Tokopedia.

masuk ke investasi reksadana Tokopedia

  1. Klik pilihan Beli Reksa Dana untuk memulai pembelian.

klik beli reksadana di Tokopedia

  1. Silahkan pilih produk Reksa Dana yang ingin dibeli, lalu tentukan nominal investasi (minimum Rp 10.000), jika selesai klik Beli Reksa Dana.
  1. Pilih metode pembayaran, Lalu bayar sesuai dengan petunjuk pembayaran.

 

metode pembayaran investasi reksadana Tokopedia

  1. Transaksi pembelian pun selesai, mudah kan?Unit Reksa Dana yang kamu beli akan diproses paling lambat 2 hari kerja.

Cara Menjual

  1. Buka halaman Tokopedia Reksa Dana.
  2. Klik tombol Jual Reksa Dana.

Pilih jual reksadana Tokopedia

  1. Atur nominal unit reksa dana yang akan dijual (minimum Rp 10.000), lalu klik tombol Jual Reksa Dana.

atur nominal reksadana Tokopedia

  1. Akan muncul Rangkuman Penjualan, setelah kamu cek dan yakin, Lalu klik Kirim Kode Verifikasi.

 

rincian penjualan reksadana tokopedia

  1. Pilih Metode Verifikasi, bisa melalui SMS atau Panggilan Telepon. Setelah menerima kode lalu masukan kode verifikasi.
  1. Transaksi penjualan reksadana telah berhasil, Hasil penjualan akan masuk ke Saldo Penghasilan akun Tokopedia maksimal 10 menit sejak penjualan Reksa Dana berhasil. Silahkan tunggu dan cek berkala Saldo Penghasilanmu.

Cara Mengaktifkan Fitur Langganan Reksadana

Fitur Langganan Reksadana adalah fitur untuk menjalankan investasi secara otomatis. Kamu dapat menetapkan nominal dan jadwal investasi sesuai kebutuhan. Lalu dana akan otomatis disalurkan ke saldo reksadana secara rutin. Kamu dapat mengubah pengaturan atau menonaktifkan fitur ini kapan saja.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur langganan reksadana ini? Silahkan ikuti langkah berikut ini :

  1. Akses dashboard di https://www.tokopedia.com/reksa-dana/dashboard.
  2. Ubah pegaturan pada layanan Reksa Dana Langganan dengan memilih “Aktifkan”.

aktifkan fitur langganan Reksadana Tokopedia

  1. Isi Data Langganan, berupa jangka waktu, pengaturan jadwal dan metode pembayaran.

langganan reksadana Tokopedia

atur jadwal

 

  1. Setelah selesai, klik Mulai Berlangganan.

 

Itulah cara investasi reksadana Tokopedia, walau masih terbatas dari segi fitur dan pilihan produknya, namun investasi di Tokopedia bisa jadi pilihan bagi para pemula yang butuh kemudahan.

Apalagi jika modal yang dimiliki tidak terlalu banyak, dengan minimal investasi yang sangat rendah, yaitu hanya 10ribu, maka investasi reksadana Tokopedia akan jadi sebuah jalan keluar.

 

BACA JUGA:  12 Startup Blockchain di Indonesia Terbaik
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *