page title icon Kemampuan Digital Marketing Yang Harus Dimiliki Digital Marketer di 2021

Apakah Anda ingin menjadi ahli dalam digital marketing atau memulai karir dalam digital marketing?

Setiap orang bisa menjadi digital marketer yang sukses, tetapi untuk mencapai kesuksesan itu, Anda harus memiliki keahlian mendasar atau skill digital marketing yang diperlukan untuk menghadapi tantangan yang akan Anda hadapi.

Saat ini kemampuan digital marketing sangat diperlukan, mengingat bahwa hampir kebanyakan bisnis sudah merambah ke dunia online-online. Mungkin besok-besok pebisnis kerak telor juga membuat website untuk bisnis kerak telornya.

Maka Anda sebaiknya memiliki kemampuan pemasaran digital yang baik.

Artikel ini juga akan menggambarkan kualifikasi seorang digital marketer yang relevan dengan industri digital marketing sekarang ini.

Dalam panduan yang sederhana tapi padat ini, Anda akan mempelajari kemampuan mendasar yang Anda butuhkan untuk berkarir di dunia digital marketing atau pemasaran digital. Atau sederhananya, bagaimana cara menjadi digital marketer dan apa tugas digital marketer dalam sebuah bisnis?

Skill Digital Marketing Yang Wajib Anda Pelajari

Mau menjadi ahli digital marketing? Berikut merupakan kemampuan digital marketing yang sangat dibutuhkan belakangan ini:

Search Engine Optimization (SEO)

kemampuan digital marketing seo

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah SEO.

Bagi saya, SEO merupakan bagian integral dan penting dari strategi pemasaran digital. Tanpa pengoptimalam SEO, sulit untuk menjalankan upaya-upaya digital marketing.

Jika Anda perhatikan, pasti setiap bisnis online memiliki SEO Specialist yang bertugas untuk mengurusi hal-hal berkaitan denga SEO bisnis mereka.

SEO ini penting untuk mengoptimalkan website Anda untuk mesin pencarian. Tujuannya adalah agar website Anda semakin mudah ditemukan oleh pengguna mesin pencarian seperti Google.

Tidak sulit untuk menjadi ahli SEO, kedengarannya memang ribet tapi sebenarnya itu sangat sederhana. Untuk menjadi ahli SEO, kemampuan SEO terpenting yang wajib Anda kuasai adalah:

Technical SEO: Memiliki pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan untuk mengoptimalkan hal-hal teknis suatu website sehingga mesin pencari seperti Google bisa crawl dan mengindeks website tersebut dengan mudah. Jika suatu website memiliki masalah teknik, itu terkadang menghambat Google untuk mengenali atau mengindeks website tersebut.

SEO Copywriting: Copywriting adalah kemampuan menulis dikombinasikan dengan kemampuan sales atau menjual sesuatu. Nah, sekarang ini, seorang copywriter yang baik harus memahami dan bisa mengkombinasikan kemampuan copywritingnya dengan SEO. Tujuannya adalah agar copy atau tulisannya tersebut itu mudah ditemukan di mesin pencarian.

Kemampuan Link Building: Sederhananya, link building dapat diartikan sebagai upaya Anda sebagai SEO Specialist untuk memperluas “koneksi” website Anda. Salah satu cara melakukan link building adalah dengan meminta website lain untuk mempromosikan website Anda di website mereka, atau meminta mereka untuk meletakkan URL website Anda di salah satu postingan mereka sebagai backlink.

Kemampuan Analisis dan Menggunakan Tools Analisis: Dalam dunia SEO, Anda tetap memerlukan tools SEO seperti Google Search Console, Google Analytics, Ahrefs, Semrush atau tools SEO lainnya. Nah untuk dapat memaksimalkan hasilnya, Anda harus mempunyai kemampuan analitik yang bagus untuk mengevaluasi kesalahan, mencari peluang, dan solusi yang dibutuhkan oleh strategi SEO website Anda.

OnPage SEO: Salah satu teknik SEO yang populer dan krusial. OnPage SEO adalah teknik SEO untuk mengoptimasi postingan/page suatu website. Jadi yang termasuk dalam OnPage SEO ini adalah keyword research, konten yang berkualitas, dan lainnya.

Kemampuan Beriklan di Google (Google Advertising)

kemampuan digital marketing google ads

Saat ini yang merajai dunia periklanan adalah Google Ads.

Hal itu karena Google merupakan mesin pencarian yang paling banyak digunakan orang, sehingga menarik minat digital marketer untuk beriklan di Google Ads.

Melalui Google Ads, Anda dapat menampilkan iklan Anda kepada pengguna Google yang mengakses Google, menonton video di YouTube, membaca email di Gmail, atau menjalajahi website-website yang sudah berpartisipasi dalam Google Adsense.

Kalian pasti melihat beberapa iklan di website ini, bukan?

Itu adalah salah satu atau dua contoh iklan yang dipasang orang lain melalui Google Ads.

Menurut saya, kemampuan Google Ads mendasar yang perlu Anda pelajari:

  • Bagaimana Google Ads itu bekerja;
  • Strategi terbaik menyusun kampanye/memulai iklan;
  • Mengoptimalkan iklan Anda;
  • Memahami sistem bidding di Google Ads;
  • Cara menggunakan tools SEO (seperti Ahrefs, Semrush, dll) untuk menganalisis strategi iklan Anda di Google Ads.
BACA JUGA:  White Hat SEO: Apa Itu, Teknik, Dan Mengapa Penting

Skill digital marketing diatas bisa Anda pelajari dimana saja, gratis maupun berbayar. Bahkan Google sendiri sudah menyediakan banyak sekali panduan-panduan, tips, saran serta rekomendasi kepada para pengiklan yang ingin memasang iklan di Google Ads.

Kemampuan Google Ads ini menurut saya sangat penting dimiliki oleh digital marketer untuk berkarir di dunia digital marketing karena Google memiliki pengguna yang sangat banyak.

Jadi Anda bisa memasang iklan di Google Ads untuk memperkenalkan brand, layanan ataupun produk bisnis Anda kepada orang banyak.

Kemampuan Beriklan di Facebook (Facebook Advertising)

kemampuan digital marketing facebook ads

Anda pasti sangat familiar dengan Facebook, atau bahkan Anda menggunakan Facebook untuk urusan bisnis Anda. Mengenal dan menguasai Facebook Ads sangat penting karena media sosial raksasa ini adalah salah satu kemampuan untuk berkarir di dunia digital marketing

Dari yang saya amati, dari bisnis kecil hingga perusahaan besar itu menggunakan Facebook sebagai sarana kampanye digital bisnis mereka. Hal ini karena Facebook juga memiliki pengguna yang sangat banyak, dan terus bertambah setiap menitnya.

Berdasarkan pengalaman saya, beriklan di Facebook Ads itu tidak semudah yang terlihat. Tidak sekedar pasang iklan, bayar, lalu udah biarin aja – tidak.

Facebook menawarkan beberapa tools dan fitur periklanan yang membutuhkan keahlian khusus untuk melakukannya. Ada fitur-fitur penting yang harus dipelajari terlebih dahulu.

Hal yang menarik dari Facebook Ads adalah sama dengan Google Ads, yaitu Anda bisa mengatur sendiri audiens target Anda. Anda bisa mengatur untuk siapa Anda menargetkan iklan yang Anda pasang tersebut.

Nah untuk itulah Anda memerlukan kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan.

Menurut saya, sebagai ahli pemasaran digital, berikut kemampuan digital marketing yang perlu Anda miliki dalam Facebook Ads:

  • Membuat dan mengelola akun bisnis di Facebook;
  • Memahami jenis-jenis dan perbedaan iklan di Facebook;
  • Cara menyiapkan kampanye dan set iklan;
  • Memahami cara menargetkan audiens tertentu;
  • Menyusun laporan untuk memantau kinerja iklan Anda di Facebook Ads.

Tenang saja, Facebook sudah menyediakan banyak sekali panduan Facebook Ads yang bisa Anda akses dan pelajari secara gratis.

Kemampuan Facebook Ads ini juga sangat dibutuhkan, karena bisnis-bisnis bahkan perusahaan besar sampai sekarang tetap mengAndalkan media sosial raksasa ini sebagai platform beriklannya.

Kalian pada saat scroll-scroll di Facebook pasti melihat banyak iklan perusahaan besar kan? Dan untuk menyiapkan itu tidak mudah, membutuhkan kemampuan-kemampuan dasar yang perlu dipelajari.

Kemampuan Social Media Marketing

skill digital marketing email marketing

Tidak bisa diragukan lagi bahwa semua bisnis online sudah memiliki akun media sosial baik itu akun Instagram, fanpage Facebook, akun Twitter, akun perusahaan di LinkedIn atau bahkan TikTok – ya ada perusahaan yang punya akun TikTok.

Perusaahaan dan bisnis sekarang ini memanfaatkan sosial media untuk menjangkau audiens target mereka. Platform media sosial raksasa seperti Facebook, LinkedIn, Instagram, dan Twitter membantu bisnis terhubung dengan banyak orang dan mempromosikan bisnis mereka.

Tetapi mungkin Anda berpikir, “apa susahnya main sosial media, cuma perlu posting, share dan komen aja kan?”.

Wohoho salah besar ferguso, tidak semudah itu.

Berikut merupakan skill pemasaran online yang diperlukan oleh ahli social media marketing:

  • Kemampuan menyusun strategi dan membuat kalender konten media sosial;
  • Memiliki pengetahuan yang luas mengenai tools, atau fitur-fitur yang ada di sosial media;
  • Kreativitas untuk membuat iklan yang menarik audiens target;
  • Mengetahui Key Performance Indicator (KPI) untuk memantai kinerja social media marketingnya.

Kemampuan Content Marketing

kemampuan digital marketing content marketing

Bagi saya, salah satu aspek terpenting dalam pemasaran digital adalah konten.

Logikanya seperti ini:

  • Untuk mendapatkan peringkas atas di Google, konten Anda harus berkualitas dan sesuai dengan kaidah SEO;
  • Untuk memperbanyak like dan followers fanpage Facebook, Anda membutuhkan konten dan iklan yang bagus;
  • Untuk mengajak klien potensial untuk membeli produk atau layanan Anda melalui email marketing, maka konten email marketing Anda harus meyakinkan (baca = berkualitas).

Dan menjadi content marketer itu terkadang tidak mudah. Karena Anda itu bukan hanya menulis untuk bisa pejwan di Google, tetapi Anda menulis konten untuk audiens Anda.

Jadi Anda harus melakukan riset keyword, riset audiens target, gaya penulisan yang tepat, dan lainnya.

BACA JUGA:  8 Cara Mendapatkan Orderan di Fiverr (Langganan/Repeat Buyer di Fiverr)

Untuk ahli dalam content marketing, berikut merupakan skill digital marketing yang harus Anda asah:

  • SEO Copywriting: memahami dan mampu mengkombinasikan konten (copy) yang berkualitas dengan teknik-teknik SEO yang relevan;
  • Content writing: Anda harus bisa menulis konten yang terstruktur dengan baik, mudah dipahami, tata bahasanya rapi, to the point, dan lainnya;
  • Kemampuan riset: Sebelum menulis artikel, blog, atau email copy Anda pasti melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan keakurasian informasi yang Anda tuliskan. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki kemampuan riset yang mumpuni.

Untuk menjadi content marketer, sebenarnya Anda tidak harus pandai menulis.

Anda bisa membeli konten atau menggunakan jasa penulis, sedangkan Anda berurusan dengan masalah pemasarannya. Jadi Anda bisa berkoordinasi dengan penulis Anda mengenai strategi marketing Anda, dan lainnya.

Karena Anda juga tidak seharusnya memaksakan kemampuan menulis Anda, karena bisa aja hasilnya malah tidak seperti yang Anda inginkan.

Kemampuan Video Marketing

skill digital marketing email marketing

Saat ini video marketing sedang diminati oleh para digital marketer. Salah satu platform favorit untuk video marketing adalah YouTube dan juga Facebook.

Anda pasti menyadari bahwa banyak orang menghabiskan waktu yang lama menonton video di YouTube maupun Facebook. Bahkan ada yang mengatakan bahwa sekarang ini pengguna internet lebih suka menonton video daripada membaca postingan yang panjang.

Sekarang ini audiens lebih menyukai konten-konten visual, dan yang mudah dipahami.

Untuk menjadi video marketer, Anda tidak harus mempunyai kemampuan videografi atau editing. Anda hanya perlu mengetahui cara mengkombinasikan video tersebut dengan ilmu-ilmu marketing yang Anda miliki.

Anda setidaknya harus mempunyai kemampuan pemasaran digital dibawah ini untuk bisa ahli dalam video marketing:

  • Membuat strategi dan konsep video untuk marketing seperti durasi video, pesan yang ingin disampaikan, gaya penyampaian di video, dan lainnya;
  • Cara mempromosikan video tersebut di berbagai platform baik secara organik maupun berbayar (melalui iklan);
  • Cara mengoptimasi platform video marketing (contohnya Anda harus mampu mengoptimasi channel YouTube bisnis Anda).

Kemampuan Email Marketing

kemampuan digital marketing email marketing

Email marketing adalah salah satu bentuk pemasaran yang masih diandalkan oleh banyak model bisnis.

Terkadang bisnis memanfaatkan email marketing untuk membangun koneksi atau bonding dengan audiens mereka, membangun komunitas, atau untuk meningkatkan konversi penjualan mereka.

Berikut merupakan hal-hal yang bisa Anda pelajari untuk ahli dalam email marketing:

  • Pengetahuan teknis mengenai email marketing: banyak sekali tools email marketing yang bisa Anda gunakan seperti MailChimp, Aweber, dan lainnya. Jadi sebagai email marketer Anda harus mengetahui dan familiar dengan tools tersebut;
  • Kemampuan marketing: sebagai email marketer Anda harus memiliki kemampuan marketing yang mumpuni. Maksudnya adalah bahwa Anda harus bisa benar-benar memanfaatkan tools email marketing untuk bisnis Anda;
  • Mampu mengoptimalkan dan meningkatkan konversi: Salah satu indicator keberhasilan email marketing itu berada pada tingkat konversi. Semakin besar tingkat konversinya, maka semakin sukses upaya email marketing tersebut. Jadi sebagai email marketer Anda harus mempunyai kemampuan ini.

Kesimpulan: Kemampuan Digital Marketing Yang Penting

Jika Anda ingin berkarir di bidang digital marketing, tentu saja Anda harus mengasah kemampuan Anda di bidang tersebut.

Pemasaran digital juga merupakan konsep yang luas, memiliki banyak bentuk (ada 7 seperti yang dijelaskan diatas). Meskipun memiliki banyak bentuk, tetapi tujuan dari digital marketing adalah untuk mempromosikan bisnis, produk, atau layanan secara online.

Saya pribadi tidak merekomendasikan Anda untuk (mencoba) menguasai semua kemampuan digital marketing diatas.

Anda hanya perlu mempelajari beberapa diantaranya secara mendalam, tetapi Anda harus mengenal semua kemampuan digital marketing itu karena mereka itu saling berkaitan dan membutuhkan satu sama lain.

Contohnya, untuk menjadi email marketer, Anda harus mempunyai kemampuan content marketing yang bagus, Anda juga harus mempunyai kemampuan copywriting yang mumpuni. Dan seterusnya.

Anda dapat memperdalam kemampuan digital marketing Anda dengan belajar dari internet, mengikuti kursus online (berbayar dan gratis) atau mencari mentor untuk Anda.

Tapi hal yang perlu Anda ingat adalah bahwa proses belajar digital marketing itu sepertinya tidak akan pernah berhenti, mengingat industri digital marketing itu sangat dinamis.

Jadi pastikan Anda tetap belajar dan mengikuti perkembangan industri digital marketing agar kemampuan yang Anda miliki tetap relevan.

Leave a Comment