Friday, December 3, 2021
HomeDigital MarketingCara Menyusun Strategi Digital Marketing Yang Efektif Dalam 7 Langkah

Cara Menyusun Strategi Digital Marketing Yang Efektif Dalam 7 Langkah

Dalam postingan ini, Anda akan mempelajari cara menyusun strategi pemasaran digital dan cara menerapkan strategi pemasaran online, langkah demi langkah.

Percayalah, digital marketing adalah aset terpenting yang harus dimiliki oleh bisnis Anda.

Jangan ketinggalan.

Tetapi bukan berarti marketing tradisional tidak berguna lagi, eksistensi marketing tradisional masih diperlukan, tetapi pemasaran digital ini harus di manfaatkan. Apalagi jika bisnis Anda sangat mengandalkan sarana digital seperti internet untuk meningkatkan keuntungan.

Strategi marketing terbaik dan efektif akan membawa brand bisnis Anda menjadi lebih baik lagi.

Jika bisnis Anda menginginkan bisnis Anda lebih dikenal lagi, maka panduan dan strategi digital marketing ini sangat cocok untuk Anda.

Mari kita mulai.

Apa Itu Strategi Digital Marketing?

apa itu strategi digital marketing

Strategi pemasaran digital, atau bahasa kerennya digital marketing adalah rencana atau strategi yang menjelaskan cara menggunakan satu atau lebih sarana pemasaran online untuk menjangkau pasar atau target audiens Anda.

Strategi digital marketing berisi daftar langkah yang harus ditempuh dan tujuan pemasaran digital tertentu. Digital marketing merupakan strategi pemasaran terbaik saat ini untuk kebanyakan model bisnis.

Di era digital seperti ini, memiliki strategi digital itu sangat penting karena akan membantu bisnis Anda mendapatkan eksposure yang lebih kuat lagi, sehingga meningkatkan nilai brand Anda di mata audiens Anda.

Lalu bagaimana cara menyusun strategi online marketing?

Panduan ini akan membawa Anda menyusun taktik marketing atau taktik pemasaran yang efektif bagi bisnis Anda. Berikut saya akan membahas 11 langkah menyusun strategi pemasaran online untuk bisnis Anda.

Jenis-Jenis Digital Marketing

jenis-jenis digital marketing

Pemasaran online itu merupakan konsep yang sangat luas. Sampai saat ini ada sekitar 6 jenis pemasaran digital yang bisa Anda manfaatkan untuk pengembangan bisnis Anda, seperti:

Content marketing

Content marketing melibatkan pembuatan dan publikasi konten yang dirancang untuk menawarkan, mendidik, ataupun membuat audiens target Anda mengenal lebih jauh mengenai brand Anda. Contohnya adalah melalui blogging, konten YouTube dan lainnya.

Native advertising

Native advertising ini disebut juga sebagai advertorial. Native advertising adalah jenis iklan online yang menyerupai konten editorial website yang mereka promosikan.

Iklan Pay Per Click (PPC)

PPC termasuk populer dan menjadi favorit para digital marketer. PPC adalah strategi pemasaran yang melibatkan iklan online yang berbayar. Jadi Anda sebagai pengiklan hanya membayar setiap ada pengguna yang mengklik iklan Anda.

Search Engine Optimization (SEO)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. SEO adalah teknik meningkatkan visibilitas website sehingga mudah ditemukan di mesin pencarian. SEO ini teknik favorit para digital marketer untuk mendatangkan trafik organik ke website mereka.

Media social marketing

Sama seperti namanya, marketing jenis ini melibatkan media sosial. Jadi caranya adalah dengan mempromosikan brand, produk atau layanan di platform media sosial. Saat ini media sosial juga semakin banyak, dan jenisnya juga sangat banyak.

Email marketing

Email marketing merupakan pendekatan marketing yang menggunakan email sebagai sarana utama. Biasanya para digital marketer memanfaatkan email marketing ini untuk menjaga loyalitas klien yang sudah ada.

Memang banyak sekal jenis digital marketing ini, tetapi kita hanya akan membahas beberapa dari mereka di panduan cara menyusun strategi pemasaran online ini.

Cara Menyusun Strategi Pemasaran Online

cara menyusun strategi pemasaran online

Berikut adalah 7 langkah yang bisa Anda ikuti untuk menyusun strategi digital marketing yang efektif:

Tentukan tujuan bisnis Anda (tujuan yang terukur)

Langkah pertama dalam membuat strategi pemasaran digital adalah menentukan tujuan bisnis atau organisasi Anda. Tanyakan diri Anda, “Apa tujuan yang ingin Anda capai melalui pemasaran online ini?”.

Tetapi ingat, setiap tujuan yang Anda tetapkan itu harus terukur (measurable), jangan tujuan yang terlalu abstrak.

Segala sesuatu dalam kampanye digital marketing itu harus dapat diukur (dari awal hingga akhir) sehingga strategi pemasaran digital tersebut dapat berjalan dengan baik dan efektif.

Jika Anda belum tau, berikut merupakan manfaat digital marketing:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan trafik organik website bisnis Anda
  • Meningkatkan penjualan
  • Memperbanyak email list
  • Mengurangi biaya periklanan atau Pay Per Click (PPC)
  • Meningkatkan followers fanpage Facebook bisnis Anda
  • Meningkatkan subscribers channel YouTube bisnis Anda

Di atas itu beberapa contoh target digital marketing, tetapi memang masih terlalu abstrak, bukan?

Baik mari kita buat agar tujuannya lebih terukur dan lebih jelas.

Target digital marketing yang terukur:

  • Meningkatkan followers Facebook bisnis Anda menjadi 20.000 followers
  • Iklan Anda di Facebook Ads dilihat oleh minimal 400.000 audiens
  • Brand bisnis Anda di highlight di salah satu website terkenal
  • Meningkatkan viewers channel YouTube bisnis Anda sebesar 20.000 views
  • Meningkatkan peringkat website Anda di keyword “Baju Gamis” ke peringkat atas di Google
  • Mendapatkan 1000 email list baru

Dengan memiliki tujuan yang terukur, Anda dan tim digital marketing Anda akan lebih mudah dan realistis dalam mengimplementasikan strategi pemasaran digital bisnis Anda.

Baik, pasti Anda masih bertanya-tanya, “Lalu bagaimana cara menentukan tujuan dan target digital marketing yang terukur dan jelas?”

Mari kita bahas secara mendalam lagi. Kali ini saya akan membuat analogi sederhana.

Jadi untuk menyusun strategi digital marketing, mulailah dengan sasaran bisnis Anda itu seperti apa, barulah susun strategi online marketing berdasarkan sasaran bisnis Anda tersebut.

CONTOH:

Bisnis – Jualan baju Gamis di website TokoGamisAqu.

Sasaran bisnis – Meningkatkan penjualan baju Gamis menjadi 50 juta per bulan.

Mari kita asumsikan bahwa Anda mendapatkan penjualan sekitar 1 juta per 500 kunjungan ke website dan toko baju Gamis Anda. Oleh karena itu Anda membutuhkan sekitar 25,000 kunjungan ke website Anda dalam satu bulan.

Nah, Anda sudah memiliki sasaran bisnis dan gambaran cara mencapainya, sekarang apa?

Susunlah strategi digital marketingnya.

Sasaran digital marketing – Kunjungan website sebanyak 25,000 kunjungan dalam satu bulan.

Lalu bagaimana cara mendapatkan 25,000 kunjungan organik dalam satu bulan? Sesuaikan dengan website Anda.

Anda bisa memperbanyak postingan website Anda, dari yang biasanya 1x seminggu menjadi 3x seminggu.

Anda juga harus melakukan riset keyword yang tepat untuk baju Gamis, misalnya Anda menggunakan keyword “Baju Gamis murah”, “Baju Gamis terbaik”, “Baju Gamis di Jakarta” dan lainnya.

Anda juga bisa meningkatkan intensitas membagikan postingan website Anda ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Pinterest, dan lainnya.

Anda juga bisa meningkatkan upaya promosi dengan beriklan di Google Ads, Facebook Ads, dan lainnya.

Dan strategi online marketing lainnya yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan Baju Gamis Anda.

Apakah mudah dimengerti?

Untuk meringkasnya, pertama Anda harus menentukan sasaran bisnis, yang dilanjutkan dengan menentukan strategi digital marketing berdasarkan sasaran bisnis tersebut.

Jadi strategi pemasaran online setiap model bisnis itu berbeda, jangan pernah copy paste strategi pemasaran online bisnis lain, sesuaikanlah dengan kondisi dan model bisnis Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang ini, silahkan mulai diskusi di kolom komentar.

Pahami pasar, tentukan audiens target Anda

Langkah kedua ini sangat penting karena Anda harus bisa mengidentifikasi dan mengenal audiens target Anda sebelum menyusun strategi pemasaran online. Dengan kata lain, tahap ini adalah proses menentukan secara rinci dan jelas mengenai siapa yang Anda targetkan dalam digital marketing ini.

Apakah itu kelompok menengah kebawah? Pelajar dan mahasiswa? Perempuan? Profesional yang bekerja di industri A?

Sesuaikan dengan model bisnis Anda.

Disclaimer, Anda tidak harus menjadikan ini sebagai langkah kedua. Banyak digital marketer yang menempatkan ini sebagai langkah pertama – dan tidak salah juga.

Anda bisa menentukan audiens target Anda dulu, atau bahkan tujuan bisnis Anda dulu. It’s up to you.

Lalu mengapa Anda harus mengidentifikasi audiens Anda?

Tujuannya adalah untuk menentukan secara mendetail karakteristik atau pengguna internet yang seperti apa yang mungkin tertarik dengan penawaran, produk, jasa ataupun apapun yang Anda tawarkan.

Logikanya mudah: Anda tidak mungkin menjual baju gamis ke laki-laki bukan? Tidak tepat juga jika Anda menargetkan audiens kelas menengah kebawah, sedangkan produk yang Anda tawarkan itu adalah Tesla Model X. Sangat tidak relevan, dan tentu saja itu adalah strategi digital yang salah.

Pahami user dan search intent

Setelah Anda selesai mengidentifikasi audiens target Anda, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencoba memahami kebutuhan mereka dan bagaimana mereka mencari informasi tentang kebutuhannya itu melalui mesin pencari atau media sosial.

Maksud saya begini, jika si Ayu ingin membeli baju Gamis untuk lebaran tahun depan, menurut Anda apa yang akan dia ketik di mesin pencari Google?

Ya, pasti antara “baju gamis tercantik”, “baju gamis”, “baju gamis lebaran”, “baju gamis warna abu-abu”, dan sejenisnya.

Jadi jika bisnis Anda adalah tentang baju gamis, maka Anda harus optimasi kata kunci “baju gamis” di postingan website Anda.

Jangan pula Anda menggunakan kata kunci “baju untuk wanita”, karena website Anda yang tentang “baju gamis” tidak akan bisa ditemukan jika Ayu mengetik kata kunci “baju gamis” di mesin pencarian.

Jadi Anda perlu melakukan riset keyword untuk menemukan kata kunci yang tepat dan sering digunakan oleh pengguna internet pada saat mencari sesuatu.

Manfaatkan content marketing

Pernah mendengar kalimat, “content is king”?

Saya sangat setuju dengan pernyataan itu bahwa konten itu sangat signifikan dalam digital marketing.

Langkah ini sangatlah strategis. Setelah Anda mengetahui audiens, apa kebutuhan mereka, apa yang biasa mereka cari di internet, sekarang saatnya Anda mulai membuat berbagai jenis aset untuk digunakan dalam kampanye pemasaran online Anda.

Salah satu aset penting digital marketing adalah konten.

Konten ini pun banyak jenisnya, bisa berupa:

  • Postingan blog
  • Artikel
  • Infografis yang menarik
  • Gambar/foto
  • Podcast
  • Logo
  • Video
  • Atau hal apapun yang menarik untuk dibaca
contoh strategi digital marketing

Brand bisnis Anda bisa lebih dikenal lagi jika kualitas content marketing Anda juga joss. Dan contoh-contoh konten untuk digital marketing diatas itu sangat strategis, karena hampir setiap hari orang membaca blog, mendengarkan podcast, menonton video di YouTube, mantengin infografis yang menarik, dan lainnya.

Perkuat SEO website Anda dari awal

Jika Anda sudah belajar digital marketing sejauh ini, berarti Anda sudah familiar dengan istilah SEO.

SEO atau Search Engine Optimization adalah salah satu teknik populer digital marketing yang membantu meningkatkan visibilitas suatu website. SEO yang baik akan membuat suatu website mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Tetapi ingat, SEO itu membutuhkan waktu yang tidak cepat. Jika Anda memulai SEO website Anda sekarang, mungkin hasilnya baru bisa dirasakan 1-4 bulan kedepan – atau bahkan lebih lama.

Jadi sangat direkomendasikan untuk memulai SEO terlebih dahulu, di atas teknik digital marketing lainnya. Kenapa? Ya karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil dari pengimplementasian SEO.

Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mengalokasikan budget untuk SEO terlebih dahulu.

Pelajari lebih lanjut mengenai apa itu SEO disini.

Manfaatkan platform iklan berbayar (paid advertising)

Hampir semua bisnis online itu menggunakan pemasaran Pay Per Click (PPC) atau iklan berbayar untuk mempromosikan brand mereka.

Jika Anda menginginkan hasil dan efek yang lebih cepat dari SEO, maka iklan berbayar ini menjadi solusinya. Bedanya dengan SEO ya bahwa Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang lagi.

Cara kerja PPC adalah Anda akan membayar sejumlah uang tertentu ketika ada pengguna internet yang mengklik iklan Anda tersebut.

Jadi Anda tidak akan bayar apa-apa kalau tidak ada yang klik iklan Anda.

Pemasaran melalui PPC ini sangat direkomendasikan untuk bisnis yang baru mulai, belum dikenal orang banyak, serta websitenya memiliki SEO yang belum optimal.

Tetapi hal yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa tidak semua platform PPC itu sama. Beberapa model bisnis tidak cocok dengan platform PPC tertentu, jadi tentukan secara bijak dan sesuaikan dengan model bisnis Anda.

Contohnya, jika bisnis Anda menjual aksesoris anak muda dan audiens target Anda adalah anak muda dan milenial, maka Instagram adalah platform yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda. Jika bisnis Anda menargetkan para pebisnis, maka LinkedIn menjadi pilihan yang tepat.

Lalu apa saja platform iklan berbayar/PPC populer yang bisa Anda gunakan:

  • Facebook Ads: platform ini termasuk populer dan ideal untuk model bisnis apapun. Facebook Ads ini memiliki pengguna yang sangat besar (sekitar 2,7 miliar di tahun 2021) sehingga sangat cocok untuk memperkenalkan brand Anda ke audiens target Anda.
  • Instagram Ads: platform ini sangat ideal jika bisnis Anda menargetkan audiens anak muda dan milenial.
  • Twitter Ads: biasanya para marketer beriklan di Twitter Ads untuk memberikan pengumuman atau update terbaru dari bisnis mereka. Pengguna Twitter saat ini juga semakin meningkat.
  • LinkedIn Ads: hal yang harus Anda ketahui adalah bahwa LinkedIn cukup ketat dalam menyeleksi iklan yang pantas mereka tayangkan. Biasanya mereka hanya menerima iklan yang memang benar-benar bisnis dan di targetkan ke eksekutif bisnis atau professional.
  • Google Ads: sampai sekarang platform ini merupakan platform periklanan yang paling terkenal dan banyak digunakan oleh para digital marketer. Kenapa? Ketika orang membutuhkan sesuatu, mereka pasti akan mencarinya terlebih dahulu di mesin pencarian seperti Google
  • Google Display Ads: fiturnya ini memungkinkan Anda untuk memasang iklan di berbagai produk Google seperti YouTube, Gmail, dan jutaan website lainnya yang menjadi partner Google AdSense.
  • Bing Ads: Bing adalah salah satu mesin pencarian, tetapi tidak sepopuler Google. Cara kerjanya sama seperti Google Ads. Bing Ads ini merupakan alternatif yang baik untuk Google Ads.
  • Tik Tok Ads: siapa yang tidak mengenal Tik Tok? Platform ini sangat cocok untuk bisnis yang menargetkan anak-anak muda serta milenial.
  • Dan lainnya.

Evaluasi dan update strategi digital marketing Anda

Pemasaran online adalah industri yang sangat dinamis, berkembang dengan cepat. Jadi Anda harus bisa pastikan bahwa strategi pemasaran online bisnis Anda itu bisa beradaptasi juga mengikuti perubahan tersebut.

Jadi sangat penting bagi Anda untuk terus mengevaluasi dan merevisi strategi pemasaran digital Anda agar tetap update dan relevan dengan kondisi saat itu.

Bagaimana cara mengevaluasi suatu strategi pemasaran online?

Cara terbaik untuk mengevaluasi strategi digital marketing dan pengimplementasiannya adalah dengan mengevaluasinya berdasarkan Key Performance Indicator (KPI) dan beberapa indikator lainnya.

Menurut saya, sampai saat ini metrik terpenting untuk mengevaluasi strategi pemasaran digital Anda adalah:

  • Jumlah trafik/kunjungan ke website Anda
  • Cost per visit
  • Cost per conversion
  • Click-Through Rate (CTR)
  • Jumlah penjualan
  • Berapa lama waktu yang dihabiskan pengguna di website Anda
  • Bounce rate website Anda
  • Seberapa banyak pengguna membagikan postingan/website Anda ke media sosial
  • Jumlah komen
  • Dan lainnya yang menurut Anda penting dan menggambarkan kesuksesan strategi pemasaran online Anda

Metrik diatas dapat Anda gunakan untuk mengukur strategi digital marketing yang sukses. Tetapi sekali lagi itu semua tergantung pada target dan sasaran digital marketing yang telah Anda susun.

Kesimpulan: DIGITAL MARKETING ITU PENTING

manfaat digital marketing

Strategi digital marketing adalah susunan rencana yang berisi dan menjelaskan secara detail bagaimana menggunakan berbagai sarana pemasaran online untuk mengembangkan bisnis Anda di internet.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk membuat strategi pemasaran online yang efektif dimulai dengan menentukan tujuan bisnis yang kemudian diubah menjadi strategi pemasaran digital.

Anda juga harus memahami dengan baik karakteristik dan kebutuhan audiens target Anda. Jika Anda sudah mengidentifikasi dan memahami dengan baik audiens target Anda, sudah saatnya Anda menyusun dan mengimplementasikan beberapa strategi digital marketing terbaik seperti content marketing.

Saya tidak menyarankan Anda menggunakan semua sarana pemasaran online yang disebutkan diatas seperti Facebook Ads, Bing Ads, Blogging, dan lainnya. Itu akan membutuhkan biaya yang sangat besar, dan tentu saja tidak efektif.

Pastikan Anda memilih platform digital marketing yang memang sesuai dan relevan dengan model binsis Anda. Setelah memiliki strategi online marketing, pastikan Anda secara rutin melakukan evaluasi dan revisi terhadap strategi pemasaran online tersebut agar tetap update dan relevan dengan industri Anda dan perkembangan digital marketing yang sangat dinamis.

Artikel ini diproduksi dan dipublikasikan oleh Pinter Internet. Segala hak cipta terhadap postingan ini dipegang oleh operator Pinter Internet, kecuali dinyatakan sebaliknya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments