Resmi! Windows 11 Rilis , Apa Saja yang Baru?

  • 4 min read
  • Jun 25, 2021
Resmi! Windows 11 Rilis , Apa Saja yang Baru?

Windows 11 Rilis

Microsoft resmi mengumumkan Windows 11 rilis!

Benar seperti yang banyak dirumorkan di internet, bahwa acara yang diadakan Microsoft pada tanggal 24 Juni 2021 menjadi Windows 11 release date yang ditunggu-tunggu.

Seperti tulisan kami sebelumnya, pada awalnya pihak Microsoft merahasiakan keberadaan generasi terbaru dari OS-nya ini. Bahkan, acara di tanggal 24 Juni mereka ‘samarkan’ dengan menyebutnya sebagai acara untuk mengumumkan updatean terbaru Windows 10 21h2 alias ‘Sun Valley’.

Namun dasar netizen yang maha kepo, mereka berhasil mencari banyak bukti dan petunjuk yang mengarah pada keberadaan dari Windows 11. Akhirnya, dugaan mereka terbukti benar.

Dilansir dari situs resmi Microsoft, fitur Windows 11 akan membuat lebih dekat dengan apa yang kamu cintai. Sepertinya mereka menyadari penggunaan PC atau laptop saat ini merupakan sesuatu yang sifatnya lebih personal. Isi dan pengaturan pada PC dapat menggambarkan selera dan apa yang disukai.

Microsoft mengusung tema tersebut dalam merancang Windows 11. Hadir banyak fitur yang memudahkan seseorang mengkustomisasi PC mereka seperti yang mereka mau.

Selain itu, tampilan interface-nya pun dibuat lebih bersih dan segar. Salah satu yang menonjol adalah sudut dari jendela yang terbuka tidak lagi runcing, melainkan sedikit cekung. Bahkan perubahan ini direpresentasikan pada logo windows 11.

Agar lebih jelas, kami mendedikasikan tulisan ini untukmu berkenalan dengan sang generasi terbaru, Windows 11. Selamat membaca.

Tampilan Windows 11

tampilan windows 11

Microsoft melakukan banyak desain ulang pada tampilan di versi OS teranyar ini. Mereka membuatnya semakin simpel, modern dan segar.

Selain sudut-sudut yang dibuat lebih melengkung, Start button dan taskbar juga ikut mengalami perubahan. Keduanya mendapatkan sentuhan baru dari segi sound, font dan ikon. Posisi defaultnya pun bergeser jadi berada di tengah-tengah.

Namun untuk masalah posisi, kamu masih dapat mengubahnya ke versi klasik. Jadi kalau kamu kagok karena terbiasa dengan Start Button yang berada di sebelah kiri, kamu tak perlu khawatir karena ada opsi untuk mengembalikannya kembali ke posisi tersebut.

Menu Start ini mendapatkan kelebihan lain, dia terkoneksi dengan cloud dan Microsoft 365. Sehingga kamu dapat melihat file yang baru kamu buka, bahkan jika kamu membukanya di device lain seperti dari smartphone.

Overall, Windows 11 rilis dengan tampilan lebih fresh. Dari mulai jendela, font, ikon dan backsound tampak berbeda. Selain itu, terdapat pula tema-tema baru untuk kamu terapkan.

Fitur Windows 11

Snap Your Apps

Snap layout windows 11

Apakah kamu suka bekerja secara multitasking dengan membuka beberapa jendela dan menyusunnya berdampingan? Misalnya, ketika menulis untuk konten blog, kamu meletakkan referensi di sebelah kanan dan software menulis di sebelah kiri, sehingga kamu dapat menulis sambil lihat referensi.

Nah Windows 11 menawarkan sesuatu yang bagus untukmu, ada fitur baru yang membuatmu lebih enak melakukan kebiasaan tersebut.

Fitur tersebut bernama Snap. Fitur ini dapat membuatmu mengatur tata letak jendela-jendela yang terbuka bersamaan dengan lebih praktis. Ada beberapa jenis Snap di Windows 11 yaitu Snap Layouts, Snap Groups dan Snap Desktop.

pilihan snap

Microsoft Team

Trend aplikasi zoom dan bekerja secara online sepertinya menginspirasi Microsoft. Di Operating System terbarunya ini, mereka menyematkan aplikasi Microsoft Team.

Aplikasi ini merupakan platform chat yang memungkinkanmu untuk mengirim pesan text (chatting), voice, dan Video call layaknya zoom. Ada opsi mute dan unmute dan dapat diakses secara praktis dari taskbar.

PC Gaming Experiences

Buat kamu para gamer, OS Microsoft terbaru ini menawarkan kelebihan untukmu. Karena Windows 11 rilis dengan membawa teknologi gaming terbaru dan mengklaim mereka dapat memberikan pengalaman bermain yang lebih baik.

Diantarnya ada DirectX 12, yang dapat memberikan grafis memukau pada frame rate berkecepatan tinggi. DirectStorage untuk load times yang lebih cepat dan mempertajam detail dari dunia game. Auto HDR yang akan meningkatkan pengalaman visual dengan memperlebar warna yang ditampilkan.

Jika kamu penasaran dengan apa yang sedang kami bicarakan di sini, kamu dapat membaca soal Xbox Game pass.

Widgets

widgets Windows 11

Kamu dapat melihat informasi-informasi atau berita terbaru di internet dengan fitur ini. Yang menarik, Widgets ini akan mencari rekomendasi berita untuk ditampilkan padamu dengan bantuan AI yang menganalisa kebiasaan browsing-mu di Microsoft Edge.

Jadi berita dan informasi yang ditampilkan akan lebih personal dan mendekati selera atau kebutuhanmu.

Selamat Tinggal Bluestack dan kawan-kawan

android app di Windows 11

Nah ini favorit kami. Kamu tidak perlu menginstal aplikasi seperti bluestack dan lainnya untuk dapat membuka aplikasi-aplikasi android atau iOS.

Ya, kamu dapat menginstal aplikasi-aplikasi smartphone di Windows 11. Jadi kamu dapat TikTokan atau bermain game android langsung dari PC. Aplikasi-aplikasi tersebut tersedia di Microsoft Store.

Peningkatan Kontrol Touch Screen

Banyak PC yang memiliki fitur touch screen dan juga meningkatnya penggunaan tablet membuat Microsoft meningkatkan pengalaman touch screen mereka di Windows 11.

Mereka memberi jarak antar ikon di taskbar sedikit lebih luas agar memberi ruang touch lebih leluasa, memperbesar target sentuhan dan menambah kontrol gestur.

Selain itu, kamu dapat menulis menggunakan pena digital dengan lebih baik. Device-mu akan merespon pergerakan pena dengan lebih baik dan akurat.

Microsoft Store Baru

new microsoft store

Windows 11 rilis bersama Microsoft Store yang baru. Platform untuk mencari aplikasi, hiburan, film atau game ini akan memiliki tampilan yang lebih fresh dan dapat diakses dengan lebih cepat.

Hal yang paling menarik dari Microsoft Store terbaru ini adalah akan hadirnya aplikasi pihak ketiga. Jadi isinya bukan hanya aplikasi-aplikasi buatan Microsoft seperti sekarang, melainkan banyak aplikasi dari developer luar, seperti  Visual Studio, Disney+, Adobe Creative Cloud, Zoom dan Canva.

Selain itu, Microsoft Store terbuka untuk creator dan developer aplikasi atau game untuk menyimpan karya mereka. Microsoft akan memberi komisi untuk para creator dan developer jika aplikasi atau game yang mereka simpan di Microsoft Store di download oleh pengguna. Lebih jelasnya, silahkan baca tawaran menarik ini lebih lengkap di Blog Microsoft.

Jika dilihat sekilas, mungkin arahnya akan menjadi seperti Play store atau appstore.

Spesifikasi Minimum untuk Windows 11

Berikut Spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk install Windows 11:

Spesifikasi untuk Windows 11

Windows 11 Download

Nah kamu sudah tahu tampilan dan fitur terbaru dari Windows 11 Microsoft ini. Mungkin sekarang kamu sedang bertanya, bagaimana cara upgrade ke Windows 11? Berapa harganya? Downloadnya di mana?

Jika kamu dari awal sudah meggunakan Windows original, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk upgrade ke Windows 11 alias GRATIS. Upgrade gratis ini akan dimulai dari liburan musim panas tahun ini hingga 2022 nanti.

Jadi tak perlu cari-cari Windows 11 kuyhaa atau Windows 11 bagas31 untuk mencari gratisan. Kamu hanya perlu download Windows 11 di situs resmi Windows.

Epilog

Windows 11 rilis dengan tampilan dan fitur yang tentunya dibuat untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Mereka terlihat beradapatasi dengan memasukkan fitur-fitur yang sesuai dengan trend yang banyak dibutuhkan.

Semoga keluarnya Windows 11 dapat menigkatkan produktivitas dan kenikmatan kita semua dalam menggunakan device masing-masing.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *