Friday, December 3, 2021
HomeCryptocurrency10 NFT Marketplace Terbaik 2021

10 NFT Marketplace Terbaik 2021

NFT atau non-fungiable token adalah jenis crypto yang dapat mewakili aset dunia nyata secara virtual. Bentuk dari asset NFT ini beragam seperti digital artworks, kartu koleksi, item dalam game dan lainnya. Semua asset tersebut biasanya dapat diperjualbelikan lewat NFT marketplace.

Seiring dengan makin populernya crypto jenis ini, maka NFT marketplace pun makin menjamur. Jika kamu sedang punya niatan untuk menjual atau membeli asset virtual tersebut maka kamu bisa menggunakan salah satu dari 10 NFT marketplace yang kamu rekomendasikan di tulisan ini. Silakan dicek ini dia daftarnya.

1. OpenSea

nft marketplace opensea

Opensea secara tegas mengklaim diri mereka sebagai NFT marketplace terbesar. Website ini menawarkan berbagai macam non-fungible tokens, seperti seni, nama domain anti sensor, dunia virtual dan kartu koleksi. Aset yang ada di Opensea adalah ERC721 dan ERC1155.

Kamu dapat membeli, menjual dan mencari berbagai digital asset eksklusif, seperti Axies, ENS names, CryptoKitties, Decentraland, dan lainnya. Cara jual beli di OpenSea juga cukup sederhana seperti yang kami sudah pernah bahas. Jika kamu menggunakan OpenSea untuk menjual item, kamu dapat menjualnya dengan harga tetap atau melelangnya.

Para kreator dapat membuat itemnya sendiri di blockchain dengan memanfaatkan fitur item minting yang ada di OpenSea. Fitur ini dapat digunakan secara gratis dan sederhana tanpa perlu paham coding. Sehingga ketika kamu ingin mengembangkan smart contract untuk game, koleksi digital atau project lainnya dengan digital item yang unik di suatu blockchain, kamu dapat dengan mudah menambahkannya ke OpenSea.

Kunjungi Opensea

2. Rarible

marketplace nft rerible

Rarible adalah NFT marketplace milik komunitas pemegang ERC-20 RARI token. Rarible akan menghadiahkan RARI token kepada pengguna aktif yanh melakukan pembelian atau penjualan di NFT marketplave mereka, di mana setiap minggunya mereka mengeluarkan 75000 RARI.

Platform satu ini tampak lebih fokus ke NFT yang berbentuk aset seni digital. Terlihat dari banyaknya karya seni digital yang tampil di halaman depannya. Para creator dapat menggunakan Rarible untuk menjual  karya mereka, baik itu buku, album musik, digital art dan bahkan film. Penjualan dan pembelian NFT  di Rarible dikategorikan menjadi art, photography, games, metaverses, musik, domains, DeFi, dan lainnya.

Kunjungi Rarible

3. SuperRare

superrare nft marketplace

Seperti namanya, SuperRare sangat memfokuskan platform mereka untuk menjadi NFT marketplace bagi orang-orang yang ingin menjual dan membeli digital artworks yang benar-benar unik dan eksklusif. Karena itu, platform ini benar-benar mengkurasi para kreator yang diperbolehkan berkontribusi.

Setiap artworks yang dibuat secara otentik oleh seniman yang ada dalam jaringan mereka tersebut dibuatkan menjadi suatu token sehingga bisa menjadi item koleksi yang dapat dimiliki dan diperjualbelikan, dilindungi oleh cryptography dan terlacak di blockchain. Setiap koleksi digital di platform jual beli NFT ini memiliki rekam jejak kepemilikan yang jelas. Semua transaksi yang ada di SuperRare menggunakan mata uang kripto dari Ethereum, yaitu Ether.

Kunjungi SuperRare

4. Foundation

nft marketplace - foundation

Foudation adalah platform yang dibangun untuk memadukan antara crypto, creator seni dan kolektor demi menciptakan satu kultur baru. Mereka menyebut diri mereka sebagai “new creative economy.” Fokus utama NFT marketplace satu ini adalah pada digital artwork.

Pada postingan pertama di blog mereka di Agustus tahun 2020, mereka memanggil semua kreator untuk bereksperimen dengan crypto dan bermain dengan konsep value pada sebuah karya seni.  Mereka mengundang para kreator untuk meretas, menumbangkan, dan memanipulasi nilai dari sebuah karya.

Setiap transaksi NFT di Foundation, para kreator akan mendapatkan 10% dari setiap transaksi karya mereka, yaitu, seorang seniman akan menerima 10% dari nilai penjualan setiap kali seorang kolektor menjual kembali karyanya kepada orang lain dengan harga lebih tinggi.

Kunjungi Foundation

5. AtomicMarket

atomicassets marketplace

AtomicMarket adalah NFT marketplace yang menerapkan sistem shared liquidity smart contract yang digunakan bersama oleh banyak situs. Shared liquidity di sini maksudnya adalah apapun yang tercantum pada satu market akan terpampang juga di market yang lain.

Platform ini adalah marketplace untuk AtomicAssets, sebuah standar NFT di teknologi blockchain eosio. Siapapun dapat menggunakan AtomicAsset untuk membuat token dan aset digital. Sehingga mereka bisa mulai membeli, menjual dan melelang aset-aset di AtomicAssets marketplace.

Kamu dapat membuat daftar NFT-mu sendiri untuk dijual di AtomicMarket, dan kamu juga dapat melihat-lihat NFT orang lain. Asset NFT yang terkenal akan ditandai dengan centang biru, sedangkan yang dinilai berbahaya akan di blacklist.

Kunjungi AtomicMarket

6. Myth Market

nft marketplace - myth market

Myth Market adalah himpunan pasar online untuk berbagai merek digital trading card alias kartu koleksi. Saat ini, pasar unggulannya adalah GPK.Market (di mana kamu dapat membeli kartu Garbage Pail Kids digital), GoPepe.Market (untuk kartu GoPepe), Heroes.Market (untuk kartu seri Blockchain Heroes), KOGS.Market (untuk kartu KOGS), dan Shatner.Market (untuk memorabilia William Shatner.)

Kunjungi Myth Market

7. BakerySwap

bakeryswap nft marketplace

BakerySwap adalah automated market maker (AMM) dan Decentralized exchange (DEX) di Binance Smart Chain (BSC). Situs ini menggunakan token keluaran BakerySwap, yaitu BAKE untuk bertransaksi.

Platform satu ini mempunyai multi fungsi, selain sebagai NFT marketplace, BakerySwap juga menawarkan  berbagai layanan keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Sebagai sebuah NFT marketplace, BakerySwap memuat berbagai digital art, meme dan NFT di dalam game yang dapat di beli dengan menggunakan token BAKE. Lalu ada penawaran yang disebut ‘combo meals’ yang memungkinkanmu mendapat bonus token BAKE.  Selain itu, menjual karyamu sendiri cukup mudah dilakukan di BakerySwap.

Kunjungi BakerySwap

8. KnownOrigin

nft marketplace terbaik knoworigin

KnownOrigin adalah NFT marketplace yang memungkinkanmu untuk mencari dan mengoleksi digital artwork langka. Setiap artwork yang ada di sini otentik dan unik.

Para kreator dapat memajang karya mereka untuk para kolektor tanpa perlu khawatir akan keamanannya karena terjamin oleh blocchain Ethereum. Kamu dapat submit karya dalam format jpg atau Gif asalkan semua file tersebut diarsipkan dalam bentuk IPFS.

Kunjungi KnownOrigin

9. Enjin Marketplace

enjin marketplace

Enjin Marketplace adalah mekanisme yang membuatmu dapat mencari dan bertransaksi asset blockchain. Platform ini adalah marketplace resmi milik Enjin yang berbasis NFT. Kamu dapat menggunakan Enjin Wallet untuk memajang atau membeli gaming items dan berbagai koleksi digital.

Kunjungi Enjin Marketplace

10. Portion

nft marketplace portion

Portion adalah marketplace online yang menghubungkan para artis dan kolektor melalui teknologi blockchain. Mereka bisa menjual, berinvestasi dan membeli berbagai koleksi seni secara transparan. Platform ini memilii komunitas artis, sebuah jaringan global artis dan kreator yang terdesentralisasi.

Portion memungkinkan siapa saja untuk menjadi kolektor. Kamu dapat mengelola koleksi fisik dan digital di satu tempat dan memudahkan dalam menukar kripto dengan karya seni dan berbagai koleksi.

Kunjungi Portion

Itulah 10 platform NFT marketplace terbaik saat ini. Jika kamu adalah kreator digital artwork mungkin lewat sepuluh website ini kamu bisa sedikit mencoba peruntungan dan mendapatkan penghasilan tambahan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments