Friday, December 3, 2021
HomeCryptocurrency15 Karya Seni NFT Termahal di Dunia

15 Karya Seni NFT Termahal di Dunia

NFT yang kian naik daun tentu saja memiliki komunitas kreator dan kolektornya tersendiri. Mereka mungkin punya cara berbeda dalam menilai sebuah karya NFT. Contohnya 15 karya NFT termahal yang akan kami sampaikan di daftar ini, di mana semua aset ini terjual dengan harga yang sangat fantastis dan cenderung tidak masuk akal.

Apa saja dan bagaimana bentuknya? Silakan disimak ini dia daftar 15 karya NFT termahal di dunia.

15 Hairy (Rp 12 Milyar)

NFT termahal - Hairy-NFT

Meski siapa pun bisa memasukkan karya seni mereka ke pasar NFT, namun kebanyakan NFT yang sukses dibuat oleh artis terkenal. Hairy adalah karya kolaborasi antara DJ Steve Aoki dengan artis Antoni Tudisco. Pada Mei 2021, secara mengejutkan karya seni bertajuk Hairy tersebut laku $888,888 atau setara Rp 12 Milyar!

14. Metarift  (Rp 13 Milyar)

Metarift- NFT termahal

Tak ada yang tahu siapa Pak, karena itu orang-orang di circle digital art menjulukinya sebagai “Satoshi on cypto art,” merujuk pada pencipta dari Bitcoin yang tidak diketahui identitas sebenarnya, melainkan hanya nama aliasnya, Satoshi Nakamoto.

Karya terbaru dari Pak menjadi salah satu NFT termahal saat ini dengan harga Rp 13 Milyar. Karya tersebut berbentu video surreal dengan ukuran 46.5 MB dengan judul Metarift. Karya ini menampilkan objek bulat yang berkumpul seperti representasi dari partikel proton dalam kimia dan diselimuti oleh simbol bergerak yang tak terbatas dengan latar belakang hitam. Tekstur logam yang disematkan juga memberi sentuhan tersendiri pada Metarift.

13. Forever Rose (Rp 14 Milyar)

Forever-Rose-NFT-Cropped

Kevin Abosch adalah salah satu pionir dalam dunia crypto art, dia dikenal dengan karya seni konseptualnya. Bahkan sebelum digital art booming, dia telah menjadi broker untuk beberapa penjualan karya seni, bahkan dia pernah menjual sebuah foto kentang dengan harga jutaan euro!

Pada hari valentine 2018, Abosch menjual salah satu hasil jepretannya dengan harga Rp 14 Milyar! Foto bunga mawar tersebut terjual sebagai NFT termahal di blockchain Ethereum. Berjudul Forever Rose, karya ini menjadi penggebrak dalam seni abtrak.

12. CryptoPunk #4156 – 650 ETH (Rp 18 Milyar)

CryptoPunk-karya NFT termahal

CryptoPunk adalah karakter bergaya pixel art karya dua orang anggota Larva Labs. Ada 10.000 seri karakter yang bisa dikoleksi, di mana setiap karakter berbeda dari yang lainnya.

Seri ke-4156 merupaan salah satu dari 24 Punks yang berbentuk kera. Seri tersebut digambarkan menggunakan bandana biru. Sesuai yang disebutkan oleh NFTS Street, pada 18 Februari 2021, CryptoPunk #4156 laku dengan harga Rp 18 Milyar!

11. CryptoPunk #6487 – 550 ETH (Rp 18,7 Milyar)

Cryptopunk-6487- NFT termahal di dunia

Seri ke-6487 dari CryptoPunk juga menjadi salah satu karya NFT termahal saat ini. Karakter koleksi yang termasuk ke jajaran 3840 “female punks” tersebut terjual seharga  Rp 18,7 Milyar. Padahal jika dilihat banyak karakter dari CryptoPunk yang mirip-mirip dengan seri ke-6487 ini.

10. Auction Winner Picks The Name (Rp 19 Milyar)

Auction-Winner-Picks-The-Name

Aunction Winner Picks the Name sedikit berbeda dengan karya NFT termahal yang lain yang kebanyakan berupa gambar atau GIF. Asset virtual satu ini berbentuk musik video yang dibuat oleh artis 3LAU yang berkolaborasi dengan SlimeSunday. Karya ini terjual sekitar Rp 19 Milyar.

9. Axie Infinity Virtual Game “Genesis” Estate (Rp 21,6 Milyar)

9-Genesis-Plots-from-Axie-Infinity-sold-as-asset NFT termahal

Axie Infinity adalah game di platform Ethereum yang dimainkan dengan membeli dan memelihara makhluk fantasi yang disebut Axie. Di awal Februari 2021, virtual properti berupa komplek perumahan di dalam game ini terjual dengan harga fantastis, yaitu Rp 21,6 Milyar!

8. CryptoPunk #6965 – 800 ETH (Rp 22 Milyar)

CryptoPunk 6965 - NFT termahal

Kembali lagi seri CryptoPunk tercatat menjadi karya NFT termahal. Kali ini adalah  CryptoPunk #6965, salah satu karakter kera di CryptoPunks yang laku dengan harga Rp 22 Milyar. Tampilan karakternya menggunakan topi model fedora berwarna keabu-abuan.

7. The Best I Could Do (Rp 23,7 Milyar)

Justin-Roilands-NFT-titled-22The-Best-I-Could-Do.22

Lagi-lagi karya NFT termahal merupakan buatan artis terkenal. Berjudul The Best I Could Do, karya yang terjual hingga Rp 23,7 Milyar ini adalah buatan Justin Roiland yang merupakan co-creator dari seri animasi terkenal amerika Rick and Morty.

Anehnya,  bukan menggambar karakter dari Rick and Morty, The Best I Could Do merupakan coretan aneh karakter-karakter dari seri animasi populer lain, yaitu The Simpsons. Sedikit tidak masuk akal memang namun mungkin bagi penggemar karya-karya Roiland harga selangit tersebut dinilai pantas.

6. The First Twitter Tweet (Rp 41 Milyar)

first tweet

Founder dari Twitter, Jack Dorsey, pernah memposting tweet pertamanya di platform microblogging pada 2006. Isinya adalah “just setting up my twttr.” Meski tweet tersebut tersebut masih tetap ada di Twitter, namun tweet bersejarah tersebut terjual sebagai karya NFT ke Sina Estav, CEO dari Bridge Oracle dengan harga $2.9 million alias Rp 41 Milyar.

Namun hasil penjualan dari tweet yang kini menjadi salah satu NFT termahal sepanjang sejarah tersebut disumbangkan ke organisasi bernama GiveDirectly, sebuah organisasi yang membantu finansial orang-orang yang membutuhkan dan juga menjalankan program bantuan COVID-19 di Afrika.

5. Doge – 1696.9 ETH (Rp 57,6 Milyar)

Doge- meme NFT termahal

Doge adalah gambar anjing Shiba Inu dengan ekspresi muka yang eksentrik dan dianggap sebagai meme paling ikonis dan terkenal di internet. Gambar ini kemudian terjual sebagai non-fungiable token dengan harga Rp 57,6 Milyar, sekaligus menjadi meme NFT termahal sepanjang sejarah.

Pada sebuah lelang yang diadakan di situs Zora, @pleasrdao memasang tawaran sejumlah 1,696.9 koin Ethereum yang setara dengan $4 million atau Rp 57,6 Milyar yang membuatnya memenangkan lelang tersebut.

4. Crossroads (Rp 95 Milyar)

karya NFT termahal

The digital artist Mike Winkelmann A.K.A. Beeple has created several dystopian art pieces mocking American presidential candidates like Donald Trump, Hillary Clinton, and Bernie Sanders, though his Crossroads piece is perhaps his most well-known.

Seorang digital artis Mike Winkelmann alias Beeple membuat beberapa karya seni sindiran yang mengejek kandidat-kandidat presiden Amerika yang digambarkan mirip Donald Trump, Hillary Clinton dan Bernie Sanders dan yang paling terkenal berjudul Crossroads.

Crossroads menampilkan bayi berukuran raksasa yang memiliki kemiripan dengan Trump tergeletak. Bayi tersebut memiliki banyak coretan ditubuhnya, salah satunya bertuliskan “loser.” Selain itu, ada burung berwarna biru bertengger di bahunya yang sepertinya melambangkan Twitter dengan speech bubble bergambar badut di atasnya.

Karya seni satire ini terjual sebagai NFT termahal dengan harga fantastis yaitu Rp 95 Milyar melalui marketplace NFT bernama Nifty Gateway.

3. CryptoPunk #7804 – 4,200 ETH (Rp 109 Milyar)

nft termahal

CryptoPunk #7804 merupakan seri langka karena merupakan satu dari 9 serti Alien CryptoPunks dari LarvaLabs. Berbeda dengan CryptoPunks biasa, seri langka terdiri dari Aliens, Kera dan Zombie. CryptoPunk #7804 menampilkan alien dengan kacamata hitam, topi dan pipa rokok yang tentunya tergambar dengan gaya pixelart.

2. CryptoPunk #3100 – 4.200 ETH (Rp 109 Milyar)

nft termahal saat ini

Masih dari 9 Alien Punks, seri CryptoPunk #3100 juga menjadi aset NFT termahal dengan harga Rp 109 Milyar. Seri ini menampilkan alien dengan warna kulit biru kehijauan dan mengenakan headband putih strip biru, yang entah kenapa agak mirip Squidward dari seri kartun Spongebob.

1. Everydays – The First 5000 Days – (Rp 994 Milyar)

karya nft termahal di dunia

Dalam lelang seni digital pertamanya, rumah lelang milik Christie menjual kompilasi karya seni yang dibuat oleh Beeple dengan harga yang memecahkan rekor, yaitu sebesar 69 juta dolar atau sekitar Rp 994 Milyar!

Beeple sendiri telah membuat karya seni setiap hari selama 5000 hari, tanpa sehari pun terlewatkan, sejak Mei 2007. Karena itu, kompilasi yang menjadi NFT termahal di duni ini pun diberi judul Everydays. Urusan style, medium, dan kontennya kebanyakan bertema dystopian atau satire.

Jika kamu penasaran dengan karya-karya Beeples di kompilasi Everydays, kamu bisa melihat di official website milik Christie, silahkan gunakan fitur super zoom yang disediakan untuk melihat kompilasinya lebih detail.

Nah itu dia 10 Karya NFT termahal di Dunia saat ini, bagaimana pendapatmu, apakah semuanya pantas dihargai dengan nilai yang fantastis?

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments