7 Olahraga untuk Menambah Berat Badan

  • 4 min read
  • Sep 17, 2021
7 Olahraga untuk Menambah Berat Badan

Semua orang sepertinya sepakat bahwa olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nah identik dipakai untuk menurunkan bobot tubuh, ternyata ada manfaat olahraga untuk menambah berat badan juga.

Tak hany bisa membakar kalori, olahraga juga bisa menaikkan timbangan. Jika kamu belum tahu, beberapa aktivitas menggerakan tubuh ini dapat membantumu menambah bobot tubuh. Dari mulai bersepeda hingga boxing kamu lakukan sebagai aktivitas olahraga untuk menaikkan berat badan.

Jadi badan kurus bukan alasan untuk tidak berolahraga. Justru olahraga akan membuat masa otot terbentuk dan tubuh akan berkembang lebih ideal. Tujuan olahraga untuk menambah berat badan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik tubuhmu. Jika kamu tertarik menaikkan berat badan dengan berolahraga, silakan disimak penjelasan Pinterinternet berikut di tulisan ini ya!

Olahraga untuk Menaikkan Berat Badan

olahraga untuk menambah berat badan

Seperti yang sudah kami singgung di atas, olahraga yang identik digunakan untuk membakar lemak, juga dapat kamu lakukan untuk menambah berat badan. Bahkan, cara ini dinilai lebih sehat daripada mengonsumsi suplemen yang berrisiko menimbulkan efek samping.

Namun tentu saja butuh proses, tak ada olahraga menaikkan berat badan dalam waktu singkat. Karena cara kerjanya adalah dengan membentuk massa otot secara bertahap sehingga sangat dibutuhkan konsistensi.

Seperti dilansir dari Healthline, beberapa olahraga di bawah ini dapat jadi pilihanmu sebagai aktivitas olahraga untuk menambah berat badan

  1. Bersepeda

Jika kamu sudah hobi menjalani olahraga satu ini, maka tinggal terus konsisten melakukannya agar berat badanmu bisa naik. Bersepeda ini selain menyehatkan juga bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot di bagian paha, betis dan perut.

Semakin kencang otot tubuh, semakin padat pula massa otot. Jadi olahraga mengayuh kendaraan beroda dua ini dapat jadi pilihanmu sebagai olahraga untuk menaikkan berat badan asal kamu lakukan secara konsisten.

  1. Berenang

Berenang merupakan olahraga air yang bisa jadi salah satu pilihan olahraga untuk orang kurus menjadi gemuk.  Berenang dapat melatih berbagai bagian otot manusia. Hampir semua anggota tubuh harus digerakkan kerika menajalani olahraga satu ini, mulai dari tangan, kaki, leher, kepala, hingga pinggang dan perut. Berenang bisa meningkatkan massa otot dan membuatnya lebih lentur dan kuat.

  1. Boxing

Keinginan menaikkan angka ditimbangan, bisa coba kamu capai dengan rutin melakukan olahraga boxing. Menurut para ahli, varian gerakan memukul, menendang dan bertahan dalam boxing dapat menaikan massa otot di banyak bagian tubuh.

Satu sesi latihan boxing melatih setiap otot pada tubuh, terutama pada bagian perut dan bahu. Makanya bagian tersebut akan terasa kaku dan sakit setelah kamu mengikuti sesi pertama latihan boxing. Jika konsisten, otot-otot yang digerakkan akan terbangun dan massanya pun bertambah sehingga timbanganmu akan naik.

  1. Angkat Beban

Angkat beban memang dikenal sebagai olahraga untuk menambah massa otot. Walau identik untuk pria, olahraga ini juga bisa dilakukan oleh para wanita sebagai alternatif olahraga untuk menambah berat badan.

Rutin mengangkat barbel dengan repetisi tertentu, sangat membantu dalam pembentukan otot tubuh. Bahkan jika kamu melakukannya dengan porsi yang benar, serta dikombinasikan dengan olahraga lain seperti bent over, chin ups, dan bench press lalu tidak lupa diimbangi dengan pola makan yang sesuai, olahraga satu ini tidak mustahil jadi cara menambah berat badan 5kg dalam seminggu.

  1. Squad

Kamu juga dapat merutinkan Olahraga squat untuk menambah berat badan. Ini jadi alternatif yang cukup menarik karena dapat dilakukan dengan mudah di rumah tanpa mengeluarkan biaya.

Squad juga mudah dilakukan, apa yang perlu dilakukan hanyalah berdiri tegak, kaki sejajar pinggul, turunkan bokong seperti posisi duduk tanpa kursi. Pertahankan tubuh tetap tegak. Lalu kembali e posisi berdiri setelah bokong sudah sejajar dengan lutut, kemudian ulangi lagi gerakan yang sama.

Jika masih baru merutinkan aktivitas squad ini, lakukan dulu dengan sedikit pengulangan. Kamu bisa menaikkan porsinya secara bertahap, dari diulang 3 kali, kemudian naik 5 kali dan seterusnya. Jika kamu melakukannya dengan konsisten, squad dapat membantumu menambah massa otot dan timbangan pun otomatis naik.

  1. Push Up

Push up juga masih golongan olahraga dirumah untuk menambah berat badan seperti layaknya squad. Push up mungkin sudah sangat dikenal olahraga untuk membentuk massa otot. Jika kamu ingin menaikkan berat badan, lakukanlah dengan rutin.

Massa otot bagian atas akan terbentuk dan meningkat seiring kamu rutin melakukan push up lebih. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan untuk menambah berat badan yang mengandung nutrisi sesuai kebutuhan tubuh, agar tubuh bisa segera lebih berisi.

  1. Pull Up

Kamu juga dapat memasukkan pull up bersama dengan push up dan squad, sebagai paket workout untuk menambah berat badan. Kombinasi ketiganya akan membuat massa otot yang terbentuk lebih merata dan juga lebih cepat.

Pull up dilakukan dengan awalan berdiri lalu kamu memegang tumpuan di atas kepala untuk menarik tubuh ke atas. Perhatikan juga bagian wajah agar tidak terlalu dekat pada pull up bar alias pegangan tangan sebelum memulai. Beri jarak,kemudian angkat tubuh dengan menggunakan kekuatan tangan sampai dagumu mencapai ke pull up bar.

Kamu juga tak boleh memasakan diri ketika melakukannya pertama kali. Cukup sesuaikan dengan kondisi bandanmu. Jika sudah merasa tidak kuat, berhenti saja.

Jadwal Olahraga untuk Menambah Berat Badan

olahraga untuk menaikkan berat badan

Cara kerja olahraga untuk menambah berat badan adalah dengan meningkatkan massa otot, bukan lemak. Berat badanmu dapat naik dengan lebih sehat dan cepat dibandingkan makan secara berlebihan. Jadi cara ini lebih direkomendasikan.

Lalu bagaimana sebaiknya hadwal olahraga untuk menambah berat badan untuk kamu lakukan? Kamu dapat mulai dengan melatih kekuatan dua kali sehari. kamu bisa melakukan jenis olahraga yang dapat kamu lakukan dari rumah.

Kamu juga dapat menambahkan latihan kardio secara rutin, seperti berlari dan benrenag. Meski tidak membentuk otot secepat jika kamu latihan kekuatan, namun melakukan kardio dapat membantumu menyeimbangkan aktivtisa olahraga.

Manfaat lainnya adalah memperkuat jantung, mengatasi atau meringankan tekanan darah tinggi atau diabetes, dan meningkatkan stamina untuk dapat menjalani hari. Jika kamu menganggap sudah rutin latihan kardio namun berand badan idela tak kunjung datang, mungkin kamu harus mengurangi frekuensi , intensitas atau durasinya.

Itulah penjelasan kami tentang olahraga untuk menambah berat badan. Selain mudah dan murah cara ini juga opsi yang sehat tanpa takut efek samping apapun.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *