Mengenal IP Address: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Jenisnya – IP Address adalah

  • 4 min read
  • Okt 07, 2021

IP Address adalah satu istilah yang mungkin tidak asing. Walaupun begitu sering terdengar di telinga, namun bukan berarti semua orang sudah tahu pengertian dan fungsinya. Bahkan tidak banyak yang tahu betapa dekatnya IP Address pada aktivitas kita saat berselancar di internet.

Ketika browsing, kamu akan mengetikkan alamat situs yang akan kamu kunjungi dan kamu langsung diarahkan pada laman situs tersebut. Nah tanpa kamu sadari dalam prosesnya ada peran penting internet protocol address (IP Address). Nah apa kamu penasaran dan ingin mengenal tentang IP Address? Mari simak penjelasan kamu berikut ini.

Apa Itu IP Address?

apa itu ip address

IP Address adalah deretan angka atau karakter unik yang digunakan sebagai nomor pengenal atau identifikasi terkait dengan suatu device atau jaringan komputer tertentu. Saat terkoneksi dengan internet, IP Address membuat device dapat mengirim dan menerima informasi dari jaringan internet. Format IP Address adalah deretan angka atau karakter yang di pisahkan oleh tanda titik, contohnya 185.231.223.73 atau  2001:cdba::3257:9675.

Seperti namanya, IP Address adalah alamat, dalam konteks ini alamat untuk suatu perangkat keras, seperti komputer, handphone, tablet dan lainnya yang terkoneksi ke jaringan. Makanya IP Address adalah aspek penting dalam proses menghubungkan perangkat tersebut dengan perangkat lainnya di internet.

Jika Internet Protocol Address alias IP Address adalah sebuah alamat unik yang mengidentifikasi suatu perangkat di internet atau jaringan lokal. Nah beda lagi dengan internet protocol itu sendiri merupakan prosedur untuk mengatur format data yang dikirim melalui internet atau jaringan lokal. Nah alamat tersebut dibutuhkan agar pengiriman data tersebut dapat terjadi.

Mungkin analogi yang pas untuk menggambarkan apa itu IP Address adalah Nomot telepon. Di mana kombinasi yang unik dari nomor telepon dapat dipakai untuk mengidentifikasi suatu pesawat telepon yang spesifik.

Fungsi IP address

jenis ip address

Sudah disinggung di atas, fungsi dari IP Address adalah sebagai alat identifikasi perangkat yang ada di jaringan internet. IP Address dibutuhkan untuk menghubungkan perangkat dengan jaringan internet dan juga untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di dalam jaringan.

IP Address juga memungkinkan seseorang untuk mengetahui pengunjung dari situs jejaring yang dia miliki. Selain itu, proses transfer data dari sebuah situs di internet ke komputer atau perangkat pengguna juga bisa dilakukan karena adanya IP Address. Download yang kamu lakukan tak lepas dari peran si IP Address ini.

Dilansir dari Avast.com salah satu tugas internet protocols adalah mengatur proses penetapan setiap perangkat unik dengan alamat IP, sehingga memudahkan untuk melihat mana perangkat di internet yang mengirim, meminta dan menerima informasi.

Bisa dibilang, IP Adress berfungsi seperti nomor telepon. Saat kamu menelepon seseorang, nomor teleponmu akan memberitahukan siapa dirimu dan membuat orang yang kamu telepon tahu siapa yang sedang menghubunginya. Cara kerja IP Address kurang lebih sama, karena itu setiap device membutuhkan IP address.

Cara kerja IP address

binary

Seperti sudah dijelaskan panjang lebar di atas, IP Address adalah aspek penting untuk membuat suatu perangkat dapat mengirim dan menerima data melalui internet. IP Address selalu unik satu dengan lainnya. Keunikan tersebutlah yang lantas memungkinkan router untuk mengetahui ke mana mereka harus mengirim informasi.

Melalui IP Address juga bisa diketahui perangkat mana yang sedang mengirim dan apa yang sedang dikirim, sehingga jika ada kesalahan alamat maka secara otomatis pengiriman akan dibatalkan. Proses identifikasi terjadi pada deretan IP Address yang biasanya berjumlah 8 digit.

Beberapa angka oktet berfungsi untuk identifikasi jaringan dan beberapa lainnnya membagi kelas jaringan. Sehingga akan ada perbedaan antara IP Address untuk wifi di rumah dengan jaringan wifi publik seperti di hotel atau bandara, tergantung pada jaringan mana dan jenis IP Address apa yang digunakan.

Jenis-jenis IP address

jenis ip address

Secara umum IP address dapat dibagi ke dalam 8 jenis.  Tipe pengguna, penyedia, dan bentuk dari IP Address adalah faktor yang membuat IP address terbagi menjadi karakteristik tertentu. Berikut jenis-jenis dari IP Address.

Jenis IP Address Berdasarkan Cakupan

IP Address Public, jenis ini dapat diakses langsung oleh internet, sifatnya unik di mana tiap perangkat memiliki IP berbeda dari perangkat lain dan semua perangkat dapat berkomunikasi secara langsung dengan IP address ini. Analogi yang cocok adalah nomor telepon rumahmu yang dapat ditelepon oleh siapa saja.

IP Address Private, merupakan alamat untuk digunakan berkomunikasi di jaringan lokal. Perangkat-perangkat yang menggunakan IP Address jenis ini bisa saja berkomunikasi secara langsung tanpa harus terhubung ke jaringan Internet dan bisa juga terhubung ke internet namun menggunakan NAT. Analoginya seperti telepon lokal di kantor yang dapat saling menelepon gratis antar ruangan atau divisi.

Jenis IP Address Berdasarkan yang Diberikan oleh ISP

IP Dinamis, Jenis ini diberikan secara gratis pada pelanggan layanan internet secara gratis namun sifatnya sementara. Pengguna Internet yang terus bertambah membuat alamat IP semakin terbatas. Maka jenis ini hadir agar IP dapat digunakan secara bergantian. Jadi ketika kamu merasa Internet mulai lemot coba laukan restart perangkat agar mendapat IP baru.

IP Statis, kebalikan dari yang dinamis, IP ini bersifat tetap. Biasanya merupakan pesanan khusus dari pelanggan yang membutuhkan jenis ini, seperti layanan web hosting, virtual private network atau server file transfer protocol. Mereka adalah penyedia layanan sehingga memerlukan IP tetap yang dapat jadi tumpuan operasional.

Jenis IP Address Berdasarkan Penggunaannya di Website

Shared IP, jenis ini digunakan pada server shared hosting. Di mana seluruh sumber daya server yang dimiliki dibagi-bagi ke banyak pengguna. Makanya digunakan pula IP Address yang bisa dibagi, sehingga setiap domain akan menggunakan alamat IP yang sama.

Dedicated IP, Jenis ini hanya digunakan oleh satu domain dalam satu waktu. IP ini biasanya digunakan oleh server dedicated hosting atau cloud VPS hosting.

Jenis IP Address Berdasarkan Versinya

IPv4, IP versi 4 merupakan jenis yang paling awal digunakan bahkan sejak pertama Internet dinikmati oleh masyarakat luas. Panjangnya sekitar 32 bit, terdiri dari delapan angka yang dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana setiap kelompok dipisahkan oleh tanda titik. Contohnya: 185.231.223.73

IPv6 adalah jenis IP Address baru yang belum banyak digunakan secara luas. Versi ini dibuat karena kombinasi angka di versi sebelumnya bisa saja habis. Versi ini memiliki panjang kode 128 bit. Contoh: 2001:cdba::3257:9675

Itulah penjelasan mengenai apa itu IP Address. Intinya IP Address adalah satu alamat unik sebagai identitas perangkat ketika terkoneksi dengan internet. Semoga membantu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *