Friday, December 3, 2021
HomeBloggingPodcast: Pengertian, Jenis, Cara Mendengarkan dan Membuatnya - Podcast Adalah

Podcast: Pengertian, Jenis, Cara Mendengarkan dan Membuatnya – Podcast Adalah

Podcast adalah salah satu kata yang semakin banyak bergaung saat ini. Masyarakat kita mulai sering mengkonsumsi  jenis konten yang mulai populer satu ini.

Namun sebenarnya apa itu podcast? Di tulisan kali ini pinterinternet akan membahas tentang podcast, dimulai dari pengertian, jenis-jenis dan lainnya.

Pengertian Podcast

podcast adalah

Podcast adalah konten digital berformat audio yang dapat diakses kapan saja melalui internet. Walau KBBI sudah memiliki cara penyebutan yaitu siniar untuk konten jenis ini, namun tetap saja masyarakat lebih nyaman menggunakan istilah podcast.

Podcast ini bukanlah lagu atau musik, melainkan lebih ke konten audio berupa monolog atau obrolan beberapa orang yang direkam dan didistribusikan melalui internet. Poin ini juga menjadi pembeda antara podcast dan radio.

Di mana radio hanya dapat didengarkan pada saat siaran berlangsung, sedangkan podcast adalah siaran audio yang direkam terlebih dahulu, sehingga konten audio satu ini dapat didengarkan kapan saja.

Tergantung muatan kontennya, Podcast adalah salah satu media hiburan yang cukup diminati karena bisa dikonsumsi sambil melakukan hal lain, atau bisa juga sebagai media pembelajaran karena tidak jarang para penggiat podcast membawakan konsep yang penuh ilmu dan informasi yang bermanfaat.

Jenis-jenis Podcast

jenis podcast

Secara garis besar, podcast dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu interview, monolog (solo), dan multi host. Apa perbedaan dari ketiganya? Mari kita bahas satu per satu.

1. Interview

Podcasst interview adalah podcast yang mengusung konsep mewawancarai tamu oleh sang pemilik podcast. Jadi para pendengar akan disuguhkan obrolan antara si podcaster (sebutan untuk pemilik podcast) dengan tamunya, baik dengan satu tamu atau lebih.

Podcast Deddy Corbuzier di spotify adalah salah satu contoh dari podcast interview. Beliau selalu melibatkan tamu di dalam pembicaraan dan selalu bertindak sebagai pewawancara.

2. Monolog (solo)

Monolog atau solo podcast adalah jenis podcast di mana si podcaster hanya berbicara sendiri tanpa adanya lawan bicara. Mereka bisa membicarakan apa saja, mulai dari cerita pengalaman si podcaster sendiri, mereview sesuatu, tips, trik, dan lainnya.

Intinya kamu hanya akan mendengarkan suara satu orang dalam podcast jenis ini. Salah satu contoh podcast jenis adalah Podcast Biar Lega milik komika Gilang Bhaskara.

3. Multi host

Jenis ini adalah podcast yang dibawakan oleh lebih dari satu orang,  bisa 2, 3 atau lebih. Mereka akan salaing mengobrol atau memberikan informasi. Mereka juga bisa saling melemparkan pengalaman terkait satu tema topik, atau sama-sama berkomentar tentang topik tertentu atau saling beropini mengenai apa yang disampaikan partner mereka.

Berbeda dari podcast interview, pada podcast multi host semua orang yang ada didalamnya adalah pengisi tetap bukanlah bintang tamu atau narasumber. Namun tak jarang juga ada podcast multi host yang mengundang tamu untuk diwawancarai. Contoh podcast multi host adalah Podcast Podkesmas.

Apa Saja yang Dibahas di Podcast?

podcast adalah

Apa yang ada di dalam Podcast sangat beragam. Jenis konten ini tak jauh berbeda dengan konten-konten yang ada di YouTube, radio atau televisi. Para podcaster memiliki konsepnya masing-masing dan membahas apa saja yang mereka inginkan.

Oleh sebab itu, di platform-platform penyedia podcast biasanya setiap podcast akan dibagi berdasarkan kategori, seperti politik, komedi, berita, olahraga, hiburan dan lainnya. Pengkategorian tersebut akan memudahkan pendengar dalam memilih podcast yang akan mereka dengarkan.

Jika kamu menyukai olahraga, maka kamu bisa memilih podcast dari kategori olahraga, jika sedang butuh tertawa, kategori komedi bisa jadi pilihanmu dan seterusnya.

Cara Mendengarkan Podcast

cara mendengarkan podcast

Cukup mudah untuk mendengarkan podcast saat ini karena podcast adalah konten yang bisa kamu dengarkan secara multiplatform, baik lewat HP Android, iPhone, iPad bahkan di komputer sekali pun.

Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia untuk mendengarkan podcast dimana saja dan kapan saja. Berikut ini adalah aplikasi podcast yang bisa digunakan untuk mendengarkan podcast melalui HP dan juga komputer.

Aplikasi Podcast untuk Android dan iOS

Jika podcast adalah konten yang biasa kamu dengarkan di HP milikmu, baik Android ataupun iPhone, kamu bisa menggunakan aplikasi podcast sebagai berikut:

  1. Apple Podcast
  2. Spotify
  3. NOICE
  4. Google Podcast
  5. Pods
  6. Castbox
  7. Overcast
  8. Pocket Cast

Aplikasi Podcast untuk PC

Sementara jika kamu lebih sering menggunakan komputer atau laptop untuk mendengarkan podcast, maka kamu bisa mendengarkan dari beberapa aplikasi berikut:

  1. Apple Podcast (khusus Mac)
  2. Grover Pro
  3. Spotify
  4. NPR One
  5. Stitcher

Cara Membuat Podcast

cara membuat podcast

Nah jika kamu berminat untuk membuat podcast dan mulai menjadi podcaster, kamu bisa lakukan dengan cukup mudah, bahkan mungkin lebih mudah dibandingkan jadi YouTuber.

Tidak terlalu banyak tools yang perlu kamu siapkan, jika yang kamu inginkan hanya podcast yang bisa didengarkan bukan yang kualitas profesional. Kamu hanya perlu mikrofon untuk merekam suara, untuk perekamnya kamu bisa menggunakan handphone-mu.

Namun disini kami tidak membahas teknis membuat podcast, dari mulai cara merekam lalu cara mengedit audionya. Di sini kami ingin menjelaskan bagaimana cara mendistribusikan rekaman audio yang sudah kamu buat hingga bisa didengarkan semua orang sebagai podcast.

Aplikasi yang dapat kamu untuk mendistribusikan podcast adalah Anchor. Tak hanya mendistribusikan,  kamu juga dapat merekam audio dan mengeditnya di aplikasi Anchor tersebut.  Langkah-langkah singkat  menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama kamu bisa unduh aplikasi Anchor dari App Store atau Play Store
  2. Silakan daftar untuk membuat akun Anchor
  3. Kemudian masukkan judul podcast-mu
  4. Rekam audio pertama menggunakan aplikasi Anchor atau kamu bisa memilih file dari handphone-mu yang sudah kamu rekam sebelumnya;
  5. Kamu bisa potong bagian yang tidak dibutuhkan, atau edit dengan menambahkan efek suara sesuai kebutuhanmu langsung di aplikasi Anchor
  6. Lajutkan dengan memberi judul episode tersebut, tambahkan keterangan, kemudian unggah
  7. Kamu bisa langsung share ke teman-teman episode yang baru kamu buat melalui tautan agar mereka dapat mendengarkannya.

Nah itulah bahasan kamu tentang apa itu podcast, Intinya podcast adalah salah satu bentuk media  yang dapat dikonsumsi masyarakat. Konten berbentuk audio ini dapat didengarkan kapan saja, berbeda dari radio yang hanya dapat didengarkan saat siaran berlangsung.

Selain itu, kamu bisa mendengarkan dari multi device, bisa dengan smarphone android, iphone, tablet atau melalui PC dan laptop. Selain mudah didengarkan, podcast juga cukup mudah dibuat, jadi kamu mungkin bisa menjadi podcaster untuk mengisi waktu dan membagi apapun yang sedang kamu pikirkan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments