4 Platform Jual Beli Cryptocurrency Terbaik Asal Indonesia

  • 5 min read
  • Jun 05, 2021

Sebagai seorang trader tanah air, apakah kamu sudah mencicipi platform-platform jual beli cryptocurrency terbaik asal Indonesia? Jika belum, mungkin kamu harus mencobanya.

Platform asal Indonesia ternyata tidak kalah bersaing dengan kompetitornya yang datang dari luar. Apalagi ada beberapa platform yang akhir-akhir ini menonjol dan sering digunakan.

Platform-platform populer tersebut tidak heran mendapatkan begitu banyak kepercayaan dari trader. Hal ini dilihat dari beberapa faktor, diantaranya keamanan, legalitas, kelengkapan fitur dan fee-nya yang murah.

Berangkat  dari faktor di atas, kami telah merangkum dan mereview 5 platform jual beli cryptocurrency terbaik asal Indonesia untukmu.

1. Indodax

platform jual beli cryptocurrency terbaik - Indodax

Platform jual beli cryptocurrency terbaik asal Indonesia yang pertama adalah Indodax. Platform jual beli kripto satu ini merupakan yang pertama dan juga disebut-sebut terbesar di Indonesia. Mereka tercatat memiliki lebih dari 1,9 juta member terverifikasi.

Exchanger yang dimilik oleh PT. INDODAX NASIONAL INDONESIA ini tersedia dalam versi website dan aplikasi mobile yang bisa diunduh gratis di PlayStore.

Indodax juga sudah resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman NOMOR 331/BAPPEBTI.4/PENG/04/202.

a. Persyaratan

Pertama – tama, kamu harus membuat dan meverifikai akun di situs Indodax. Caranya bisa kamu lihat disini.

Semua kewarganegaraan bisa mendaftar menjadi member Indodax, kecuali warga negara Amerika, Myanmar, Cuba, Cote D`Ivoire, Iran, Syrian Arab Republic, Belarus, Congo, Democratic Republic of Congo, Iraq, Liberia, Sudan, Zimbabwe dan Korea (north).

Batas usia yang diperbolehkan yaitu minimal 18 tahun untuk WNI. Sedangkan untuk WNA 19 tahun atau telah menikah.

b. Minimum Deposit

Setoran minimum di Indodax Rp 500,000 yang dapat didepositkan melalui:

  • transfer bank
  • e-wallet (OVO, GoPay, ShoppePay)
  • Setor tunai
  • Alfamart

c. Keamanan

Indodax menerapkan fitur keamanan online yang disebut 2FA ( Two Factor Authentication ). User akan diminta melakukan verifikasi identitas sebanyak 2 kali.

Ketika melakukan log in, setelah memasukan user ID dan password, user akan diminta memasukan kode OTP yang dikirim via SMS atau menggunakan Google Authenticator di ponsel. Cara ini diterapkan untuk memastikan bahwa setiap transaksi dilakukan oleh pengguna akun sendiri.

d. Aset Kripto & Fitur Tersedia

Tersedia 110 jenis koin/token aset kripto di Indodax.

Adapun fitur penting yang tersedia di Indodax adalah:

  • Analisa chart untuk melakukan analisi harga secara teknikal
  • Stop Loss; Fitur cut-loss untuk mengelola resiko fluktuasi harga.

Namun sayang Indodax belum menyediakan fitur short-selling, yang memungkinkan trader melakukan short-sell ketika pasar sedang turun.

e. Biaya Fee Layanan Transaksi

Berikut beberapa biaya yang dikenakan untuk memakai layanan Indodax:

  • Biaya transaksi aset digital dengan Rupiah sebesar 3% (taker)
  • Fee penarikan sebesar 0,5% dari jumlah penarikan, dengan biaya minimal Rp 25.000,-.
  • Biaya deposit, untuk transfer bank gratis, virtual account dan setor tunai ada biaya 1% dari jumlah deposit.

2. TokoCrypto

platform jual beli cryptocurrency terbaik - Tokocrypto

Tokocrypto adalah platform jual beli cryptocurrency terbaik asal Indonesia ini berdiri sejak Juni 2017. Pada Mei 2020 lalu, mereka menerima investasi dari salah satu exchange terbesar dunia, Binance dan membuat mereka maju cukup pesat.

Tokocrypto tersedia dalam versi aplikasi mobile dan website. Platform trading crypto satu ini dimiliki oleh PT. Crypto Indonesia Berkat yang dan sudah resmi terdaftar di Bappebti Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019.

a. Persyaratan

Syarat menggunakan layanan Tokocrypto tentu saja memiliki akun di platform mereka. Dilanjutkan dengan verifikasi KYC (Know Your Customer) yang meminta data-data seperti KTP, swafoto dan informasi pribadi lainnya. Cara melakukannya bisa kamu lihat disini.

b. Minimum Deposit

Setoran minimum di TokoCrypto Rp 50,000 yang dapat di masukan ke deposit melalui transfer bank dan OVO dengan bebas biaya deposit alias gratis.

c. Keamanan

Urusan keamanan, platform jual beli cryptocurrency terbaik ini menerapkan 2FA ( Two Factor Authentication ) yang meminta user melakukan verifikasi identitas 2 kali.

d. Aset Kripto & Fitur Tersedia

Sudah 34 jenis koin/token aset kripto yang bisa diperdagangkan di Tokocrypto.

Fitur yang mendukung trading di TokoCrypto diantaranya:

  • Analisa chart untuk melakukan analisa harga secara teknikal
  • Stop Loss; Fitur cut-loss untuk mengelola resiko fluktuasi harga
  • Short-Selling. Fitur yang bermanfaat untuk trader bisa melakukan short-sell ketika pasar sedang turun.
  • OCO (One Cancels the Other) yaitu fitur untuk menempatkan dua pesanan pada satu waktu, pesanan limit dan stop-limit.

e. Biaya Fee Layanan Transaksi

  • Biaya transaksi aset digital dengan Rupiah sebesar 0,01% (taker)
  • Biaya penarikan sebesar Rp 5,500 flat.

3. Rekeningku

platform jual beli cryptocurrency terbaik - Rekeningku,com

Platform jual beli cryptocurrency terbaik asal Indonesia selanjutnya adalah Rekeningku.com. Platform ini tersedia dalam versi aplikasi mobile dan website.

Rekeningku dimiliki oleh PT Rekeningku Dotcom Indonesia dan sudah resmi terdaftar di  Bappebti sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman  006/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 30 Maret 2020.

a. Persyaratan

Data registrasi, yaitu nama lengkap sesuai kartu identitas (KTP, SIM, atau Paspor), email dan password yang akan digunakan untuk mengakses Rekeningku.com.

Lalu kamu juga diminta untuk mengunggah foto kartu identitas (KTP, SIM, PASPOR) dan foto selfie bersama sebuah kertas bertuliskan “Verifikasi di Rekeningku.com” disertai tanda tangan.

Perlu diketahui, ada beberapa hal yang dapat membuat permintaan verifikasi akun ditolak.

  • Usia dibawah 18 tahun.
  • Foto kartu identitas tidak dapat terbaca dengan jelas dan/atau terpotong.
  • Kartu identitas yang masa berlakunya kadaluarsa.
  • Foto selfie tidak sesuai dengan ketentuan, wajah tidak dapat terlihat jelas dan/atau kertas verifikasi tidak dapat terbaca dengan jelas.
  • Nomor kartu identitas pernah terdaftar sebelumnya.

Kamu dapat mengajukan permintaan verifikasi kembali apabila verifikasi ditolak, namun proses permohonan ini akan menunggu antrian dari awal lagi.

b. Minimum Deposit

Setoran minimum di Rekeningku adalah Rp 50,000 yang dapat disimpan sebagai deposit dengan cara, transfer bank, virtual account (Mandiri, Permata) dan e-wallet (Dana, LinkAja, OVO).

Karena rekening bank yang digunakan Rekeningku adalah Bank BCA, maka user yang menggunakan rekening BCA dapat melakukan transfer gratis dan juga dalam jumlah besar.

c. Keamanan

Kemanan yang diterapkan adalah 2FA ( Two Factor Authentication ) yang meminta user melakukan verifikasi identitas sebanyak 2 kali.

d. Aset Kripto & Fitur Tersedia

Platform jual beli cryptocurrency terbaik asal Indonesia satu ini, menyediakan 44 jenis koin/token aset kripto yang bisa diperdagangkan.

Fitur Rekeningku untuk membantu trading kripto adalah:

  • Analisa chart untuk melakukan analisa harga secara teknikal
  • Stop Loss; Fitur cut-loss untuk mengelola resiko fluktuasi harga
  • Short-Selling. Fitur yang bermanfaat untuk trader bisa melakukan short-sell ketika pasar sedang turun.

e. Biaya Fee Layanan Transaksi

  • Biaya transaksi aset digital dengan Rupiah sebesar 0,1% (taker)
  • Biaya penarikan sebesar 0,75% dari jumlah penarikan, dengan biaya minimal Rp 15.000,-.
  • Biaya deposit, transfer bank gratis, virtual account Rp 1,000 flat dan 1,65% dari jumlah deposit.

4. Pintu

platform jual beli cryptocurrency terbaik - pintu

Pintu adalah platform jual beli cryptocurrency terbaik asal Indonesia yang terkahir. Platform satu ini hanya memfokuskan layanannya di aplikasi mobile saja, hal ini menjadi diferensiasi Pintu dari para kompetitornya.

Pintu dimiliki oleh PT Pintu Kemana Saja dan sudah secara resmi terdaftar di Bappebti Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman  006/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 30 Maret 2020.

a. Persyaratan

User diharuskan mempunyai akun dan melakukan verifikasi KYC agar dapat menikmati layanan jual beli kripto di aplikasi Pintu.

Hal-hal yang diminta saat verifikasi akun atau KYC di Pintu adalah nomor handphone, kartu identitas (KTP, Paspor, atau SIM), serta alamat tinggal sesuai yang tertera di kartu identitas.

Apabila dilakukan pada saat jam kerja (setiap hari, 08.00 – 23:59), proses verifikasi akun atau KYC di Pintu hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

b. Minimum Deposit

Setoran minimum di Pintu adalah Rp 50,000 yang dapat dimasukan sebagai deposit melaui  transfer bank ke Virtual Account (VA) BNI, Bank Mandiri atau BRI, e-wallet (kecuali LinkAja) atau PPOB (Indomaret dll). Untuk transfer ke rekening VA dapat dilakukan dari semua bank di Indonesia.

c. Keamanan

Pintu sedikit berbeda dari segi keamanan online yang diterapkan. Mereka menggunakan autentikasi Multi-faktor dengan kombinasi verifikasi via email dan SMS dari Google Authenticator.

d. Aset Kripto & Fitur Tersedia

Ada 10 jenis koin/token aset kripto yang bisa diperdagangkan di aplikasi Pintu. Sayangnya, aplikasi ini belum menyediakan fitur trading, seperti analisa chart, stop loss dan short-selling seperti platform-platform sebelumnya.

e. Biaya Fee Layanan Transaksi

Kelebihan aplikasi Pintu untuk platform jual beli Crypto ada di urusan fee ini. Mereka hanya membebankan biaya penarikan sebesar Rp 4,500 flat, sedangkan biaya transaksi dan deposit semuanya nol.

Itulah platform-platform jual beli cryptocurrency terbaik asal Indonesia yang harus kamu coba sebagai trader tanah air. Sepertinya produk lokal ini tidak kalah bersain dengan platform jual beli kripto dari luar. Kehadiran mereka dapat menambah variasi pilihanmu dalam aktivitas trading crypto.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *