11 Rekomendasi Software untuk Youtuber Pemula

  • 4 min read
  • Sep 11, 2021
11 Rekomendasi Software untuk Youtuber Pemula

Hari ini membuat karya di YouTube sudah jadi satu jalan baru meraup rupiah. Alhasil, banyak orang mengekor langkah tersebut dan mulai membangun channel. Jika kamu salah satunya dan masih dalam tahap merintis, kami punya rekomendasi software untuk YouTuber pemula yang bisa banget jadi amunisimu.

Apa sajakah? Silakan disimak ini dia rangkuman dari Pinterinternet tentang 11 rekomendasi software untuk YouTuber Pemula yang dibagi ke empat kategori.

Software Edit Video YouTube

Sudah pasti untuk jadi seorang  YouTuber kamu membutuhkan software edit video. Banyak sekali software edit video untuk YouTuber dari mulai yang gratis hingga berbayar. Sebagai pemula, kami sarankan untuk memakai yang interface-nya mudah dimengerti agar kamu tidak kesulitan.

Berikut beberapa software edit video YouTuber yang ramah untuk pemula:

1. VSDC Free Video Editor

software edit video gratis

Software atau aplikasi edit video untuk pemula yang pertama adalah VSDC Free Video Editor. Sesuai namanya yang mengandung kata “free”, software satu ini dapat kamu gunakan tanpa mengeluarkan biaya apapun alias gratis. Tentunya ini sebuah kelebihan untuk yang baru mau mulai menjadi YouTuber di mana kamu belum bisa menghasilkan dari video yang kamu buat.

Namun jangan salah, meskipun gratis, VSDC telah dilengkapi berbagai fitur editing video dasar hingga yang sekelas profesional. Kamu dapat melihat timeline-nya yang sudah mirip software profesional. Nilai tambahnya lagi adalah mudah dipelajari karena berbekal interface yang cukup sederhana.

2. OpenShot

software untuk youtuber pemula

Kembali kami pilihkan yang gratis, kali ini ada OpenShot. Software untuk YouTuber pemula ini merupakan tools pengolah video berbasis open-source yang artinya bebas kamu gunakan tanpa membayar.

Software ini sudah dibekali fitur-fitur dasar untuk mendukung proses editing-mu. Timeline-nya mempunyai tampilan sederhana yang tidak akan “menyilaukan” mata para pemula. Namun, kamu juga dapat menggunakannya untuk pekerjaan yang sedikit lebih profesional, contohnya menambahkan animasi.

3. Kinemaster

aplikasi edit video android

Nah jika kamu seorang pemula yang masih terbatas dengan masalah gear atau peralatan, seperti laptop untuk mengedit video. Kamu dapat mulai dengan menggunakan aplikasi edit video di Android seperti KineMaster.

Tenang saja, walau dari Android  aplikasi ini menawarkan fitur yang cukup lengkap. Tergantung kreatifitasmu, hasil editing menggunakan KineMaster bisa terlihat seperti profesional. Selain praktis karena tinggal menggunakan handphone, aplikasi ini juga mudah dipelajari dan sangat cocok jadi salah satu software untuk YouTuber pemula.

Jika kamu butuh rekomendasi software edit video gratis lainnya, silakan cek di sini

Software Edit Audio YouTube

Jika kamu merekam audio dengan jarak antara dirimu dan kamera lumayan jauh, sebaiknya kamu merekam suara secara terpisah. Jangan menggunakan microphone yang ada di kamera, melainkan rekam terpisah menggunakan microphone yang kamu letakkan lebih dekat denganmu.

Nantinya kamu dapat memasukkan suara ke video melalui aplikasi editing video di atas. Nah, namun hasil rekaman suara juga dapat kamu tingkatkan agar terdengar lebih jernih dan dalam. Kamu bisa menggunakan software edit audio. Tenang, kami akan merekomendasikan yang  paling ramah untuk pemula.

1. Lexis Audio Editor

aplikasi edit audio di android

Lexis Audio Editor bisa kamu gunakan di Android secara gratis. Kamu dapat melakukan trim, memotong suara, amplify dan lain sebagainya. Kamu juga dapat melakukan mixing sederhana menggunakan aplikasi satu ini, cara penggunaannya pun tidak ribet. Alhasil, aplikasi ini cocok banget dimasukkan ke daftar software untuk YouTuber pemula.

2. Ardour

software edit audio gratis

Software recording Ardour ini cukup terkenal di kalangan pengguna Linux, OS X, dan Windows. Software ini memungkinkanmu untuk merekam, edit, dan remix musik sesuka hati. Ditambah lagi, fitur Audio, MIDI multi-track recording, dan plugin yang tersedia akan sangat berguna untukmu. Software ini gratis, jadi bakal cocok banget untuk para perintis sepertimu.

3. Fruity Loops (FL Studio)

software youtuber pemula

Selanjutnya ada Fruity Loops (FL Studio) yang merupakan software edit audio PC. Kamu dapat merekam suara, edit, hingga membuat audio sendiri. Kamu pun dapat menggunakannya secara gratis dan mudah dipahami juga.

Buat kamu yang baru memulai channel YouTube software ini cocok banget. Jika kamu belum memiliki laptop, tersedia juga versi mobile-nya yang dapat digunakan baik di iOS ataupun Android.  FL Studio ini cukup enak buat kamu gunakan saat mixing dan mastering, editing atau bahkan live performance.

Software Screen Recorder

Apa kamu sering lihat konten YouTuber gaming yang menampilkan permainan games di video-nya. Atau video tutorial yang memperlihatkan layar handphone atau laptop ketika memberi penjelasan. Nah jika kamu juga berniat membuat konten sejenis itu, maka software scree recorder menjadi bagian dari list software YouTuber pemula yang harus kamu miliki.

Berikut beberapa aplikasi screen recorder yang dapat kamu gunakan untuk membuat konten:

1.   Ezvid

aplikasi untuk youtuber gaming

Ezvid adalah software screen recorder yang sempurna untuk merekam layar dan langsung mengirimkannya ke YouTube. Tersedia untuk perangkat OS Windows, software ini bisa jadi alternatif-mu. Namun sayangnya aplikasi ini tidak mendukung fullscreen game, jadi mungkin kamu akan sedikit kesulitan membuat konten gaming.

Kelebihannya adalah kualitas video yang dihasilkan cukup bagus dengan resolusi 1280 x 720p HD, tersedia fitur upload langsung ke YouTube dan memiliki interface yang rapi. Kabar paling pentingnya, software ini bisa kamu gunakan secara gratis!

2. OBS Studio

software screen recorder

OBS Studio adalah software screen recorder yang bersifat open source dan memiliki fitur yang cukup powerful. Kamu dapat menambahkan berbagai komponen ketika merekam layar, seperti gambar, teks dan lainnya yang akan sangat berguna ketika kamu membuat video tutorial.

Software ini tidak membatasi waktu rekaman dan cukup cocok untuk kamu gunakan dalam membuat konten gaming. Namun kamu sedikit harus mempelajari cara pakainya, karena software satu ini memiliki interface yang mungkin akan sedikit rumit untuk pemula.

3. AZ Screen Recorder

software untuk youtuber pemula

Kali ini untuk merekam layar handphone, kamu dapat menggunakan aplikasi screen recorder di Android yang bernama AZ screen recorder. Aplikasi ini sudah cukup baik untuk kamu gunakan merekam layar handphone sambil menjelaskan untuk konten tutorial atau gaming.

Jika kamu ingin rekomendasi screen recorder untuk PC gratis yang lain, silakan cek tulisan kami di sini.

Software thumbnail YouTube

Agar dapat menarik orang mengklik video-mu salah satu caranya adalah membuat thumbnail yang mengundang rasa penasaran. Maka jadi penting memasukkan tools membuat thumbnail YouTube menjadi salah satu software untuk YouTuber pemula. Berikut beberapa rekomendasi yang dapat kamu coba:

1.  Canva

software desain grafis

Software Canva ini memang cukup populer digunakan di antara aplikasi sejenis lainnya. Tak heran, karena aplikasi desain ini memang mudah digunakan dan menawarkan fitur-fitur praktis seperti template siap pakai, library gambar yang beragam dan lain sebagainya.

Asal kamu cukup kreatif dalam memadupadankan gambar dan tulisan, aplikasi Canva ini akan sangat membantumu dalam membuat Thumbnail YouTube yang menarik. Canva bisa diakses baik di PC atau smartphone, tentu saja fitur di PC sedikit lebih lengkap dibanding versi mobile.

2. Crello

aplikasi buat thumbnail YouTube

Crello adalah aplikasi editor visual yang dapat jadi alternatifmu dalam membuat thumbnail YouTube. Kamu dapat meracik desain lewat kreativitasmu sendiri atau jika ingin lebih hemat waktu dan praktis, kamu dapat memanfaatkan template menarik yang disediakan.

Nah itulah software untuk YouTuber pemula yang dapat menjadi amunisimu dalam berkarya di platform berbagi video tersebut. Semoga berbekal software di daftar ini kegiatan perkontenanmu semakin maju lebih pesat lagi.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *