Saturday, December 4, 2021
HomeBlogging10 Software Edit Video Gratis Terbaik untuk PC 2021

10 Software Edit Video Gratis Terbaik untuk PC 2021

Zaman digital membuat profesi video maker semakin menjanjikan. Hal tersebut dipicu oleh adanya platform berbagi video seperti YouTube yang membayar para creator-nya. Fenomena ini membuat software edit video pun mulai banyak dicari.

Semua orang mulai tertarik mempelajari cara mengedit video. Dari semua kalangan, baik yang memang fokus jadi creator YouTube, para freelance yang butuh personal branding lewat konten video atau enterpreneurs yang memanfaatkan video sebagai bagian dari digital marketing mereka.

Namun tidak semua orang mempunyai budget yang besar, maka software edit video gratis jadi solusi yang sekarang banyak dicari. Walau gratis, fitur yang ditawarkan tidak kalah dari yang berbayar dan sangat mumpuni untuk memproduksi video layaknya para YouTuber.

Nah, jika kamu memang sedang mencari software Editing Video yang banyak digunakan YouTuber dan gratis, maka kamu berada di tempat yang tepat. Karena kali ini Pinterinternet akan membahas tentang software-software edit video yang bebas biaya namun menawarkan fitur yang cukup lengkap.

Langsung saja ini dia rekomendasi 10 software edit video gratis terbaik 2021 versi Pinterinternet.

1. Blender

software edit video gratis terbaik - blender

Blender adalah software edit video open source yang tentu saja tidak memerlukan biaya ketika kamu ingin menggunakannya. Software gratis ini dapat dipakai untuk perangkat Windows, Mac dan Linux.

Software ini sebenarnya dirancang untuk keperluan 3D animation. Namun fitur yang disematkan, malah menjadikan Blender sebagai salah satu software edit video terbaik saat ini. Semua fitur tersebut sangat mumpuni untuk dipakai memproduksi video yang kamu inginkan.

Blender ini cocok baik untuk pemula atau professional. Karena software ini menawarkan fitur-fitur basic seperti memotong dan splicing atau fitur yang lebih kompleks seperti video masking, waveform visualization, luma waveform, chroma vectorscope dan lain sebagainya.

2. Lightworks

free software edit video - lightworks

Lightworks adalah software edit video gratis selanjutnya adalah Lightworks. Sebenarnya software yang dapat digunakan di perangkat Windows, Mac dan Linux ini tidak sepenuhnya gratis, ada beberapa fitur premium yang hanya dapat kamu gunakan dengan berlangganan $25 per bulan.

Walau begitu, fitur yang ditawarkan untuk versi gratisnya pun sudah sangat cukup. Di antaranya  fitur trimming video yang  presisi, export 720p dan juga mendukung berbagai format video. Ditambah lagi, banyak video tutorial Lightworks yang dapat diakses untuk membantu para pengguna baru yang belum familiar dengan interface software edit video PC ini.

3. Shotcut

software editing video - shotcut

Software edit video gratis berikutnya adalah Shotcut. Perangkat lunak ini tersedia untuk  Windows, Mac atau pun Linux. Seperti Blender, Shotcut juga menggunakan sistem open source dan mengizinkanmu menggunakan semua fiturnya secara gratis.

Namun, karena awalnya dirancang untuk Linux, mungkin interface dari Shotcut akan tampak kurang familiar dibanding software edit video lainnya.  Walaupun begitu, jika melihat dari segi fitur yang ditawarkan, software edit video satu ini sangat bisa diandalkan.

Dua fitur dari Shotcut, yaitu 4K HD resolution dan timeline editing adalah sesuatu yang langka kamu temui di software edit video gratis yang lain. Tidak hanya itu, Shotcut juga mendukung video resolusi 1080p dengan 60 FPS dan juga meneydiakan 3 pilihan lossless export yang memungkinkanmu mengeksport video tanpa takut terjadi loss.

4. DaVinci Resolve

software edit video gratis terbaik 2021 - davinci resolve

Jika ingin memakai cara profesional mengedit video, kamu dapat menggunakan software bernama DaVinci Resolve. Software edit video ini dibekali fitur-fitur yang biasa dipakai professional, seperti master audio, correct color, motion graphic, multicam edition, dan sebagainya.

Software karya salah satu produsen kamera DSLR kelas atas, Blackmagic Design ini terbilang ringan dan dapat melakukan rendering dengan cukup cepat. Software edit video gratis untuk PC ini bahkan dinilai sebagai software gratisan yang fitur-fiturnya mendekati Adobe Premire Pro.

5. Openshot

software edit video pc - openshot

Jika kamu ingin mengedit video dengan lebih praktis, mungkin kamu harus mencoba Openshot.  Software open source ini menggunakan sistem drag and drop dalam penggunaannya. Sifatnya yang multiplatform membuat perangkat lunak satu ini dapat dinikmati oleh pengguna Windows, Mac, atau pun Linux.

Walau dapat digunakan secara gratis, software menawarkan unlimited layer sehingga kamu lebih leluasa menambah dan menumpuk berbagai footage. Selain itu, kamu juga dapat melihat preview secara real-time saat mengedit. Openshot juga dikenal sebagai software edit video ringan.

6. Avidemux

software edit video gratis - avidemux

Acidemux adalah jawaban untukmu yang mencari software editing video untuk pemula terbaik. Peranti lunak yang dapat dijalankan baik di Windows, Mac maupun Linux ini mengusung interface yang sangat sederhana sehingga sangat mudah dimengerti bahkan untuk yang baru menggunakannya.

Mungkin memang diperuntukan untuk para pemula, software edit video gratis ini tidak terlalu memasukan fitur untuk keperluan yang kompleks. Kembali lagi, jika kebutuhanmu berada ditingkat yang tidak terlalu tinggi, maka Avidemux sudah sangat cukup untuk kamu gunakan.

Tersedia berbagai fitur basic seperti cutting, encoding dan filtering sederhana. Jika kamu adalah pemain baru dalam dunia editting video, Avidemux akan sangat cocok untukmu.

7. HitFilm Express

hitfilm express

HitFilm Express adalah salah satu tools edit video yang menawarkan fitur-fitur VFX yang terbilang cukup lengkap. Tenang saja, meski adanya fitur VFX membuat perangkat lunak ini terkesan sangat mutakhir namun HitFilm dikenal sebagai software yang mudah dimengerti.

Kelengkapan fitur-fitur basic hingga yang tingkat lanjut tidak membuat HitFilm dibandrol dengan harga mahal, bahkan kamu dapat menggunakannya secara gratis. Yang perlu kamu lakukan hanyalah share link di sosmed untuk mempromosikan mereka dan kamu pun akan mendapat akses gratisan tersebut.

Beberapa fitur HitFilm yang dapat kamu nikmati adalah audio & video filters, compositing tools, masking, soundtrack gratis, hingga akses ke lebih dari 410 efek dan preset video. Software yang tersedia untuk perangkat Windows dan Mac ini juga memiliki fitur upload YouTube secara built-in di dalamnya.

8. InVideo

online video editor - invideo

InVideo merupakan salah satu online video editor terbaik saat ini. Tool yang dapat digunakan secara gratis ini seperti menargetkan para marketers, publisher atau siapa pun yang terkait dengan industri periklanan sebagai pengguna mereka.

Hal tersebut tercermin dari fiturnya yang sangat memanjakan orang-orang di industri tersebut. Salah satunya adalah fitur automated voice overs, yang merupakan fitur yang sangat dibutuhkan untuk menghasilkan efek suara ala-ala iklan di TV.

InVideo juga memiliki 4000 lebih video template dan audio library yang lengkap untuk berbagai mood dan genre yang dapat membuat proyek mengeditmu jadi lebih mudah. Software edit video gratis ini dapat kamu akses di Windows dan Mac.

9. iMovie

aplikasi edit video - imovie

Pasti kamu juga setuju, bahwa Apple selalu tidak main-main dalam mengerjakan produk mereka. Termasuk untuk iMovie,  software edit video gratis yang merupakan Native Apps untuk Mac ini masih bisa digolongkan yang terbaik dari software sejenis yang lain.

iMovie mudah digunakan karena mungusung Interface dengan sistem drag and drop. Fitur yang ditawarkan pun cukup mumpuni seperti adanya library untuk efek-efek transisi, trimming, audio editing, split screen, dan lainnnyat. Software ini juga sudah mendukung resolusi 4K.

10. VSDC Free Video Editor

free video editor software - vsdc

Terakhir adalah software edit video gratis yang hanya dapat digunakan di Windows, yaitu  VSDC. Untuk versi gratisnya, kamu masih bisa menikmati banyak fitur menarik seperti color correction, audio editing, color blending dan lain sebagainya. Ditambah, terdapat filter mirip Instagram yang praktis untuk memangkas waktumu dalam mengedit video.

Jika fitur gratis dinilai tidak cukup meng-cover kebutuhanmu, maka kamu dapat membayar $19.99 untuk berpindah ke versi premium. VSDC premium akan membuatmu dapat mengakses lebih banyak fitur berguna seperti image stabilization, voice over support, visual waveform dan lain sebagainya.

Itulah 10 software edit video gratis terbaik 2021 yang dapat jadi alternatifmu untuk menghemat budget. Semoga salah satunya merupakan software editting video yang selama ini kamu cari.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments