7 Aplikasi Sound of Text Terbaik untuk WA

  • 4 min read
  • Sep 08, 2021
7 Aplikasi Sound of Text Terbaik untuk WA

Sound of text agak naik daun akhir-akhir ini. Orang-orang menggunakan cara mengubah teks ke suara ini untuk dijadikan ringtone Whatsapp atau untuk keperluan konten TikTok mereka. Bahkan tutorial membuatnya sempat jadi FYP di platform berbagi video pendek tersebut.

Nah, jika kamu salah satu yang ingin membuat sound of text tapi bingung bagaimana cara membuatnya, kami akan membantumu dengan rekomendasi 7 aplikasi sound of text terbaik ini. Tidak hanya memberitahukan aplikasinya, kami juga menyematkan cara penggunaannya di tulisan ini. Yuk langsung saja cek ini dia rekomendasinya.

1. Wideo

sound of text terbaik - wideo

Situs sound of text yang bisa mengubah teks jadi suara yang pertama adalah Wideo. Seperti yang kita tahu, Google Translate hanya menggunakan suara perempuan, sedangkan di situs ini tersedia banyak pilihan. Selain tiper suaranya, kamu juga disediakan opsi pengucapan dari berbagai negara termasuk  Indonesia.

Selain itu, Wideo ini gratis dan sangat mudah digunakan. Kamu juga dapat mengatur kecepatan bicara dari suara yang dihasilkan dan juga menyimpan hasilnya ke perangkat dengan format MP3. Sehingga situs ini cocok untuk alternatif sound of text WA yang sedang populer digunakan untuk nada dering atau keisengan menggunakan voice note.

Tertarik menggunakan Wideo? Tinggal kunjungi situsnya di https://wideo.co/text-to-speech/ kemudian masukkan teksmu, lalu pilih suara yang kamu inginkan (pilih yang di awali kode Id untuk pengucapan bahasa Indonesia), atur kecepatan bicara dan dengarkan dengan menekan preview. Jika sudah cocok, kamu bisa mendownloadnya dengan menekan tombol Download MP3.

2. Vocodes

sound of text spongebob

Nah jika keisenganmu menggunakan sound of text WhatsApp kurang terpuaskan dengan suara-suara biasa, mungkin kamu bisa mencoba situs Vo.codes. Karena situs ini menawarkan variasi suara yang lebih unik, seperti suara karakter kartun, bayi, musisi, aktor, pembawa berita dan lainnya.

Jadi jika kamu ingin bercanda menggunakan sound of text suara bayi, situs ini akan mengakomodirnya dengan sangat baik. Atau sound of text Spongebob dan tokoh kartun lainnya termasuk dari anime seperti Goku, Vegeta dan Yami Yugi kamu bisa memakai Vocodes ini.

Sayangnya, situs ini hanya menyediakan perubahan suara dengan pengucapan bahasa Inggris. Jadi, jika kamu memasukkan kata-kata dalam bahasa Indonesia, hasilnya mungkin terdengar sedikit aneh.

Cara menggunakannya pun mudah, silakan buka situs https://vo.codes/ , pilih kategori seperti anime, news anchor, actor kemudian pilih suara siapa yang akan kamu gunakan. Selanjutnya tinggal masukkan teksnya dan tekan speak untuk mendengarkan preview.

Untuk mendownload hasilnya, kamu harus memilih tab results yang ada di atas. Kemudian tinggal tekan tombol Download.

3. Sound of Text

sound of text

Situs Sound of Text interface yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Kamu dapat mengubah teks yang kamu masukkan ke bentuk suara dengan pilihan pengucapan dari berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Cara menggunakannya mudah, cukup kunjungi situsnya di https://soundoftext.com/ kemudian masukkan teks dan pilih bahasa lalu klik submit. Sayangnya, untuk mendengarkan hasilnya, kamu harus registrasi terlebih dahulu.

Satu lagi kekurangan situs ini, walaupun cara pengucapan yang disediakan beragam, namun hasil konversi teks ke suara di sini hanya tersedia dalam suara perempuan.

4. Voice of Text

sound of text bahasa daerah

Google Translate juga bisa digunakan untuk menghasilkan suara dengan pengucapan bahasa daerah. Namun, tak ada fitur download MP3 di sana, sehingga tujuanmu untuk membuat sound of text WA dengan bahasa kampung halamanmu tidak akan tercapai.

Ada solusinya, kamu bisa menggunakan di situs Voice of Text. Jika daerah asalmu di tataran sunda atau jawa, maka tool ini benar-benar sebuah jawaban untukmu. Kamu dapat mengubah teks ke suara dalam pengucapan bahasa Jawa dan Sunda. Selain dua bahasa daerah tersebut, tersedia juga pengucapan dari bahasa Korea, Jepang dan Arab.

Cukup kunjungi https://www.voiceoftext.com/ lalu scroll ke bagian Free Download Google Voices, pilih bahasa pengucapan yang ingin kamu gunakan. Kemudian masukkan teks lalu tekan tombol Convert to Voice. Klik ikon download untuk mendengarkan preview, jika kamu ingin mengunduhnya ke perangkat, silakan tekan titik tiga lalu pilih download.

5. Botika

sound of text indonesia - botika

Situs yang memiliki fitur sound of text untuk WA dalam bahasa Indonesia selanjutnya adalah Botika. Situs ini juga dikembangkan oleh para developer tanah air. Selain dari web, kamu juga dapat download dan instal aplikasinya di Google Play.

Kamu dapat membuat suara buatan dengan cara pengucapan yang hampir persis dengan cara bicara orang Indonesia asli. Namun, Botika baru menyediakan 2 variasi suara, yaitu suara perempuan remaja dan dewasa.

Di versi web, kamu dapat mengunjungi https://botika.online/TextToSpeech/ ketik teks yang ingin kamu ubah jadi suara, kemudian tekan play untuk mendengarkan preview atau ikon download untuk mengunduh ke perangkat.

6. Google text speech

aplikasi sound of text - google text to speech

Google Text Speech ini adalah tool sound of text berbentuk aplikasi smartphone Android. Kamu bisa menggunakannya ke dalam aplikasi apa saja yang ada pada perangkat Androidmu, Misalnya seperti dalam pocket yang biasa digunakan untuk menyimpan artikel.

Google Text Speech bisa kamu suruh untuk membacakanmu sebuah buku atau artikel. Jadi kamu bisa mendapatkan informasi sambil melakukan hal lain yang produktif. Sistem text to speech yang ada akan membacakannya dengan artikulasi dan intonasi mirip pembawa berita di Televisi.

Jika kamu tertarik menggunakan Google text speech, silakan download aplikasinya di play store.

7. Voice Maker

sound of text suara bayi

Mau membuat sond of text anak kecil? Coba gunakan Voice Maker. Di sini banyak opsi yang ditawarkan, pilihan suara akan disediakan dalam bentuk nama pengisi suaranya, gender dan informasi tambahan seperti “child” jika sang pengisi suara adalah anak kecil.

Namun, tidak semua pilihan suara dapat kamu gunakan secara gratis. Beberapa terdapat tanda premium yang berarti kamu harus mengeluarkan biaya untuk menggunakannya.

Selain pilihan pengisi suara, ada pilihan AI engine, yaitu standard TTS untuk suara yang menyerupai mesin seperti google translate ata Neural TTS untuk hasil yang lebih mirip dengan cara bicara manusia. Fitur keren lainnya adalah terdapat pengaturan volume, kecepatan bicara, bahkan pitch.

Penggunaannya mudah, cukup kunjungi https://voicemaker.in/ lalu ketikkan teks yang ingin kamu ubah, pilih AI engine, bahasa , pengisi suara dan klik convert to speech untuk mendengaran hasilnya, atau langsung saja unduh dengan menekan tombol Download MP3.

8. Narrator’s Voice

sound of text android - narrator voice

Jika memang kamu suka membuat sound of text berbasis Aplikasi android, ini ada lagi pilihan lain. Narrator’s Voice adalah aplikasi sound of text yang bisa kamu download dan install ke perangkat mobile milikmu.

Terdapat banyak pilihan bahasa untuk pengucapan suara yang dihasilkan, seperti Amerika, China, Inggris, hingga Rusia. Indonesia juga ada, namun sayang masih menggunakan suara wanita seperti pada Google Translate.

Jika kamu ingin menggunakan hasil konversi teks ke suara di aplikasi Narrator’s Voice ini menjadi nada dering WA, kamu bisa menyimpannya ke perangkat dalam format MP3. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini silahkan download di Google Play.

Gimana sudah menemukan aplikasi sound of text yang kamu cari? Semoga salah satu dari 7 aplikasi di atas adalah jawaban dari pencarianmu. Semoga membantu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *