Tips Merawat Mobil Avanza Agar Tetap Prima di Jalanan

  • 4 min read
  • Mei 26, 2021

 

Tips Merawat Mobil Avanza

Tentunya setiap mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya. Dengan kekurangan yang dimiliki setiap mobil bisa diatasi dengan selalu menjaga dan merawat mobil tersebut. Tak terkecuali dengan mobil Avanza. Dengan banyaknya desain mobil Avanza saat ini memerlukan perawatan yang cukup agar tetap terlihat prima dan tangguh dijalan.

Tidak mudah memang merawat mobil, tetapi dengan perawatan yang tepat dengan memperhatikan komponen komponen inti dan pelengkap dari mobil. Maka sangat mudah sekali merawat sebuah mobil. termasuk mobil Avanza.

Pada dasarnya perawatan mobil Avanza tergolong lebih mudah dibandingkan dengan mobil lainnya, akan tetapi tidak boleh juga di sepelekan. Untuk merawat mobil memang memerlukan konsistensi atau perawatan secara berkala Memiliki kendaraan beroda empat alias mobil sudah menjadi suatu kesenangan bagi setiap keluarga di Indonesia. Terlebih lagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Dan mobil Avanza sudah menjadi salah satu mobil andalan keluarga di Indonesia. Selain harganya yang relatif murah, mobil ini juga termasuk ramah lingkungan.

Dari dulu sampai sekarang, mobil Avanza masih dalam kategoi favoritnya bagi keluarga di Indonesia sejak diluncurkan pada tahun 2003 silam. Dan hingga saat ini, banyak sekali jenis mobil keluarga, tetapi Avanza yang tetap di hati para keluarga di Indonesia. Bisa dikatakan mobil Avanza adalah mobil sejuta umat.
.
Demi menjaga mobil Avanza tetap prima dan Tangguh dijalanan, maka perlu sekali diperhatikan tips merawat mobil avanza pada ulasan dibawah ini.

1. Lakukan Pengecekan Air Radiator Secara Berkala

Untuk menjaga mesin mobil Avanza agar tetap sehat, perlu dilakukan pengecekan air radiator secara berkala. Hal ini dilakukan saat sebelum menyalakan mesin mobil Avanza. Walaupun tidak ada kebocoran pada air radiator, pada dasarnya air radiator akan tetap berkurang.

Karena air radiator ini berfungis untuk mendingkan mesin, maka jangan sampai ketika memanaskan mesin mobil air radiator kosong. Dan usahakan untuk menutup air radiator pada mobil Avanza dengan rapat. Sebab air radiator mudah sekali menguap.

2. Memanaskan Mobil Secara Rutin

Walaupun mobil Avanza jarang atau tidak sedang dipakai. Lebih baik sering dilakukan pemanasan pada mesin secara rutin. Sebenarnya, tidak harus dipagi hari untuk memanaskan mobil Avanza. Tetapi bisa dilakukan rutin setiap hari untuk menjaga mesinnya tetap terawat.

Dengan melakukan pemanasan mesin setiap hari secara rutin membuat oli bekerja secara maksimal ketika mobil nanti akan dipakai. Jangan pernah memakai mobil Avanza sebelum dipanaskan terlebih dulu lima sampai sepuluh menit di awal. Jika dilakukan, maka kerusakan pada mesin akan cepat terjadi ketimbang dipanaskan terlebih dulu.

3. Gunakan Oli yang Berkualitas Bagus

Umur pada mesin mobil tergantung pada penggunaan oli. Semakin bagus oli yang digunakan, maka umur suatu mesin mobil akan semakin Panjang. Maka, sangat perlu sekali mengganti secara rutin oli pada mobil Avanza.

Gantilah oli mobil secara berkala untuk tetap menjaga performa mesinnya. Jangan pernah membiarkan oli sampai berwarna hitam pekat, sebab itu akan membuat mesin berkarat dan tidak berfungsi dengan baik.

4. Membersihkan Komponen Mesin

Lakukan pembersihan mesin secara berkala untuk menjaga kebersihan mesin dari dalam. Ada banyak sekali kotoran yang masuk kedalam mesin ketika mobil sudah jarang dipakai atau sehabis bepergian. Tidak bisa dipungkiri juga adanya serangga atau kotoran yang menempel pada mesin.

Bersihkanlah dengan kain untuk menjaga mesin tetap aman dari segala jenis kotoran. Dan salah satu penyebab mesin mudah berkarat adalah kotoran kotoran yang jarang dibersihkan. Alangkah baiknya untuk selalu dibersihkan secara berkala untuk menjaga komponen mesin tetap aman.

5. Mengecek Level dan Warna Minyak Rem

Sama halnya dengan merawat pada oli mesin. Perlu juga diperhatikan warna minyak pada rem mobil. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kestabilan pada rem mobil agar tetatp nyaman ketika digunakan.

Pegecekan level dan warna pada minyak rem memang perlu dilakukan juga secara berkala. Ini merupakan salah satu yang cukup perlu dilakukan dalam perawatan rutin mobil Avanza. Jika level pada minyak rem mobil Avanza sudah dibawah standar, maka perlu ditambah sebelum di operasikan.

6. Perawatan pada pedal rem dan stir mobil

Sebuah konponen mobil akan lebih terasa nyaman ketika kemudi dikendalikan dengan nyaman dan aman. Lakukanlah perawatan berkala pada pedal rem mobil dengan tetap mengecek kestabilan rem.
Mengganti kampas rem apabila sudah sangat riskan untuk dipakai lagi. Begitu juga dengan stir pada mobil, selalulah menjaga kenyaman dan kestabilan pada mobil Avanza dengan melakukan pengecekan pada stir mobil. Bisa dilakukan dengan tetap membersihkan kotoran pada stir mobil. Terlebih lagi pada mobil yang sering dibawa oleh berbagai supir.

BACA JUGA:  Cara Merawat Mobil Tua Biar Lebih Awet dan Terlihat Baru

7. Membersihkan interior mobil

Untuk menjaga kenyamanan di setiap perjalanan, tentunya interior pada mobil perlu dijaga secara rutin dengan tetap dibersihkan. Karena mobil Avanza biasa digunakan untuk mobil keluarga, maka perlu dilakuakn pembersihan secara rutin pada interior mobil.

Bagian bawah karpet dan juga kursi mobil perlu dibersihkan dari debu dan kotoran yang melengket. Untuk karpet alangkah baiknya selalu dicuci dan dibersihkan seminggu sekali secara rutin. Begitu juga dengan kursi pada mobil untuk tetap dijaga kebersihannya.

8. Memberikan pengharum mobil

Setiap mobil pastinya memiliki aroma yang tidak sedap. Terlebih lagi pada mobil mobil keluarga yang sering dipakai berkendara jah seperti mobil Avanza. Maka, alangkah baiknya jika mobil tersebut diberikan pengharum untuk tetap menjaga kebersihannya.

Sama halnya dengan memilih oli yang bagus untuk mobil. Pengharum mobil juga perlu diperhatikan untuk tetap menjaga kenyamanan didalam mobil ketika di operasikan. Ketika mobil berbau busuk inilah yang nantinya akan mengundang kutu busuk dan beberapa serangga di dalam mobil.

9. Merawat kebersihan eksterior mobil

Salah satu yang membuat mobil terlohat lebih terawatt adalah penampilan luarnya. Sama halnya dengan manusia yang selalu dinilai dari wajah luarnya saja. Mobil juga perlu dirawat eksteriornya agak tetap terlihat prima dan Tangguh di jalanan.

Selalu membersihkan kaca mobil agar tidak terlihat buram dari dalam maupun luar. Dan alangkah baiknya lagi untuk mencuci mobil setiap minggu secara rutin untuk menjaga kebersihan mobil. Apabila warna cat pada mobil sudah pudar, alangkah baiknya untuk dicat ulang agar membuat mobil Avanza semakin terlihat tangguh di jalanan.

Merawat mobil memang perlu dilakukan secara rutin dan berkala untuk tetap menjaga performa mobil tetap Tangguh dan prima. Performa mesin menjadi salah satu perawatan mobil yang cukup sulit dilakukan. Tetapi dengan perawatan secara rutin bisa membuat mesin mobil tetap terjaga, sehingga nyaman dan aman di kendara. Dan beberapa cara diatas menjadi rekomendasi terbaik uhntuk merawat mobil Avanza tetap terlihat lebih Tangguh dan prima dijalanan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *