Friday, December 3, 2021
HomeBlogging5 Tools Email Marketing Terbaik untuk Bisnis

5 Tools Email Marketing Terbaik untuk Bisnis

Berbagai strategi pemasaran digital mulai dilakukan oleh para pelaku bisnis. Salah satunya adalah email marketing yang cukup efektif karena sifat pemasarannya yang personal.

Tools email marketing pun jadi buruan. Keberadaan alat bantu tersebut dinilai dapat mempercepat dan mempermudah aktivitas promosi dan pengenalan brand via email tersebut.

Lalu apa sajakah tools yang bisa digunakan untuk email marketing? Pinterinternet telah merangkum untukmu 5 tools email marketing terbaik yang dapat kamu gunakan untuk mempercepat akselerasi bisnismu di secara digital.

Kenapa Harus Menggunakan Tools Email Marketing?

Bukannya kalau sudah punya database calon customer tinggal kirim email aja sesuai daftar tersebut, kenapa harus repot-repot pakai tools tambahan?

Agar kamu tidak skeptis silahkan baca beberapa alasan kenapa kamu harus menggunakan tools email marketing demi kelancaran strategi pemasaranmu tersebut.

1. Template Email Marketing Siap Pakai

Tools email marketing membuatmu tidak harus mendesain template setiap kali kamu akan beriklan. Sudah tersedia berbagai template siap pakai yang dapat di kustomisasi sesuai kebutuhanmu. Hal ini jelas akan sangat menghemat waktu, terlebih lagi semua template tersebut biasanya dapat dipakai di berbagai layanan email, seperti Gmail, Yahoo, Outlook dan lainnya.

2. Menata Daftar Penerima dengan Lebih Baik

Biasanya, fitur paling wajib yang ada di layanan email marketing adalah pengaturan email list. Fitur tersebut akan memudahkanmu mengelompokkan si penerima email berdasarkan segmen tertentu.

Selain itu, tools email marketing juga memungkinkanmu untuk mengirim email yang bersifat pribadi (penerima disapa dengan namanya) secara massal alias email marketing blast ke targetmu tanpa terdeteksi sebagai spam.

3. Analytics

Nah ini yang paling penting, platform email marketing dapat menyuguhkan data analytics yang akan menunjukkan bagaimana performa dari iklan via email yang kamu lakukan.

Kamu dapat melihat siapa saja yang membuka email, email mana yang mereka buka, berapa kali CTA atau link yang kamu sematkan diklik, topik apa yang paling efektif dan data-data berguna lainnya. Lewat informasi tersebut kamu dapat menentukan strategi mana yang akan bekerja lebih baik.

4. Lebih Aman

Layanan penyedia tools email marketing biasanya menjagamu agar tidak melanggar aturan per-email-an. Saat kamu mengirimkan email secara massal melalui Gmail dan Yahoo, kamu menanggung risiko email milikmu dimatikan karena hal tersebut melanggar aturan, namun layanan email marketing biasanya tahu caranya bagaimana mencegah hal tersebut terjadi.

Apa 4 alasan ini masih kurang? Mungkin kamu akan paham kenapa tools ini begitu perlu dengan mengenal lebih jauh apa itu email marketing dan bagaimana seharusnya email untuk pemasaran ini dibuat lewat tulisan kami tentang email marketing sebelumnya.

Bagaimana Memilih Tools Email Marketing Terbaik?

Saat ini sangat banyak layanan atau tools email marketing yang tersebar di pasaran. Dengan banyaknya pilihan tersebut, kamu harus tahu apa saja kriteria layanan email marketing terbaik itu. Kurang lebih, 3 poin ini bisa jadi bahan pertimbanganmu:

1. Terintegrasi CRM

Pastikan tools email marketing yang akan kamu gunakan sudah terintegrasi dengan Customer Relationship Management Software (CRM). Selain CRM, layanan tools tersebut juga harus terintegrasi dengan pihak ketiga lainnya, seperti platform-platform sosial media.

Hal ini demi memudahkanmu dalam mengurus data pelanggan dan melihat metrik-metrik penting dalam kegiatan beriklan. Di mana keduanya merupakan sesuatu yang dapat memberitahumu iklan mana yang lebih efektif, sehingga kamu dapat merencanakan strategi dengan lebih tepat.

2. Mobile-Optimization

Dilansir dari Emailmonday, 41.9% pelanggan membuka email dari perangkat mobile-nya,  39,9% dari webmail dan hanya  18,2% membuka dari desktop.

Alhasil, ketersediaan fitur-fitur yang dapat mengoptimasi email marketing di perangkat mobile menajdi faktor penting dalam memilih tools email marketing. Pastikan mereka menyediakan template yang dapat dibaca dengan jelas, baik di perangkat mobile atau desktop.

3. Fitur yang Disediakan

Tentu saja fitur-fitur yang ditawarkan oleh suatu layanan email marketing harus kamu jadikan bahan pertimbangan. Tidak harus banyak, pastikan tool email marketing yang akan kamu pilih menyediakan fitur yang sesuai dengan iklan yang akan kamu buat.

4. Harga

Tidak dapat dipungkiri, harga adalah sesuatu yang harus masuk ke bahan pertimbangan. Silahkan cek berapa bayaran yang harus kamu keluarkan untuk memakai tools email marketing lalu sesuaikan dengan budget-mu. Namun tenang saja, banyak layanan atau tools yang dapat digunakan secara gratis.

5 Tools Email Marketing Terbaik

1. MailChimp

tools email marketing gratis - mailchimp

MailChimp bisa dibilang salah satu pemimpin di industri penyedia layanan email marketing. Aplikasi kirim email blast gratis ini mengklaim diri mereka sebagai lembaga kajian (think-tank).

Mailchimp sudah dilengkapi dengan fitur smart recommendation yang akan memberitahumu pola perilaku audiens, sehingga kamu dapat mempersiapkan konten email yang sesuai dengan masing-masing segmen audiens.

Jika kamu adalah marketer pemula, MailChimp sangat direkomendasikan untukmu. Karena tanpa mengeluarkan budget, kamu sudah dapat menikmati versi gratis dengan fitur-fitur dasar yang sudah sangat cukup. Selain itu, versi gratisnya pun berlaku selamanya, asal kamu tidak keberatan logo brand MailChimp  tertera di email yang kamu kirimkan.

2. GetResponse

email marketing tools - getresponse

Tools email marketing selanjutnya adalah GetResponse yang dinilai cocok untuk perusahaan kecil-menengah. Selain fitur pendukung email marketing, seperti AB testing, template, dan segmentasi email, layanan satu ini juga menyediakan fitur pembuatan landing page tanpa perlu coding.

Selain itu, GetResponse juga menawarkan pilihan yang membuatmu dapat melakukan webinar secara live. Ditambah lagi, tools email marketing ini sudah terintegrasi dengan aplikasi seperti Slack, PayPal, Facebook, hingga WordPress.

Kamu dapat menikmati semua fiturnya secara gratis dengan mengambil 30 hari free trial. Jika ingin lanjut, kamu bisa berlangganan dengan harga  $12.30 per bulan.

3. Kirim.email

tools email marketing Indonesia - kirim.email

Selanjutnya platform asal Indonesia, yaitu Kirim.email. tools email blast ini dapat kamu gunakan untuk mengirimkan email secara masif dalam sekali waktu kepada seluruh list yang kamu inginkan.

Kirim.email menawarkan berbagai template email siap pakai yang responsive alias mobile friendly, terdapat UTM parameters untuk membantumu mengetahui jumlah klik pada link yang tertaut di dalam email, dan mekanisme editor-nya mudah digunakan yaitu menggunakan sistem drag & drop.

Kamu juga dapat membayar dengan Rupiah, harganya pun tidah terlalu mahal yaitu 139ribu per bulan, 381ribu per 3 bulan  dan 1,4juta per tahun.

4. Benchmark Email

tools email marketing online - benchmark

Internet marketing tools selanjutnya adalah Benchmark Email. Platform ini menawarkan template-template email dengan desain yang atraktif.

Fitur editor-nya pun simple menggunakan sistem drag & drop . Jika kamu lebih nyaman mengedit dengan HTML, tersedia code editor yang dapat kamu gunakan.

Tools email marketing satu ini menawarkan paket gratis dengan batas maksimal mengirim ke 250 kontak per bulan. Jika kamu tidak ingin dibatasi, kamu dapat membayar $13 per bulan.

5. Omnisend

tools email marketing terbaik - omnisend

 

Omnisend adalah rekomendasi tools email marketing terbaik selanjutnya. Software ini tidak hanya menawarkan fitur email blast secara otomatis. Namun juga fitur tambahan seperti broadcast SMS dan notifikasi.

Omnisend juga terintegrasi dengan Google Ads, Instagram, Facebook Ads, WhatsApp dan Messenger. Kamu juga akan mendapatkan audience insight untuk membantumu dalam membuat email yang sesuai dengan perilaku dan kebiasaan audiens.

Tersedia versi gratis dengan maksimal 15.000 email per bulan. Jika kamu ingin menambahkan fitur SMS dan segmentasi pelanggan, kamu harus membayar $16 per bulan dan $99 per bulan untuk bisa menikmati fitur notifikasi, kustomisasi audiens facebook, pelanggan prioritas.

Epilog

Itulah 5 tools internet marketing terbaik yang dapat kamu gunakan. Selain dengan email marketing kamu juga dapat memaksimalkan kegiatan pemasaranmu dengan berbagai strategi digital marketing yang lain. Selamat mencoba dan semoga bisnismu semakin berkembang!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments