Friday, December 3, 2021
HomeDigital TrendValve Steam Deck vs Nintendo Switch OLED, Mana Terbaik?

Valve Steam Deck vs Nintendo Switch OLED, Mana Terbaik?

Valve Steam Deck vs Nintendo Switch Oled – Salah satu perusahaan pengembang video game asal Amerika, Valve yang juga merupakan induk dari platform distribusi game ternama, Steam, akan mengeluarkan perangkat handheld gaming mereka sendiri yang diberi nama ‘Steam Deck’. Konsol game  portable milik Valve ini direncanakan akan rilis pada Desember 2021.

Di sisi lain, Nintendo yang sudah lebih dulu menghadirkan perangkat sejenis, akan mengeluarkan seri terbaru Switch, yaitu Nintendo Switch OLED pada bulan Oktober 2021. Hal ini akan menimbulkan persaingan yang cukup menarik antara keduanya di mata para gamer.

Pasalnya, kedua device ini terlihat sama dan memang pada dasarnya memiliki fungsi serupa, yaitu konsol portabel yang dapat dikoneksikan ke TV. Terlebih kedua perangkat anyar ini sama-sama lahir dari perusahaan ternama yang memiliki track record harum di industri gaming.

Namun, Steam Deck dengan Nintendo Switch OLED bukanlah kembar siam, kedua device ini memiliki banyak perbedaan. Sangat wajar, jika melihat latar belakang yang memetakan desain keduanya yang jelas terinspirasi dari akar yang berbeda.

Steam Deck muncul dari latar belakang PC gaming yang mengedepankan performa dan customizability. Sedangkan Switch OLED, tumbuh dari area konsol yang menjadikan accessability dan unsur praktis sebagai prioritas utamanya.

Lalu mana yang layak untuk dibeli dan bagaimana cara menilai pergulatan Valve Steam Deck vs Nintendo Switch Oled ini? Pinterinternet akan menjelaskan perbedaan keduanya, agar kamu dapat menentukan sendiri yang mana yang akan cocok dengan kebutuhan gaming-mu.

Steam Deck vs Nintendo Switch OLED – Spesifikasi

Valve steam deck vs Nintendo Switch OLED

Sekilas, Steam Deck dan Switch Oled tampak sama. Namun kamu akan sadar bahwa Steam Deck benar-benar di desain dengan orientasi untuk memfasilitasi PC gaming, sedangkan Swirch Oled memang dibuat untuk keperluan gaming yang praktis dan simple.

Layar

Keduanya berbentuk persegi panjang dengan layar touchscreens berukuran 7 inci ditengah-tengah. Seperti nama yang disematkan, Nintendo Switch seri baru ini akan menggunakan layar Oled yang mendukung resolusi hingga 720P dan Steam Deck akan memiliki layar LCD dengan resolusi 1280 x 800.

Controller

Nintendo tampaknya masih menggunakan controller yang bisa terlepas dari bodi utamanya alias Joy-Cons pada Switch OLED. Entah kenapa, mereka masih bertahan dengan konsep ini, setelah banyaknya keluhan terkait Joy-Cons yang sering mengalami drift.

Di sisi lain, Valve membekali Steam Deck dengan controller yang sudah menyatu dengan bodi sehingga tidak dapat dilepas layaknya Joy-Cons. Konfigurasi tombol keduanya terlihat sama, perbedaannya adalah Steam Deck memiliki trackpad di kedua sisinya, sehingga memungkinkanmu untuk menavigasi game seperti menggunakan touchpad pada laptop.

Dimensi dan Bobot

Jika melihat ukuran dan beratnya, Switch sedikit lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan Steam Deck. Hal ini bisa dibilang satu poin kemenangan untuk Switch karena dengan ukuran dan beratnya tersebut, Switch OLED lebih nyaman untuk digenggam selama bermain.

Baterai

Untuk membandingkan ketahanan baterai memang belum bisa dipastikan, karena sangat bergantung pada game apa yang dimainkan. Namun Steam Deck menjanjikan 7-8 jam, sedangkan Switch OLED menargetkan antara 5-9 jam.

Performa

Perbandigan Steam Deck vs Nintendo Switch OLED untuk bagian ini sepertinya akan dimenangkan oleh Steam Deck. Pasalnya, Nintendo Switch OLED tidak banyak mengalami perubahan hardware dibanding pendahulunya sedangkan Steam Deck yang didesain untuk menjalankan game PC  dituntut memiliki hardware yang mumpuni. Berikut tabel perbandingan untuk urusan mesin keduanya.

Valve Steam Deck Nintendo Switch OLED
Screen 7″ LCD touchscreen, 1280 x 800 7″ OLED touchscreen, 1280×720
CPU AMD Zen 2, 3.5 GHz Nvidia Tegra X1
GPU AMD 8 RDNA Custom Nvidia Maxwell
Memory 16 GB 4 GB
Storage 64 GB eMMC / 256 GB SSD / 512 GB SSD 64 GB eMMC
TV Connectivity Dock (Included) USB-C, Dock (Not included)

Steam Deck vs Nintendo Switch OLED – Pilihan Game

library steam deck

Dilihat dari induknya yaitu perusahaan distributor game, Steam Deck nampaknya akan memberikan pilihan game ratusan bahkan ribuan lebih banyak dari Switch OLED. Apalagi jika mengingat Steam Deck dibangun untuk menjadi small PC, bahkan Valve menjanjikan kamu dapat menginstall dan menggunakan software-software PC di Steam Deck, ya mungkin kamu bisa coba edit video di Steam Deck nantinya.

nintendo ekslusif game

Namun bukan berarti Nintendo Switch OLED kehilangan pesonanya. Walau Steam Deck berpotensi memberikan lebih banyak game, namun Nintendo juga mempunyai game eksklusif milik mereka yang tak kalah menggoda. Sebut saja The Legend of Zelda: Breath of the Wild, to Splatoon 2, dan game yang sangat di antisipasi kehadirannya Metroid Dread.

Pertarungan Steam Deck vs Nintendo Switch OLED untuk bagian ini, tak jauh berbeda seperti perselisihan PC vs Nintendo Switch.  Tergantung padamu, memilih yang punya library berlimpah atau mengejar game-game dari franchise eksklusif milik Nintendo.

Steam Deck vs Nintendo Switch OLED – Harga

steam deck harga

Steam Deck memiliki beberapa varian, versi default-nya yakni 64GB eMMC storage dipatok dengan harga $399 atau atau sekitar 5 sampai 6 jutaan rupiah tergantung kurs dolar yang berlaku. Varian  256GB SSD dibandrol $529 (7-8 juta rupiah) dan versi 512 GB SSD berada di harga $649 (9 jutaan).

nintendo switch OLED harga

Sedangkan Nintendo Switch OLED memiliki dua versi, yaitu versi dengan Joy-Con berwarna putih dan versi dengan Joy-Con berwarna merah dan biru. Harga yang dibandrol untuk kedua versi ini sama, yaitu $350 atau sekitar 5juta rupiah.

Jika ditubrukan dalam masalah harga, Steam Deck vs Nintendo Switch OLED, maka Switch OLED masih sedikit lebih murah. Apalagi jika membandingkannya dengan varian termahal Steam Deck, Switch OLED jadi terlihat sangat murah karena Steam Deck versi 512 GB SSD 3 kali lebih mahal.

Epilog

Bisa dibilang masing-masing diantara Steam Deck atau Nintendo Switch Oled memiliki pesonanya masing-masing. Keduanya terlihat menargetkan dua komunitas berbeda, Steam Deck pada para PC gamer sedangkan Nintendo Switch OLED adalah produk yang cocok untuk pecinta game konsol.

Namun kami sarankan tidak tergesa-gesa dalam menentukan pilihan, karena keduanya jelas tidak dibandrol dengan harga murah. Nantikan review yang biasanya datang membandingkan performa Valve Steam Deck vs Nintendo Switch OLED secara head-to-head.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments